brand merek: Daihatsu

  • Suzuki Geser Honda dan Mitsubishi

    Suzuki Geser Honda dan Mitsubishi

    Jakarta

    Bulan lalu, Suzuki menggeser Honda dan Mitsubishi di daftar merek mobil terlaris di Indonesia. Ini dia 10 merek mobil terlaris di bulan Juli 2025.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil pada bulan Juli 2025 mulai bangkit. Bulan lalu, sebanyak 60.552 unit kendaraan dikirim dari pabrikan ke dealer (wholesales) dan sebanyak 62.770 unit dikirim dari dealer ke konsumen (retailsales).

    Penjualan wholesales kendaraan bulan Juli 2025 naik 4,8 persen dari bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 57.799 unit. Begitu juga dengan retailsales yang naik 1,8 persen dari bulan sebelumnya yang sebanyak 61.687 unit.

    Soal merek mobil terlaris, Toyota belum terkalahkan. Raksasa otomotif asal Jepang itu mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 18.905 unit pada Juli 2025. Sedangkan retailsales atau penjualan dari dealer ke konsumen lebih banyak lagi, mencapai 20.185 unit.

    Daihatsu masih setia menjadi merek terlaris kedua setelah Toyota. Selama sebulan di Juli, Daihatsu melepas 10.451 unit mobilnya ke dealer dan mengirim 11.220 unit ke konsumen.

    Yang menarik, kali ini Suzuki berhasil menggeser Honda dan Mitsubishi di daftar merek mobil terlaris Juli 2025. Bulan lalu, Suzuki mencatatkan penjualan lebih banyak ketimbang Honda dan Mitsubishi. Kehadiran Suzuki Fronx berhasil mendongkrak posisi Suzuki ke urutan ketiga di bawah Toyota dan Daihatsu.

    Pada Juli 2025 lalu, Suzuki tercatat mengirimkan mobil baru sebanyak 6.010 unit ke dealer (wholesales). Sedangkan pengiriman ke konsumen atau retailsales sebanyak 5.504 unit. Pencapaian penjualan Suzuki itu lebih banyak daripada Honda yang mencatatkan wholesales sebanyak 5.235 unit dan retailsales 5.003 unit. Begitu juga dengan Mitsubishi yang mencatatkan wholesales sebanyak 5.011 unit dan retailsales sebanyak 4.815 unit.

    Berikut 10 merek otomotif terlaris Juli 2025:

    Wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer)

    Toyota: 18.905 unitDaihatsu 10.451 unitSuzuki: 6.010 unitHonda: 5.235 unitMitsubishi Motors: 5.011 unitBYD: 2.335 unitIsuzu: 2.190 unitMitsubishi Fuso: 1.871 unitChery: 1.593 unitHino: 1.464 unit.

    Retail sales (penjualan dari dealer ke konsumen)

    Toyota: 20.185 unitDaihatsu 11.220 unitSuzuki: 5.504 unitHonda: 5.003 unitMitsubishi Motors: 4.815 unitBYD: 2.827 unitMitsubishi Fuso: 1.996 unitIsuzu: 1.799 unitChery: 1.705 unitWuling: 1.687 unit.

    (rgr/din)

  • Suzuki Belum Berencana Jual Carry Listrik di Indonesia, Apa Alasannya?

    Suzuki Belum Berencana Jual Carry Listrik di Indonesia, Apa Alasannya?

    Jakarta

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum berencana meluncurkan Suzuki Carry listrik atau hybrid di Indonesia. Sebab, menurut mereka, kendaraan komersial banyak dipakai di medan-medan berat. Sehingga, kurang ideal jika ‘disetrum’.

    Presiden Direktur PT SIS, Minoru Amano mengaku, pihaknya punya keinginan mengembangkan dan menjual Suzuki Carry listrik di Indonesia. Namun, dia ragu, apakah kendaraan tersebut dibutuhkan konsumen di dalam negeri?

    Pasar mobil komersial, kata Amano, masih terpusat di kawasan-kawasan tertentu yang jauh dari pusat kota. Sehingga, untuk saat ini, kendaraan tersebut masih lebih ideal menggunakan mesin bensin.

    “Itu jadi satu alternatif yang sebenarnya kita mau juga, cuma kondisinya baterai itu memberikan kontribusi berat ke total bobot kendaraan sendiri. Saya kurang confidence apakah itu menjadi solusi bagi pengguna Suzuki Carry,” ujar Minoru Amano.

    “Kalau kita bicara mobil komersial, yang penting itu jarak tempuhnya. Kondisinya paling banyak mobil-mobil komersial itu digunakan di Kalimantan, Maluku dan lain-lain,” tambahnya.

    Presdir Suzuki Minoru Amano. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Bukan hanya listrik, pihaknya juga belum berencana menjual Carry hybrid. Meski demikian, pihaknya tak menutup peluang menghadirkan kendaraan tersebut di masa depan.

    Meski saat ini sudah banyak pabrikan Jepang yang mengembangkan mobil komersial listrik, seperti Mitsubishi Fuso dan Daihatsu, namun Amano tak mau sekadar ikut-ikutan. Menurutnya, semua keputusan harus melalui pertimbangan matang.

    “Kalau kami melihat, apa yang dilakukan kompetitor mungkin kalau implementasinya di kota besar, itu ide yang menarik,” tuturnya.

    “Tapi kami harus memikirkan, apakah itu kalau diaplikasikan ke seluruh Indonesia, bermanfaat atau tidak. Di kota-kota besar aja bolehlah,” kata Amano menambahkan.

    Sebagai catatan, Suzuki Carry masih menjadi salah satu mobil komersial ringan terlaris di Indonesia. Kendaraan yang identik dengan warna putih itu dibanderol mulai dari Rp 170 jutaan dengan status on the road Jakarta.

    (sfn/dry)

  • Mau Kredit Mobil Bekas Rp 1 Jutaan per Bulan, Siapin DP Berapa?

    Mau Kredit Mobil Bekas Rp 1 Jutaan per Bulan, Siapin DP Berapa?

    Jakarta

    Mobil bekas menjadi opsi menarik buat konsumen yang menginginkan kendaraan roda empat, namun memiliki bujet terbatas. Harga mobil bekas sudah pasti lebih murah dari harga mobil baru. Selain itu, mobil bekas ternyata bisa dicicil Rp 1 jutaan per bulan. Lalu berapa ya uang muka yang harus disiapkan?

    Diungkapkan Dedi Saeful Anwar dari Azzami Mobilindo, pada prinsipnya mobil apapun bisa dicicil dengan biaya Rp 1 jutaan per bulan, asal uang muka atau DP-nya besar. Tapi, jika kamu adalah pembeli mobil pertama atau sebelumnya menggunakan kendaraan roda dua dan ingin beralih ke mobil, bisa pilih mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan harga bekas di bawah Rp 100 jutaan.

    Daihatsu Ayla Foto: Rangga Rahardiansyah

    “Supaya DP tidak terlalu besar dan angsurannya dapat Rp 1 jutaan per bulan, bisa pilih mobil city car atau LCGC yang harga Rp 80 jutaan. Tinggal perbesar DP dan panjangin tenor (masa angsurannya) supaya bisa masuk cicilan Rp 1 jutaan. Banyak opsinya, contoh Daihatsu Ayla tahun 2016, dengan DP Rp 40 juta bisa itu masih bisa angsuran Rp 1 jutaan,” ungkap Dedi kepada detikOto, Senin (11/8/2025).

    Dedi menambahkan, jika ingin membeli mobil bekas, utamakan mobil yang usianya di atas tahun 2015. Karena jika usianya masih tergolong muda, maka mobil tersebut tak perlu biaya perawatan yang besar.

    “Misal mobil yang umurnya rata-rata di atas 2015, unitnya masih segar dan belum butuh banyak perawatan. Apalagi hari ini (di dealer mobil bekas biasanya) sudah tersedia juga garansi mesin dan transmisi selama satu tahun pertama, bisa jadi opsi agar bisa memitigasi risiko perbaikan dalam waktu dekat,” sambung Dedi.

    Terakhir, jangan lupa memastikan kondisi mobil bekas yang ingin dipinang, terbebas dari bekas kecelakaan atau banjir. Jika tidak yakin memeriksanya sendiri, maka kamu bisa memanfaatkan jasa inspektor mobil bekas. Selain itu, pastikan juga mobil bekas yang akan dibeli statusnya legal, dalam artian dokumen-dokumennya lengkap.

    (lua/dry)

  • 20 Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025

    20 Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025

    Jakarta

    Kijang Innova masih jadi raja di Indonesia. Innova masih jadi mobil yang paling banyak diburu orang Indonesia periode Juli 2025.

    Penjualan mobil di Indonesia periode Juli 2025 naik tipis dibandingkan Juni. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), secara wholesales (distribusi pabrik ke dealer) per Juli 2025, distribusi tercatat mencapai 60.552 unit, atau naik 4,8 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara penjualan retail naik tipis sekitar 1,8 persen dari 61.887 unit menjadi 62.770 unit.

    Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto mengatakan pertumbuhan ini salah satu faktornya karena ditopang dari pameran GIIAS 2025. Namun dia menegaskan angka persis kontribusi pameran itu sendiri baru terlihat pada bulan berikutnya.

    “Ya antara lain (pertumbuhan penjualan Juli karena pameran GIIAS), tapi kan pameran baru berakhir tanggal 3 Agustus. Jadi hasil pameran kayaknya belum kelihatan di angka-angka Juli ya,” kata Jongkie kepada detikOto belum lama ini.

    Menyoal mobil terlaris, kontributor besar masih dipegang raja MPV Kijang Innova. Distribusi Innova yang disumbang dua model, yakni Reborn dan Zenix, tercatat sebanyak 4.311 unit. Persis di bawah Innova, ada Toyota Avanza yang mencatatkan distribusi sebanyak 3.348 unit.

    Selanjutnya di posisi ketiga ada Daihatsu Gran Max pikap. Distribusi mobil komersial ini mencapai 3.175 unit selama bulan ketujuh tahun 2025. Daihatsu Sigra menjadi mobil terlaris keempat dengan torehan distribusi sebanyak 2.951 unit. Menutup posisi lima besar ada Toyota Calya yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.525 unit. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini 20 mobil terlaris Juli 2025.

    Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025

    1. Toyota Kijang Innova (Zenix dan Reborn): 4.311 unit
    2. Toyota Avanza: 3.348 unit
    3. Daihatsu Gran Max Pikap: 3.175 unit
    4. Daihatsu Sigra: 2.951 unit
    5. Toyota Calya: 2.525 unit
    6. Suzuki Carry pikap: 2.400 unit
    7. Toyota Rush: 2.400 unit
    8. Honda Brio (Satya dan RS): 2.267 unit
    9. Suzuki Fronx: 2.197 unit
    10. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 1.999 unit
    11. Honda HR-V: 1.949 unit
    12. BYD M6: 1.442 unit
    13. Daihatsu Gran Max Blind Van and minibus: 1.416 unit
    14. Daihatsu Terios: 1.375 unit
    15. Toyota Hilux: 1.237 unit
    16. Toyota Fortuner: 1.110 unit
    17. Toyota Agya: 1.057 unit
    18. Isuzu Traga: 947 unit
    19. BYD Sealion 7: 939 unit
    20. Mitsubishi L300 pikap: 877 unit

    (dry/rgr)

  • Daihatsu Kumpul Sahabat 2025 Sambangi Cirebon, Intip Keseruannya

    Daihatsu Kumpul Sahabat 2025 Sambangi Cirebon, Intip Keseruannya

    Jakarta

    Setelah sukses menggelar acara Daihatsu Kumpul Sahabat di 2 kota sebelumnya, kini Daihatsu hadir dalam mewarnai kebahagiaan akhir pekan masyarakat yang berlangsung di Cirebon, Jawa Barat, pada 10 Agustus 2025, di Lapangan Arhanud 14 Pilang Raya. Seperti apa keseruannya?

    Ajang yang terbuka untuk umum dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat secara gratis ini merupakan komitmen Daihatsu yang selalu ingin menjadi bagian kebahagiaan perjalanan hidup masyarakat Indonesia melalui tema Bahagia Sejak Pertama dalam merayakan momen bahagia penuh kebersamaan bersama Sahabat dan keluarga.

    Keseruan acara tampak dari antusias pengunjung yang nikmati berbagi aktivitas hiburan, mulai olahraga bersama melalui zumba sehat, konvoi rolling thunder dari komunitas roda dua, pameran modifikasi mobil Daihatsu dari komunitas, hingga festival kuliner yang lezat dari UMKM lokal Cirebon. Hal tersebut menjadikan momen ini bukan sekadar ajang silaturahmi pecinta otomotif, tapi juga wujud nyata Daihatsu dalam mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus ingin berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi setempat.

    Acara dibuka dengan menampilkan pertunjukan kesenian daerah melalui Tari Topeng dan permainan angklung. Tak hanya itu, Daihatsu juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia cabang setempat untuk menyediakan fasilitas donor darah sebagai aktivitas kemanusiaan bagi yang membutuhkan serta kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

    Daihatsu Kumpul Sahabat Cirebon 2025 Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

    Suasana kebersamaan semakin lengkap dengan berbagai lomba interaktif untuk anak dan dewasa, photo booth, serta hadiah doorprize dengan total nilai puluhan juta rupiah.

    Selain fasilitas hiburan, Daihatsu juga berikan apresiasi berupa donasi unit transmisi secara simbolis kepada salah satu SMK di Jawa Barat yang termasuk ke dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pintar Bersama Daihatsu sebagai alat praktik belajar sekolah vokasi dalam menciptakan link and match antara dunia industri manufaktur otomotif dengan pendidikan.

    Pada acara ini, Daihatsu juga berikan apresiasi khusus bagi pelanggan setia pengguna mobil Daihatsu, yakni Imelda Kurniawan. Sebagai salah satu pemenang program Bahagia Sejak Pertama pengguna mobil Terios lansiran 2011, ia mengungkapkan kesetiaannya menggunakan mobil ini dan belum kepikiran untuk mengganti dengan mobil lainnya, bahkan masih aktif berkendara sendiri bersama suaminya.

    “Saya mengucapkan terima kasih atas kejutan dan apresiasinya dari Daihatsu di Indonesia. Kami pilih Terios dan setia menggunakan mobil ini selama 14 tahun karena sangat andal, tangguh, dan sering kita pakai nyetir lintas provinsi.Perawatan mobil Daihatsu seperti servisnya juga cukup mudah dan harganya terjangkau. Kita juga sangat terbantu oleh tim Daihatsu di bengkel resmi yang profesional dan cepat dalam merawat kendaraan bila ada kendala,” ujarnya.

    Daihatsu Kumpul Sahabat Cirebon 2025 Foto: Dok. Astra Daihatsu Motor (ADM)

    Tak hanya itu, Daihatsu Kumpul Sahabat juga semakin dimeriahkan oleh berbagai komunitas otomotif dari roda empat dan roda dua dengan total peserta mencapai ribuan orang. Beberapa komunitas mobil yang turut hadir adalah, All New Rush Terios Indonesia (ALERT!), Avanza Xenia Station (AXS), Avanza Xenia Indonesia Club (AXIC), Calya Sigra Club (Calsic), Ceria Club Indonesia (CCI), Charade Classy Winner (C2W), dan Club Ayla Indonesia (CAI). Lalu, ada juga dari Daihatsu Taruna Club (DTC), Daihatsu Xenia Indonesia Club (DXIC), Daihatsu Zebra Club (ZEC), Gran Max Luxio Indonesia (Maxxio), HIJET 1000,Sigra Club Indonesia (SICI), Sirion Community Indonesia (Sirionity), Sirion Indonesia Club (SIC), Terios Club Indonesia (TCI), Terios Indonesia (TID), dan Terios Rush Club Indonesia (Teruci).

    Sedangkan dari komunitas roda dua, juga dihadiri oleh Honda PCX Club Indonesia (HPCI), Honda ADV Indonesia (HAI), Honda Stylo Club Indonesia (HaSCI), Honda Vario Club (HVC), Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI), dan Ikatan Motor Honda Cirebon.

    Puncak acara Kumpul Sahabat Cirebon juga semakin meriah dengan penampilan dari musisi lokal setempat, ditambah penampilan dari grup Band D’Masiv yang membawakan berbagai lagu terbaik andalannya, salah satunya lagu berjudul Bahagia Sejak Pertama.

    Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Budi Mahendra menyatakan, kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan Daihatsu dengan pelanggan, sekaligus memberi kontribusi nyata bagi masyarakat.

    “Kami berharap melalui Daihatsu Kumpul Sahabat di Cirebon, Daihatsu dapat semakin dekat dengan para pelanggan setia sekaligus memberikan ruang interaksi yang bermanfaat bagi masyarakat. Bukan hanya sebagai ajang hiburan keluarga, tetapi juga sebagai wujud nyata dukungan kami dalam mendorong kegiatan sosial dan pemberdayaan UMKM di Kota Cirebon. Kami percaya kebersamaan ini dapat menumbuhkan semangat positif di tengah masyarakat, selaras dengan tema Bahagia Sejak Pertama yang selalu kami bawa di setiap kesempatan,” ucap Budi.

    (lua/rgr)

  • Segmen SUV Compact Banyak Pemain, Bagaimana Nasib Suzuki Fronx?

    Segmen SUV Compact Banyak Pemain, Bagaimana Nasib Suzuki Fronx?

    Jakarta

    Meski penjualan kendaraan saat ini tengah menurun, hal tersebut tidak mengendurkan persaingan antar brand otomotif. Bahkan untuk segmen SUV Compact atau mini SUV, bisa dikatakan cukup banyak pemainnya. Sebut saja seperti Suzuki Fronx, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Honda WR-V, Wuling Alvez, dan Chery Tiggo 5X.

    Melihat persaingan yang ketat, rupanya tidak membuat Suzuki gentar untuk bersaing di dalamnya, dengan mengandalkan Suzuki Fronx. Seperti yang disampaikan 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel beberapa waktu lalu.

    Lelaki yang kerap disapa Harold ini mengatakan Suzuki sudah mengetahui segmen SUV Compact atau mini SUV ini dipadati berbagai merek, bahkan menurut Suzuki ke depannya segmen ini akan semakin sesak. Kendati demikian Harold memastikan hal itu bukanlah malah untuk brand asal Jepang dengan logo ‘S’ ini.

    “Iya (Suzuki sudah memprediksi SUV Compact akan banyak sekali pemainnya),” kata Harold.

    “Kalau kami sendiri sebenarnya soal prediksi atau tidak, kami lebih kepada Preparing for The Worst Case, ya artinya sebelum Fronx ini benar-benar diluncurkan kita sudah mengetahui bahwa pasarnya akan sepadat apa. Dan kalau dari tren riset-riset pun sebenarnya dalam beberapa tahun ke depan segmen ini akan semakin lebih padat lagi. Jadi kita memang sudah mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga Fronx itu kita hadirkan dengan harga yang sudah diberikan kemarin,” Harold menambahkan.

    Harold menambahkan bahwa Suzuki sangat percaya Fronx menjadi kendaraan yang bakal dipilih konsumen di Indonesia.

    Suzuki Fronx tampil dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (30/7/2025). Foto: Rifkianto Nugroho

    “Suzuki Fronx masih memiliki kepercayaan diri dalam hal leading penjualan. Salah satu yang membuat kami semakin percaya diri ialah bahwa Fronx ini adalah New born atau memang produk yang benar-benar baru. Jadi bukan perubahan minor atau major change, tapi totally new model,” ujar Harold.

    Keyakinan Suzuki akan Fronx memang bukan isapan jempol. Terbukti pada penyelenggaraan GIIAS 2025 kemarin, Suzuki Fronx menjadi model yang paling banyak dipilih pengunjung di Booth Suzuki untuk di-test drive mencapai 66 persen dibandingkan model Suzuki lainnya.

    Suzuki Fronx tersedia dalam tiga varian berbeda, yakni GL, GX, dan yang termahal, SGX. Sementara pilihan transmisinya manual dan matik.

    Mesin Suzuki Fronx tersedia dalam dua opsi. Khusus untuk tipe terendah GL, Suzuki Fronx menggunakan mesin berkode K15B 1.500 cc dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan untuk tipe GX dan SGX hadir dengan mesin K15C 1.500 cc mild hybrid bertransmisi otomatis 6 percepatan.

    Mesin K15B pada Fronx tipe GL memiliki tenaga maksimal hingga 104,7 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm / 4.400 rpm. Sedangkan mesin K15C mild hybrid pada tipe GX dan SGX memiliki tenaga maksimal 100,6 PS / 6.000 rpm dan torsi maksimal 135 Nm / 4.400 rpm.

    Pilihan warnanya sangat banyak. Varian GL punya opsi warna cool black, pearl snow white dan mettalic magma grey. Kemudian untuk varian GX ada tambahan savanna ivory. Sedangkan varian SGX punya pilihan warna dual tune seperti pearl snow white-black, savanna ivory-black dan ice grayish blue-black.

    Suzuki untuk pertama kali menanamkan fitur ADAS di Suzuki Fronx. Teknologi tersebut mengusung nama Suzuki Safety Support dan hanya tersedia di varian tertinggi kendaraan.

    Berikut fitur-fitur ADAS pada Suzuki Fronx:

    – Adaptive Cruise Control

    – Lane Keep Assist

    – Autonomous Emergency Braking (DSBS II)

    – Head Up Display

    – Lane Departure Prevention

    – Lane Departure Warning

    – Rear Cross Traffic Alert

    – 360 View Camera

    – Vehicle Swaying Warning

    – Blind Spot Monitor

    – High Beam Assist

    – Parking Sensor

    (lth/lua)

  • Lihat Lebih Dekat Daihatsu Ayla yang Tampil Kalcer dengan Gaya Retro

    Lihat Lebih Dekat Daihatsu Ayla yang Tampil Kalcer dengan Gaya Retro

    Daihatsu Ayla GH Style mengusung konsep retro-modern yang memadukan nuansa klasik, namun tetap memiliki sifat futuristis lewat ubahan menyeluruh. Perubahan meliputi bagian eksterior secara keseluruhan yang didominasi oleh GH Style, baik dari bodykit, headlamp, stoplamp, hingga velg. Pada suspensi dibenamkan air suspension Air Gen 4 titik yang sanggup membuat tampilan mobil ceper dalam hitungan detik. Foto: Dok. NMAA

  • Skema Cicilan Daihatsu Rocky Hybrid, DP Rendah Bayar Segini per Bulan

    Skema Cicilan Daihatsu Rocky Hybrid, DP Rendah Bayar Segini per Bulan

    Jakarta

    Daihatsu Rocky Hybrid bisa dibawa pulang dengan cara kredit. Kalau pilih skema DP rendah, berapa ya cicilannya tiap bulan?

    SUV kompak Daihatsu Rocky Hybrid mencuri perhatian saat meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Ini merupakan mobil hybrid pertama Daihatsu yang menyapa masyarakat Indonesia. Lebih lagi soal harganya yang terhitung masih ramah di kantong. Daihatsu Rocky Hybrid ini bisa dibawa pulang dengan mahar Rp 293,9 juta. Dipinang secara kredit pun bisa namun besar cicilannya tentu tergantung dari uang muka yang kamu bayarkan.

    Skema Cicilan Daihatsu Rocky Hybrid

    Makin besar uang mukanya, maka cicilan makin rendah. Namun kalau kamu pilih opsi DP rendah, risikonya cicilan akan lebih besar. Nah berikut ini skema cicilan Daihatsu Rocky Hybrid DP rendah yaitu 20 persen dikutip detikOto dari laman salah satu lembaga pembiayaan.

    Harga: Rp 293,9 juta
    DP 20 persen: Rp 58,78 juta

    Tenor: 12 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 87.586.270
    Cicilan per bulan: Rp 21,626 jutaTenor: 24 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 77.686.763
    Cicilan per bulan: Rp 11,717 jutaTenor: 36 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 74.476.139
    Cicilan per bulan: Rp 8,498 jutaTenor: 48 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 72.871.957
    Cicilan per bulan: Rp 6,886 jutaTenor: 60 bulan
    Total pembayaran pertama: Rp 71.997.363
    Cicilan per bulan: Rp 6,003 juta

    Nah itu tadi skemanya kalau DP sekitar 20 persen, cicilannya paling rendah Rp 6 jutaan tiap bulannya. Bila menginginkan cicilannya Rp 3 jutaan per bulan, maka opsinya uang muka mencapai 60 persen dari total harga. Dengan opsi tenor 48 bulan dan 60 bulan, Daihatsu Rocky bisa dicicil Rp 3 jutaan tiap bulan. Perlu dicatat, skema di atas tidak mengikat. Untuk mengetahui skema pastinya, kamu bisa langsung mendatangi dealer Daihatsu terdekat.

    Spesifikasi Daihatsu Rocky Hybrid

    Sebagai informasi tambahan, Rocky Hybrid menggunakan mesin bensin 1.200 cc WA-VEX yang terintegrasi dengan baterai Hybrid sebesar 177,6 volt, serta transmisi khusus hybrid Transaxle. Motor listrik Rocky Hybrid mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 106 PS dan torsi maksimum 170 Newton meter, sehingga menjadikan mobil ini memiliki torsi terbesar di kelasnya dengan akselerasi yang sangat responsif.

    Baterai pada Rocky Hybrid memiliki daya 0,74 kWh, atau 6 kali lebih besar dibandingkan mobil lain di kelasnya, bahkan setara dengan hybrid SUV medium yang beredar saat ini.

    Dalam hal efisiensi bahan bakar, Rocky Hybrid menjadi yang terbaik di kelasnya karena mampu mencapai 28 KM/L dengan mode pengujian WLTC (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Cycle), bahkan mampu mencapai hingga 34,8 KM/L berdasarkan metode pengujian JC08 (Japan Cycle 08) yakni pengujian efisiensi bahan bakar di Jepang.

    Rocky Hybrid juga memiliki akselerasi responsif yang mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 10 detik menjadikannya yang tercepat di kelasnya. Secara eksterior, Rocky Hybrid memiliki bodi compact dengan desain powerful dan agresif.

    (dry/sfn)

  • Inikah Mobil Hybrid Murah Toyota yang Meluncur di RI Sebentar Lagi?

    Inikah Mobil Hybrid Murah Toyota yang Meluncur di RI Sebentar Lagi?

    Jakarta

    Setelah dinanti-nantikan sejak lama, PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan akan meluncurkan mobil hybrid murah di Indonesia. Menariknya, peluncuran tersebut kemungkinan besar digelar tak lama lagi. Lantas, kendaraan apa gerangan?

    Sebagai produsen, Toyota memang cenderung hati-hati saat meluncurkan produk elektrifikasi, termasuk hybrid. Jika sebelumnya sudah bermain di pasar yang tinggi dan menengah, kini mereka mulai masuk ke segmen yang lebih rendah.

    Direktur Pemasaran PT TAM, Jap Ernando memastikan, mobil hybrid tersebut akan menjangkau banyak konsumen. Sayangnya, dia enggan menyebut nama produk baru tersebut.

    “Model hybrid kita kan dimulai dari Alphard, kemudian Zenix dan Yaris, nah tunggu tanggal mainnya kita akan hadirkan mobil hybrid yang bisa menjangkau khalayak lebih luas. Saya kasih bocoran dikit lah,” ujar Jap Ernando saat ditemui di kawasan BSD, Tangerang Selatan.

    Logo Toyota Hybrid. Foto: Doc. Toyota.

    Rencana Toyota meluncurkan mobil hybrid murah seakan merespons situasi pasar yang makin kompetitif. Sayangnya, mereka masih malu-malu mengungkap tanggal peluncuran produk tersebut.

    “Hanya itu saja bocorannya, pokoknya tunggu tanggal mainnya,” kata Jap.

    Meski masih dirahasiakan, namun ada dua kandidat produk yang kemungkinan besar dimaksud Jap, yakni Toyota Raize dan Veloz Hybrid. Mengapa keduanya paling masuk akal dijual di Indonesia?

    Calon Mobil Hybrid Murah Toyota

    Mengapa Raize Hybrid? Sebab, saudara kandungnya, Daihatsu Rocky Hybrid telah meluncur di Indonesia. Kendaraan itu menyasar konsumen pemula atau entry level dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, Jap tak menolak atau mengiyakan dugaan tersebut.

    Kemudian yang kedua, ada Veloz Hybrid. Kemunculan mobil tersebut sebenarnya sudah dibahas sejak lama, bahkan setahun terakhir

    Sebuah kode NJKB yang diduga Toyota Veloz Hybrid pun telah tercantum di Permendagri Nomor 8 Tahun 2024 tentang Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dan Pajak Alat Berat Tahun 2024.

    Dalam dokumen tertera kode W102RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT dan W 102RE-LBVEJ 1.5 0 HV CVT TSS yang mengacu ke Veloz Hybrid. Kode awalan W102RE merupakan kode produksi untuk Veloz.

    Kemudian HV diyakini singkatan dari ‘Hybrid Vehicle’. Sementara CVT berarti jenis transmisi, yaitu Continuously Variable Transmission, dan TSS sebagai singkatan dari fitur Toyota Safety Sense.

    (sfn/dry)

  • Merek Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025: BYD Buntuti Mitsubishi

    Merek Mobil Terlaris di Indonesia Juli 2025: BYD Buntuti Mitsubishi

    Jakarta

    Penjualan mobil periode Juli 2025 mengalami tren kenaikan dibandingkan bulan lalu. Meski ada beberapa yang anjlok, mayoritas merek penjualannya bertumbuh.

    Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Juli 2025, wholesales (distribusi pabrik ke dealer) mencapai 60.552 unit, sementara retail sales (distribusi dealer ke konsumen) mencapai 62.770 unit.

    Toyota masih menjadi raksasa otomotif di Indonesia. Total penjualan wholesales mencapai 18.905 unit, naik dari bulan sebelumnya yang hanya terdistribusi sebanyak 17.819 unit. Sementara angka retail sales-nya, Toyota menguasai pangsa pasar 32,4 persen dengan capaian 20.185 unit.

    Daihatsu mengekor di tempat kedua. Penjualan Daihatsu secara wholesales terpantau naik, dari sebelumnya 9.356 unit menjadi 10.451 unit. Sedangkan penjualan retail Daihatsu naik tipis dari 10.001 unit menjadi 11.220 unit.

    Honda kembali naik ke posisi ketiga dengan distribusi wholesales sebanyak 5.235 unit dan retail 5.003 unit.

    Brand Jepang masih digemari masyarakat Indonesia per Juli 2025. Buktinya Suzuki menempati urutan empat. Suzuki mendistribusikan 5.504 unit untuk retail sales, dan wholesales-nya sebanyak 6.010 unit.

    Mitsubishi berada di urutan kelima. Brand asal Jepang ini mencatatkan penjualan sebanyak 5.011 unit untuk wholesales, sementara retail sales-nya mencapai 4.815 unit.

    BYD menjadi salah satu brand China yang masuk 10 merek daftar mobil terlaris per Juli 2025. Angka wholesales-nya naik dari 2.079 unit bulan lalu, menjadi 2.446 unit. Atas hasil ini BYD menempati urutan keenam.

    Chery merupakan merek kedua dari China yang masuk daftar 10 besar merek mobil terlaris di Indonesia per Juli 2025. Chery mengirim dari pabrik ke dealer sebanyak 1.593 unit, sementara dari dealer ke konsumen mencapai 1.705 unit, turun jika dibandingkan bulan sebelumnya yang tembus 2.150 unit.

    Jika dibandingkan tahun lalu, pasar otomotif di Indonesia masih belum beranjak lebih jauh. Data wholesales Juli 2024 menunjukkan sebanyak 74.230 unit mobil terdistribusi. Anjlok 18,4 persen jika dibandingkan Juli 2025.

    Sedangkan retail-nya itu mencapai 75.588 unit pada Juli 2024. Sebagai pembanding, retail sales Juli 2025 turun 17 persen atau hanya menjual 62.770 unit.

    Denza terdepak dari 10 besar. Penjualannya anjlok dari 1.768 unit menjadi 523 unit untuk wholesales. Sementara retail sales-nya, dari 1.128 unit menjadi 423 unit.

    Secara akumulatif, penjualan wholesales di sepanjang Januari-Juli 2025 sudah tembus 435.390 unit. Capaian ini anjlok 10,1 persen jika dibandingkan tahun lalu, yang bisa terdistribusi sebanyak 484.250 unit.

    Kemudian retail sales-nya sudah terdistribusi sebanyak 453.278 unit, trennya juga negatif alias jeblok 10,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Gaikindo menargetkan penjualan mobil 900 ribu unit pada tahun 2025 ini. Target tersebut belum direvisi di tengah kondisi market yang mengalami penurunan penjualan pada semester pertama 2025.

    Berikut ini merek mobil terlaris Juli 2025

    Wholesales

    1. Toyota: 18.905 unit
    2. Daihatsu: 10.451 unit
    3. Suzuki: 6.010 unit
    4. Honda: 5.235 unit
    5. Mitsubishi Motors: 5.011 unit
    6. BYD: 2.335 unit
    7. Isuzu: 2.190 unit
    8. Mitsubishi Fuso: 1.871 unit
    9. Chery: 1.593 unit
    10. Hyundai: 1.239 unit

    Retail sales

    1. Toyota: 20.185 unit
    2. Daihatsu: 11.220 unit
    3. Suzuki: 5.504 unit
    4. Honda: 5.003 unit
    5. Mitsubishi Motors: 4.815 unit
    6. BYD: 2.827 unit
    7. Mitsubishi Fuso: 1.996 unit
    8. Isuzu: 1.799 unit
    9. Chery: 1.705 unit
    10. Wuling: 1.687 unit

    (riar/dry)