brand merek: Daihatsu

  • Alasan Rocky Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 300 Juta

    Alasan Rocky Hybrid Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 300 Juta

    Jakarta

    Daihatsu Rocky hybrid resmi meluncur di Indonesia dengan harga spesial. Mobil yang diimpor utuh dari Jepang itu dijual di bawah Rp 300 juta selama periode Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Kenapa akhirnya Daihatsu membawa Rocky hybrid ke sini?

    Lewat kehadiran Daihatsu Rocky e-Smart hybrid, PT Astra Daihatsu Motor berkomitmen melahirkan produk elektrifikasi dengan banderol yang kompetitif. Di sisi lain, Daihatsu melihat potensi pasar yang bisa berkembang di Indonesia.

    “Kita sudah melakukan survei market dalam dua tahun terakhir, kita percaya ada konsumen pertama di urban, dan second buyer dari loyalis tetap Daihatsu,” jelas Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    Rocky Hybrid Foto: Grandyos Zafna/detikcom

    “Kita akan memaksimalkan penjualan Rocky Hybrid ini. Tujuan utama kita terlibat dalam elektrifikasi yang ada di Indonesia,” tambah dia.

    Meskipun statusnya saat ini masih CBU dari Jepang tetapi banderolannya cukup kompetitif untuk bersaing di pasar mobil hybrid. Misalnya merek lain yang memakai sistem series hybrid seperti Nissan Kicks e-Power misalnya saat ini dijual Rp 522,6 juta. Sementara Rocky Hybrid dijual Rp 293,9 juta!

    Perlu diketahui harga Rocky Hybrid itu hanya berlaku selama pameran GIIAS 2025 saja. Kemudian pengiriman baru akan sampai ke garasi konsumen paling cepat November 2025.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky hybrid ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 Km/liter dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 Km/l berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selainefisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    (riar/din)

  • Mengenal Sistem Hybrid Daihatsu Rocky, Pakai Slogan Real!

    Mengenal Sistem Hybrid Daihatsu Rocky, Pakai Slogan Real!

    Jakarta

    Daihatsu Rocky hybrid menggunakan slogan “Believe in Real” saat peluncuran di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Kamis (25/7/2025). Mari mengenal sistem hybrid yang ditawarkan Daihatsu.

    Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan penggunaan slogan “real” saat peluncuran Rocky hybrid.

    “Jadi pada market yang beredar banyak kombinasi, ada hybrid yang series pararel, dan ada series. Kami adalah real, tanpa gabungan pararel. Jadi kami betul-betul series, di mana kerja daripada kendaraan itu menggunakan motor listrik sementara mesin hanya mengisi baterai,” jelas dia di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membawa Daihatsu Rocky hybrid dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD City, Tangerang, Rabu (23/7/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    Jadi Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid yang baru meluncur ini bukan pararel ataupun series-pararel seperti yang umum digunakan oleh Toyota Hybrid System. Mesin pembakaran tidak terhubung langsung dengan roda penggerak.

    Daihatsu Rocky Hybrid ini menggunakan sistem “serial hybrid” di mana motor listrik menggerakkan roda kendaraan sementara mesin bertindak sebagai generator untuk mengisi daya mesin. Daihatsu Rocky ini menggunakan mesin 1.2L (WA-VEX) untuk menyalakan generator.

    Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Nm, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid adalah salah satu contoh mobil hybrid dengan pendekatan berbeda. Apalagi klaim konsumsi bahan bakarnya, cocok untuk penggunaan perkotaan yang dinamis.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah bisa dipesan seluruh outlet resmi Daihatsu dengan harga Rp 293.900.000 OTR DKI Jakarta. Rocky Hybrid tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White dan Laser Blue Crystal Shine.

    Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 kilometer (km), garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 km.

    (riar/lua)

  • Daihatsu Rocky Limited Edition Meluncur, Cuma 10 Unit di Dunia

    Daihatsu Rocky Limited Edition Meluncur, Cuma 10 Unit di Dunia

    Jakarta

    Daihatsu Rocky edisi terbatas meluncur di GIIAS 2025, ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (25/7/2025). Namanya Daihatsu Rocky Crossfield yang dibangun dari varian 1.2 X CVT.

    Daihatsu Rocky Crossfield ini sebelumnya pernah tampil di GIIAS 2024 sebagai inspirasi modifikasi bertema outdoor. Kemudian Daihatsu Rocky Crossfield mendapat animo dari para pengunjung GIIAS sehingga akhirnya diwujudkan dalam bentuk produksi komersil.

    “Hari ini kami menghadirkan Rocky Limited Edition, Rocky Crossfield,” kata Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani saat peluncuran di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (25/7/2025).

    “Berasal dari 1.2 X CVT didesain lebih berani kokoh dan tangguh, beda dengan Rocky yang dimiliki saat ini,” jelasnya.

    Model ini dikembangkan dengan mengambil basis varian Rocky 1.2X CVT yang sudah terbukti menjadi varian paling favorit masyarakat Indonesia, di mana varian ini berkontribusi sekitar 66% dari total penjualan Daihatsu Rocky hingga Juni 2025.

    Beberapa pembeda Rocky Crossfield tersemat yang membuat mobil ini semakin spesial.

    Daihatsu Rocky Crossfield Foto: Ridwan Arifin

    Dari sisi eksterior memakai kelir oranye metalik yang dipadukan aksen Bumper Black Matte yang terlihat tangguh, serta Black Roof yang stylish dan modern dengan kesan 2 tone.

    Bagian grille depan bertuliskan Daihatsu menampilkan keunikan tersendiri karena hanya ada satu-satunya pada model Rocky.

    Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki interior dengan sentuhan warna hitam di beberapa bagian, mulai dari Center Console Box, Door, AC Register, Steering Wheel Garnish, hingga Door inner handle. Sentuhan eksklusif ini membuat kabin terasa lebih sporty.

    Sesuai namanya, Rocky Limited Edition dihadirkan dalam jumlah terbatas hanya 10 unit. Daihatsu Rocky edisi spesial ini dijual dengan harga Rp 248.750.000 (OTR DKI Jakarta).

    Promo Daihatsu

    Untuk memiliki Rocky Limited Edition, pengunjung dapat memanfaatkan berbagai promo penjualan menarik Daihatsu dengan berbagai kemudahan, seperti gratis biaya admin, cashback spesial khusus trade-in, gratis asuransi, paket kredit spesial, bunga spesial, diskon spesial, hingga Lucky Bowl dengan hadiah menarik tiap harinya.

    Daihatsu juga hadirkan promo khusus Gebyar Merdeka Bahagia Sejak Pertama yang berlaku sejak 1 Juli-30 September 2025 bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Bagi pembeli mobil Daihatsu pada periode tersebut berkesempatan membawa pulang hadiah menarik yang akan diundi berupa, Grand prize 1 unit mobil Gran Max Taft Guy; 9 unit sepeda motor; 9 keping emas; serta 45 voucher belanja. Filosofi angka 1945 pada hadiah undian merefleksikan tahun bersejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

    (riar/dry)

  • Toyota Berhasil Pertahankan Posisi Puncak Pasar Otomotif Indonesia Selama Dua Dekade

    Toyota Berhasil Pertahankan Posisi Puncak Pasar Otomotif Indonesia Selama Dua Dekade

    JAKARTA – Toyota berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif Indonesia selama dua dekade terakhir, dengan pangsa pasar rata-rata di atas 30 persen.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil di Indonesia mencapai 865.723 unit pada 2024.

    Grup Toyota dan Lexus mendominasi pasar dengan total penjualan mencapai 291.566 unit (pangsa pasar 33,7 persen), disusul anak perusahaannya, Daihatsu, yang menduduki posisi penjualan kedua sebanyak 163.032 unit.

    “Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia selama ini kepada solusi mobilitas yang kami tawarkan. Ini merupakan kesetiaan jangka panjang kami dalam mendampingi pertumbuhan Indonesia, bukan hanya sebagai produsen otomotif, tetapi sebagai mitra strategis dalam membangun masa depan mobilitas, lingkungan, dan masyarakat,” kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, ICE BSD City, Tangerang, dilansir dari ANTARA.

    Selain itu, Toyota juga merajai pasar hybrid di tanah air, dengan menguasai pangsa pasar hybrid sebanyak 59 persen.

    Capaian ini, menurut Presiden Direktur PT TAM Hiroyuki Ueda, berhasil diraih berkat strategi multi-pathway Toyota, inisiatif “Beyond Zero”, termasuk dengan menghadirkan kendaraan elektrifikasi seperti hybrid.

    Strategi multi-pathway merupakan pendekatan Toyota dalam menghadirkan berbagai solusi elektrifikasi dan mobilitas yang beragam, tidak hanya terpaku pada satu jenis teknologi, untuk mencapai target netralitas karbon.

    Bentuk Solusi dalam Strategi Multi-Pathway pabrikan Jepang tersebut yakni memberikan berbagai pilihan teknologi elektrifikasi seperti hybrid electric vehicle (HEV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), battery electric vehicle (BEV), dan fuel cell electric vehicle (FCEV).

    Beberapa kendaraan hybrid Toyota saat ini seperti Corolla Cross Hybrid, Yaris Cross Hybrid, Kijang Innova Zenix Hybrid, Alphard Hybrid, dan lainnya, sementara Toyota Mirai menjadi salah satu contoh kendaraan FCEV Toyota saat ini, serta bZ4X dan Urban Cruiser sebagai BEV milik Toyota.

    Sementara “Beyond Zero” merupakan visi global Toyota yang mencerminkan komitmen perusahaan untuk tidak hanya mencapai nol emisi karbon (zero emissions), tetapi juga melampauinya dengan memberikan manfaat tambahan bagi manusia, masyarakat, dan lingkungan.

    “Melalui strategi multi-pathway, Toyota menghadirkan berbagai solusi mobilitas ramah lingkungan, salah satunya model Toyota Hybrid yang mendapatkan penerimaan positif oleh masyarakat sehingga berhasil mendominasi 59 persen pasar Hybrid nasional,” kata Hiroyuki.

    Keberhasilan ini, menurut Hiroyuki, juga merupakan buah dari pengembangan ekosistem mobilitas komprehensif, mencerminkan upaya Toyota dalam menyediakan produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

    Melalui berbagai kemitraan lokal, Toyota konsisten memperkuat peran strategisnya dalam mengembangkan industri otomotif nasional.

    Dalam upaya memperkuat industri dari hulu ke hilir, Toyota memaksimalkan keterlibatan sumber daya dalam negeri melalui riset dan pengembangan, produksi, peningkatan penggunaan komponen lokal, serta pengembangan SDM.

    “Kami juga akan secara aktif mengoper rate lima pabrik manufaktur di Indonesia untuk memperkuat pondasi nasional industri. Semua aktivitas ini didukung oleh lebih dari 350.000 tenaga kerja lokal, termasuk pada value chain dan supply chain,” ujar Hiroyuki.

    Toyota juga menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor utama di kawasan Global South, dengan total kumulatif ekspor mendekati tiga juta unit kendaraan ke berbagai negara.

  • Harga Daihatsu Rocky Hybrid Diumumkan: Rp 290 Jutaan!

    Harga Daihatsu Rocky Hybrid Diumumkan: Rp 290 Jutaan!

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya mengumumkan Rocky e-Smart Hybrid di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Kamis (24/7/2025). SUV compact ramah lingkungan ini dijual di bawah Rp 300 juta, harga tersebut spesial selama acara GIIAS 2025.

    Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor menyebutkan Rocky Hybrid ini produk ini masih diimpor dari Jepang, namun sudah disesuaikan spesifikasinya untuk pasar Indonesia.

    “Mulai hari ini Rocky Hybrid bisa dipesan di seluruh Indonesia. Kita memberikan spesial harga di GIIAS,” ujar Sri Agung saat peluncuran di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (24/7/2025).

    Spesifikasi Daihatsu Rocky Hybrid

    Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle. Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif. Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Rocky Hybrid juga memiliki akselerasi responsif yang mampu mencapai kecepatan 0-100KM/Jam dalam waktu sekitar 10 detik menjadikannya yang tercepat di kelasnya.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang. Selain efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid juga rendah emisi karena hanya menghasilkan 83 gram CO2/km.

    Rocky Hybrid dilengkapi fitur advance safety. Terdapat 6 SRS Airbag, ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk memaksimalkan performa pengereman, VSC (Vehicle Stability Control) untuk menjaga stabilitas kendaraan, HSA (Hill Start Assist) yang dapat mencegah mobil mundur ketika berhenti di tanjakan selama beberapa saat, Blind Spot Mirror, dan ISOFIX semakin menjadikan aktivitas berkendara lebih aman.

    Rocky Hybrid dilengkapi 8 fungsi ASA (Advanced Safety Assist), seperti:

    Collision Warning & Avoidance Assist Brake yang dapat mengurangi resiko kecelakaan dari depan dan mampu mendeteksi sepeda motor dan pejalan kaki.Lane/Roadside Departure Warning & Lane Departure Prevention Control membantu menjaga kendaraan tetap di jalur dan mampu mengkoreksi arah kemudi.Pedal Misoperation Control dapat mendeteksi objek di depan-belakang mobil dan mencegah kecelakaan akibat kesalahan pengoperasian pedal.Front Departure Alert memberikan peringatan saat kendaraan lain di depan mulai bergerak maju, terutama saat di lampu merah lalu lintas.Stagger Alarm sebagai peringatan untuk beristirahat saat mendeteksi pola berkendara yang tidak stabil akibat kelelahan.Auto High Beam mampu mengatur lampu jauh otomatis dan menyesuaikan tingkat pencahayaan jalan serta keberadaan kendaraan dari arah berlawanan.Sensor di 6 titik yang dapat membantu saat bermanuver parkir atau melewati jalan sempit.Harga Daihatsu Rocky Hybrid

    Daihatsu Rocky Hybrid sudah bisa dipesan seluruh outlet resmi Daihatsu dengan harga Rp 293.900.000 OTR DKI Jakarta. Rocky Hybrid tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu Black Mica Metallic, Shining Pearl White dan Laser Blue Crystal Shine.

    Rocky Hybrid dijamin dengan garansi baterai Hybrid selama 8 tahun atau 160.000 KM, garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 KM, serta gratis jasa servis 5 kali hingga 50.000 KM.

    (riar/dry)

  • Insentif LCGC Lanjut sampai Tahun 2031, Agya Cs Kena Pajak Segini

    Insentif LCGC Lanjut sampai Tahun 2031, Agya Cs Kena Pajak Segini

    Jakarta

    Toyota Agya-Honda Brio Satya cs dipastikan tetap mendapat insentif hingga tahun 2031. Berikut ini besar pajak yang dikenakan pada deretan mobil di segmen LCGC itu.

    Deretan mobil yang menghuni segmen Low Cost Green Car (LCGC) akan mendapatkan insentif hingga tahun 2031. Kepastian tersebut diumumkan langsung Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Menurut Agus, insentif LCGC itu berlanjut agar harga mobil bisa tetap terjangkau.

    “Program LCGC terbukti berhasil meningkatkan kepemilikan kendaraan masyarakat dan mendukung industri otomotif nasional. Oleh karena itu, insentif untuk LCGC akan kami lanjutkan hingga 2031,” kata Agus dalam keterangan resminya belum lama ini.

    Berkat adanya insentif, pajak yang dikenakan pada mobil di segmen LCGC itu memang lebih rendah. Pajak yang dibebankan pada mobil-mobil LCGC itu mengacu pada PP No. 73 tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai PPnBM, mobil-mobil LCGC dikenakan PPnBM, dengan tarif sebesar 15% dengan dasar pengenaan pajak sebesar 20% dari harga jual. Artinya, mobil-mobil LCGC cuma dikenakan tarif PPnBM sebesar 3% (15% x 20 %).

    Sejatinya pajak yang dikenakan pada mobil LCGC itu mengalami kenaikan. Sebelumnya, mobil LCGC sama sekali tak dikenakan PPnBM. Selain PPnBM, mobil LCGC juga dikenakan PPN sebesar 12 persen.

    Sebagai perbandingan, untuk model mobil lain dikenakan tarif PPnBM berbeda. Yang jelas tarif PPnBM itu dikategorikan berdasarkan kapasitas mesin dan juga emisi gas buangnya. Makin besar kapasitas dan emisinya, maka tarif PPnBM juga makin besar. Misalnya untuk mobil yang memiliki daya angkut 10-15 orang dengan kapasitas silinder hingga 3.000 cc dikenai PPnBM sebesar 15-40 persen. Kemudian untuk kendaraan dengan kapasitas silinder lebih dari 3.000cc-4.000 cc dikenai tarif PPnBM 40-70%. PPnBM itu dihitung dengan cara mengalikan tarif dengan Dasar Pengenaan Pajak.

    Untuk bisa mendapat keringanan tersebut, mobil LCGC harus mengikuti program LCEV (Low Cost Emission Vehicle). Saat ini diketahui hanya tersisa tiga pabrikan yang bermain di segmen LCGC yaitu Toyota lewat Agya dan Calya, Daihatsu lewat Sigra dan Ayla, serta Honda melalui Brio Satya.

    (dry/din)

  • Inikah Mobil Baru Daihatsu yang Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

    Inikah Mobil Baru Daihatsu yang Meluncur di Indonesia Pekan Depan?

    Jakarta

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan akan meluncurkan produk baru pekan depan. Menariknya, menurut video teaser yang beredar, kendaraan tersebut menggunakan mesin hybrid. Lantas, mobil apa gerangan?

    Kepastian Daihatsu meluncurkan mobil hybrid pekan depan diumumkan langsung Sri Agung Handayani selaku Direktur Pemasaran PT ADM. Menurutnya, kendaraan itu akan melantai di pameran Gaikindo Indonesia Internaional Auto Show atau GIIAS 2025.

    “Kami mengundang seluruh masyarakat untuk datang ke booth kami di GIIAS 2025, merasakan secara langsung inovasi terbaru ini, dan bersama-sama menyambut era baru kendaraan hybrid Daihatsu,” ujar Sri Agung Handayani di Cilandak, Jakarta Selatan.

    Mobil baru Daihatsu. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sayangnya, Sri Agung masih bungkam soal model kendaraan yang akan meluncur di pameran tahunan tersebut. Namun, intinya, harga mobil hybrid tersebut akan sangat menarik.

    “Intinya datang saja ke booth kami di GIIAS besok. (Harganya) pasti akan menarik,” kata Agung.

    Meski nama modelnya belum diungkap, namun kami telah mengantongi bocorannya. Mobil tersebut kemungkinan besar berasal dari segmen entry level atau pemula dan ditujukan untuk konsumen perkotaan. Bisa tebak nama produknya?

    Mobil Hybrid Daihatsu yang Rilis di GIIAS 2025

    Yes, mobil tersebut kemungkinan besar merupakan Daihatsu Rocky Hybrid. Kendaraan itu sudah pernah muncul di sejumlah pameran otomotif, termasuk GIIAS tahun lalu.

    Daihatsu Rocky Hybrid. Foto: Andhika Prasetia

    Daihatsu Rocky Hybrid yang diboyong ke pameran GIIAS tahun lalu merupakan varian tertinggi bernama Premium G HEV 1.2 L. Kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi e-Smart hybrid tersebut sebelumnya lebih dulu mengaspal di Jepang.

    Dengan teknologi itu, Daihatsu Rocky Hybrid diklaim punya konsumsi bahan bakar yang irit, yakni 28 km/liter. Sementara mesinnya punya kapasitas 1.200cc tiga silinder dengan tipe WA-VEX.

    Dalam hal teknis, Daihatsu Rocky Hybrid memiliki desain mekanisme yang compact, di mana Transaxle (transmisi kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan atau FF) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial. Bobot kendaraan juga menjadi lebih ringan berkat penggunaan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

    Soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

    Kendaraan juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan Ketika sedang menikung dengan memberikan pengereman ke roda agar tidak keluar dari jalur dan tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

    (sfn/dry)

  • Mobil Raja Jalanan RI: Laku Keras Sejak Januari 2025-Selalu Juara 1

    Mobil Raja Jalanan RI: Laku Keras Sejak Januari 2025-Selalu Juara 1

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjualan mobil nasional pada bulan Juni 2025 lalu tercatat mencapai mencapai 57.761 unit. Turun 2.851 unit atau 4,71% dibanding Mei 2025 yang sebanyak 60.612 unit

    Sepanjang paruh pertama tahun 2025, penjualan mobil tercatat sebanyak 374.741 unit. Angka ini merosot 35.279 unit atau 8,60% dibandingkan periode sama tahun 2024 yang mencatat penjualan mencapai 410.020 unit.

    Tercatat, Toyota dan Lexus masih cetak angka penjualan terbanyak di bulan Juni 2025, sebanyak 18.038 unit. Angka ini anjlok dari Mei 2025 yang mencapai 21.241 unit.

    Disusul Daihatsu dengan angka penjualan 9.356 unit, turun dari Mei 2025 yang mencapai 11.166 unit.

    Lalu siapa yang jadi raja jalanan di bulan Juni dan paruh pertama tahun 2025 ini?

    Tercatat merek mobil yang menempati posisi unggul sebagai yang terlaris di tahun 2025 ini adalah Kijang Innova. Di bulan Juni 2025, Innova berhasil menjual 4.814 unit. Angka tersebut merupakan akumulasi dari tipe Reborn serta Zenix.

    Posisi kedua ditempati Daihatsu Gran Max Pick Up yang terjual 2.834 unit dan posisi ketiga ada low cost green car (LCGC) Daihatsu Sigra yang terjual 2.742 unit.

    Terpantau dari data Gaikindo, sejak Januari hingga Juni 2025, Innova (Zenix dan Reborn) selalu menempati posisi pertama atau juara mobil terlaris di RI.

    Di bulan Januari 2025, Innova terjual sebanyak 5.171 unit, lalu sebulan kemudian laku keras sampai 6.008 unit, dan di bulan Maret 2025 terjual 5.353 unit.

    Pada April 2025 lalu, Innova terjual sebanyak 4.588 unit dan di Mei 2025 laku 5.173 unit.

    Secara total penjualan Innova sepanjang Januari-Juni atau semester I tahun 2025 adalah sebanyak 31.107 unit. Angka tersebut adalah akumulasi untuk Reborn dan Zenix. 

    Terpantau secara bulanan, penjualan Avanza, Brio, Sigra, serta Daihatsu Gran Max Pick Up selalui menyusul Innoova.

    Daftar mobil Terlaris Juni 2025:

    Kijang Innova (Reborn dan Zenix): 4.814 unit
    Daihatsu Gran Max Pick Up: 2.834 unit
    Daihatsu Sigra: 2.742 unit
    Toyota Avanza: 2.632 unit
    Honda Brio (RS dan Satya): 2.385 unit
    Toyota Rush: 2.355 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.290 unit
    Suzuki Fronx: 1.782 unit
    Denza D9: 1.768 unit
    Toyota Calya: 1.662 unit

    Daftar Mobil Terlaris Mei 2025:

    Toyota Kijang Innova (termasuk Zenix): 5.173 unit
    Toyota Avanza: 3.360 unit
    Daihatsu Gran Max Pick Up 3283
    Daihatsu Sigra: 3.059 unit
    Toyota Calya 2.480 unit
    Toyota Rush 2.431 unit
    Suzuki Carry Pick Up 2392
    Daihatsu Terios 1.689 unit
    Toyota Agya 1.602 unit
    Honda Brio 1.451 unit

    Daftar Mobil Terlaris April 2025:

    Toyota Kijang Innova (termasuk Zenix): 4.588 unit
    Daihatsu Sigra: 4.020 unit
    Toyota Avanza: 2.595 unit
    Honda Brio: 2.174 unit
    Toyota Rush: 2.019 unit
    BYD Sealion 7: 1.793 unit
    Suzuki Carry PU: 1.773 unit
    Daihatsu Ayla: 1.564 unit
    Daihatsu Gran Max PU: 1.494 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 1.370 unit

    Berikut Mobil Terlaris di Maret 2025:

    Toyota Kijang Innova (Zenix dan Reborn): 5.353 unit
    Toyota Avanza: 5.069 unit
    Daihatsu Sigra: 4.309 unit
    Honda Brio (RS dan Satya): 4.000 unit
    Toyota Calya: 2.639 unit
    Daihatsu Gran Max Pikap: 2.581 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.289 unit
    Toyota Rush: 2.127 unit
    Daihatsu Terios: 2.027 unit
    Suzuki XL7: 1.600 unit.

    Daftar Mobil Terlaris Februari 2025:

    Toyota Kijang Innova (termasuk Innova Reborn dan Zenix): 6.008 unit
    Honda Brio (termasuk Brio RS dan Brio Satya): 5.497 unit
    Toyota Calya: 3.628 unit
    Daihatsu Sigra: 3.296 unit
    Toyota Rush: 3.161 unit
    Daihatsu Gran Max Pickup: 2.888 unit
    Toyota Avanza: 2.775 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.540 unit
    Suzuki Carry Pick Up: 2.115 unit
    Daihatsu Terios: 1.688 unit

    Daftar Mobil Terlaris Januari 2025:

    Kijang Innova (Zenix dan Reborn): 5.171 unit
    Honda Brio (RS dan Satya): 4.830 unit
    Daihatsu Sigra: 3.603 unit
    Toyota Rush: 3.332 unit
    Daihatsu Gran Max pick-up: 2.982 unit
    Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.680 unit
    Toyota Avanza: 2.487 unit
    Toyota Calya: 2.598 unit
    Toyota Agya (termasuk GR-S): 2.128 unit
    Suzuki Carry pick-up: 1.983 unit.

    (dce/dce)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Urusan Penjualan Mobil di Bawah Rp 300 Juta, Daihatsu Juaranya

    Urusan Penjualan Mobil di Bawah Rp 300 Juta, Daihatsu Juaranya

    Jakarta

    Produsen roda empat asal Jepang, Daihatsu menjadi raja mobil ‘murah’ di Indonesia selama kuartal pertama tahun ini. Karuan saja, kendaraan mereka menjadi yang terlaris di segmen di bawah Rp 300 juta!

    Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, di tengah penurunan kelas menengah di Indonesia, penjualan mobil ‘murah’ Daihatsu menjadi yang tertinggi di Tanah Air. Hal tersebut, menurutnya, menjadi kabar baik untuk perusahaan.

    “Kami peringkat pertama di segmen mobil harga di bawah Rp 300 juta. Market share-nya 34,5 persen,” ujar Sri Agung Handayani saat menyampaikan materi di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis malam (17/7).

    Penjualan Daihatsu di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikcom

    Segmen tersebut memang menjadi sasaran utama Daihatsu di pasar Indonesia. Menurut Agung, 70 persen konsumennya merupakan first buyer atau pembeli kendaraan pertama. Sementara 80 persennya membeli mobil secara kredit atau dicicil setiap bulan.

    Sebagai catatan, hampir seluruh produk Daihatsu yang dijual di Indonesia dibanderol di bawah Rp 300 juta. Misalnya seperti Daihatsu Ayla, Sigra, Xenia, Rocky dan lainnya. Itulah mengapa, rasanya tak heran jika mereka menjadi raja di segmen tersebut.

    Penjualan Daihatsu Q1 2025

    Selama semester 1 tahun ini, Daihatsu mencatat penjualan 66.716 unit kendaraan dengan market share 17,1 persen. Catatan tersebut kembali menempatkan mereka sebagai runner up atau persis di bawah Toyota.

    Pada periode itu, beberapa model mobil Daihatsu menjadi pilihan utama di segmennya, seperti Sigra 20.612 unit dengan segment share 57% di LCGC MPV, Gran Max Pick Up 18.023 unit (58% Pick Up Low segment share), Gran Max Mini Bus 6.423 unit (90% Semi Commercial segment share) dan Luxio 1.257 unit (60% Semi Bonnet segment share).

    “Kami menyampaikan terima kasih setulus hati kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan kesetiaan yang luar biasa, sehingga Daihatsu berhasil menjaga posisi di peringkat dua pasar otomotif nasional hingga pertengahan tahun ini,” tutur Agung.

    “Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan produk berkualitas, layanan penjualan terbaik, dan akan terus berinovasi untuk memastikan kemudahan layanan purna jual di seluruh Indonesia,” kata dia menambahkan.

    (sfn/dry)

  • Hampir 17 Tahun, Daihatsu Langganan Peringkat 2 Merek Terlaris di Indonesia

    Hampir 17 Tahun, Daihatsu Langganan Peringkat 2 Merek Terlaris di Indonesia

    Jakarta

    Dalam dunia otomotif nasional, Toyota selalu menjadi raja penjualan. Tapi ada satu merek yang tak pernah jauh dari puncak: Daihatsu. Selama hampir 17 tahun terakhir, mereka konsisten menempati posisi kedua penjualan mobil terbanyak di Indonesia.

    Daihatsu telah menjadi runner up merek terlaris di Indonesia sejak 2009. Meski banyak nama-nama baru berdatangan, termasuk dari China, posisi mereka tak pernah tergeser hingga sekarang.

    Mari kita membahas penjualan mobil Daihatsu di Indonesia. Mereka, selama semester 1 tahun ini, mencatat penjualan 66.716 unit dengan market share 17,1 persen. Bukan hanya menjadi runner up secara umum, mereka menjadi ‘raja’ di segmen Rp 300 juta ke bawah dengan pangsa pasar 34,5 persen.

    Penjualan mobil Daihatsu di Indonesia. Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

    Pada periode tersebut, beberapa model mobil Daihatsu menjadi pilihan utama di segmennya, seperti Sigra 20.612 unit dengan segment share 57% di LCGC MPV, Gran Max Pick Up 18.023 unit (58% Pick Up Low segment share), Gran Max Mini Bus 6.423 unit (90% Semi Commercial segment share) dan Luxio 1.257 unit (60% Semi Bonnet segment share).

    Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, raihan tersebut membuktikan penjualan Daihatsu secara total didukung empat model tersebut dengan kontribusi 70 persen.

    “Kami menyampaikan terima kasih setulus hati kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan dan kesetiaan yang luar biasa, sehingga Daihatsu berhasil menjaga posisi di peringkat dua pasar otomotif nasional hingga pertengahan tahun ini,” ujar Sri Agung Handayani di kawasan Jakarta Selatan, Kamis malam (17/7).

    “Pencapaian ini menjadi semangat bagi kami untuk terus menghadirkan produk berkualitas, layanan penjualan terbaik, dan akan terus berinovasi untuk memastikan kemudahan layanan purna jual di seluruh Indonesia,” tambahnya.

    Daihatsu Terios Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sebagai bentuk apresiasi Daihatsu terhadap kepercayaan pelanggan dan terinspirasi dari semangat kemerdekaan Indonesia, Daihatsu menghadirkan Program Spesial Gebyar Merdeka: Bahagia Sejak Pertama yang berlaku sejak 1 Juli – 30 September 2025 di seluruh Indonesia.

    Hadiahnya sangat menarik, yakni 1 unit mobil modifikasi spesial kolaborasi dengan Gofar Hilman, 9 unit sepeda motor, 9 keping emas, dan 45 voucher belanja. Filosofi angka 1945 pada hadiah undian merefleksikan tahun bersejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

    “Memasuki semester kedua 2025, kami optimis industri otomotif nasional dapat terus bertumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia,” kata Agung.

    (sfn/dry)