brand merek: Daihatsu

  • Tak Semua yang Isi Pertamax Rusak

    Tak Semua yang Isi Pertamax Rusak

    Jakarta

    Di media sosial viral pengguna mobil mengeluhkan filter bensin hingga pompa bahan bakar rusak. Dalam video yang beredar luas di media sosial tersebut dinarasikan filter bensin dan pompa bahan bakar rusak akibat mengisi bahan bakar jenis Pertamax. Pertamina langsung menginvestigasi masalah ini.

    Video yang beredar luas di media sosial itu menyebutkan mobil-mobil tersebut ditangani di bengkel Daihatsu Cibinong. Tak cuma satu, tampak ada beberapa mobil yang harus dikuras bensinnya lantaran mengalami masalah serupa.

    “Nih filter pompa bensinnya sampai hancur nih ya, sampai berlumut, rusak ini. Ini BBM-nya baru diisi harus dibuang semua nih jadinya nih, Pertamax. Nih kasus-kasus yang lain sama di bengkel ini, di Daihatsu Cibinong,” kata wanita yang merekam video viral tersebut.

    Beberapa mobil ada yang sampai pompa bahan bakarnya rusak. Tampak teknisi di bengkel tersebut membongkar tangki dan menguras bahan bakar yang ada di dalam mobil itu.

    Pertamina Patra Niaga langsung merespons cepat laporan mengenai kendaraan yang mengalami kerusakan mesin yang diduga diakibatkan penggunaan Pertamax di wilayah Cibinong.

    “Investigasi sedang berjalan,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari kepada detikOto, Senin (25/11/2024).

    Pertamina melakukan investigasi internal dengan pengecekan kualitas Pertamax di Terminal BBM hingga ke SPBU-SPBU. Pertamina Patra Niaga juga melakukan pengecekan ke bengkel-bengkel di area Cibinong. Selain koordinasi dengan bengkel, Pertamina Patra Niaga juga menggandeng LAPI ITB.

    “Meskipun penyebab belum diketahui apakah dari produk Pertamax atau dari sparepart kendaraan, namun kami mohon maaf atas kejadian ini. Investigasi kualitas produk masih dilakukan sejak Jumat lalu. Kami terus berkoordinasi dengan pihak bengkel dan LAPI ITB. Sampel produk juga sudah kami kirimkan ke Lemigas untuk uji lab lebih lanjut,” kata Heppy dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip detikNews.

    Menurutnya, masalah tersebut tidak terjadi di semua kendaraan yang melakukan pengisian Pertamax. Dilaporkan, berdasarkan hasil monitoring sementara di lapangan, kendaraan yang mengalami kendala mesin hanya terjadi di brand kendaraan dan tipe tertentu.

    Heppy melanjutkan, sambil menunggu hasil investigasi dan pengujian produk, pihaknya terus melalukan tracking kendaraan-kendaraan yang mengalami masalah pada mesinnya.

    Sementara itu, detikOto mencoba bertanya kepada pihak Daihatsu mengenai kasus ini. Namun, hingga berita ini ditayangkan pihak Daihatsu belum memberikan respons.

    (rgr/lth)

  • Pertamina Investigasi Kualitas Pertamax Usai Viral Filter Bensin Rusak

    Pertamina Investigasi Kualitas Pertamax Usai Viral Filter Bensin Rusak

    Jakarta

    Di media sosial viral keluhan pemilik mobil yang mengalami kendala pada pompa bahan bakar dan filternya. Dalam video yang beredar di media sosial itu, beberapa mobil mengalami masalah yang sama.

    Video yang beredar luas di media sosial itu menyebutkan mobil-mobil tersebut ditangani di bengkel Daihatsu Cibinong. Tak cuma satu, tampak ada beberapa mobil yang harus dikuras bensinnya lantaran mengalami hal yang sama.

    “Nih filter pompa bensinnya sampai hancur nih ya, sampai berlumut, rusak ini. Ini BBM-nya baru diisi harus dibuang semua nih jadinya nih, Pertamax. Nih kasus-kasus yang lain sama di bengkel ini, di Daihatsu Cibinong,” kata wanita yang merekam video viral tersebut.

    Beberapa mobil ada yang sampai pompa bahan bakarnya rusak. Tampak teknisi di bengkel tersebut membongkar tangki dan menguras bahan bakar yang ada di dalam mobil itu.

    Pertamina Patra Niaga langsung melakukan investigasi terkait keluhan pengguna mobil yang mengisi BBM Pertamax tersebut. Penyebab pastinya belum diketahui pasti karena masih diinvestigasi.

    Selain investigasi internal, mulai dari pengecekan kualitas Pertamax di Terminal BBM hingga ke SPBU-SPBU, Pertamina Patra Niaga juga melakukan pengecekan ke bengkel-bengkel di area Cibinong. Selain koordinasi dengan bengkel, Pertamina Patra Niaga juga menggandeng LAPI ITB.

    “Meskipun penyebab belum diketahui apakah dari produk Pertamax atau dari sparepart kendaraan, namun kami mohon maaf atas kejadian ini. Investigasi kualitas produk masih dilakukan sejak Jumat lalu. Kami terus berkoordinasi dengan pihak bengkel dan LAPI ITB. Sampel produk juga sudah kami kirimkan ke Lemigas untuk uji lab lebih lanjut,” jelas Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/11/2024).

    Dari hasil monitoring sementara di lapangan, kendaraan yang dilaporkan mengalami kendala mesin hanya terjadi di brand kendaraan dan tipe tertentu, tidak di semua kendaraan yang melakukan pengisian Pertamax.

    Heppy melanjutkan bahwa pihaknya paralel menunggu hasil investigasi dan pengujian produk. Pertamina terus melakukan tracking kendaraan-kendaraan yang mengalami masalah pada mesinnya.

    Sementara itu, detikOto sedang mencoba mencari tahu penyebabnya kepada pihak Daihatsu mengenai kasus ini. Namun, hingga berita ini ditayangkan pihak Daihatsu belum memberikan respons.

    (rgr/lth)

  • LCGC Diusulkan Pakai Hybrid, tapi Harga Bisa Lebih Mahal

    LCGC Diusulkan Pakai Hybrid, tapi Harga Bisa Lebih Mahal

    Jakarta

    Kementerian Perindustrian telah mengusulkan agar para produsen otomotif mulai mempertimbangkan pengembangan Low Cost Green Car (LCGC) dalam versi hybrid.

    Sejatinya usulan ini mencuat sebagai bagian dari upaya untuk mendukung transisi ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Namun, muncul pertanyaan besar: apakah produsen otomotif, khususnya yang selama ini berfokus pada LCGC, siap untuk mewujudkan ide tersebut?

    Astra Daihatsu Motor (ADM), sebagai agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia yang dikenal memiliki komitmen kuat dalam memproduksi dan memasarkan mobil dengan kategori LCGC, menyatakan bahwa mereka belum memiliki rencana untuk mengembangkan model LCGC hybrid.

    Pernyataan ini disampaikan oleh Sri Agung Handayani, Direktur Pemasaran PT ADM, usai konferensi pers booth Daihatsu di Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 beberapa waktu lalu.

    “Iya, kita saat ini belum, ya nanti kita pikirkan kapan waktu yang tepat?” ujar Sri Agung Handayani.

    Menurut Daihatsu, pengembangan sebuah model kendaraan baru, bukanlah proses yang sederhana. Ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan secara mendalam, termasuk faktor-faktor seperti harga jual, daya beli masyarakat, serta dampak teknologi terhadap efisiensi kendaraan itu sendiri.

    “Kalau pengembangan produk itu kan berbicaranya bukan short term ya. Kita harus lihat akan impact-nya seperti apa, daya beli, semua manfaatnya (LCGC Hybrid) kan pasti lebih bagus, karena pasti lebih efisien, betul ya? Tapi nanti kita lihat juga, akan berpengaruh pada harganya seperti apa, seperti itu,” lanjutnya.

    Daihatsu, yang beberapa kali mendominasi penjualan LCGC di Indonesia, tentu sangat berhati-hati dalam merencanakan langkah selanjutnya. Meskipun teknologi hybrid memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi karbon, mereka menyadari bahwa harga jual kendaraan yang menggunakan teknologi tersebut kemungkinan akan lebih mahal daripada LCGC konvensional.

    Sri Agung juga menambahkan bahwa saat ini pihaknya masih dalam tahap studi dan riset untuk menentukan langkah yang tepat dalam menghadapi tantangan dan peluang pengembangan LCGC hybrid.

    “Jadi saat ini kita belum, apa, ya masih dalam studi-studi untuk memastikan tentang hal itu (LCGC Hybrid),” tutup Sri Agung.

    (mhg/rgr)

  • Tampang Kembar, Segini Beda Harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios

    Tampang Kembar, Segini Beda Harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios

    Jakarta

    Toyota Rush dan Daihatsu Terios punya wajah kembar. Spesifikasinya pun tak jauh berbeda. Lalu bagaimana dengan harganya?

    Ada beberapa model mobil kembar yang dijual di Indonesia. Salah satu model yang terpopuler adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Low SUV itu juga favorit orang Indonesia. Penjualannya cukup banyak hingga bertengger di daftar mobil terlaris Indonesia.

    Daihatsu Terios 2023 Foto: Septian Farhan Nurhuda/detikotoToyota Rush Foto: PT Toyota Astra Motor

    Namun di antara kedua model itu, Toyota Rush tercatat lebih laris. Mengutip data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Januari-Oktober 2024, distribusi Rush mencapai 27.712 unit. Distribusi Rush secara wholesales itu nyaris dua kali lipat ketimbang kembarannya. Untuk periode yang sama, Daihatsu terpantau mendistribusikan 15.005 unit Terios ke seluruh dealernya.

    Bicara spesifikasi, perbedaan antara Terios dan Rush sebenarnya tak signifikan. Perbedaan paling mencolok terlihat pada bagian eksterior. Masing-masing menunjukkan tampilan sportnya. Khusus Rush, Toyota menyematkan ciri khas lini merek sporty lewat sentuhan Gazoo Racing (GR).

    Namun kalau bicara jantung pacunya, baik Rush dan Terios mengusung mesin yang sama persis. Terios menggendong mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc dengan muntahan tenaga 103 hp dan torsi puncak 136 Nm. Spesifikasi tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis dan manual enam-percepatan.

    Toyota Rush pun demikian, berbekal mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc, mobil bisa menyemburkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm. Baik Rush maupun Terios juga masih menggunakan sistem penggerak roda belakang alias Rear Wheel Drive (RWD).

    Bicara harga, Terios dibanderol sedikit lebih murah ketimbang Rush. Nah berikut ini perbandingan harga Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

    Harga Daihatsu TeriosDaihatsu Terios X MT – Rp 241.550.000Daihatsu Terios X AT – Rp 251.950.000Daihatsu Terios R MT – Rp 274.450.000Daihatsu Terios R AT – Rp 284.950.000Daihatsu Terios R Custom MT – Rp 297.250.000Daihatsu Terios R Custom AT – Rp 307.750.000Harga Toyota RushToyota Rush 1.5 G MT Rp. 284.400.000Toyota Rush 1.5 G AT Rp. 295.200.000Toyota Rush 1.5 GR Sport MT Rp. 299.750.000Toyota Rush 1.5 GR Sport AT Rp. 310.450.000

    (dry/rgr)

  • Belum Ada yang Baru, Daihatsu Pilih Pamer Mobil Terlarisnya di GJAW 2024

    Belum Ada yang Baru, Daihatsu Pilih Pamer Mobil Terlarisnya di GJAW 2024

    Jakarta

    Daihatsu turut meramaikan gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang.

    Pada pameran yang berlangsung sejak Jumat 22 November 2024 ini, Daihatsu belum meluncurkan model terbarunya, melainkan menampilkan enam model andalan mereka.

    Daihatsu memberikan apresiasi kepada pelanggannya di GJAW 2024 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan seluruh pelanggan dan keluarga Indonesia yang senantiasa merajut kebahagiaan sejak pertama bersama Daihatsu. Melalui momentum GJAW di akhir tahun ini, kami ingin terus berbagi kebahagiaan bersama masyarakat, sekaligus berkontribusi terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor.

    Menariknya, Daihatsu datang ke GJAW 2024 ini dengan mobil-mobil terlaris mereka. Tak sampai di situ, pabrikan asal Jepang ini juga memberikan apresiasi kepada pelanggan yang beruntung.

    “Jadi sesuai dengan tema hari ini, kami mengundang pelanggan-pelanggan yang luar biasa jadi terima kasih untuk kehadiran bapak-ibu sekalian. Perkenalkan ini adalah Pak Muhammad Najib. Pak Najib adalah seorang dosen yang merupakan pelanggan Sigra ke-400 ribu dan kami juga berterima kasih kepada Pak Bambang, beliau adalah pelanggan Ayla ke-300 ribu. Terima kasih untuk Bu Aufah atas kedatangannya, beliau adalah pebisnis katering, beliau merupakan pelanggan Gran Max ke-800 ribu,” ujar Sri Agung menutup pidatonya di GJAW 2024.

    Pada ajang GJAW 2024 ini, Daihatsu juga memamerkan sebuah Gran Max yang dimodifikasi. Hal ini untuk menunjukkan bahwa lini mobil komersial mereka juga memiliki potensi untuk menjadi ‘kanvas’ modifikator.

    Adapun Gran Max yang dipajang di booth Daihatsu GJAW 2024 ini merupakan karya modifikator dan content creator Gofar Hilman. Gran Max ini tampil beda dengan body kit GH Style atau Gofar Hilman Style.

    Lantas Daihatsu juga mengadakan promo khusus yang berlangsung sepanjang GJAW 2024. Diklaim Daihatsu menyediakan paket penjualan spesial bagi pengunjung meliputi diskon khusus, gratis biaya administrasi kredit, paket kredit spesial tenor panjang, paket spesial tukar-tambah atau trade in, gratis asuransi senilai Rp 25 juta, hingga yang menarik ada juga gratis konsultasi kesehatan dan obat.

    (mhg/rgr)

  • Harga Tiket GJAW 2024 dan Aktivitas Seru di Akhir Pekan

    Harga Tiket GJAW 2024 dan Aktivitas Seru di Akhir Pekan

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menggelar pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 di ICE, BSD, Tangerang. Pameran otomotif ini juga bisa menjadi ajang hiburan buat pencinta otomotif Tanah Air.

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement yang fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    “GJAW akan menjadi the complete automotive exhibition, untuk tujuan belanja kendaraan dan produk otomotif dengan penawaran terbaik di akhir tahun, kemudahan mencoba, mencari pengalaman motorsport interaktif, hingga kegiatan keluarga,” kata Ketua Penyelenggara GJAW 2024 Rizwan Alamsjah.

    GJAW 2024 menghadirkan Motorsport Program yang akan memacu adrenalin para pengunjung dengan kegiatan-kegiatan seru. Dalam program ini, ada kegiatan Racing Simulator Competition, yaitu kompetisi simulasi balap yang memungkinkan peserta merasakan pengalaman balapan seperti di sirkuit nyata. Kemudian ada RC Offroad Competition, kompetisi kendaraan remote control offroad yang menampilkan keterampilan pengendalian di lintasan dengan rintangan menantang. Juga ada Mini GP, yaitu lomba mini motor GP yang memberikan sensasi balap dalam skala kecil.

    Pameran ini juga akan mempertemukan berbagai komunitas otomotif dalam ajang Community Program. Ini menjadi tempat bagi komunitas otomotif untuk berbagi kecintaan terhadap dunia otomotif. Beberapa acara yang disiapkan meliputi Parade Seribu Mobil, di mana ribuan mobil dari berbagai klub dan komunitas otomotif hadir bersama pada hari ini, Minggu (24/11/2024). Parade ini akan menampilkan beragam kendaraan, mulai dari mobil modifikasi hingga kendaraan terbaru dari berbagai merek otomotif ternama.

    Kegiatan seru lainnya adalah Modification Contest. Modification Contest akan memberikan kesempatan kepada para modifikator untuk menunjukkan keahlian mereka dalam mengubah tampilan kendaraan sesuai dengan tema dan kategori yang telah ditentukan. Dengan kategori-kategori menarik yang tersedia, kontes ini akan memperlihatkan berbagai karya modifikasi yang unik dan menginspirasi.

    Ada juga GJAW Underground Meet Up. Acara yang berlokasi di area basement pameran ini menawarkan pengalaman lebih eksklusif. Para modifikator dan komunitas otomotif dapat berkumpul, berbagi inspirasi, serta menampilkan karya modifikasi mereka. Mulai dari desain eksterior yang mencolok hingga inovasi interior yang penuh gaya, pengunjung dapat melihat langsung beragam kreasi kendaraan yang memukau.

    “Kami ingin memberikan ruang bagi komunitas otomotif untuk berinteraksi, berkumpul, dan berbagi kreativitas melalui berbagai acara menarik seperti Parade 1000 Mobil, Underground Meet Up, dan Modification Contest. Harapan kami, acara ini akan semakin mempererat hubungan antara komunitas otomotif dan industri otomotif Indonesia secara keseluruhan,” ucap Agus Riyadi, Project Director GJAW 2024.

    Tak ketinggalan kegiatan untuk keluarga dalam Family Program. Program yang dirancang khusus untuk anak-anak dan keluarga antara lain Push Bike Competition, Drift & Offroad for Kids Competition, serta Paper Art Craft.

    GJAW 2024 diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Buat kamu yang mau menghabiskan akhir pekan sambil lihat-lihat mobil dan kegiatan seru lainnya, tiket bisa dibeli secara online melalui aplikasi Auto360. Harga tiket untuk hari kerja (weekday) adalah Rp 40.000 dan untuk akhir pekan (weekend) Rp 70.000. Sementara itu, tiket on the spot yang tersedia di lokasi pameran dijual dengan harga Rp 50.000 untuk weekday dan Rp 80.000 untuk weekend.

    (rgr/mhg)

  • LCGC Hybrid Bisa Kasih Dampak Positif ke Penjualan Mobil: Harga Murah-Minim Emisi

    LCGC Hybrid Bisa Kasih Dampak Positif ke Penjualan Mobil: Harga Murah-Minim Emisi

    Jakarta

    Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang meminta produsen mobil di Indonesia membuat low cost green car atau LCGC hybrid.

    Menurut mereka, ada dua dampak baik yang akan dirasakan negara dengan kehadiran LCGC hybrid: bertumbuhnya pasar roda empat dan berkurangnya emisi karbon.

    Analis Kebijakan Ahli Madya Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI Rustam Effendi mengklaim, usulan Kemenperin soal LCGC hybrid benar-benar bagus. Sebab, secara harga, kendaraan tersebut pasti lebih murah dibandingkan mobil hybrid yang saat ini beredar di pasaran.

    “Jadi memang hybrid perlu didorong. Usulan Kemenperin itu suatu usulan yang bagus bahwa LCGC di-hybrid-kan. Kemudian harganya mendekati LCGC (regular) dan kemudian ini akan menjadi kebutuhan masyarakat luas,” ujar Rustam dalam forum diskusi yang digelar di Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).

    “Saya rasa ini akan lebih sukses dibandingkan mobil hybrid di pasaran yang harganya lebih mahal,” tambahnya.

    Kemenperin bicara soal LCGC hybrid. Foto: Dok. Toyota Astra Motor

    Di kesempatan yang sama, Kukuh Kumara selaku Sekertaris Umum (Sekum) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) setuju dengan usulan Kemenperin. Menurutnya, LCGC kini tak lagi bisa dibilang murah. Itulah mengapa, teknologi hybrid tak masalah disematkan ke mobil tersebut.

    “Menarik, itu bisa ke sana kalau volume-nya besar, LCGC volume besar tapi teknologi berubah. Tidak bisa emisinya segitu-gitu saja, jalan keluarnya hybrid,” ungkap Kukuh Kumara.

    “Karena mobil ini bukan low cost lagi, dibandingkan yang lain juga emisinya sudah tinggi. Mau baru atau lama, kalau produk itu bisa diminati konsumen, ya menarik,” tambahnya.

    Mobil Low Cost Green Car (LCGC) di GIIAS 2023 Foto: Ridwan Arifin

    Diketahui, usulan produsen bikin LCGC hybrid disampaikan Dodiet Prasetya selaku Direktur Industri Alat Transportasi Darat Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin.

    Dodiet mengatakan, penjualan LCGC cukup tinggi di Indonesia. Dia ingin, catatan baik itu ditingkatkan dengan meluncurkan varian hybrid.

    “Kami mendorong para pabrikan untuk bisa menyematkan teknologi hybrid di LCGC. Poinnya satu, kita ingin meningkatkan pencapaian yang sudah bagus. Kemudian dalam rangka sumbangsih penurunan emisi dan ketahanan energi. Kami ingin meningkatkan apa yang sudah efisien menjadi lebih efisien,” kata dia.

    Sebagai catatan, penjualan LCGC tahun lalu mencapai 204.705 unit dengan market share tembus 20,3 persen. Nominal tersebut mengalami kenaikan 9,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Kini, ada lima model LCGC yang saat ini dijual di Indonesia, yakni Toyota Calya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra dan Honda Brio Satya.

    (sfn/dry)

  • GJAW 2024 Dibuka, Harapan Industri Otomotif Menggeliat

    GJAW 2024 Dibuka, Harapan Industri Otomotif Menggeliat

    GJAW kali ini diikutsertakan lebih dari 80 merek industri otomotif, termasuk diramaikan 28 merek kendaraan penumpang dan komersial seperti Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr serta Toyota Commercial. (CNBC Indonesia/Muhamad Sabki)

  • 1
                    
                        Total Korban Kecelakaan Maut di Ngaliyan Semarang 13 Orang, ini Daftarnya
                        Regional

    1 Total Korban Kecelakaan Maut di Ngaliyan Semarang 13 Orang, ini Daftarnya Regional

    Total Korban Kecelakaan Maut di Ngaliyan Semarang 13 Orang, ini Daftarnya
    Tim Redaksi
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Total korban Kecelakaan beruntun yang terjadi di Jalan Pro Hamka, Ngaliyan, Semarang, pada Kamis (21/11/2024) sore, mencapai 13 orang. 
    Rincinya, dua orang meninggal, 11 lainnya luka-luka. 
    Insiden ini melibatkan 13 kendaraan, termasuk dua truk besar, sejumlah sepeda motor, dan sebuah mobil Daihatsu Terios.
    Menurut laporan kepolisian, kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.15 WIB saat truk tronton dengan nomor polisi B 9674 KXS melaju dari arah selatan menuju utara.
    Diduga pengemudi truk tidak mengantisipasi kondisi jalan menurun sehingga kehilangan kendali dan menabrak truk lain serta beberapa kendaraan yang melaju di depannya.
    “Setelah itu, truk oleng ke kiri, menghantam kendaraan yang sedang parkir di tepi jalan dan menabrak beberapa ruko. Dampak tabrakan mengakibatkan kerusakan berat pada kendaraan dan bangunan di sekitar lokasi,” kata Yunaldi kepada awak media, Jumat (22/11/2024).
    Dua korban meninggal dunia di lokasi, yaitu Anis Yuliana (30), seorang mahasiswa asal Pati, dan Rukoyah (41), karyawan swasta asal Semarang.
    Keduanya mengalami cedera kepala berat. Sementara itu, sembilan korban lainnya mengalami luka ringan dan langsung dilarikan ke RSUP Dr. Kariadi, RSUD Tugurejo, dan RS Permata Medika untuk mendapatkan perawatan medis.
    Kerugian material akibat kecelakaan ini diperkirakan mencapai Rp 100 juta, mencakup kerusakan kendaraan dan bangunan.

    Yunaldi menyatakan bahwa polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan mengamankan barang bukti.
    “Kami tengah mendalami penyebab pasti kecelakaan ini, termasuk kemungkinan adanya kelalaian pengemudi truk,” ujar Yunaldi.
    Berikut daftar korban dalam kecelakaan beruntun di turunan Silayur Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah:
    1. Dede Slfian, warga Pagadungan Kec. Tempuran Kabupaten Karawang, Jawa Barat
    2. Kuswanto, warga Boyolali
    3. Ade Kurnia Sari, warga Semarang
    4. Rafif Alvin Tegar Santosa, warga Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang
    5. Angger Firmansyah, warga Mijen, Kota Semarang
    6. M Aditya Prakoso, warga Semarang Barat, Kota Semarang
    7. Melina Isna Rahmadhani, mahasiswa warga Kota Semarang
    8. Ngalal Amri Ma’aruf, warga Kabupaten Purworejo
    9. Dewi Khofifah, warga Kabupaten Jepara
    10. Rukoyah, warga Beringin, Kota Semarang (meninggal)
    11. Amir Tajrid, warga Wates, Kota Semarang
    12. Anis Yuliana, warga Kabupaten Pati (meninggal)
    13. Sukmawati, warga Kabupaten Demak.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 Resmi Dibuka

    Pameran Otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024 Resmi Dibuka

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menggelar pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024. Kali ini, GJAW digelar di lokasi baru dibanding tahun sebelumnya.

    GJAW 2024 kali ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Pameran ini diadakan pada 22 November 2024 sampai dengan 1 Desember 2024.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif GJAW 2024. Menurutnya, pameran yang digelar akhir tahun ini menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan penjualan otomotif 2024.

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran otomotif GJAW 2024. Menurutnya, pameran yang digelar akhir tahun ini menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan penjualan otomotif 2024.

    “Saya sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Gaikindo yang boleh saya sampaikan di dalam kelesuan market yang dihadapi oleh industri otomotif kita, Gaikindo menggelar Jakarta Auto Week dan saya yakin bahwa gelaran Jakarta Auto Week ini Insyaallah akan membantu rebound dari sales industri otomotif yang ada di Indonesia. Saya juga di-brief beberapa saat yang lalu oleh Bapak Ketua Umum (Gaikindo Yohannes Nangoi) bahwa dalam tekanan yang luar biasa dari industri otomotif kita, tapi kita melihat ada sedikit rebound. Salah satu dari penyebab dari rebound tersebut adalah diadakan pameran-pameran besar di Indonesia,” kata Agus dalam sambutannya di upacara pembukaan GJAW 2024 di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (22/11/2024).

    “Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, maka kegiatan pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 ini saya nyatakan resmi dibuka,” ujarnya membuka pameran otomotif ini.

    Pameran otomotif tahunan yang diprakarsai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini didukung penuh oleh Kementerian Perindustrian. Fokusnya, mendorong penjualan kendaraan di akhir tahun.

    “Kami harap GJAW 2024 akan menjadi faktor pendorong penjualan dan mendongkrak pasar otomotif Indonesia,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi di kesempatan yang sama.

    GJAW 2024 mengusung tema Home of 1.000 Cars and Excitement GJAW 2024 akan fokus memberikan pengalaman luar biasa bagi para pengunjung. Tidak hanya akan disuguhkan jajaran mobil terkini dari berbagai merek ternama dunia, GJAW 2024 juga menghadirkan kegiatan olahraga otomotif interaktif yang dirancang menghibur dan mendekatkan pengunjung dengan dunia otomotif.

    GJAW 2024 ini akan diikuti lebih dari 80 merek otomotif yang terdiri dari 27 merek kendaraan penumpang, termasuk Aletra, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Ford, GAC Aion, Honda, KIA, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Wuling, dan Zeekr. Dari segmen kendaraan roda dua, sebanyak 12 merek, seperti Alva, Aprilia, Harley-Davidson, Motoguzzi, Piaggio, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, V Move, Yamaha dan ZPT, turut serta untuk menambah ragam pilihan pengunjung. Lebih dari 40 merek industri pendukung juga siap meramaikan GJAW 2024.

    Luasan lahan yang meningkat 2 kali lipat juga memaksimalkan program GJAW 2024 yang memberikan pengalaman dan menawarkan keseruan untuk para pengunjung. Tak hanya menjadi ajang pameran kendaraan, GJAW 2024 juga akan menghadirkan beragam program interaktif yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, mulai dari penggemar otomotif, komunitas, hingga keluarga. Program-program tersebut terbagi menjadi tiga kategori utama: Motorsport Program, Community Program, dan Family Program, yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang berkesan bagi setiap pengunjung.

    Dengan program-program tersebut, GJAW 2024 berkomitmen untuk memberikan pengalaman pameran yang lengkap, interaktif, dan menghibur bagi seluruh pengunjung dari berbagai kalangan. Tak hanya menjadi tempat untuk menemukan kendaraan impian, GJAW juga menghadirkan suasana perayaan otomotif yang menarik dan penuh keseruan.

    (rgr/din)