brand merek: Daihatsu

  • Meriahkan Lebaran lewat Gelaran DAIFIT 2025, Astra Daihatsu: Beli Mobil Bisa Menang Umroh

    Meriahkan Lebaran lewat Gelaran DAIFIT 2025, Astra Daihatsu: Beli Mobil Bisa Menang Umroh

    Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Astra Daihatsu menghadirkan berbagai promo spesial melalui program Daihatsu Idulfitri (DAIFIT) 2025.

    Program itu berlangsung mulai 1 Februari hingga 30 April 2025 dan menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi pelanggan setia Daihatsu.

    Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Tri Mulyono mengatakan salah satu highlight dari DAIFIT 2025 adalah kesempatan memenangkan undian umroh untuk sembilan pemenang beruntung.

    “Pengundian akan dilakukan pada Mei 2025, memberikan kesempatan istimewa bagi pelanggan untuk meraih pengalaman spiritual yang tak terlupakan,” kata Tri, Kamis (14/3/25).

    Sementara itu, Kepala Wilayah Jawa Timur Astra Daihatsu Andrianto mengatakan, bahwa selama periode program, pihaknya menawarkan berbagai keuntungan menarik bagi pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan, antara lain gratis biaya administrasi kredit, paket spesial tukar tambah.

    Kemudian paket kredit dengan bunga ringan, diskon spesial Ramadan, dan hadiah langsung untuk setiap pembelian unit tertentu (syarat & ketentuan berlaku)

    “Selain promo pembelian, Daihatsu juga akan menggelar Showroom Event di seluruh outlet resmi Daihatsu di sembilan wilayah di Indonesia,” jelasnya.

    Andrianto menyatakan program itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memiliki mobil impian mereka.

    “Kami berharap penawaran spesial ini dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mobilnya sehingga mempererat tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat.”

    “Bagi Sahabat Daihatsu yang ingin menikmati promo DAIFIT 2025, pastikan untuk melakukan pembelian di outlet resmi Daihatsu. Untuk info lebih lanjut dan lengkapnya, pelanggan bisa menghubungi wiraniaga Daihatsu atau mengunjungi dealer terdekat di kota masing-masing,” ujar Andrianto.

    Ia juga menambahkan, untuk penjualan di Jatim sendiri saat ini unit yang juara adalah Sigra dan Ayla.

    “Segmen LCGC memang banyak diminati. Di kami yang juara memang unit Sigra dan Ayla,” tandasnya.

  • 10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia Januari-Februari 2025

    10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia Januari-Februari 2025

    Jakarta

    Toyota masih menjadi merek mobil terlaris di Indonesia dari tahun ke tahun. Pada Februari 2025 ini, penjualan Toyota mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.

    Yang menarik, dua merek mobil China berebut masuk ke dalam daftar 10 besar mobil terlaris pada dua awal bulan kemarin. Dua merek China tersebut adalah BYD dan Wuling.

    Di bawah ini adalah daftar 10 merek mobil terlaris Indonesia pada Januari dan Februari 2025. Daftar ini diurutkan berdasarkan penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dicatat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

    10 Mobil Terlaris Januari 2025

    Berikut ini 10 merek mobil terlaris di Indonesia pada Januari 2025. Toyota kokoh di peringkat pertama dan terpaut cukup jauh dengan Daihatsu di posisi kedua. Sementara BYD di posisi ke-10.

    Toyota: 22.082 unitDaihatsu: 9.983 unitHonda: 7.276 unitMitsubishi Motors: 5.028 unitSuzuki: 4.982 unitHyundai: 2.308 unitIsuzu: 2.206 unitMitsubishi Fuso: 2.105 unitHino: 1.285 unitBYD: 1.114 unit.10 Mobil Terlaris Februari 2025

    Pada Februari 2025, rata-rata penjualan mobil meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Toyota, Daihatsu, dan Honda masih berada di tiga besar. Sementara BYD keluar dari daftar dan digantikan Wuling yang langsung masuk di urutan ke-8.

    Toyota: 24.397 unitDaihatsu: 11.959 unitHonda: 8.757 unitMitsubishi Motors: 6.684 unitSuzuki: 4.750 unitHyundai: 2.226 unitMitsubishi Fuso: 2.226 unitWuling: 1.935 unitIsuzu: 1.903 unitHino: 1.567 unit.20 Model Mobil Terlaris Januari 2025

    Sebagai gambaran lebih detail, di bawah ini adalah model mobil terlaris di Indonesia pada Januari 2025. Toyota Innova masih merajai di Indonesia, disusul oleh Honda Brio dan Daihatsu Sigra.

    Beberapa mobil niaga juga laris terjual, seperti Gran Max pick up, Carry pick-up, dan Toyota Hilux. Berikut data lengkapnya:

    Kijang Innova (Zenix dan Reborn): 5.171 unitHonda Brio (RS dan Satya): 4.830 unitDaihatsu Sigra: 3.603 unitToyota Rush: 3.332 unitDaihatsu Gran Max pick-up: 2.982 unitMitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.680 unitToyota Avanza: 2.487 unitToyota Calya: 2.598 unitToyota Agya (termasuk GR-S): 2.128 unitSuzuki Carry pick-up: 1.983 unitToyota Fortuner: 1.217 unitToyota Hilux: 1.097 unitHyundai Creta: 1.081 unitSuzuki XL7: 1.045 unitDaihatsu Ayla: 1.018 unitMitsubishi Pajero Sport: 984 unitDaihatsu Terios: 951 unitHonda HR-V: 899 unitHonda BR-V: 871 unitHyundai Stargazer: 839 unit.

    Merek mobil terlaris di Januari dan Februari 2025 ini bisa jadi inspirasi untuk detikers yang ingin punya mobil baru. Jangan lupa sesuaikan harga, skema kredit, dan spesifikasi mobil dengan kemampuan diri.

    (bai/row)

  • Avanza Terjungkal Lagi-Brio Kalah, Ini Mobil Raja Terlaris di RI

    Avanza Terjungkal Lagi-Brio Kalah, Ini Mobil Raja Terlaris di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Toyota Kijang Innova kembali menjadi mobil terlaris di bulan Februari 2025 dengan penjualan 6.008 unit. Ini bukan capaian pertama karena di dua tahun sebelumnya yakni kumulatif 2023-2024 mobil ini selalu menjadi raja jalanan RI.

    Di tempat kedua muncul hatchback Honda Brio yang terjual 5.497 unit, selisih hampir 2.000 unit di bawahnya ada Toyota Calya yang terjual 3.628 unit dan mobil kembaran Daihatsu Sigra dengan penjualan 3.296 unit.

    Toyota Rush ada di posisi kelima dengan penjualan 3.161 unit serta kendaraan di segmen pick up Daihatsu Gran Max Pickup yang berhasil terjual 2.888 unit.

    Sementara itu Toyota Avanza yang biasanya masuk tiga besar penjualan, bulan lalu hanya ada di posisi ketujuh dengan penjualan 2.775 unit.

    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) ada di posisi ke delapan dengan penjualan 2.540 unit, disusul Suzuki Carry dengan penjualan 2.115 unit serta Daihatsu Terios yang terjual 1.688 unit.

    Adapun penjualan mobil nasional bulan Februari 2025 beri kabar baik. Tercatat, penjualan mobil mencapai 72.295 unit, melonjak 10.363 unit atau 16,73% dibandingkan Januari 2025 yang sebanyak 61.932 unit. Jika dibandingkan penjualan bulan Februari 2024, terjadi kenaikan 1.523 unit atau 2,15%.

    Daftar Mobil Terlaris di RI Bulan Februari 2025:

    1. Toyota Kijang Innova (termasuk Innova Reborn dan Zenix): 6.008 unit
    2. Honda Brio (termasuk Brio RS dan Brio Satya): 5.497 unit
    3. Toyota Calya: 3.628 unit
    4. Daihatsu Sigra: 3.296 unit
    5. Toyota Rush: 3.161 unit
    6. Daihatsu Gran Max Pickup: 2.888 unit
    7. Toyota Avanza: 2.775 unit
    8. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.540 unit
    9. Suzuki Carry Pick Up: 2.115 unit
    10. Daihatsu Terios: 1.688 unit
    11. Toyota Agya: 1.607 unit
    12. Daihatsu Xenia: 1.423 unit
    13. Honda HR-V: 1.371 unit
    14. Toyota Fortuner: 1.168 unit
    15. Toyota Raize: 1.156 unit
    16. Toyota Veloz: 1.127 unit
    17. Suzuki XL7: 1.105 unit
    18. BYD M6: 1.093 unit
    19. Daihatsu Ayla: 1.058 unit
    20. Mitsubishi Pajero Sport: 1.044 unit.

    Daftar Mobil Terlaris di RI Bulan Januari 2025:

    Kijang Innova (Zenix dan Reborn): 5.171 unit
    Honda Brio (RS dan Satya): 4.830 unit
    Daihatsu Sigra: 3.603 unit
    Toyota Rush: 3.332 unit
    Daihatsu Gran Max pick-up: 2.982 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.680 unit
    Toyota Avanza: 2.487 unit
    Toyota Calya: 2.598 unit
    Toyota Agya (termasuk GR-S): 2.128 unit
    Suzuki Carry pick-up: 1.983 unit
    Toyota Fortuner: 1.217 unit
    Toyota Hilux: 1.097 unit
    Hyundai Creta: 1.081 unit
    Suzuki XL7: 1.045 unit
    Daihatsu Ayla: 1.018 unit
    Mitsubishi Pajero Sport: 984 unit
    Daihatsu Terios: 951 unit
    Honda HR-V: 899 unit
    Honda BR-V: 871 unit
    Hyundai Stargazer: 839 unit.

    (dce)

  • 20 Mobil Terlaris Februari 2025, Ini Satu-satunya Mobil China yang Masuk Daftar

    20 Mobil Terlaris Februari 2025, Ini Satu-satunya Mobil China yang Masuk Daftar

    Jakarta

    Penjualan mobil pada Februari 2025 menunjukkan tren positif jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) maupun retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) sama-sama mengalami kenaikan.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales naik sampai 16,7 persen dibanding Januari 2025, sementara retail sales naik 9,1 persen.

    Sepanjang bulan Februari 2025, penjualan mobil secara wholesales tercatat sebanyak 72.295 unit, naik dari 61.932 unit pada bulan sebelumnya. Sedangkan penjualan secara retail tercatat sebanyak 69.872 unit pada Februari 2025, naik dari 64.029 unit di Januari 2025.

    Sementara itu, merek terlaris masih dipegang oleh Toyota. Toyota mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 24.397 unit pada Februari 2025 dan retailsales 22.222 unit. Daihatsu menempati urutan kedua dengan wholesales 11.959 unit dan retailsales 12.501 unit.

    Dalam daftar 20 mobil terlaris, hampir semuanya adalah mobil Jepang. Hanya ada satu mobil non-Jepang yang mengisi daftar 20 mobil terlaris Februari 2025.

    Berdasarkan data wholesales Gaikindo, Toyota Kijang Innova masih menjadi raja otomotif Indonesia. Gabungan Toyota Kijang Innova Reborn dan Zenix menjadi mobil paling laris di Indonesia bulan lalu. Totalnya, Toyota Kijang Innova terjual sebanyak 6.008 unit.

    Di urutan kedua diisi oleh Honda Brio. Penjualan Honda Brio, termasuk Brio RS dan Brio Satya mencatatkan angka penjualan sebanyak 5.497 unit. Dan di tempat ketiga ada Daihatsu Sigra dengan penjualan wholesales sebanyak 3.296 unit.

    Dalam daftar 20 mobil terlaris Februari 2025, hanya ada satu mobil non-Jepang. Dia adalah mobil listrik BYD M6 yang mencatatkan penjualan sebanyak 1.093 unit. BYD M6 menduduki peringkat ke-18 mobil terlaris Februari 2025.

    20 Mobil Terlaris Februari 2025Toyota Kijang Innova (termasuk Innova Reborn dan Zenix): 6.008 unitHonda Brio (termasuk Brio RS dan Brio Satya): 5.497 unitToyota Calya: 3.628 unitDaihatsu Sigra: 3.296 unitToyota Rush: 3.161 unitDaihatsu Gran Max Pickup: 2.888 unitToyota Avanza: 2.775 unitMitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.540 unitSuzuki Carry: 2.115 unitDaihatsu Terios: 1.688 unitToyota Agya: 1.607 unitDaihatsu Xenia: 1.423 unitHonda HR-V: 1.371 unitToyota Fortuner: 1.168 unitToyota Raize: 1.156 unitToyota Veloz: 1.127 unitSuzuki XL7: 1.105 unitBYD M6: 1.093 unitDaihatsu Ayla: 1.058 unit.Mitsubishi Pajero Sport: 1.044 unit.

    (rgr/dry)

  • Penjualan Daihatsu Januari-Februari 2025 Tembus 23 Ribu Unit, Ini Model Terlarisnya

    Penjualan Daihatsu Januari-Februari 2025 Tembus 23 Ribu Unit, Ini Model Terlarisnya

    Jakarta

    Astra Daihatsu Motor (AHM) merilis data penjualan retail periode Januari-Februari 2025. Dalam dua bulan pertama tahun 2025 ini, penjualan retail Daihatsu menembus angka 23.806 unit. Ini model terlarisnya.

    Sebagai informasi, pasar otomotif nasional selama dua bulan pertama 2025 mencatatkan raihan sekitar 133 ribu unit, sehingga market share penjualan retail Daihatsu sebesar 17,8%.

    Penjualan mobil Daihatsu didukung tiga model andalan, mulai LCGC MPV Daihatsu Sigra yang menjadi kontributor utama penjualan Daihatsu dengan penjualan sebanyak 7.368 unit atau berkontribusi sebesar 31%, disusul mobil komersil Daihatsu Gran Max Pick Up sebanyak 6.547 unit sebesar 28%, dan Terios sejumlah 2.681 unit atau sekitar 11%.

    “Kami bersyukur Daihatsu tetap catatkan kinerja positif hingga Februari. Kami berkomitmen untuk memberikan penawaran serta layanan terbaik kepada pelanggan, khususnya mengambil momentum menjelang Lebaran,” ujar Tri Mulyono selaku Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, dalam keterangannya, Rabu (12/3/2025).

    Selama periode menyambut lebaran, Daihatsu juga memberikan beragam promo, mulai dari penjualan seperti beli mobil Daihatsu di program DAIFIT (Daihatsu Idul Fitri) pada 1 Februari-30 April 2025 berkesempatan mendapat hadiah umroh untuk 9 orang pemenang yang beruntung.

    Daihatsu juga memberikan program servis khusus yang dapat dinikmati pelanggan dengan servis mobil lebih awal agar perjalanan mudik atau libur Lebaran dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri lebih aman dan nyaman melalui Promo Service THR (Tebar Hemat Ramadhan) yang berlaku pada 1-20 Maret 2025.

    Tak hanya pemilik mobil baru, Daihatsu juga manjakan pelanggan yang baru memiliki mobil bekas Daihatsu dan ingin merawat kendaraannya tetap prima melalui promo Sehati (Second Hand Activation).

    (lua/din)

  • Penjualan Mobil Meroket, Siap-Siap Mudik Lebaran?

    Penjualan Mobil Meroket, Siap-Siap Mudik Lebaran?

    Jakarta: Penjualan mobil di Indonesia tercatat mengalami peningkatan. Data terbaru menunjukkan, penjualan mobil nasional sampai Februari 2025 mencapai 134.227 unit. 
     
    Dari angka itu, Astra mencatatkan penjualan sebanyak 73.077 unit, dengan pangsa pasar yang fantastis, yaitu 54 persen.
    Data penjualan mobil Astra
    Penjualan Toyota dan Lexus mencapai 24.506 unit, naik dari bulan sebelumnya yang sebesar 22.132 unit.
     
    Sementara untuk merek Daihatsu mengalami peningkatan, dari 9.983 unit di Januari menjadi 11.959 unit di Februari.

    Sedangkan untuk Isuzu dan UD Trucks penurunan penjualan. Penjualan Isuzu turun dari 2.206 pada bulan lalu menjadi 1.903 pada Februari 2025. Lalu untuk UD Trucks turun dari 210 unit di Januari menjadi 178 unit di Februari.
     
    Namun secara keseluruhan, penjualan mobil Astra di Februari 2025 mengalami kenaikan. Pada bulan Februari total penjualan mobil astra mencapai 38.546 unit, dari bulan sebelumnya yang hanya 34.531 unit.
     

    Market share Astra setengah Pasar mobil Indonesia
    Pangsa pasar Astra di Februari 2025 mencapai 53 persen. Secara total dari bulan januari dan februari 2025, market share astra mencapai 5 persen. Ini menunjukkan dominasi Astra di pasar otomotif Indonesia.
     
    “Pangsa pasar mobil Astra hingga Februari 2025 tercatat 54%. Momentum libur Lebaran yang akan datang diharapkan dapat mendorong permintaan kendaraan, seiring dengan meningkatnya aktivitas masyarakat untuk dapat menjadi solusi mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto dalam keterangannya yang diterima Medcom.id.
     
    Momentum Lebaran yang sebentar lagi tiba diprediksi bakal jadi pendorong utama penjualan mobil. Banyak orang yang ini mudik dengan kendaraan pribadi, sehingga permintaan mobil mengalami peningkatan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Penjualan Mobil di Indonesia Naik, Toyota Masih Sulit Digusur

    Penjualan Mobil di Indonesia Naik, Toyota Masih Sulit Digusur

    Jakarta

    Penjualan mobil pada Februari 2025 mengalami kenaikan dibanding Januari 2025. Hal ini menuai optimisme di tengah lesunya pasar otomotif Tanah Air belakangan ini.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil secara wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) dan retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen) pada bulan Februari mengalami kenaikan. Wholesales naik sampai 16,7 persen dibanding Januari 2025, sementara retail sales naik 9,1 persen.

    Sepanjang bulan Februari 2025, penjualan mobil secara wholesales tercatat sebanyak 72.295 unit, naik dari 61.932 unit pada bulan sebelumnya. Sedangkan penjualan secara retail tercatat sebanyak 69.872 unit pada Februari 2025, naik dari 64.029 unit di Januari 2025.

    Sementara itu, merek terlaris masih dipegang oleh Toyota. Toyota mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 24.397 unit pada Februari 2025 dan retail sales 22.222 unit. Daihatsu menempati urutan kedua dengan wholesales 11.959 unit dan retailsales 12.501 unit.

    10 Merek Mobil Terlaris Februari 2025

    Wholesales

    Toyota: 24.397 unitDaihatsu: 11.959 unitHonda: 8.757 unitMitsubishi Motors: 6.684 unitSuzuki: 4.750 unitHyundai: 2.226 unitMitsubishi Fuso: 2.226 unitWuling: 1.935 unitIsuzu: 1.903 unitHino: 1.567 unit.

    Retailsales

    Toyota: 22.222 unitDaihatsu: 12.501 unitHonda: 7.754 unitMitsubishi Motors: 6.176 unitSuzuki: 5.068 unitHyundai: 2.153 unitIsuzu: 2.149 unitMitsubishi Fuso: 2.147 unitWuling: 2.033 unitHino: 1.967 unit.Untung Ada Insentif

    Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, penjualan mobil pada Januari 2025 sempat turun lantaran adanya ketidakpastian soal opsen pajak. Alhasil, konsumen banyak yang menunda pembelian kendaraan.

    Untungnya, ada insentif pajak yang diberikan sejumlah daerah. Keberadaan insentif itu membuat pajak yang harus dikeluarkan pemilik kendaraan cenderung sama sekalipun kena opsen dengan tarif 66 persen. Di sisi lain, menurut Kukuh, jika Pemda mau menahan untuk tidak menerapkan opsen pada kendaraan baru, penjualan bisa meningkat. Pemasukan pajak daerah pun bisa terkerek.

    “Dengan makin banyak mobil yang dijual, maka pemda dapat pendapatan pajak yang setimpal. Tapi kalau penjualannya menurun, pendapatan pemda juga akan menurun,” tutur Kukuh seperti dikutip Antara.

    (rgr/dry)

  • Polda Jatim Bongkar Praktik LPG Oplosan di Jombang

    Polda Jatim Bongkar Praktik LPG Oplosan di Jombang

    Liputan6.com, Surabaya – Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus, Polda Jatim, AKBP Damus Asa mengungkapkan, pihaknya membongkar praktik pengoplosan gas elpiji atau gas LPG bersubsidi ukuran 3 kilogram ke tabung 12 kilogram dan 50 kilogram.

    “Kami menangkap empat orang pelaku yaitu MS, MM, AK dan SZ,” ujar AKBP Damus di Mapolda Jatim, Selasa (4/3/2025).

    AKBP Damus mengatakan, modusnya pelaku SZ bekerja sama dengan pelaku AK melakukan pemindahan isi gas dari tabung LPG 3 Kg (Subsidi) ke tabung LPG kosong (non subsidi) dengan kapasitas volume 12 Kg dan 50 Kg yang dilakukan sejak bulan Januari 2025 sampai tanggal 03 Maret 2025.

    “Tabung 3 Kg yang berisi gas kemudian dipindahkan isi gas nya dengan menggunakan alat pipa terbuat dari bahan logam (pen) yang disuntikkan pada bagian pentil masing-masing tabung non subsidi (LPG 12 Kg dan LPG 50 Kg),“ ucapnya.

    AKBP Damus menyebut, kapasitas pengisian atau pemindahan gas yang dibutuhkan dari LPG 3 Kg ke tabung LPG berukuran masing-masing LPG 12 Kg membutuhkan sekitar 4 sampai 5 tabung gas LPG 3 Kg dan LPG 50 Kg membutuhkan sekitar 20 sampai 22 tabung gas LPG 3 Kg.

    “Setelah gas dipindahkan ke tabung LPG nonsubsidi, kemudian tabung tersebut ditutupmenggunakan segel (yang diperoleh dengan membeli di toko online melalui Lazada) yang berisi gas tersebut dan tabung LPG siap diedarkan atau dijual,“ ujarnya.

    “Pelaku SZ dibantu pelaku MS dan MM (supir dan kernet) untuk memperoleh LPG Subsidi 3 Kg dengan cara membeli di toko dan pangkalan di wilayah Kabupaten Jombang dengan harga Rp20 ribu sampai Rp21 ribu dan menjual LPG nonsubsidi 12 Kg dan 50 Kg yang telah diisi dengan gas yang berasal dari LPG Subsidi 3 Kg tersebut ke toko kelontong dan pangkalan di wilayah Kabupaten Jombang,“ imbuh AKBP Damus.

    Sementara untuk tabung LPG 12 Kg dijual dengan harga Rp130 ribu sampai Rp140 ribu per/ tabung dan tabung LPG 50 Kg sebesar Rp 550 ribu sampai Rp575 ribu per tabung.

    Pelaku dikenakan pasal 55 UU nomor 22 tahun 2021 tentang minyak dan gas bumi yang diubah UU RI nomor 6 tahun 2023 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU nomor 2 tahun 2022 tentang cipta kerja menjadi UU pasal 5 ayat 1 ancaman pidana 6 tahun dan denda Rp6 miliar.

    Barang bukti yang diamankan satu unit mobil pick up merk Daihatsu Grand, LPG 3 kg total 140 kondisi kosong, LPG 3 kg 62 kondisi isi, LPG 12 kg 52 kondisi kosong, LPG 12 kg 18 kondisi isi, LPG 50 kg 18 kondisi kosong, LPG 50 kg 18 kondisi isi, satu buah tang.

    Seratus buah segel tabung 12 Kg dan tiga puluh buah segel tabung 50 Kg, satu plastik kecil seal karet merah LPG 3 Kg, satu kresek bekas segel LPG 3 Kg, dua buah timbangan digital merk ACS dan Voltron, dua puluh buah alat pemindah gas sebagai media suntik tabung LPG 12 Kg, dan sembilan buah alat pemindah gas sebagai media suntik tabung LPG 50 Kg.

     

    Aksi Pengoplos Gas Elpiji Berakhir di Tangan Polisi Pemalang

  • Polisi Selidiki Aksi Penembakan yang Terekam CCTV di Malang

    Polisi Selidiki Aksi Penembakan yang Terekam CCTV di Malang

    Malang (beritajatim.com) – Aksi penembakan di Kabupaten Malang yang terekam kamera pengawas (CCTV) tengah diselidiki oleh Kepolisian Resor Malang. Kasus ini terkait dengan perusakan tiga unit kendaraan roda empat milik warga di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, yang diduga dilakukan dengan senjata api.

    Kasihumas Polres Malang, AKP Bambang Subinajar, membenarkan adanya laporan tersebut dan menegaskan bahwa penyelidikan masih terus berlangsung.

    “Benar, saat ini Satreskrim Polres Malang bersama Polsek Lawang tengah melakukan pendalaman terkait kasus perusakan kaca mobil tersebut. Beberapa barang bukti sudah diamankan, termasuk satu proyektil yang diduga digunakan untuk merusak kaca,” ujar AKP Bambang Subinajar saat dikonfirmasi di Polres Malang, Selasa (11/3/2025).

    Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (8/3/2025) sekitar pukul 09.00 WIB di Jl. Anjasmoro Gang I, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Korban dalam kejadian ini, Iwan Putra Pradana (33), warga Desa Turirejo, menemukan kaca mobilnya pecah dan berlubang saat hendak keluar rumah untuk pergi ke pasar.

    Mobil yang menjadi sasaran perusakan adalah Daihatsu Sigra dengan nopol DA-1784-IB dan Toyota Innova dengan nopol L-1568-BAD. Akibat kejadian ini, korban mengalami kerugian material sekitar Rp3 juta.

    “Dari hasil pemeriksaan awal, kaca bagian kiri, kanan, dan belakang dari dua mobil tersebut mengalami kerusakan. Bahkan ditemukan lubang pada kaca yang diduga akibat tembakan benda keras menyerupai peluru,” tegas Bambang.

    Petugas yang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) menemukan sebuah proyektil peluru berwarna perunggu, yang kini menjadi barang bukti penting dalam penyelidikan. Selain itu, korban telah memeriksa rekaman CCTV di sekitar lokasi.

    “Dari CCTV terlihat dua orang tak dikenal berboncengan motor mendekati mobil, lalu menembakkan alat menyerupai pistol ke arah kaca mobil hingga pecah, kemudian kabur,” bebernya.

    Tim Satreskrim Polres Malang dan Unit Reskrim Polsek Lawang saat ini sedang memeriksa saksi-saksi dan menganalisis barang bukti yang ditemukan. Polisi juga mendalami motif pelaku, apakah berkaitan dengan motif pribadi, ancaman, atau murni tindakan kriminal.

    “Kami masih mendalami siapa pelaku di balik kejadian ini. Tim Reskrim sedang bekerja di lapangan, mengumpulkan petunjuk, termasuk menganalisis proyektil yang ditemukan dengan bantuan tim Laboratorium Forensik (Labfor),” pungkas Bambang. [yog/beq]

  • Hobi Menggambar, Kini Ruben Punya Studio dan Bengkel Miniatur Mobil

    Hobi Menggambar, Kini Ruben Punya Studio dan Bengkel Miniatur Mobil

    Jakarta

    Memiliki hobi menggambar sejak kecil membuat Ruben bercita-cita memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya, seiring berjalannya waktu ia terus ditemukan dengan orang-orang hebat hingga kini mampu memiliki usaha desain 3d printing di rumahnya.

    Saat dikunjungi detikcom, Ruben dibantu seorang karyawannya tengah menyelesaikan orderan miniatur mobil custom di Bengkel Imajinari Auto, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (26/2/2025). Support dari orang tua yang tak pernah meminta anaknya bekerja pada bidang tertentu dan terus mengarahkan cita-cita anaknya membuat Ruben terus menekuni bidang ini.

    “Saya dari dulu memang sukanya gambar, kemudian orang tua saya suka bawain mobil-mobilan pas SMP saya bertanya-tanya apa ada pekerjaan yang khusus menggambar mobil dan ternyata ada, nah orang tua saya suport banget nggak pernah nanya mau jadi apa. Jadi sebelum kuliah orang tua saya mengkursuskan saya berbagai hal seperti les 3d, les gambar mobil, terus sampe kuliah,” kenang Ruben.

    Dengan bakat itu Ruben meneruskannya di Universitas Pelita Harapan dengan mengambil jurusan desain produk, uniknya setiap penugasan desain ia hubungkan dengan otomotif. Kecintaannya dengan bidang otomotif ini juga membawanya hingga ke negeri tirai bambu untuk mengikuti workshop dengan para pakarnya.

    Tak perlu waktu lama, selesai kuliah Ruben langsung masuk dalam perusahaan otomotif yaitu Daihatsu sebagai styling designer dengan tugas membuat mobil konsep untuk dipajang pada gelaran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) dan IIMS (Indonesia International Motor Show). Tak hanya itu ia juga terlibat dalam beberapa desain mobil yang kini ada di pasaran seperti Ayla GT2, Terios Sprint, hingga Luxio Noir.

    Ingin memiliki karya yang lebih dari itu ia nekat resign dan membuat studio sendiri dan membuat desain untuk brand lain, hanya bermodal laptop Ruben mampu menemukan kliennya di coffee shop.

    “Pertimbngan satu fleksibilitas waktu, ekplorasinya lebih besar tadinya saya cuma jadi artsy doang sekarang saya jadi bisa pegang brand Nissan, Mitsubishi, Suzuki dan dapat customernya lucu. Seperti ketemu di Starbuck lah, tiba-tiba ketemu sama orang kerja di pabrik bumper terus jadi klien saya, jadi kalo nekat ya nekat karena hobi jadi dijalanin,” lanjur Ruben.

    Memiliki kemampuan untuk mendesain produk, ia lantas mencari alat untuk menjadikan desain itu sebagai barang, tahun 2019 Ruben menemukan alat yang ia cari dan diimpor langsung dari China dengan harga Rp 11 juta. Percobaan pertamanya ia membeli mobil hotwheels dan membuat velg kecil-kecil sendiri untuk menggantikan kaki-kakinya.

    Namun saat itu ruben belum berpikiran untuk menjual karyanya, namun pada saat momen pandemi ia lantas membuat motor N-Max dan memasarkannya di sosial media kala itu peminatnya langsung banyak. Namun pada percobaan keduanya orderan justru sepi, setelah belajar marketing ia akhirnya menemukan cara untuk mendongkrak penjualan.

    “Punya usaha sendiri pertama saya buat motor Nmax, jujur saat itu masih gampang karena pas jaman Covid-19 di sosial media saya posting itu di facebook yang beli rame. Saya iseng bikin produk lagi mobil, nah saya buka open PO di instagram pasti rame saya jual Mitsubishi Expander cuma saat itu nggak ada yang beli. Ternyata kendalanya di marketing, bagaimana menjual produk ini mesti dijual kemana, oh ternyata saya harus iklan. Jadi saya belajar lagi saya bikin ads, bikin open PO laku 70, kedua 8,” lanjut Ruben.

    Dengan bakat dan usahanya itu kini ia mampu menjual miniatur kendaraan dengan omzet perbulan rata-rata Rp 40 juta, tak hanya miniatur kendaraan ia juga menerima orderan body kit hingga souvenir. Kini karya Ruben dengan Imajinari Autonya memiliki pelanggan hingga Singapura yang menjadi pelanggan tetapnya. Selain jualan kini Ruben juga turut ikut serta dalam kegiatan pameran, terbaru ia mengikuti ajang BRI UMKM EXPO(RT) 2025 di ICE BSD.

    “Kemarin di BRI UMKM EXPO(RT) 2025 booth saya agak lain, karena di sekeliling saya ada UMKM kayu, baju, mainan anak nah booth saya ini memajang mobil besar dan mobil kecil-kecil. Pas hari pertama sampai ketiga memang tak banyak yang mampir, namun setelah ngobrol dengan tetangga dan disarankan membawa alat baru pada hari terakhir booth saya dipenuhi pengunjung. Kartu nama saya sampai ludes,” lanjur Ruben.

    Dengan membawa alat pencetak miniatur, pengunjung banyak yang terkesan dan penasaran. Dengan cara itu ia mampu menarik mata pengunjung, bukan hanya itu dengan mengikuti pameran seperti ini juga membuat Ruben dapat bertukar cerita dengan para pebisnis UMKM di sekelilingnya sehingga membangkitkan kembali gairah usahanya.

    “Saya senang ketemu sama orang yang pemikirannya sama sebagai pengusaha, mereka punya cerita keren-keren dan itu sangat menginspirasi saya, ketemu orang-orang begitu membuat saya jadi memacu semangat untuk jualan lagi R&D lagi. Next harus ikut lagi bawa alat 3d printnya lagi sih,” tutup Ruben.

    Sebelumnya, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 mengusung tema ‘Broadening MSME’s Global Outreach’ yang diartikan sebagai upaya mendorong UMKM untuk lebih terlibat dalam pasar internasional. Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar lokal serta mendorong UMKM mendapatkan peluang bisnis baru di berbagai belahan dunia.

    BRI terus berkomitmen untuk mendorong semakin banyak UMKM binaan yang naik kelas dan berhasil menjangkau pasar internasional. Acara yang berlangsung pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025 di ICE BSD City tersebut sukses dihadiri oleh lebih dari 63 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi Rp38,9 miliar dan berhasil merealisasikan businesss matching dengan commitment deal mencapai USD 90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

    Dikutip dari laman resmi BRI, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa selain membuka peluang bisnis bagi UMKM, expo ini juga berhasil menarik minat masyarakat untuk mengenal lebih jauh produk unggulan Tanah Air. Hal ini tercermin dari jumlah pengunjung yang terus meningkat.

    “Hingga kegiatan closing ceremony, total jumlah pengunjung yang menghadiri expo mencapai lebih dari 63 ribu pengunjung, pencapaian tersebut melampaui target sebanyak 50 ribu pengunjung dalam 4 hari”, jelasnya.

    Terkait capaian tersebut, Sunarso juga mengungkapkan bahwa BRI terus berkomitmen untuk mendukung UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar internasional dengan memberikan akses pasar melalui kegiatan business matching yang telah dilaksanakan. “Tahun ini kami menargetkan commitment deal senilai USD 89,4 juta dengan realisasi sebesar USD 90,6 juta. Dan pelaksanaan business matching ini akan terus berlanjut selama 2025,” ujarnya.

    (hns/hns)