25 Sepeda Mewah Milik Dirut RSUD Ponorogo Ikut Disita KPK
Tim Redaksi
MADIUN, KOMPAS.com
– Tak hanya dua mobil mewah, sebanyak 25 sepeda mewah milik Dirut RSUD Ponorogo, Yunus Mahatma ikut disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Motor mewah berbagai merek itu disita di kediaman Yunus di Jalan Sumatera No 17, Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (13/11/2025) malam.
Yunus Mahatma yang merupakan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono
Ponorogo
menjadi salah satu tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi jual beli jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo.
Sebanyak 25 sepeda balap itu disita setelah tim KPK menggeledah rumah Yunus selama 3,5 jam. Sepeda balap yang disita langsung diangkut menggunakan truk milik Polres Madiun Kota.
Pantuan di rumah Yunus Mahatma, beberapa sepeda yang disita bermerek Polygon, Santacruz, Dahon,Trex dan Brompton. Diperkirakan, per satu sepeda bernilai belasan hingga ratusan juta rupiah.
Sebelum disita, tim KPK mendata dan mendokumentasi setiap sepeda milik Yunus yang hendak disita.
Selanjutnya, sepeda-sepeda tersebut dimasukkan satu persatu ke mobil dalmas Polres Madiun Kota.
Juru Bicara KPK, Budi Prasetyo yang dikonfirmasi terpisah menyatakan akan mengecek informasi tersebut. “Kami cek dulu informasi tersebut,” kata Budi.
Diberitakan sebelumnya, tim Komisi Pemberantasam Korupsi (KPK) menyita dua mobil mewah bernomor cantik milik Dirut RSUD dr Harjono Ponorogo, Yunus Mahatma yang terparkir di rumah pribadinya di Jalan Sumatera Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (13/11/2025) malam.
Dua mobil yang disita yakni satu merek Rubicon warna merah bernopol N 47MA dan BMW warna silver bernomor polisi cantik yakni L 47 MA.
Pantauan di lokasi, lima personel tim KPK tampak mengecek kondisi dua mobil mewah yang terparkir di rumah bertingkat dua milik Yunus Mahatma. Selain masuk dalam kabin mobil, tim KPK juga menguji kondisi mobil dengan menyalakan mesinnya hingga menyalakan lampu depan.
Tak hanya itu, tim KPK juga memberikan tali plastik berwarna merah bertuliskan KPK. Tali itu dibentangkan di bagian depan mobil mewah yang disita.
Penyitaan dua mobil mewah itu disaksikan langsung oleh Kasat Reskrim Polres Madiun Kota, AKP Agus Riadi dan beberapa anak buahnya.
Agus yang dikonfirmasi saat keluar dari rumah Yunus Mahatma enggan jauh berkomentar.
“Bukan kewenangan saya,” kata Agus.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
brand merek: BMW
-
/data/photo/2025/11/13/6915f5d67353b.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
25 Sepeda Mewah Milik Dirut RSUD Ponorogo Ikut Disita KPK Surabaya 13 November 2025
-

Lukai Keadilan, Pengemudi BMW Penabrak Mahasiswa UGM Dihukum Ringan Alasannya karena Harapan Keluarga
GELORA.CO – Pelaku yang menabrak mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Argo Ericko Achfandi hingga tewas, Christiano Pengarapenta Pengidahen Tarigan divonis 14 bulan penjara.
Pada Kamis (6/11/2025), dalam persidangan yang dipimpin ketua majelis hakim Irma Wahyuningsih, menyatakan Christiano telah memenuhi unsur kelalaian.
Seperti yang terdapat dalam Pasal 310 ayat 4 Undang Republik Indonesia No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
“Mengadili, satu, menyatakan Terdakwa Christiano Pengarapenta Pengidahen Tarigan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mengemudikan kendaraan bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebagaimana dalam dakwaan alternatif kesatu penuntut umum,” kata Irma saat membacakan amar putusan di PN Sleman, Kamis (6/11/2025).
“Dua, menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Christiano Pengarapenta Pengidahen Tarigan dengan pidana penjara selama 1 tahun 2 bulan dan denda sebesar Rp 12 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan,” ujar Irma.
Adapun hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa menyebabkan korban Argo meninggal dunia.
Sementara hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan di persidangan sehingga memperlancar proses persidangan.
Kemudian, terdakwa mengakui terus terang perbuatannya.
Terdakwa menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi.
Terdakwa juga dinilai masih muda dan anak harapan keluarga.
“Terdakwa masih ingin melanjutkan kuliah, terdakwa merupakan anak harapan keluarga, ortu korban sudah memaafkan terdakwa di depan persidangan, bahwa kecelakaan lalu lintas itu disebabkan kelalaian kedua belah pihak, terdakwa belum pernah dihukum,” ujar Irma.
Argo Anak Yatim yang Dibesarkan Ibu Sendirian
Argo meninggal dunia saat berusaha untuk putar arah, pada 24 Mei 2025, sekitar pukul 01.00 WIB.
Kala itu Argo ditabrak mobil BMW yang dikemudikan oleh Christiano.
Akibatnya, sepeda motor Argo langsung terpental, sedangkan mobil BMW oleng ke kanan dan menabrak sebuah mobil yang sedang parkir.
Argo mengalami cedera berat di kepala dan meninggal dunia di lokasi kejadian.
Ibu dari Argo Ericko Achfandi, Melina, pernah menyampaikan pernyataan menyentuh di hadapan para mahasiswa dan civitas akademi.
Melina mengisahkan perjuangan panjang membesarkan Argo seorang diri setelah sang suami meninggal dunia.
“Benar semua bahwa anak pertama saya ini sebelas tahun hidup tanpa figur ayah. Dan sayalah ibunya yang mendidik hingga saat ini,” katanya.
“Saya bersaksi sebagai ibunya, bahwa Argo adalah anak yang baik, anak yang hebat, dan anak yang memiliki kasih tinggi. Dia semangat, terutama dalam kuliah,” ujarnya.
“Saya tahu dia orang yang pendiam dan irit bicara, tapi dia mengharumkan dunianya dengan semua kebaikan kepada orang sekitarnya, bahkan banyak orang,” tambah dia.
Argo Ingin Bahagiakan Ibu dan Adiknya
Sebagai anak laki-laki tertua di keluarga, Argo tumbuh menyaksikan kerasnya perjuangan sang ibu yang berusaha membesarkan anak-anaknya seorang diri.
Peristiwa itu menjadi titik balik dalam hidup Argo, yang kemudian memupuk tekadnya untuk berprestasi demi meringankan beban keluarga.
Argo ingin membahagiakan ibunya juga adiknya yang masih duduk pada sekolah menengah atas (SMA).
Sejak SD hingga SMA ia menjadi siswa berprestasi, tak jarang ia meraih peringkat pertama.
Argo bahkan menjadi lulusan terbaik dengan kategori peraih nilai rapor tertinggi di SMP.
Saat SMA, ia aktif dalam berbagai organisasi dan kepanitian serta mengikuti berbagai perlombaan.
Hasilnya, ia diterima di Fakultas Hukum UGM melalui jalur SNBP dan mendapat beasiswa.
Argo menerima program beasiswa BSI Scholarship.
Program beasiswa ini ditujukan bagi pelajar, mahasiswa, dan mahasiswi yang membutuhkan dukungan pendidikan dan ingin berkembang tidak hanya secara akademis, tetapi juga dalam hal karakter dan kepemimpinan.
Sama Seperti Christian, Argo Juga Ingin Lanjut Kuliah
Meiliana pernah mengatakan, Argo memiliki keinginan melanjutkan kuliah strata dua (S2) ke luar negeri.
Niat itu sudah disampaikan Argo kepadanya.
Argo, kata dia, kala itu mengatakan hendak mencoba program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan.
Tak cuma keinginan semu, sebelum meninggal dunia Argo ternyata sudah mempersiapkan dirinya.
Vonis Pelaku Melukai Keadilan
Anggota Komisi III DPR Abdullah menyebut vonis hukuman 14 bulan penjara terhadap Christiano Tarigan, tidak mencerminkan rasa keadilan publik.
Menurut Abdullah, vonis ringan terhadap terdakwa Christiano menunjukkan hukum belum menghargai nyawa manusia secara setara.
Artinya, kata dia, kehilangan nyawa seseorang hanya dibalas dengan hukuman setahun dua bulan, yang bisa membuat rasa keadilan publik terluka.
“Ini bukan sekadar soal hukum positif, tapi soal moral negara dalam melindungi warganya,” kata Abdullah di Jakarta, Senin (10/11/2025).
Abdullah menilai vonis tersebut sah secara prosedural, tapi tidak memenuhi aspek keadilan substantif.
Menurutnya, putusan itu mencerminkan sistem peradilan masih gagal memberi efek jera bagi pelaku.
Di sisi lain, dia menyoroti dugaan penggantian pelat nomor kendaraan pelaku sesaat setelah kecelakaan yang menimbulkan persepsi publik bahwa ada upaya mengaburkan fakta hukum.
Menurut Abdullah, hal itu menambah deretan ketidakadilan dan dapat mengikis kepercayaan masyarakat terhadap aparat penegak hukum.
“Tindakan sekecil apa pun dalam proses hukum harus dianggap serius. Kalau dugaan manipulasi fakta tidak dituntaskan, publik akan menganggap hukum hanya tajam ke bawah dan tumpul ke atas,” ujar Abdullah.
-

Potret Mobil BMW ‘Gratis’ yang Didapat Marc Marquez
Potret Mobil BMW ‘Gratis’ yang Didapat Marc Marquez
-

Marc Marquez Tambah Koleksi BMW, Dapat Gratis
Jakarta –
Marc Marquez akan menambah koleksi mobil BMW secara cuma-cuma alias gratis. Rider Spanyol itu menang BMW M Award 2025.
BMW M Award sudah menjadi tradisi MotoGP sejak 2003. Poin untuk penghargaan ini dihitung dari hasil sesi kualifikasi sepanjang musim. Siapa yang mengoleksi poin terbanyak, berhak membawa pulang mobil BMW eksklusif. Nah, Marc Marquez pemenangnya tahun ini!
BMW M2 CS tampil dengan warna Velvet Blue Metallic yang elegan siap dibawa pulang oleh Marc Marquez. Dia memuncaki klasemen BMW M Award dengan perolehan 351 poin.
Hasil kualifikasi terbaik Marc Marquez berkat catatan delapan pole position, lima kali start di barisan depan, dan lima kali start dari baris kedua.
Alex Marquez (BK8 Gresini Racing MotoGP) awalnya menjadi penantang Marc. Namun, kecelakaan saat kualifikasi di Portimao membuatnya berada pada posisi start kelima. Alhasil, selisih poinnya menjadi 28 poin dari sang kakak. Dengan tersisa satu kualifikasi di Valencia, maka tertutup sudah peluang #73 untuk mendapatkan hadiah mobil BMW CS2.
Mobil itu terasa spesial, punya spek mesin inline enam silinder M TwinPower Turbo bertenaga 530 dk. Mobil ini mampu melesat dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.
Tidak hanya kencang, mobil ini juga ringan. Bobotnya dikurangi sekitar 30 kilogram dibanding model standar berkat penggunaan material serat karbon di berbagai komponen.
Pemegang rekor BMW M Award adalah Marc Marquez, yang memenangi penghargaan sebanyak tujuh kali beruntun dari 2013 hingga 2019. Dalam dua tahun terakhir, Francesco Bagnaia yang menjadi pemenangnya.
Daftar Peraih BMW M Award:
2024: Francesco Bagnaia (Ducati)2023: Francesco Bagnaia (Ducati)2022: Francesco Bagnaia (Ducati)2021: Fabio Quartararo (Yamaha)2020: Fabio Quartararo (Yamaha)2019: Marc Marquez (Honda)2018: Marc Marquez (Honda)2017: Marc Marquez (Honda)2016: Marc Marquez (Honda)2015: Marc Marquez (Honda)2014: Marc Marquez (Honda)2013: Marc Marquez (Honda)2012: Jorge Lorenzo (Yamaha)2011: Casey Stoner (Honda)2010: Jorge Lorenzo (Yamaha)2009: Valentino Rossi (Yamaha)2008: Casey Stoner (Ducati)2007: Casey Stoner (Ducati)2006: Nicky Hayden (Honda)2005: Sete Gibernau (Honda)2004: Valentino Rossi (Yamaha)2003: Valentino Rossi (Honda)
(riar/din)
-

Hanya 87 Unit, BMW Luncurkan M2 CS Khusus Pasar Jepang
Tokyo –
BMW M2 CS akhirnya resmi meluncur di Jepang. Versi paling ekstrem dari coupe kompak ini tampil lebih ringan, lebih buas, dan lebih eksklusif karena hanya dibuat 87 unit khusus untuk pasar Negeri Sakura.
Tim detikcom datang ke Japan Mobility Show 2025 dan melihat langsung wujud dari BMW M2 CS edisi Jepang.
BMW M2 CS edisi spesial Jepang melantai di Japan Mobility Show 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
M2 CS ini hadir dengan dapur pacu yang lebih sangar ketimbang M2 biasa. Mengandalkan konfigurasi enam silinder segaris 3.0 liter M TwinPower Turbo, tenaga M2 CS diklaim tembus hingga 530 hp pada 6.250 RPM.
Angka ini menjadikannya versi paling bertenaga dalam keluarga M2 sejauh ini. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8-percepatan M Steptronic yang dilengkapi Drivelogic.
Akselerasinya mencengangkan, 0-100 km/jam hanya 3,8 detik, bahkan bisa 3,5 detik dengan metode “1-foot rollout”. Sementara kecepatan maksimumnya dikunci di 302 km/jam.
Tak hanya soal performa, BMW juga melakukan diet serius. Lewat penggunaan carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) di sejumlah komponen seperti atap, kap mesin, dan diffuser belakang, bobotnya berkurang sekitar 30 kilogram dibanding versi standar.
Suspensinya diturunkan 8 mm, dengan sistem pengereman dan chassis yang disesuaikan agar bisa menahan performa tambahan yang dimilikinya.
BMW M2 CS edisi spesial Jepang melantai di Japan Mobility Show 2025 Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Secara visual, M2 CS tampil lebih agresif dengan spion M Carbon, atap M Carbon sebagai standar, serta detail aerodinamika eksklusif yang membedakannya dari M2 biasa.
Interiornya juga tak kalah spesial. Material Alcantara, konsol tengah CFRP, dan kursi bucket M Carbon berlapis kulit Merino menghadirkan nuansa sporty khas mobil performa tinggi.
BMW M2 CS melakukan debut publiknya di Japan Mobility Show 2025 yang digelar di Tokyo Big Sight.
Dari pantauan tim detikcom kehadirannya di booth BMW Group, berdampingan dengan sederet model masa depan seperti BMW iX3 Neue Klasse, konsep Speedtop, serta motor listrik BMW CE 02 dan superbike M 1000 RR milik Toprak Razgatlıoğlu, sang juara dunia WorldSBK 2025.
Dengan produksi yang dibatasi hanya 87 unit untuk pasar Jepang, BMW M2 CS hampir pasti akan menjadi buruan kolektor. Sebuah simbol bahwa di tengah era elektrifikasi, semangat “driving pleasure” khas BMW M tetap hidup dan bahkan makin intens.
(mhg/rgr)
-

Harta Fantastis Yunus Mahatma, Direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo yang jadi Tersangka KPK
Ponorogo (beritajatim.com) — Di balik sosok tenang seorang dokter yang meniti karier di dunia kesehatan, tersimpan catatan kekayaan yang mengundang perhatian publik. Nama Yunus Mahatma, Direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo, kini menjadi perbincangan hangat setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat, 7 November 2025. Statusnya pun menjadi tersangka bersama dengan Bupati Sugiri Sancoko dan Sekda Agus Pramono.
Namun yang membuat publik tercengang bukan hanya status hukumnya, melainkan juga nilai kekayaan pribadi Yunus yang terbilang fantastis. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2024 yang diakses melalui laman resmi elhkpn.kpk.go.id, Yunus tercatat memiliki total harta kekayaan mencapai Rp14,54 miliar, setelah dikurangi utang senilai Rp800 juta.
Dalam laporan itu, Yunus menguasai beragam aset bernilai tinggi. Rinciannya meliputi tanah dan bangunan senilai Rp9,25 miliar, alat transportasi dan mesin Rp1,11 miliar, harta bergerak lainnya Rp25 juta, kas dan setara kas Rp4,7 miliar, serta harta lainnya Rp250 juta.
Menariknya, aset properti Yunus tersebar di sejumlah daerah besar di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dia memiliki tanah seluas 4.600 meter persegi di Kota Madiun senilai Rp2,5 miliar, serta rumah dan tanah di Surabaya senilai Rp2,75 miliar. Tak berhenti di situ, namanya juga tercatat memiliki aset tanah di Karanganyar, yang menambah daftar panjang kekayaannya di luar Ponorogo.
Dalam LHKPN itu pula, Yunus melaporkan dua kendaraan pribadi dengan nilai total lebih dari Rp1,1 miliar. Mobil tersebut ialah Honda HR-V keluaran 2021 seharga Rp240 juta, dan BMW 320 tahun 2023 senilai Rp875 juta. Seluruh harta tersebut, sebagaimana tercantum dalam dokumen resmi KPK, dinyatakan berasal dari hasil sendiri.
KPK menegaskan, publikasi LHKPN merupakan bentuk transparansi pejabat publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).
Laporan tersebut menjadi instrumen penting dalam menilai integritas dan kepatuhan pejabat publik terhadap asas penyelenggaraan negara yang bersih. Kini, dengan Yunus Mahatma masuk dalam daftar pihak yang diamankan KPK dalam OTT Ponorogo, catatan kekayaannya menjadi sorotan baru. [end/suf]
-

Toprak Ogah Asal Ikut MotoGP tapi Nggak Juara
Jakarta –
Toprak Razgatlioglu tidak mau asal ikut ajang MotoGP, yang hasilnya kalah terus. Toprak punya target ambisius menjadi juara dunia MotoGP.
Pernyataan Toprak itu mengingatkan kepada pebalap WSBK yang naik kelas ke MotoGP tapi tidak kompetitif. Bens Spies misalnya jadi contoh rider WSBK yang pindah ke MotoGP, bukannya moncer malah meredup.
Namun Toprak bukan pebalap medioker. Toprak baru saja menjadi juara dunia World Superbike (WSBK) 2025 bersama tim BMW. Ini adalah gelar juara dunia ketiganya, dan yang kedua bersama BMW. Toprak meyakini bisa meraih juara dunia MotoGP.
“Saya pikir akan lebih baik untuk memulai dengan finis di podium. Memenangkan gelar MotoGP adalah impian terbesar saya saat ini. Ini tidak mudah, mungkin terlalu dini untuk mengatakannya, tetapi kita semua punya impian besar dan inilah impian saya,” ujar Toprak dikutip dari Motosan.es, Kamis (6/11/2025).
Toprak mulai beradaptasi sejak tiga tahun lalu, dia sudah pernah menguji YZR-M1 dua kali, yakni Aragon 2022 dan Jerez 2023. Keduanya menggunakan mesin inline-four.
Toprak sudah membuat batasan jika tidak kompetitif dalam ajang MotoGP, dia bakal balik lagi ke WSBK.
“Masih terlalu dini untuk membicarakannya; pertama-tama saya harus melihat apa yang terjadi di paddock MotoGP. Jika saya bisa meraih banyak podium di sana, mungkin saya akan bertahan. Itulah yang saya katakan sekarang, tetapi di masa mendatang saya mungkin memutuskan untuk kembali ke Superbike. Kita lihat saja nanti,” kata pebalap Turki itu.
Pebalap World Superbike (WSBK) itu dijadwalkan akan melakukan sesi tes private Yamaha di Aragon pada 9-10 November 2025.
Tes pribadi ini akan memberi Toprak waktu tambahan yang krusial untuk beradaptasi dengan mesin YZR-M1 sebelum bertemu para rivalnya dalam sesi tes resmi di Valencia pada 18 November 2025.
Pabrikan Jepang, Yamaha, sangat tertutup mengenai spesifikasi motor yang diuji oleh Toprak Razgatlioglu dan belum membuat pernyataan publik final tentang konfigurasi mesin untuk musim 2026.
Meskipun demikian, Yamaha sedang berada dalam fase pengembangan yang sangat krusial, dan perdebatan internal antara mesin V4 dan Inline-Four. Inilah yang menjadi sorotan. Yamaha memanfaatkan betul status konsesi mereka untuk memaksimalkan waktu pengujian bagi Toprak.
(riar/rgr)
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5404689/original/062870300_1762413846-Mahasiswa_UGM_Christiano_Pengarapenta_Pengidahen_Tarigan_menjalani_sidang_di_PN_Sleman__2_.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Pengemudi BMW yang Tabrak Agro Mahasiswa UGM Divonis 1 Tahun 2 Bulan dan Denda Rp 12 Juta
Sebelumnya, Hakim Irma menyatakan hal yang memberatkan terdakwa adalah mengendarai kendaraan bermotor yang atas kelalaiannya menyebabkan korban Argo meninggal dunia sesuai pasal 310 UU 22/2009 Tentang Lalu Lintas.
Sedangkan hal yang meringankan selama masa persidangan terdakwa bersikap sopan, mengakui perbuatannya, tidak ingin mengulangi perbuatan serupa dan mendapatkan maaf dari keluarga korban .
“Hukuman yang dijatuhkan bukan dimaksudkan sebagai balas dendam. Namun agar terdakwa menyesali perbuatannya,” lanjut Irma.
Tak hanya itu, usia terdakwa yang masih muda, memiliki masa depan panjang serta ingin melanjutkan kuliah agar bisa menjadi tulang punggung keluarga menjadi pertimbangan hakim.
Ketua tim penasihat hukum terdakwa, Achiel Suyanto menghormati putusan vonis yang dijatuhkan hakim.
“Kita menghormati apapun putusannya. Tapi kita melihat hakim cukup bijak dengan berbagai pertimbangan yang dikemukakan tadi,” katanya.
Usai putusan ini, Achiel mengaku akan berkordinasi dengan klien dan keluarganya untuk menentukan banding atau tidak ada vonis tersebut. Timnya memiliki waktu tujuh hari.
Jaksa Penuntut Umum Rahajeng Dinar yang menuntut dua tahun penjara terhadap Christiano mengaku akan pikir-pikir.
Menurutnya vonis hakim sudah memenuhi 2/3 dari tuntutan yang dibacakan dua pekan sebelumnya.
-

Desain Baru BMW 1 Series Bocor, Tampil Lebih Sporty dan Ada Versi Listrik
JAKARTA – BMW dikabarkan tengah menyiapkan generasi terbaru dari hatchback kompak andalannya, BMW 1 Series, yang juga akan memiliki varian listrik dengan nama i1. Render digital yang beredar memperlihatkan perubahan desain signifikan.
Mobil tersebut menampilkan gaya shooting-brake dengan atap memanjang dan jendela belakang yang menurun tajam. Senior Vice President BMW Brand & Product Management, Bern Koerber, menegaskan bahwa versi bermesin pembakaran internal (ICE) dari 1 Series akan tetap dipertahankan.
“Mobil ICE kami masih sangat penting di sejumlah pasar Eropa seperti Yunani, Spanyol, dan Italia,” ujarnya seperti dilansir dari Carscoops, Rabu, 5 November.
Render tersebut juga memperlihatkan bahwa versi listrik i1 akan mengadopsi bahasa desain Neue Klasse, dengan grille khas BMW berbentuk ginjal yang kini memanjang dan menyatu dengan lampu utama. Tampilan depannya terlihat lebih modern dan agresif, sekaligus tetap mempertahankan ciri khas desain BMW.
Meski belum ada rincian teknis resmi, generasi baru 1 Series dan i1 diperkirakan akan berbagi platform dengan model-model lain yang menggunakan arsitektur Neue Klasse. Beberapa komponen mekanis juga disebut akan diambil dari lini merek MINI yang masih berada di bawah grup BMW.
Dari sisi desain, eksteriornya tampak lebih sporty dan elegan. Gaya shooting-brake memberikan kesan dinamis, meski kemiringan kaca belakang mungkin sedikit mengurangi ruang bagasi. Namun, desain itu justru menonjolkan karakter emosional yang kuat dan proporsional.
Kehadiran versi listrik i1 menunjukkan langkah BMW untuk memperluas lini Neue Klasse ke segmen mobil kompak, menjadikannya relevan di tengah tren elektrifikasi industri otomotif global. Strategi ini juga memperlihatkan pendekatan ganda BMW dalam menghadapi transisi ke kendaraan listrik, di mana mempertahankan model konvensional sembari memperkenalkan opsi listrik sepenuhnya.
-

BMW iX3 hingga MINI Paul Smith Edition Resmi Melantai di Jepang
JAKARTA – BMW Group siap menjadi salah satu magnet utama di Japan Mobility Show 2025 dengan menampilkan jajaran mobil masa depan dari BMW dan MINI. Dalam ajang ini, BMW juga melakukan beberapa peluncuran untuk mobil baru.
Peluncuran perdana BMW iX3 menjadi sorotan utama ajang ini. Model SUV listrik ini menjadi yang pertama dari generasi Neue Klasse, sekaligus menandai arah baru BMW menuju mobilitas berkelanjutan berbasis teknologi mutakhir.
BMW iX3 tampil dengan desain revolusioner dan sistem pengoperasian baru BMW Panoramic iDrive yang menghadirkan pengalaman digital futuristik. Didukung BMW eDrive generasi keenam, mobil ini mampu menambah jarak tempuh hingga 372 kilometer hanya dalam 10 menit pengisian daya.
Tak hanya itu, sistem pengisian dua arah memungkinkan mobil ini berfungsi sebagai bank daya berjalan. Produksi untuk pasar Jepang akan dimulai Maret 2026, sementara penjualan dijadwalkan pada paruh kedua tahun yang sama.
BMW juga menegaskan komitmennya terhadap keberagaman sumber energi dengan menghadirkan BMW iX5 Hydrogen, kendaraan bertenaga sel bahan bakar hidrogen yang akan diproduksi mulai 2028.
Dikembangkan bersama Toyota Motor Corporation, teknologi generasi ketiga ini menjanjikan efisiensi lebih tinggi, jangkauan lebih panjang, dan tenaga yang lebih besar, dengan desain sistem yang lebih ringkas.
Lalu mobil yang sudah dibocorkan sebelumnya, yakni rilisnya MINI Paul Smith Edition menjadi simbol pertemuan antara desain klasik dan semangat modernitas. Desainer asal Inggris, Paul Smith, kembali bekerja sama dengan MINI untuk menciptakan edisi khusus yang akan debut dunia di Tokyo.
Tampil dengan warna eksklusif Nottingham Green, aksen “signature stripe” khas Paul Smith, dan velg hitam Night Flash Spoke 18 inci, mobil ini membawa aura klasik. Edisi ini hadir dalam varian MINI Cooper 3-Door, 5-Door, dan Convertible, dengan versi full listrik akan lebih dulu dipasarkan secara global setelah debut di Jepang.
“Jarang sekali kita melihat dua ikon desain Inggris berkolaborasi seperti ini, dan sungguh luar biasa bahwa kemitraan kita telah berlanjut selama bertahun-tahun. MINI Paul Smith Edition sungguh merupakan sebuah keistimewaan dan kesempatan yang luar biasa. Warna-warna baru dan detail-detail baru yang tak terduga, yang akan menjadi kejutan yang menyenangkan,” ujar Paul Smith di situs resmi BMW, dikutip Rabu, 29 Oktober.
Penggemar kecepatan mendapat suguhan istimewa melalui peluncuran BMW M2 CS edisi khusus. Mengusung mesin enam silinder segaris berteknologi M TwinTurbo dengan tenaga 530 hp, mobil sport kompak ini mampu berakselerasi dari 0–100 km/jam hanya dalam 3,8 detik.
BMW juga memperkenalkan fitur hiburan interaktif AirConsole, yang memungkinkan penumpang bermain gim langsung di layar kendaraan menggunakan ponsel sebagai pengontrol. Beberapa gim ikonik seperti UNO Car Party!, Hot Wheels: Xtreme Overdrive, dan PAC-MAN Championship Edition siap menghadirkan hiburan saat mobil sedang parkir atau mengisi daya.