brand merek: Daihatsu

  • Cara Pasang Kepala Aki Mobil dan Masalah yang Sering Terjadi

    Cara Pasang Kepala Aki Mobil dan Masalah yang Sering Terjadi

    Jakarta

    Kepala aki atau klem aki merupakan bagian penting untuk memastikan sistem kelistrikan mobil berjalan stabil. Kepala aki terdiri dari bagian kutub positif dan negatif yang terhubung dengan terminal sehingga bisa mengalirkan listrik.

    Cara pasang kepala aki mobil tidak boleh sembarangan, karena bisa patah atau menyebabkan aliran listrik tidak lancar.

    Simak artikel ini untuk mengetahui cara pasang kepala aki mobil yang benar, lengkap dengan beberapa masalah yang sering terjadi, serta solusi untuk mengatasinya.

    Cara Pasang Kepala Aki Mobil

    Dalam proses ganti aki, kita harus memperhatikan cara pasang kepala aki mobil dengan benar. Dikutip dari situs Suzuki dan beberapa sumber lain, berikut ini langkah-langkah memasang kepala aki mobil:

    1. Persiapkan Alat yang Digunakan

    Persiapkan terlebih dahulu peralatan yang dibutuhkan, di antaranya adalah tang, obeng dan kunci pas.

    2. Matikan Mesin

    Secara umum kita harus mematikan mesin mobil saat melakukan penggantian aki maupun bagian-bagian aki, termasuk kepala aki. Jika mesin menyala, maka ada kemungkinan terjadi korsleting.

    3. Lepaskan Kepala Aki Kutub Negatif Lalu Positif

    Saat melepas kepala aki, pastikan untuk melepas kutub negatif (-) terlebih dahulu yang berwarna hitam, baru kemudian kepala aki kutub positif (+) yang berwarna merah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi korsleting. Lepaskan kabel, baut dan klemnya.

    4. Bersihkan Bagian Kepala Aki

    Bersihkan bagian kepala aki terlebih dahulu. Jika terdapat jamur atau kerak, bersihkan dengan air panas ke area yang terkena jamur.

    5. Beri Gemuk

    Beri lapisan grease atau gemuk pada area kepala aki. Hal ini dilakukan untuk mencegah kepala aki berjamur atau berkerak.

    6. Pasang Kepala Aki Kutub Positif Lalu Negatif

    Saat pemasangan, pasang terlebih dahulu kutub positif baru negatif. Jika terbalik, maka bisa muncul percikan api yang membahayakan, atau bisa terjadi korsleting.

    Jika setelah memasang kabel kutub negatif muncul percikan api, hal ini wajar terjadi. Percikan api akan berhenti ketika kepala aki sudah dipasang secara sempurna.

    7. Pastikan Kepala Aki Terpasang Kencang

    Jangan terburu-buru memasang kepala aki. Pastikan bagian kepala aki terpasang dengan benar, semua mur, baut, klem dan kabel harus dipasang secara sempurna dan kencang agar aki bisa bekerja dengan baik.

    Jika terlalu kendur maka aliran listrik tidak akan sempurna. Namun jika terlalu kencang juga bisa menyebabkan mudah patah. Selain itu, pemasangan yang tidak pas bisa memunculkan rongga kecil yang menyebabkan jamuran. Cukup kencangkan sampai kepala aki tidak goyang.

    Masalah Pada Kepala Aki

    Berikut ini beberapa masalah yang kerap terjadi pada kepala aki, lengkap dengan solusi untuk mengatasinya:

    Kepala Aki Jamuran

    Detikers mungkin pernah melihat kepala aki jamuran atau muncul kerak putih, tepatnya di sekitar terminal positif. Dilansir dari situs Daihatsu, penyebabnya bisa karena kelembapan, oksidasi air aki, klem terlalu kendur atau terlalu kencang, panas yang berlebih pada kutub positif aki, maupun kelebihan volume air aki.

    Untuk mencegahnya, detikers bisa memberikan lapisan grease atau gemuk pada area kepala aki. Namun jangan sampai memberikannya secara berlebihan agar tidak mengganggu aliran listrik.

    Tapi jika sudah terlanjur muncul jamur atau kerak, kalian bisa membersihkan dengan air panas ke area yang terkena jamur. Jika belum cukup bersih, gosoklah dengan sikat gigi sampai bersih. Bersihkan dengan kain lap.

    Kepala Aki Kendur

    Masalah lainnya adalah kepala aki kendur. Seharusnya, kepala aki tidak goyang atau mudah diputar. Hal ini membuat aliran listrik tidak maksimal, bahkan membuat aki mudah tekor.

    Selalu cek kondisi kepala aki secara berkala dan pastikan masih dalam kondisi kencang. Gunakan kunci yang pas saat membuka dan memasang agar tidak dol.

    Detikers juga bisa memberikan lapisan grease atau gemuk agar lebih kencang serta mencegah celah yang menimbulkan jamur.

    Tapi jika sudah rusak, kalian bisa mengganti kepala aki dengan yang baru. Kepala aki biasanya terbuat dari kuningan. Pastikan membeli di tempat yang terpercaya, karena ada produk yang dibuat dari bahan tidak berkualitas, sehingga mudah patah atau kendur.

    Nah, itulah tadi cara pasang kepala aki mobil dengan benar agar listrik aki dapat mengalir secara optimal, serta sejumlah solusi bagi masalah yang sering terjadi pada kepala aki.

    (bai/row)

  • 7 Cara Merawat Power Window agar Tidak Mudah Rusak

    7 Cara Merawat Power Window agar Tidak Mudah Rusak

    Jakarta

    Kini hampir setiap mobil dilengkapi dengan fitur power window. Jika dulu pengguna mobil harus memutar tuas untuk membuka jendela, kini cukup memencet tombol untuk membuka dan menutupnya. Meski begitu, power window butuh perawatan.

    Cara merawat power window sebenarnya cukup mudah, namun memang harus telaten. Jika tidak dirawat, maka power window mungkin akan cepat rusak. Untuk mengetahui cara-caranya, simak penjelasan di bawah ini.

    Cara Merawat Power Window

    Dirangkum dari situs Daihatsu dan Wuling, berikut ini 7 cara merawat power window agar tidak cepat rusak:

    1. Bersihkan Kaca Jendela

    Cara merawat power window yang pertama adalah dengan membersihkan kaca jendela. Jika melihat ada kotoran di kaca jendela, segeralah membersihkannya agar tidak masuk ke dalam dinamo power window yang bisa menyebabkan macet.

    Selain itu, bersihkan kaca mobil dengan rutin menggunakan alat pembersih kaca khusus atau memakai kanebo maupun kain yang permukaannya halus.

    2. Bersihkan Karet Kaca

    Selain bagian kaca, pastikan karet kaca jendela juga dibersihkan. Hindari penggunaan cairan penetran karena menyebabkan debu mudah menempel kembali.

    Gunakan silicone spray karena sifatnya lebih netral, sehingga tidak menyebabkan debu mudah menempel kembali. Semprot sepanjang jalur karet, termasuk di frame pintu mobil menggunakan silicone spray.

    3. Bersihkan Rel Pada Power Window

    Kebersihan bagian jendela harus dilakukan secara menyeluruh, termasuk rel pada power window. Cek secara rutin apakah relnya sudah kotor. Biasanya semakin sering digunakan, rel semakin mudah kotor.

    Rutin mencuci mobil akan membuat rel power window tetap bersih. Pakailah shampo khusus mobil agar elastisitas karet dan kelembaban tetap terjaga.

    4. Gunakan Minyak

    Salah satu perawatan yang bisa dilakukan detikers adalah meminyaki bagian karet kaca agar tidak seret. Kalian bisa menggunakan minyak goreng untuk melapisi karet di jalur kaca. Cukup lapisi tipis agar karet tetap lentur.

    5. Jangan Terlalu Lama Dijemur

    Penting untuk memarkir mobil di tempat teduh, terutama jika diparkir dalam waktu lama. Jika terlalu lama dijemur di bawah terik matahari, maka bisa membuat komponen grease di motor pengatur kaca otomatis menjadi keras.

    Grease ini berfungsi sebagai pelumas dari poros motor pengatur kaca otomatis. Jika mengeras, maka power window akan seret. Jika terus dipaksakan, maka akan membuat kerusakan lebih parah.

    6. Gunakan Secara Tepat dan Seperlunya

    Gunakanlah power window secara tepat guna. Biasanya anak-anak suka bermain-main dengan power window. Nah, jika keseringan buat mainan bisa membuatnya cepat rusak.

    Tapi juga jangan sampai tidak digunakan. Misalnya ketika mobil jarang digunakan, panasi mobil sambil membuka dan menutup jendela. Jika lama tidak dipakai, power window juga bisa macet dan karatan.

    7. Cek Secara Rutin

    Setidaknya detikers harus mengecek kondisi power window secara rutin 6 bulan sekali. Bawalah ke bengkel spesialis pintu. Perawatan ini meliputi pembersihan menyeluruh dan penambahan pelumas.

    Demikian 7 cara merawat power window. Pastikan seluruh bagian kaca bersih dan gunakan dengan tepat agar tidak mudah rusak.

    (bai/row)

  • Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Januari-Oktober 2024 Penjualan Daihatsu Tembus 140 Ribu, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Daihatsu merilis data penjualan mobil sepanjang Januari-Oktober 2024. Sepanjang 10 bulan tahun ini, merek asal Jepang tersebut sukses menjual lebih dari 140 ribu mobil. Model apa saja yang menjadi tulang punggung penjualan?

    Pada bulan Oktober pasar otomotif nasional mencatatkan kenaikan menjadi sekitar 73 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar, Daihatsu juga catatkan penjualan positif dengan kenaikan volume mencapai 13.101 unit, atau naik sebesar 4,9% dibandingkan bulan September lalu sebesar 12.490 unit.

    Selama bulan Oktober, penjualan Daihatsu terlaris didominasi oleh tiga model, mulai Astra Daihatsu Sigra sebanyak 4.077 unit atau kontribusi sebesar 31%, disusul Gran Max Pick Up 3.569 unit (27%), dan Ayla dengan raihan 1.442 unit (11%).

    Daihatsu Sigra. Foto: PT Astra Daihatsu Motor

    Sementara itu, hingga Oktober 2024 pasar otomotif nasional secara total mencapai sekitar 730 ribu unit. Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu mencapai 142.949 unit dengan market share sebesar 19,6%.

    Terdapat tiga model Daihatsu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia di tiap segmennya, seperti Astra Daihatsu Sigra dengan jumlah 46.858 unit atau kontribusi sebesar 59% di segmen LCGC MPV, disusul Gran Max Pick Up 35.133 unit yang menyumbang 57% di segmen Pick Up Low, serta Gran Max Mini Bus mencapai 11.892 unit atau berkontribusi 91% di segmen Semi Commercial.

    Penjualan Daihatsu ditopang berbagai kemudahan bagi pelanggan termasuk pembelian kredit fleksibel lewat perusahaan leasing, dukungan layanan purnajual, serta program trade in.

    Astra Daihatsu juga menggelar promo DAIFEST 2024 yakni program penjualan spesial akhir tahun hingga 31 Desember 2024, di mana pelanggan berkesempatan menangkan hadiah menarik, seperti paket liburan domestik dan internasional, hingga grand prize 1 unit Daihatsu Rocky, serta beragam hadiah menarik lainnya.

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaannya terhadap Daihatsu. Kami menyediakan program penjualan spesial hingga akhir tahun lewat DAIFEST untuk mempermudah pelanggan memiliki mobil baru Daihatsu. Ditambah, dengan kehadiran Daihatsu di pameran GJAW mendatang dapat berkontribusi mendongkrak penjualan otomotif nasional tahun 2024,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

    (lua/rgr)

  • 4 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Wonosari Jogja, gara-gara Anjing Menyeberang
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        13 November 2024

    4 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Wonosari Jogja, gara-gara Anjing Menyeberang Yogyakarta 13 November 2024

    4 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Jalan Wonosari Jogja, gara-gara Anjing Menyeberang
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com –
    Empat kendaraan terlibat kecelakaan di
    Jalan Wonosari
    , tepatnya di Padukuhan Mantup, Baturetno, Banguntapan,
    Bantul
    , DI Yogyakarta, pada Rabu (13/11/2024) pagi.
    Insiden ini disebabkan oleh seekor anjing yang menyeberang jalan.
    Beruntung, tidak ada luka serius yang dialami oleh para pengendara.
    Kasi Humas Polres Bantul AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menjelaskan bahwa kecelakaan tersebut melibatkan empat kendaraan, yaitu Honda Vario, Honda Scoopy, Toyota Fortuner, dan Daihatsu Grand Max pick up.
    Peristiwa ini bermula ketika pengendara sepeda motor Scoopy dengan nomor polisi AB 5178 CR melaju dari barat ke timur sekitar pukul 06.45 WIB.
    “Sampai di TKP, pengendara Scoopy melakukan pengereman karena ada sepeda motor di depannya yang mengerem dan ada anjing yang menyeberang,” ungkap Jeffry saat dihubungi melalui telepon.
    Pada saat yang bersamaan, dari arah belakang melaju Honda Vario dengan nomor polisi AB 2378 KB.
    Karena jarak yang terlalu dekat, kendaraan tersebut menabrak Scoopy dari belakang hingga terjatuh.
    Di belakang Honda Vario, Daihatsu dengan nomor polisi AB 8215 ET juga mengerem karena melihat dua kendaraan yang terjatuh.
    “Di belakang Daihatsu, melaju Toyota Fortuner dengan nomor polisi S 1083 AI, yang kemudian menabrak bagian belakang Daihatsu Pickup hingga terdorong ke depan. Namun, Daihatsu tidak mengenai kedua kendaraan yang terjatuh,” jelas Jeffry.
    Akibat kecelakaan ini, pengemudi sepeda motor mengalami luka-luka, sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan ringan.
    Pihak kepolisian mengimbau kepada pemilik hewan peliharaan untuk tidak membiarkan hewan mereka berkeliaran di jalan.
    Selain itu, pengendara juga diingatkan untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.
    Dia pun meminta pemilik hewan peliharaan diharapkan menjaga hewan mereka agar tidak berkeliaran di jalan dan bagi pengendara diminta untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tol Cipularang Arah ke Jakarta Ditutup Total Pasca Kecelakaan Maut

    Tol Cipularang Arah ke Jakarta Ditutup Total Pasca Kecelakaan Maut

    GELORA.CO  – PT Jasa Marga (Persero), pengelola ruas tol Cipularang, menutup total ruas tol Cipularang arah ke Jakarta pasca kecelakaan maut yang melibatkan banyak kendaraan roda empat di ruas tol Cipularang Km 92 arah ke Jakarta sore ini, Senin, 11 November 2024 pukul 15.15 WIB.

    “Akibat kejadian tersebut lalu lintas di ruas tol Cipularang KM 92 arah ke Jakarta tertutup, sedangkan jalur sebaliknya dibuka dua lajur untuk dapat dilalui,” kata Agni Mayvinna, Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dalam pernyataannya sore ini.

    Agni menjelaskan, sejumlah petugas 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melalui Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan Kepolisian dilengkapi dengan ambulance, derek dan rescue telah berada di lokasi kejadian dan melakukan pengaturan yang dibutuhkan.

    Alihkan Kendaraan dari Bandung ke Jakarta Via GT Cikamurang

    “Sebagai upaya mengurai kepadatan, pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116 dan masuk Kembali melalui GT Jatiluhur di Km 84,” beber Agni.

    Kecelakaan maut ini diduga terjadi akibat truk trailer pengangkut kertas kardus bekas yang terguling dan menghantam beton pembatas di tengah-tengah ruas tol yang memisahkan kendaraan dari arah berlawanan.

    Kecelakaan ini banyak melibatkan kendaraan pribadi. Berdasarkan rekaman video pengendara jalan yang melintas di dekat tempat kejadian perkara, kendaraan yang terlibat antara lain 2 buah Honda Brio warna putih, sebuah mobil travel Toyota Hiace warna putih, sebuah mobil travel Hiace warna merah milik Daytrans, 2 buah Toyota Rush/Daihatsu Terios, sebuah truk Mitsubishi Fuso Canter, sebuah Avanza hitam dan lain-lain.

    Kerasnya tabrakan diantara mobil-mobil yang bertabrakan posisinya saling bertumpuk. Kondisinya benar-benar mengerikan.

    Satu mobil lainnya, sebuah mobil penumpang terlempar ke jalur berlawanan dari Jakarta menuju Bandung dalam kondisi terbalik dan hancur.

    “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut dan selama proses evakuasi berlangsung. Penyebab kecelakaan dan korban masih dalam proses pendataan bersama pihak Kepolisian,” ungkap Agni Mayvinna, Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division dalam pernyataannya sore ini.

  • Kronologi Anggota Polisi Kecelakaan di Jalan Tol Lampung yang Sebabkan Rekan Kerjanya Tewas

    Kronologi Anggota Polisi Kecelakaan di Jalan Tol Lampung yang Sebabkan Rekan Kerjanya Tewas

    Liputan6.com, Lampung – Seorang pegawai PT HKA Gate Tol Kalianda, Melin Dwi Amanda, tewas dalam kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Lampung KM 22 ruas Bakter, pada Jumat (8/11/2024) dini hari. Melin yang berada di dalam mobil, bersama seorang anggota PJR Ditlantas Polda Lampung, Bripka Jody Prasetyo, menjadi korban dalam insiden tersebut.

    Kecelakaan maut tersebut melibatkan mobil Daihatsu Ayla berwarna silver dengan nomor polisi BE 1859 TQ yang terguling setelah menabrak bagian belakang truk fuso. 

    Kapolres Lampung Selatan, AKBP Yusriandi Yusrin, menjelaskan bahwa kecelakaan terjadi saat mobil yang dikemudikan oleh Bripka Jody melaju dari arah Bakauheni menuju Kota Bandar Lampung.

    “Menurut keterangan saksi dan bukti yang ditemukan di TKP, mobil tersebut berjalan dengan kecepatan tinggi di lajur lambat. Ketika mencoba mendahului kendaraan lain di lajur kanan, mobil tersebut menabrak bagian bak belakang truk fuso yang ada di depan,” kata Yusriandi, Senin (11/11/2024).

    Kemudian, karena jaraknya sudah terlalu dekat, mobil pun hilang kendali menabrak median jalan dan akhirnya terguling. 

    Dalam kecelakaan tersebut, Bripka Jody Prasetyo mengalami luka cukup berat dan kini tengah dirawat di Rumah Sakit Bob Bazar.

    Sementara itu, Melin Dwi Amanda yang duduk di kursi penumpang meninggal dunia di lokasi kejadian dan jenazahnya telah dibawa ke rumah duka.

    “Kejadian ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh Satlantas Polres Lampung Selatan,” ungkapnya. 

    Sebelumnya diberitakan, satu unit minibus Daihatsu Ayla yang dikendarai oleh Bripka Jody Prasetyo, anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung, terlibat kecelakaan maut di Jalan Tol Lampung pada Jumat (8/11/2024). Dalam insiden tersebut, seorang wanita yang merupakan rekan kerja Bripka Jody, Melin Dwi Amanda, tewas di lokasi kejadian.

    Mobil Daihatsu Ayla berwarna silver dengan nomor polisi BE 1859 TQ mengalami kerusakan parah pada hampir seluruh bagian bodi kendaraan. Beberapa foto yang beredar memperlihatkan kondisi mobil yang ringsek parah, terutama di bagian depan. 

     

     

  • Dulu Selamatkan Anak, Kini Selamatkan Lansia

    Dulu Selamatkan Anak, Kini Selamatkan Lansia

    Jakarta

    Aksi lima orang WNI selamatkan seorang nenek di Jepang yang jatuh ke sungai di Kota Yasu, Prefektur Shiga mendapatkan penghargaan dari pihak kepolisian setempat. Mereka juga mendapatkan penghargaan dari kantor pemadam kebakaran setempat.

    Sebelumnya, aksi serupa juga pernah dilakukan, seperti oleh tiga orang WNI yang menyelamatkan seorang anak tenggelam di Kuninobu, Kota Oyama, pada tahun lalu. Mereka pun mendapatkan penghargaan dari pihak kepolisian Jepang setempat.

    5 WNI Selamatkan Nenek Jatuh ke Sungai

    Seperti dilansir Antara, Sabtu (9/11/2024), lima WNI itu, yakni Ahmad Jaelani (25), Annan Dwi Bintoro (26), Ariyo Santali (22), Ferdy Jaya Kusuma (25), dan Nur Fajli Agustian (25) yang bekerja sebagai pemagang di perakitan mobil di Pabrik Daihatsu Motor Shiga (Ryuo), menyelamatkan seorang nenek yang jatuh ke sungai di Kota Yasu, Prefektur Shiga.

    Kelima WNI tersebut mendapatkan penghargaan dari Kepolisian Kota Yasu pada 1 November lalu dan juga akan menerima penghargaan dari kantor pemadam kebakaran setempat serta penghargaan sekaligus cenderamata dari Daihatsu Motor Corp.

    Hairul Anam, pembimbing kelima pemagang tersebut mengaku bangga atas tindakan para pemagang bimbingannya yang tiba di Jepang Agustus 2024. “Pastinya bangga dan kaget, pertama mereka berlima baru saja datang awal Agustus 2024,” katanya saat dihubungi di Tokyo, Jumat (8/11/2024).

    Hairul menceritakan awalnya mereka hanya ingin hiburan memancing di Sungai Yasu, Sabtu (14/10) lalu sekitar pukul 13.30 waktu setempat. Mereka mendengar suara keras “Ah” bersamaan dengan deburan air sungai. Setelah diperiksa, seorang wanita berusia 60-an ternyata jatuh ke sungai itu yang berada 15 meter di bawah Jembatan Omifuji di Kota Yasu.

    “Tanpa disangka karena tindakan heroik mereka, sampai viral dan mengharumkan nama Indonesia di Jepang. Patut diapresiasi, semoga bisa memperbaiki citra WNI yang tinggal di Jepang,” katanya.

    3 WNI Pernah Selamatkan Anak Tenggelam

    Seperti dilansir Antara, Kamis (9/3/2023), Kepolisian Prefektur Tottori memberikan surat penghargaan kepada tiga pria Indonesia, yakni Adi Reinaldi (27 tahun), Nazzil Zanari (29 tahun), dan Rohmadi (32 tahun), karena telah menyelamatkan seorang anak laki-laki yang tenggelam di waduk.

    Atas upaya tiga WNI tersebut, mereka mendapatkan surat penghargaan dari Kantor Polisi Kotoura Oyama. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo juga memuji aksi tiga WNI yang dinilai sebagai contoh teladan yang patut ditiru.

    (wia/idh)

  • Kondisi Mobil Ayla Bripka Jody Usai Hantam Truk: Remuk-Nyaris Gepeng

    Kondisi Mobil Ayla Bripka Jody Usai Hantam Truk: Remuk-Nyaris Gepeng

    Jakarta

    Mobil Daihatsu Ayla yang dikemudikan anggota kepolisian Direktorat Lalulintas Polda Lampung, Bripka Jody Prasetyo dan ditumpangi pegawai PT HKA bernama Melin Dwi menghantam truk dari arah belakang di Jalan Tol Lampung. Bagaimana kondisi kendaraan tersebut?

    Sebagai catatan, Daihatsu Ayla yang dikemudikan Bripka Jody melesat kencang sebelum mengalami kecelakaan tragis. Imbasnya, Bripka Jody mengalami luka parah dan penumpangnya, Melin Dwi dilaporkan meninggal dunia.

    Selain itu, mobil mungil tersebut juga rusak parah dan kondisinya benar-benar mengkhawatirkan. Melalui foto yang detikcom terima, kendaraan itu hancur di bagian depan hingga mesinnya terbuka, beberapa titik juga terlihat meleyot termasuk kap dan area di sekitar roda depan.

    Atapnya ambles hingga kendaraan nyaris gepeng, kemudian kaca-kaca di area jendela hancur dan lepas dari dudukannya. Kerusakan lainnya terlihat di bagian pintu dan ekor kendaraan.

    Crumple Zone di sasis mobil. Foto: Toyota

    Sebagai catatan, mobil punya crumple zone (zona benturan) yang terdapat di area depan. Ini membuat bagian depan kendaraan akan lebih mudah hancur ketika terjadi benturan keras. Crumple zone merupakan zona di kendaraan yang didesain untuk menyerap energi kinetik saat kecelakaan.

    Crumple zone pada mobil akan mudah hancur dengan maksud agar kabin penumpang tidak ikut rusak sehingga penghuni mobil selamat. Hal itu berbeda dengan teori desain kendaraan lama. Crumple zone umumnya berada di bagian depan dan belakang mobil. Zona itu akan menyerap energi kecelakaan yang dikembangkan saat terjadi benturan.

    Crumple zone dirancang secara khusus sehingga memungkinkan mudah terdeformasi. Sementara bagian kabin penumpang diperkuat dengan menggunakan baja berkekuatan tinggi dan bahan lainnya sehingga keselamatan penghuni kendaraan lebih terjamin.

    Kronologi Kejadian

    Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin menjelaskan, kronologi kecelakaan terjadi saat mobil yang dikendarai Bripka Jody Prasetyo melaju dari arah Bakauheni, Lampung Selatan menuju Bandar Lampung.

    “Menurut keterangan saksi-saksi dan alat bukti yang ditemukan di TKP, awalnya mobil yang dikendarai oleh Bripka Jody berjalan dari arah Bakauheni menuju arah Bandar Lampung, diduga berjalan dengan kecepatan tinggi dan melaju di lajur lambat,” kata dia kepada detikSumbagsel, Jumat (8/11).

    Namun sesampainya di TKP, diduga mobil ini berusaha mendahului kendaraan lain yang berada di depannya dengan cara berpindah ke lajur kanan, bersamaan dengan itu di lajur kanan terdapat jendaraan yang diduga berjenis fuso.

    “Karena jarak sudah terlalu dekat, akhirnya mobil Bripka Jody menabrak bagian bak belakang fuso, setelah itu mobil hilang kendali kekanan menabrak median jalan lalu terbalik,” lanjutnya.

    Dalam peristiwa tersebut, Bripka Jody Prasetyo mengalami luka cukup berat. Bripka Jody langsung dilarikan ke rumah sakit.

    “Untuk korban berat yakni Bripka Jody saat ini tengah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bob Bazaar, sementara pegawai PT HKA Gate Tol atas nama Melin yang meninggal dunia di lokasi telah dibawa ke rumah duka,” kata dia.

    Di kesempatan lain, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, ada batas kecepatan yang harus dipatuhi saat mengemudi mobil di jalan tol. Andai dilanggar, risiko celaka mungkin saja terjadi.

    “Batas kecepatan yg aman adalah 60 – 80 km/jam, jika mendahului boleh di 100 km/jam tetapi biasakan tidak lebih dari 2 menit,” ujar Sony kepada detikOto, Sabtu (9/11).

    “Yang paling masuk akal adalah berjalan di sisi kiri dengan kecepatan 60 km/jam, karena di kecepatan tersebut lah pengemudi paling mampu mengantisipasi ban selip,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Kondisi Mobil Ayla Bripka Jody Usai Hantam Truk: Remuk-Nyaris Gepeng

    Daihatsu Ayla Bripka Jody Remuk Hantam Truk, Diduga Ngebut di Jalur Lambat

    Jakarta

    Mobil Daihatsu Ayla yang dikemudikan anggota kepolisian Direktorat Lalulintas Polda Lampung bernama Bripka Jody Prasetyo mengalami kecelakaan maut di Jalan Tol Lampung. Akibatnya, penumpang bernama Melin Dwi yang merupakan pegawai PT HKA Gate Tol Kalianda meninggal dunia.

    Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin menjelaskan, kronologi kecelakaan terjadi saat mobil yang dikendarai Bripka Jody Prasetyo melaju dari arah Bakauheni, Lampung Selatan menuju Bandar Lampung.

    “Menurut keterangan saksi-saksi dan alat bukti yang ditemukan di TKP, awalnya mobil yang dikendarai oleh Bripka Jody berjalan dari arah Bakauheni menuju arah Bandar Lampung, diduga berjalan dengan kecepatan tinggi dan melaju di lajur lambat,” katanya kepada detikSumbagsel, Jumat (8/11).

    Namun sesampainya di TKP, diduga mobil ini berusaha mendahului kendaraan lain yang berada di depannya dengan cara berpindah ke lajur kanan, bersamaan dengan itu di lajur kanan terdapat kendaraan yang diduga berjenis Fuso.

    “Karena jarak sudah terlalu dekat, akhirnya mobil Bripka Jody menabrak bagian bak belakang fuso, setelah itu mobil hilang kendali ke kanan menabrak median jalan lalu terbalik,” lanjutnya.

    Dalam peristiwa tersebut, Bripka Jody Prasetyo mengalami luka cukup berat. Bripka Jody langsung dilarikan ke rumah sakit.

    “Untuk korban berat yakni Bripka Jody saat ini tengah dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bob Bazaar, sementara pegawai PT HKA Gate Tol atas nama Melin yang meninggal dunia di lokasi telah dibawa ke rumah duka,” kata dia.

    Batas Kecepatan Aman di Tol

    Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, ada batas kecepatan yang harus dipatuhi saat mengemudi mobil di jalan tol. Andai dilanggar, risiko celaka mungkin saja terjadi.

    “Batas kecepatan yg aman adalah 60 – 80 km/jam, jika mendahului boleh di 100 km/jam tetapi biasakan tidak lebih dari 2 menit,” ujar Sony kepada detikOto, Sabtu (9/11).

    “Yang paling masuk akal adalah berjalan di sisi kiri dengan kecepatan 60 km/jam, karena di kecepatan tersebut lah pengemudi paling mampu mengantisipasi ban selip,” tambahnya.

    Menurutnya, semua orang bisa menginjak gas mobil. Namun, hanya sedikit yang memahami cara kerjanya dengan benar.

    “Menginjak pedal gas paling mudah tetapi banyak pengemudi kurang memperhatikan resiko-risiko bahayanya, apalagi dikombinasi dengan zig-zag yg justru membuat keseimbangan mobil mudah hilang,” kata dia.

    (sfn/dry)

  • Selamatkan Seorang Nenek yang Hanyut, 5 WNI di Jepang Dapat Penghargaan

    Selamatkan Seorang Nenek yang Hanyut, 5 WNI di Jepang Dapat Penghargaan

    Tokyo

    Lima warga negara Indonesia (WNI) mendapatkan tiga penghargaan atas aksi heroik mereka menyelamatkan seorang nenek di Jepang yang terjatuh ke sungai di Kota Yasu, Prefektur Shiga.

    Dilansir Antara, Sabtu (9/11/2024), kelima WNI itu, yakni Ahmad Jaelani (25), Annan Dwi Bintoro (26), Ariyo Santali (22), Ferdy Jaya Kusuma (25), dan Nur Fajli Agustian (25) yang bekerja sebagai pemagang di perakitan mobil di Pabrik Daihatsu Motor Shiga (Ryuo).

    Mereka mendapatkan penghargaan dari Kepolisian Kota Yasu pada 1 November lalu dan juga akan menerima penghargaan dari kantor pemadam kebakaran setempat serta penghargaan sekaligus cenderamata dari Daihatsu Motor Corp.

    Hairul Anam, pembimbing kelima pemagang tersebut kepada Antara saat dihubungi di Tokyo, Jumat, mengaku bangga atas tindakan para pemagang bimbingannya yang tiba di Jepang Agustus 2024.

    “Pastinya bangga dan kaget, pertama mereka berlima baru saja datang awal Agustus 2024,” katanya.

    Keterbatasan bahasa, pengetahuan budaya dan peraturan tidak menjadi halangan bagi pemagang Indonesia itu untuk membantu sesama.

    “Keterbatasan kemampuan komunikasi, budaya dan peraturan yang belum terbiasa bagi mereka yang baru saja datang ke Jepang, butuh nyali dan keberanian tinggi untuk mengambil tindakan pertolongan tersebut,” katanya.

    Setelah diperiksa, seorang wanita berusia 60-an ternyata jatuh ke sungai itu yang berada 15 meter di bawah Jembatan Omifuji di Kota Yasu.

    “Tanpa disangka karena tindakan heroik mereka, sampai viral dan mengharumkan nama Indonesia di Jepang. Patut diapresiasi, semoga bisa memperbaiki citra WNI yang tinggal di Jepang,” katanya.

    (dnu/idh)