brand merek: Daihatsu

  • Mobil Listrik Murah China Disebut Bisa Gerus Pasar LCGC, Daihatsu Bilang Gini

    Mobil Listrik Murah China Disebut Bisa Gerus Pasar LCGC, Daihatsu Bilang Gini

    Jakarta

    Mobil listrik mulai membanjiri pasar otomotif Indonesia. Dengan harga mulai di bawah Rp 200 juta, mobil listrik murah seperti BYD Atto 1 mencatat penjualan yang cukup signifikan, bahkan bisa mengalahkan penjualan mobil konvensional murah seperti LCGC (low cost green car). Apakah artinya kehadiran mobil listrik murah bakal menggerus pasar mobil LCGC? Ini kata Daihatsu.

    Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan apakah mobil listrik murah China sudah menggerus pasar mobil LCGC. Sebabnya, konsumen mobil LCGC memiliki karakter yang berbeda dengan mobil listrik murah.

    “Kalau menggerus saya tidak tahu ya. Karena tidak dan belum melakukan survei berkaitan dengan ini. Tapi kalau di LCGC, LCGC sendiri, kebutuhannya yang perlu teman-teman tahu, 70% sampai 80% adalah first car buyer,” buka Agung menjawab pertanyaan detikOto di arena GJAW 2025, ICE-BSD City, Tangerang (21/11/2025).

    “First car buyer itu belum beli sudah mikirin jual, belum beli sudah mikirin gimana ngerawatnya. Jadi affordable saat beli, affordable saat rawat, mendapatkan keuntungan saat jual. Jadi itu adalah ownership di first car buyer,” tambah Agung.

    Agung mengatakan, meski Daihatsu belum melihat mobil listrik murah sebagai ancaman buat mobil LCGC, kehadiran mobil seperti BYD Atto 1 memiliki peran yang positif buat industri otomotif Indonesia.

    “Jadi bagaimana antara LCGC dengan kendaraan elektrifikasi, walaupun memiliki range harga yang sama, saya rasa keduanya memiliki sama-sama peran positif di market otomotif Indonesia,” terangnya.

    Diberitakan sebelumnya, kendati baru seumur jagung, BYD Atto 1 sudah membetot perhatian orang Indonesia melalui capaian penjualan yang fantastis.

    Berdasarkan data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), BYD Atto 1 terdistribusi sebanyak 9.396 unit per Oktober 2025. Angka ini terbilang besar untuk satu model mobil yang bahkan masih diimpor utuh dari China.

    BYD Atto 1 secara resmi dijual di Indonesia mulai Juli saat GIIAS 2025 berlangsung, dan pengiriman unit kepada konsumen dimulai pada Oktober 2025. Artinya baru sebentar saja, BYD Atto 1 sudah sukses menyalip penjualan mobil termurah di Indonesia, yaitu LCGC.

    Total penjualan LCGC per Oktober 2025 mencapai 8.505 unit. Bila dirinci per model; Toyota Calya 3.057 unit, Honda Brio Satya 2.021 unit, Daihatsu Sigra 1.689 unit, Toyota Agya 887 unit, dan Daihatsu Ayla 851 unit.

    Mobil LCGC Daihatsu Sigra Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Awalnya LCGC diposisikan sebagai mobil pertama dengan harga terjangkau (di bawah Rp 150 juta). Namun saat ini, banyak model LCGC tembus Rp 180 juta-Rp 200 juta. Kenaikan harga akibat regulasi emisi, penambahan fitur, dan biaya produksi membuat daya tarik ‘low cost’ semakin pudar.

    Melihat komposisi harga dan juga fitur, BYD Atto 1 disebut pengamat, bisa menggerogoti pasar LCGC. Terlebih, biaya perawatan mobil listrik yang lebih murah ketimbang mobil bermesin konvensional juga jadi daya tarik lainnya.

    “Terutama bagi konsumen gen millenial dan gen Z kota besar atau tier 1 khususnya Jabodetabek yang mengutamakan biaya operasional rendah, aksesibilitas ke wilayah ganjil-genap, performa yang lebih baik, dan fitur konektivitas modern,” jelas Pengamat Otomotif senior dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung Yannes Pasaribu dalam keterangannya.

    (lua/dry)

  • Jalan Minim Penerangan Makan Korban: 2 Pelajar di Blitar Tewas Tabrak Truk Parkir

    Jalan Minim Penerangan Makan Korban: 2 Pelajar di Blitar Tewas Tabrak Truk Parkir

    Blitar (beritajatim.com) – Jalan Raya Desa Jiwut, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, kembali memakan korban jiwa. Akhir pekan yang seharusnya ceria berubah menjadi duka mendalam bagi keluarga dua remaja, ARD (17) dan RR (16). Kedua pelajar di bawah umur ini meregang nyawa usai sepeda motor matic yang mereka tumpangi menghantam keras bagian belakang dump truck yang tengah parkir darurat, Sabtu (23/11/2025) malam.

    Kecelakaan maut ini bermula ketika kedua korban, yang tercatat sebagai warga Kecamatan Nglegok, melaju dari arah utara menuju selatan dengan mengendarai sepeda motor. Sesampainya di lokasi kejadian, sebuah dump truck Daihatsu bernopol AG 8593 UZ tengah berhenti di lajur jalan sebelah timur.

    Diduga karena kurang konsentrasi dan kondisi jalan yang minim penerangan, motor korban tak sempat mengerem dan menabrak telak bagian belakang truk.

    Kerasnya benturan membuat bagian depan motor matic tersebut ringsek parah tak berbentuk. Kedua korban terlempar dan mengalami luka fatal yang sangat serius di bagian kepala, tangan, serta kaki.

    Kasihumas Polres Blitar Kota, Iptu Samsul Anwar, mengonfirmasi insiden fatal tersebut. Pihaknya menyatakan bahwa Unit Lakalantas Satlantas Polres Blitar Kota sempat berupaya mengevakuasi korban secepat mungkin untuk mendapatkan pertolongan medis.

    “Iya benar, dua korban warga Nglegok mengalami luka berat di kepala, tangan, dan kaki. Namun, takdir berkata lain. Kedua korban akhirnya meninggal dunia dalam perjalanan ke Rumah Sakit,” ujar Iptu Samsul saat dikonfirmasi, Minggu (24/11/2025).

    Dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), diketahui bahwa truk tersebut sedang diparkir di tepi jalan karena mengalami pecah ban. Truk naas itu sedianya dalam perjalanan mengangkut material pasir menuju Trenggalek.

    Iptu Samsul menjelaskan, faktor lingkungan turut memperburuk keadaan. Lokasi kejadian dikenal sebagai jalur yang sepi saat malam hari dengan kondisi penerangan jalan yang minim. Namun, polisi menyimpulkan penyebab utama kecelakaan mengarah pada faktor human error dari pengendara motor.

    “Dugaan sementara, kecelakaan ini terjadi karena pengendara motor kurang konsentrasi saat melaju, sehingga tidak menyadari adanya hambatan (truk parkir) di depannya,” jelasnya.

    Saat ini, kasus kecelakaan tersebut telah ditangani sepenuhnya oleh pihak kepolisian. Petugas telah mengamankan barang bukti kendaraan dan melakukan pemeriksaan intensif terhadap sejumlah saksi, termasuk pengemudi truk, guna proses hukum lebih lanjut.

    Peristiwa ini menjadi peringatan keras bagi para orang tua untuk lebih mengawasi anak-anaknya dalam berkendara, serta bagi pengguna jalan lain untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat melintas di jalur gelap pada malam hari. [owi/aje]

  • Gran Max Masa Depan Muncul di Jepang, Bisa Jalan Sendiri dan Bantu Kerja!

    Gran Max Masa Depan Muncul di Jepang, Bisa Jalan Sendiri dan Bantu Kerja!

    Tokyo

    Bayangkan Gran Max yang bisa berjalan sendiri, mencari tempat parkir, hingga mengantar barang tanpa sopir. Gambaran itu kini bukan lagi mimpi, karena Daihatsu telah memamerkannya lewat Kayoibako-K di Japan Mobility Show (JMS) 2025.

    Tim detikcom datang langsung ke JMS 2025 bersama Astra Daihatsu Motor beberapa pekan lalu untuk melihat visi dan kendaraan masa depan Daihatsu. Salah satu yang paling menarik adalah Kayoibako-K.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Mobil ini merupakan versi terkecil dari seri kendaraan konsep Kayoibako yang pertama kali diperkenalkan di JMS 2023.

    Kayoibako-K dirancang sebagai kendaraan komersial masa depan dengan kemampuan otonom dan konektivitas tinggi. Melalui konsep ini, Daihatsu mencoba mendefinisikan ulang arti mobil kerja ringan.

    Sesuai namanya, “Kayoibako” dalam bahasa Jepang berarti kotak yang bisa digunakan kembali untuk pengiriman atau pengantaran. Filosofinya sederhana namun kuat, menghadirkan efisiensi dan keberlanjutan dalam mobilitas harian.

    Daihatsu mengembangkan konsep ini agar bisa digunakan oleh siapa saja, baik untuk pengiriman barang, layanan publik, hingga aktivitas sosial di komunitas lokal.

    Yang menarik, Kayoibako-K tidak hanya bisa dikendarai manusia, tetapi juga mampu bergerak secara otomatis. Mobil ini terhubung dengan pusat data yang memungkinkan fitur seperti pemanggilan kendaraan otomatis dan parkir mandiri.

    Fungsinya bisa diperluas untuk membantu pekerjaan di berbagai sektor, bahkan hingga memantau kondisi lansia di lingkungan sekitar.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Public Relation Daihatsu Motor Corporation (DMC), Kadomae, menjelaskan bahwa Kayoibako-K juga dirancang agar dapat menjaga orang tua di area sekitarnya.

    “Selain pengiriman, layanan ini juga mendukung layanan baru seperti membantu memantau orang lanjut usia di komunitas lokal,” ujar Kadomae kepada jurnalis asal Indonesia yang mengikuti tur booth Daihatsu di JMS 2025.

    Kehadiran Kayoibako-K di pameran ini menjadi simbol arah baru Daihatsu dalam mengembangkan kendaraan kecil yang cerdas dan adaptif.

    Konsep ini terasa sangat dekat dengan karakter Gran Max yang selama ini dikenal sebagai tulang punggung usaha kecil di Indonesia.

    Jika suatu hari teknologi Kayoibako-K diterapkan pada Gran Max, bukan tidak mungkin mobil niaga legendaris itu akan berevolusi menjadi kendaraan pintar yang bisa bekerja sendiri. Dari mobil angkut sederhana menjadi mitra usaha digital yang efisien dan ramah lingkungan.

    Kayoibako-K merupakan wujud masa depan mobil komersial mini Daihatsu Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Pada ajang JMS 2025 ini, Daihatsu membawa tema “DAIHATSUMEI”. Menurut DMC, tema itu berfokus pada pengelana visi kendaraan Daihatsu yang kecil tapi mumpuni.

    Istilah Daihatsumei merupakan gabungan antara “Daihatsu” dan “Hatsumei” yang berarti penemuan atau inovasi, menggambarkan semangat merek dalam menghadirkan solusi mobilitas praktis untuk semua kalangan.

    “Sejak didirikan pada tahun 1907, Daihatsu telah menciptakan mobil-mobil yang menggabungkan kegembiraan, kemudahan, dan kenyamanan dalam bodi kecil, dengan harga terjangkau dan selalu dekat dengan kehidupan masyarakat,” ujar Kadomae.

    “Kali ini kami menampilkan penemuan-penemuan unik Daihatsu yang diekspresikan melalui tampilan stan dan pertunjukan, mulai dari Midget hingga berkembang ke masa depan,” tutupnya.

    (mhg/rgr)

  • Gaikindo Bakal Revisi Target Penjualan Mobil 2025 di Indonesia!

    Gaikindo Bakal Revisi Target Penjualan Mobil 2025 di Indonesia!

    Jakarta

    Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan akan merevisi target penjualan mobil di Tanah Air tahun ini. Bahkan, mereka bakal menggelar rapat dengan seluruh anggota terkait untuk merumuskan angka baru.

    Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menegaskan, rapat khusus untuk membahas perubahan target akan digelar pekan depan atau setelah pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW 2025) berakhir. Nantinya, dia akan meminta masukan-masukan dari seluruh anggota.

    “Sampai dengan akhir tahun, kami akan revisi target. Tapi saya pikir, kita tunggu dulu deh. Selesai GJAW 2025, kita bakal kumpul dengan para anggota untuk menentukan target penjualan 2025 ini ke arah mana,” ujar Jongkie saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Gaikindo bakal revisi target penjualan mobil di Indonesia. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Ketika ditanya soal angka terbaru pascarevisi target, Jongkie memilih bungkam. Dia menegaskan, nominal tersebut baru bisa ditentukan setelah rapat anggota selesai digelar.

    “Belum, rapatnya belum (digelar). Jadi, angkanya belum ditentukan. Semua anggota kan punya suara,” kata dia.

    Disitat dari laman resmi Gaikindo, penjualan mobil selama Januari-Oktober 2025 mengalami penurunan sebesar 10,6 persen dari periode sama tahun lalu.

    Lima besar merek terlaris mengalami penurunan penjualan. Honda menjadi yang terparah dengan penurunan 35,5 persen, kemudian Daihatsu 23,5 persen, Toyota 14 persen, Suzuki 8,6 persen dan Mitsubishi 5,3 persen.

    Hasil terbalik datang dari para merek baru yang sebagian besar berasal dari China. BYD dan merek turunannya, Denza, mengalami peningkatan paling signifikan, naik masing-masing 178,2 persen dan 651,1 persen pada Januari-Oktober 2025 dikomparasi dengan periode sama sebelumnya.

    Merek lain yang melonjak adalah Chery 142,7 persen, GWM 94,6 persen, BAIC 167,8 persen, Scania 32,4 persen dan Volkswagen 193,2 persen.

    (sfn/rgr)

  • Toyota Veloz Hybrid Meluncur, Daihatsu Xenia Hybrid Bakal Menyusul?

    Toyota Veloz Hybrid Meluncur, Daihatsu Xenia Hybrid Bakal Menyusul?

    Jakarta

    PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Veloz Hybrid di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Seperti diketahui, Veloz merupakan versi termewah Toyota Avanza, yang juga merupakan kembaran Daihatsu Xenia. Apakah ke depannya Xenia memiliki kemungkinan dibekali mesin hybrid?

    Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani, menjelaskan, Daihatsu sudah memiliki produk hybrid sendiri dalam wujud Rocky Hybrid. Daihatsu juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan produk elektrifikasi sendiri.

    Daihatsu Xenia Foto: Andhika Prasetia

    “Itu kan Veloz (Hybrid). Kita gak punya Veloz. Ya ditunggu saja, nanti diinfo. Kalau teknologi seri hybrid yang kita miliki ini, yang smart hybrid, punyanya Daihatsu. Jadi kita memiliki kapabilitas juga untuk mendevelop (mengembangkan) sendiri untuk hybrid-nya Daihatsu,” bilang Agung di arena GJAW 2025, Jumat (21/11/2025).

    Diberitakan sebelumnya, Toyota Veloz Hybrid resmi diperkenalkan di arena GJAW 2025 dengan harga pre-book Rp 299 juta sampai Rp 390 juta khusus pemesanan di GJAW 2025. Mengusung tema ‘Hybrid EV untuk Semua’, Toyota Veloz Hybrid dirancang sebagai mobil hybrid yang lebih terjangkau.

    Dengan peluncuran Veloz Hybrid di Indonesia, lini produk mobil Hybrid Toyota yang produksi dalam negeri makin lengkap. Sebelumnya, Toyota punya mobil hybrid produksi lokal, yaitu Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid.

    Daihatsu Rocky Hybrid Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

    Sementara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang juga berada di bawah naungan Astra punya lini hybrid dalam wujud SUV kompak Rocky Hybrid. Mobil ramah lingkungan ini sudah dipesan sebanyak 500 unit sejak meluncur pertama kali di GIIAS 2025.

    Rocky Hybrid menghadirkan lima keunggulan utama, dari Excellent Fuel Efficiency, Low Emission, Responsive Acceleration, Advanced Safety, dan juga Fun Drive Sensation.

    ‘Dalam hal Excellent Fuel Efficiency, efisiensi bahan bakar Rocky Hybrid diklaim terbaik di kelasnya karena bisa mencapai hingga 34,8 km/L berdasarkan metode pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang JC08 (Japan Cycle 08).

    (lua/din)

  • Daihatsu Serah Terima Rocky Hybrid di GJAW 2025

    Daihatsu Serah Terima Rocky Hybrid di GJAW 2025

    JAKARTA – Daihatsu menjadikan ajang Gaikindo Jakarta Auto Week untuk melakukan serah terima 3 unit pertama Rocky Hybrid kepada konsumen, sekaligus menjadi perjalanan awal mobil ramah lingkungan tersebut yang meluncur di GIIAS 2025 lalu.

    Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani, mengungkapkan kehadiran Rocky Hybrid di Indonesia merupakan salah satu upaya Daihatsu terhadap komitmen Carbon Neutral. Mobil dengan teknologi e-Smart Hybrid ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik.

    “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang sudah dengan sabar menunggu, kini saatnya kami memberikan yang terbaik melalui penyerahan kepada sahabat Daihatsu yang diwakili oleh 3 pelanggan pertama Rocky Hybrid yang telah menantikan mobil ini sejak awal pemesanan,” katanya, saat konferensi pers di ICE BSD, Jumat, 21 November.

    Daihatsu menampilkan total 6 unit display dan 1 unit Technology Exhibit. Adapun ke-6 unit display terdiri dari 3 unit Rocky Hybrid yang dua diantaranya adalah Dress Up model bertema urban lifestyle, 1 unit Terios Dress Up Alto Style sebagai sarana inspirasi modifikasi dengan style yang berbeda, 2 unit gamification berupa Sigra dan Gran Max yang diubah menjadi mobil gamification sebagai sarana hiburan bagi pengunjung, serta 1 unit Technology Exhibit sebagai sarana edukasi bagi pengunjung untuk melihat teknologi Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid secara langsung.

    Jenama asal Jepang ini juga menghadirkan program penjualan khusus. Bagi pengunjung yang melakukan pemesanan Rocky Hybrid di ajang GJAW ini akan mendapatkan benefit berupa paket perawatan berkala secara gratis sesuai buku servis sampai dengan 40.000 KM atau 2 tahun, mana yang lebih dulu tercapai.

    Balik ke Daihatsu Rocky Hybrid, mobil ini mengusung teknologi e-Smart Hybrid yang memberikan sensasi berkendara ala mobil listrik dengan mesin bensin yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi daya baterai, sehingga mobil ini sangat praktis tanpa perlu charging atau mengisi daya listrik.

    Soal jantung pacunya, dibekali mesin 1.2L WA-VEX baterai Hybrid sebesar 177,6 volt mampu menghasilkan daya sebesar 0,74 kWh yang setara dengan mobil Hybrid di kelas SUV Medium.

    Mobil ini juga menggunakan transmisi khusus hybrid Transaxle yang dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga sebesar 106 PS dan torsi maksimum hingga 170 Nm membuat Rocky Hybrid menjadi salah satu mobil dengan torsi terbesar di kelasnya.

    Dalam hal keselamatan, Rocky Hybrid dilengkapi fitur Advanced Safety, seperti 6 SRS Airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control), HSA (Hill Start Assist), Blind Spot Mirror, serta fitur ISOFIX. Rocky Hybrid juga memiliki 8 fungsi ASA (Advanced Safety Assist).

  • Daihatsu Resmi Serahkan Rocky Hybrid ke Konsumen Pertama

    Daihatsu Resmi Serahkan Rocky Hybrid ke Konsumen Pertama

    Jakarta

    Daihatsu resmi melakukan serah terima Rocky Hybrid di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di ICE-BSD City, Jumat (21/11/2025). Daihatsu berikan apresiasi atas kesetiaan pembeli Rocky Hybrid dengan melakukan penyerahan tiga unit pertama sescara simbolis kepada konsumen.

    Momen serah terima ini menjadi penanda penting awal perjalanan Rocky Hybrid di Indonesia sejak diluncurkan perdana pada GIIAS 2025 Juli lalu.

    “Kehadiran Rocky Hybrid di Indonesia merupakan salah satu upaya Daihatsu terhadap komitmen Carbon Neutral. Mobil dengan teknologi e-Smart Hybrid ini sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang sudah dengan sabar menunggu, kini saatnya kami memberikan yang terbaik melalui penyerahankepada sahabat Daihatsu yang diwaklili oleh 3 pelanggan pertama Rocky Hybrid yang telah menantikan mobil ini sejak awalpemesanan,” ujar Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani.

    Rocky Hybrid mengusung teknologi e-Smart Hybrid yang memberikan sensasi berkendara ala mobil listrik dengan mesin bensin yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi daya baterai, sehingga mobil ini sangat praktis tanpa perlu charging atau mengisi daya listrik.

    Rocky Hybrid menyematkan mesin 1.2L WA-VEX baterai Hybrid sebesar 177,6 volt mampu menghasilkan daya sebesar 0,74 kWh yang setara dengan mobil Hybrid di kelas SUV Medium.

    Mobil ini juga menggunakan transmisi khusus hybrid Transaxle yang dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga sebesar 106 PS dan torsi maksimum hingga 170 Newton meter membuat Rocky Hybrid menjadi salah satu mobil dengan torsi terbesar di kelasnya.

    Rocky Hybrid hadirkan lima keunggulan utama, seperti Excellent Fuel Efficiency, Low Emission, Responsive Acceleration, Advanced Safety, dan Fun Drive Sensation.

    Dalam hal Excellent Fuel Efficiency, efisiensi bahan bakar Rocky Hybrid terbaik di kelasnya karena mampu mencapai darihingga 34,8 km/L berdasarkan metode pengujian efisiensi bahanbakar di Jepang JC08 (Japan Cycle 08).

    Selain memiliki efisiensi bahan bakar terbaik, Rocky Hybrid juga Low Emission atau rendah emisi bahkan terendah di kelasnya, karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km yang membuktikan komitmen Daihatsu dalam mendukung kebijakan Carbon Neutral di Indonesia.

    Rocky Hybrid juga memiliki akselerasi responsif yang tercepatdi kelasnya, karena mampu mencapai kecepatan 0-100km/Jam dalam waktu sekitar 10 detik.

    Dalam hal keselamatan, Rocky Hybrid dilengkapi fitur Advanced Safety, seperti 6 SRS Airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control), HSA (Hill Start Assist), Blind Spot Mirror, serta fitur ISOFIX. Rocky Hybrid juga memiliki 8 fungsi ASA (Advanced Safety Assist), seperti Collision Warning & Avoidance Assist Brake; Lane/Roadside Departure Warning; Lane Departure Prevention Control; Pedal Misoperation Control; Front Departure Alert; Stagger Alarm; Auto High Beam; Corner Sensor di 6 titik.

    Rocky Hybrid menghadirkan Fun Drive Sensation dengantampilan dashboard yang modern, kabin yang lega & senyap, sertaberbagai fitur baru, membuat perjalanan semakin nyaman.

    Pada fitur Smart Pedal membuat berkendara jadi lebih praktis dalam mengendalikan kecepatan hanya melalui pedal gas dan cocok untuk berkendara di kondisi apapun sekaligus mengoptimalkan pengisian baterai, serta membantu deselerasi pengeraman kendaraan.

    Dengan beragam kecanggihan dan keunggulannya, mobil Hybrid Daihatsu ini tetap memiliki harga terjangkau yakni Rp 299.850.000 (OTR DKI Jakarta).

    (lua/din)

  • Grand Max Tabrak Rumah Warga di Ketepung Pacitan, Satu Orang Luka

    Grand Max Tabrak Rumah Warga di Ketepung Pacitan, Satu Orang Luka

    Pacitan (beritajatim.com) – Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Pacitan–Trenggalek, tepatnya di Dusun Sumber, Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung, Kamis (20/11/2025) sekitar pukul 17.15 WIB. Sebuah mobil Daihatsu Grand Max bernomor polisi B 9848 UXC terperosok dan menabrak tembok rumah warga saat hujan turun.

    “Kendaraan melaju dari arah Tulakan menuju Pacitan. Saat berusaha mendahului sepeda motor di depannya, pengemudi hilang kendali hingga terperosok dan menabrak tembok rumah warga di sisi kiri jalan,” jelas Kanit Gakkum Satlantas Polres Pacitan, IPDA Agustaf Yunastianto, saat dikonfirmasi Kamis (20/11/2025).

    Pengemudi kendaraan, Choirul Anam, warga Desa Sedayu, Kecamatan Arjosari, mengalami luka di bagian kepala dan langsung dilarikan ke RSUD Pacitan untuk mendapatkan perawatan.

    “Diduga kecelakaan terjadi karena kelalaian pengemudi. Cuaca hujan juga membuat jalan licin, sehingga pengendara harus ekstra waspada,” imbuhnya.

    Tembok rumah milik Yani Eko Setyawan mengalami kerusakan akibat benturan tersebut. Sementara mobil turut mengalami kerusakan di bagian depan dan sisi kanan bodi.

    Petugas Satlantas bersama Polsek Kebonagung dan Pamapta Polres Pacitan telah melakukan olah TKP, mengamankan lokasi, serta mengatur lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan. “Kami mengimbau pengendara untuk berhati-hati, terutama saat kondisi hujan,” pesan Agustaf. (tri/kun)

  • Diparkir di Garasi Rumah, Gran Max di Pacitan Berubah Jadi Sepeda Ontel

    Diparkir di Garasi Rumah, Gran Max di Pacitan Berubah Jadi Sepeda Ontel

    Pacitan (beritajatim.com) – Nasib apes dialami Supriyanto, warga Dusun Ngunut, Desa Menadi, Kecamatan Pacitan, setelah mobil Daihatsu Gran Max bernomor polisi B 9006 UAN yang diparkir di garasi rumahnya hilang pada Kamis pagi, 20 November 2025. Mobil yang sehari-hari digunakan untuk mengangkut kelapa itu raib tanpa diketahui siapa pelakunya.

    Peristiwa ini pertama kali diketahui sekitar pukul 06.00 WIB. Pipit Suryani, istri Supriyanto, menuturkan bahwa ibunya yang hendak berangkat ke pasar menanyakan keberadaan mobil tersebut. Saat dicek ke garasi, kendaraan yang biasanya terparkir di tempat itu sudah tidak ditemukan.

    “Namun ketika dicek, kendaraan yang biasa terparkir di garasi sudah tidak ada,” katanya.

    Yang membuat keluarga terkejut, di halaman rumah justru ditemukan sebuah sepeda ontel yang tidak diketahui pemiliknya. Temuan itu memunculkan dugaan bahwa pelaku datang ke rumah dengan mengendarai sepeda ontel, kemudian meninggalkannya dan membawa kabur Gran Max yang saat itu tidak dalam kondisi terkunci.

    “Sekitar pukul 23.00 mobil masih ada. Tengah malam ada tetangga yang mendengar suara mobil melaju kencang keluar, tapi mereka tidak curiga kalau itu mobil kami yang dicuri,” ungkap Pipit.

    Supriyanto diketahui setiap hari memanfaatkan mobil Gran Max tersebut untuk mengangkut kelapa dari kebun ke pasar, sehingga kehilangan kendaraan ini langsung berdampak pada aktivitas ekonominya. Karena itu, keluarga segera melaporkan kejadian tersebut ke Polres Pacitan untuk ditindaklanjuti. [tri/beq]

  • Gara-Gara Pohon Tumbang, Layanan Transjakarta Koridor 1 Sekitar Masjid Agung Jaksel Alami Gangguan

    Gara-Gara Pohon Tumbang, Layanan Transjakarta Koridor 1 Sekitar Masjid Agung Jaksel Alami Gangguan

    Sebuah pohon besar tumbang di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (20/11/2025). Detik-detik kejadian terekam dashcam sebuah kendaraan dan viral di media sosial.

    Dalam rekaman terlihat arus lalu lintas relatif lengang. Sebuah mobil Daihatsu berwarna abu-abu melintas pelan sesaat sebelum pohon rubuh dan materialnya mengenai bagian samping mobil tersebut.

    Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Robby Hefadus, menyebut kejadian berada di depan kantor Kementerian Luar Negeri, dekat Bundaran Senayan, pada jalur dari arah Blok M menuju Semanggi.

    “Itu lokasinya di Jalan Sisingamangaraja ya depan kantor deplu dekat Bundaran Senayan, dari arah Blok M menuju ke Semanggi,” kata dia saat dihubungi, Kamis.

    Menurut Robby, tumbangnya pohon tidak menimbulkan korban jiwa. Material pohon hanya menimpa pagar gedung Deplu dan bagian konstruksi atap MRT di lokasi tersebut.

    “Sejauh ini tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan materiil saja itu pohonnya mengenai pagar deplunsama konstruksi dari MRT. konstruksi dari atapnya MRT,” ujar dia.

    Sementara itu, kendaraan yang tertimpa material tidak mengalami kerusakan berarti. “Mobilnya aman. hanya kena di ranting-ranting tapi aman, tidak ada korban jiwa gitu,” ucap dia.

    Hingga kini, arus lalu lintas mengarah ke arah Bundaran Senayan dilaporkan belum bisa dilintasi. “Karena masih proses pembersihan,” tandas dia.