brand merek: Bentley

  • Sritex Lelang 20 Mobil Usai Dinyatakan Pailit: Alphard, Mercy, hingga Bentley

    Sritex Lelang 20 Mobil Usai Dinyatakan Pailit: Alphard, Mercy, hingga Bentley

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Sri Rejeki Isman Tbk atau Sritex akan melelang 20 mobil dari berbagai merek setelah dinyatakan pailit bersama anak perusahaanya yakni PT Sinar Pantja Djaja, PT Bitratex Industries, dan PT Primayudha Mandirijaya. 

    Dari dokumen yang diterima Bisnis, tim kurator dari perusahaan tersebut telah mengajukan permohonan lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta pada 19 Agustus 2025 dan 14 November 2025. 

    Pelaksanaan lelang akan dilaksanakan pada Kamis, 4 Desember 2025 dan waktu penawaran terhitung sejak tayang di aplikasi lelang sampai batas akhir penawaran.

    “Tempat: Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Surakarta Jalan Ki Mangun Sarkoro No. 141 Surakarta,” bunyi isi surat, dikutip Kamis (20/11/2025).

    Seluruh kendaraan roda empat yang dilelang merupakan atas nama PT Sri Rejeki Isman dengan nilai limit yang berbeda-beda.Publik bisa mengakses proses lelang dan informasi lainnya melalui www.lelang.go.id 

    Berikut daftar 20 Mobil Aset Sritex yang Dilelang

    1. Toyota Alphard 2.4G A/T tahun 2011 warna hitam

    Nilai limit: Rp245.500.000 

    Uang jaminan: Rp49.100.000

    2. Toyota Alphard 2.4G A/T tahun 2011 warna hitam

    Nilai limit: Rp232.800.000

    Uang jaminan: Rp46.560.000

    3. Toyota New Avanza 1.3G M/T tahun 2012 warna silver metalik

    Nilai limit: Rp102.500.000

    Uang jaminan: Rp20.500.000

    4. Toyota Kijang Innova G, DSL tahun 2012 warna hitam metalik

    Nilai limit: Rp213.700.000

    Uang jaminan: Rp42.740.000

    5. Mercedes Benz S500L AT tahun 2000 warna abu-abu muda metalik

    Nilai limit: Rp14.800.000

    Uang jaminan: Rp2.960.000

    6. Toyota Alphard tahun 2003 warna hitam

    Nilai limit: Rp113.800.000

    Uang jaminan: Rp22.760.000

    7. Toyota Alphard 3.0L tahun 2005 warna silver

    Nilai limit: Rp157.400.000

    Uang jaminan: Rp31.480.000

    8. Toyota Alphard 3.0 L 2WD tahun 2005 warna hitam metalik

    Nilai limit: Rp102.200.000

    Uang jaminan: Rp20.440.000

    9. Toyota Alphard 2.4 2WD A/T tahun 2007 warna hitam

    Nilai limit: Rp114.500.000

    Uang jaminan: Rp22.900.000

    10. Toyota Alphard 2.4 2WD A/T tahun 2007 warna hitam 

    Nilai limit: Rp104.200.000

    Uang jaminan: Rp20.840.000

    11. Toyota Alphard Vellfire 2.4 V AT tahun 2009 warna hitam

    Nilai limit: Rp190.700.000

    Uang jaminan: Rp38.140.000

    12. Tata Vista GZX 1.4 M/T tahun 2013 warna merah metalik

    Nilai limit: Rp44.700.000

    Uang jaminan: Rp8.940.000

    13. Tata Vista GZX 1.4 M/T tahun 2014 warna putih metalik 

    Nilai limit: Rp44.500.000

    Uang jaminan: Rp8.900.000

    14. Tata Vista GZX 1.4 M/T tahun 2014 warna merah metalik

    Nilai limit: Rp44.900.000

    Uang jaminan: Rp8.980.000

    15. Tata Vista GZX 1.4 M/T tahun 2014 warna abu-abu metalik

    Nilai limit: Rp48.900.000

    Uang jaminan: Rp9.780.000

    16. Tata Vista GZX 1.4 M/T tahun 2014 warna merah metalik

    Nilai limit: Rp48.800.000

    Uang jaminan: Rp9.760.000

    17. Tata Vista GZX 1.4 M/T tahun 2014 warna putih metalik

    Nilai limit: Rp48.900.000

    Uang jaminan: Rp9.780.000

    18. Bentley Brookland CBU tahun 1996 warna biru metalik

    Nilai limit: Rp818.000.000

    Uang jaminan: Rp163.000.000

    19. Toyota Camry ACC 30 R AT tahun 2004 warna hitam metalik

    Nilai limit: Rp77.200.000

    Uang jaminan: Rp15.440.000

    20. Honda City GM2 1.5 E AT tahun 2009 warna hitam merah

    Nilai limit: Rp87.100.000

    Uang jaminan: Rp17.420.000

  • Bentley Luncurkan Supersports Terbaru, Continental GT Paling Ekstrem!

    Bentley Luncurkan Supersports Terbaru, Continental GT Paling Ekstrem!

    JAKARTA — Tepat seabad setelah Bentley “Super Sports” pertama menembus batas 100 mph (160 km/jam), nama legendaris itu kembali hidup.

    Pada 14 November 2025, Bentley Motors resmi memperkenalkan Bentley Supersports terbaru, yang sekaligus menjadi Continental GT paling berfokus pada pengemudi dalam sejarah perusahaan.

    Model edisi terbatas ini disebut di laman pabrikan bukan sekadar penyegaran wajah, melainkan penanda kembalinya Bentley ke dunia mobil performa ekstrem dengan menggabungkan kemampuan harian yang khas Bentley dengan sensasi berkendara murni yang lebih tajam dari sebelumnya.

    Untuk pertama kalinya, Continental GT hadir dengan konfigurasi penggerak roda belakang, sekaligus memangkas bobot hingga di bawah dua ton. Ini menjadikannya Bentley paling ringan dalam 85 tahun terakhir.

    Di balik kapnya tersimpan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter non-hybrid yang telah disempurnakan khusus untuk Supersports. Tenaganya mencapai 666 PS dengan torsi 800 Nm, memungkinkan akselerasi 0–100 km/jam sekitar 3,7 detik dan kecepatan puncak mendekati 310 km/jam.

    Tenaga tersebut dialirkan melalui transmisi dual-clutch delapan percepatan ZF yang dibuat lebih responsif, sekaligus menjadikan mesin ini memiliki kepadatan daya tertinggi dalam jajaran Bentley modern.

    Supersports juga dirancang untuk menghasilkan performa menikung yang jauh lebih agresif. Bentley mengklaim peningkatan hingga 30 persen dari Continental GT Speed dalam kemampuan menikung, dengan gaya lateral puncak mencapai 1.3g—angka yang sudah memasuki wilayah supercar. Pencapaian ini diperoleh melalui rekayasa aerodinamika yang sangat ekstensif, termasuk bumper depan baru dengan splitter terbesar yang pernah dipasang pada mobil jalan raya Bentley, lengkap dengan dive planes serat karbon, side sills, fender blades, diffuser masif, hingga sayap belakang permanen. Paket aerodinamika tersebut menghasilkan tambahan downforce lebih dari 300 kg dibanding GT Speed.

    Tidak hanya itu, sistem pengeremannya menggunakan cakram Carbon-Silicon-Carbide 440 mm di depan dan 410 mm di belakang yang disebut sebagai sistem pengereman otomotif terbesar di dunia. Pelek tempa 22 inci hasil kolaborasi dengan Manthey Racing serta pilihan ban performa tinggi Pirelli Trofeo RS menjadi pelengkap kaki-kaki sekaligus penguat karakter lintasan.

    Sementara itu, suara mesin diperkuat oleh sistem knalpot titanium Akrapovič full-length yang menghasilkan karakter V8 yang alami tanpa bantuan suara buatan di kabin.

    Masuk ke dalam kabin, fokus terhadap pengemudi semakin terasa. Supersports hanya memiliki dua kursi, dengan desain sport yang lebih rendah dan penahan samping yang lebih tegas. Area belakang sepenuhnya dihapus dan digantikan dengan tub serat karbon berlapis kulit untuk mengurangi bobot. Material interior didominasi kulit, Dinamica, dan serat karbon, menciptakan atmosfer performa yang tetap mewah ala Bentley.

    Sebagaimana Supersports original yang hanya dibuat 18 unit pada tahun 1925, model terbaru ini juga tampil sangat eksklusif. Bentley membatasi produksinya hanya 500 unit bernomor di seluruh dunia. Proyek rahasia yang dikembangkan dengan kode “Mildred”, menghormati pembalap Bentley era 1920-an, Mildred Mary Petre—ini disebut dikerjakan dalam waktu sangat singkat sejak pertama kali dipresentasikan pada September 2024.

    Pemesanan akan dibuka pada Maret 2026, produksi dimulai pada kuartal keempat 2026, dan pengiriman pertama dijadwalkan pada awal 2027.

  • Century Coupe Meluncur di JMS 2025, Toyota Punya Pesaing Rolls-Royce dan Bentley

    Century Coupe Meluncur di JMS 2025, Toyota Punya Pesaing Rolls-Royce dan Bentley

    Jakarta

    Sejak lebih dari 50 tahun lalu Century jadi mobil paling mewah yang pernah diproduksi Jepang. Tak lagi berada di bawah payung Toyota, Century merilis seri terbarunya dalam wujud coupe pada ajang Japan Mobility Show 2025.

    “Kebanggaan Jepang. Saya percaya Century diciptakan untuk memenuhi peran itu,” ucap Akio Toyoda di Japan Mobility Show dalam peluncuran Century, Rabu (29/10/2025).

    Century yang diluncurkan Toyota pada ajang Japan Mobility Show 2025 ini sejatinya sudah diumumkan secara resmi pekan lalu. Positioning-nya adalah sebagai brand yang disiapkan untuk bertarung di segmen super mewah: bersaing dengan Rolls-Royce dan Bentley.

    Toyota sudah mengumumkan bahwa Century akan menjadi merek yang berdiri sendiri, terpisah dari Toyota. Namun begitu, yang dipamerkan di Jepang ini masih merupakan konsep.

    Century coupe paling anyar ini punya desain yang benar-benar berbeda dengan seri yang diluncurkan sebelumnya. Warna orange yang mencolok namun cantik membuat mobil ini sangat eye-catching di arena Japan Mobility Show. Disebutkan kalau warna orange yang membalut Century terdiri dari 60 lapisan cat.

    Century coupe ini punya konfigurasi dua penumpang dan dua pintu. Belum ada detil spesifikasi yang dibocorkan, termasuk kapan akan diproduksi dan dijual untuk umum.

    Jika eksterior Century terlihat ‘menyala’ dengan warna orange yang mewah, di bagian interior kesan super premium mobil ini terasa makin kental. Kabin Century coupe ini disematkan banyak sekali atribut mewah berkelas. Termasuk jam analog klasik pada sisi tengah dashboard.

    Dua kursi di dalam kabin punya konfigurasi yang sepertinya belum pernah ada pada mobil lain. Kursi sopir dan satu penumpang tidak berada dalam posisi sejajar. Tapi tersusun secara diagonal, di mana kursi sopir berada di depan dan kursi penumpang di belakangnya (dalam posisi diagonal).

    Sejarah Singkat Century

    Century pertama kali diperkenalkan pada tahun 1967, bertepatan dengan peringatan 100 tahun kelahiran Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Industries. Mobil ini sejak kelahirannya dianggap sebagai lambang kemewahan tertinggi dari Jepang, dan diproduksi terutama untuk pasar domestik.

    Dengan statusnya sebagai mobil super premium, Century selama ini digunakan oleh Kaisar Jepang (Century Royal), Perdana Menteri, hingga pejabat tinggi pemerintah.

    Hal-hal tersebut menjadikan Century sebagai puncak lini produk Toyota. Nantinya, merek Century akan berada di segmen paling atas, diikuti Lexus, GR, Toyota, dan Daihatsu.

    Century selama ini juga dikenal sebagai mobil yang produksi untuk rentang waktu yang sangat panjang. Sejak pertama meluncur lebih dari 50 tahun lalu, Century baru punya lima generasi.

    Century punya lambang yang unik, yakni burung Phoenix – yang melambangkan kebangsawanan dan keabadian. Lambang yang menempel pada setiap mobil ini diukir menggunakan tangan.

    (din/dry)

  • Century Bakal Jadi Raja Merek Mewah Toyota, Gimana Nasib Lexus?

    Century Bakal Jadi Raja Merek Mewah Toyota, Gimana Nasib Lexus?

    Tokyo

    Toyota Group telah mengumumkan brand tertinggi kini menjadi milik Century. Meski demikian, Lexus bukan berarti tidak menjadi brand luxury Toyota Group. Kini Lexus diberi kepercayaan lebih untuk bisa ‘bermain’ lebih luas memperlihatkan bentuk kemewahan Lexus di berbagai segmen.

    “Bicara soal market, century saat ini baru diperkenalkan sebagai brand baru, model line-nya seperti apa strateginya seperti apa itu belum dijelaskan. Di Jepang sendiri saat ini masih hanya terjual secara limited, dan ini kerap dipakai (dikendarai) oleh kekaisaran Jepang,” ucap General Manager Lexus Indonesia Ima Nurbani Rahmah di Tokyo.

    “Lexus sendiri diinginkan tetap menjadi Luxury Brand tetapi akan lebih dibuat eksploratif,” Ima menambahkan.

    Ima pun memastikan kehadiran Century tidak akan memakan konsumen Lexus.

    “Tidak akan (Century mengambil konsumen Lexus), karena konsumen Lexus itu berbeda,” kata Ima lagi.

    “Karena memang konsumen Lexus ketika ingin membeli kendaraan, ingin mendapatkan service-nya, experience-nya, activity-nya, dan kelebihan-kelebihan lainnya yang orang lain atau semua orang tidak mendapatkannya,” Ima menyakinkan.

    Diberitakan sebelumnya, Toyota Motor Corporation mengumumkan strategi baru untuk lima mereknya, termasuk peluncuran Century baru yang kini hadir dalam bentuk coupe dua pintu. Langkah ini disebut-sebut sebagai upaya Toyota untuk bersaing langsung dengan mobil mewah seperti Rolls-Royce dan Bentley.

    Mengutip laman Response, CEO Toyota Akio Toyoda bersama Simon Humphreys, Kepala Desain di Brand Creation Office, menjelaskan bahwa Century akan jadi puncak dari lini produk Toyota. Nantinya, merek Century akan berada di segmen paling atas, diikuti Lexus, GR, Toyota, dan Daihatsu.

    Kembali ke brand Lexus, pada ajang Japan Mobility Show (2025) mengusung tema Discover. Diharapkan Lexus akan lebih berkembang menemukan sebuah kenyamanan kelas atas terbaru di masa mendatang. Dipercaya Lexus akan menampilkan berbagai mobil konsep kelas atas untuk mobilitas.

    (lth/lua)

  • PT KAI raih Going Digital Awards 2025 berkat transformasi digital

    PT KAI raih Going Digital Awards 2025 berkat transformasi digital

    Amsterdam, Belanda (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) sukses meraih kemenangan dalam Going Digital Awards 2025 yang digelar oleh Bentley Systems dalam rangkaian acara tahunan Years in Infrastructure di Amsterdam, Belanda.

    PT KAI dinilai unggul melalui penerapan sistem AssetWise Linear Analytics (WLA) milik Bentley, yang memungkinkan perusahaan melakukan analisis kondisi lintasan secara prediktif dan berbasis data. Inovasi ini menjadi bagian dari strategi transformasi digital perusahaan dalam meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan operasi perkeretaapian.

    “Solusi ini menggunakan AI untuk predictive maintenance serta menilai tingkat kesehatan lintasan kereta,” ujar Arie Dwi Radiati, Culture Communication and Capability Lead Transformation Office PT KAI, dalam presentasinya di hadapan para juri di Okura Hotel, Amsterdam, Belanda pada Kamis (16/10).

    Melalui penerapan analitik linear aset, KAI beralih dari sistem pemeliharaan reaktif menjadi pendekatan prediktif dan preventif. “Hal ini meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan umur aset secara signifikan,” lanjut Arie.

    Implementasi sistem tersebut terbukti memberikan dampak nyata. Biaya operasional berhasil ditekan hingga 39 persen, emisi karbon berkurang 30 persen, dan insiden infrastruktur turun dari 79 kasus pada 2023 menjadi 15 kasus pada 2025.

    Arie Dwi Radiati, Culture Communication and Capability Lead Transformation Office PT KAI bersama Mohamad Arifudin, VP Infrastructure Asset PT KAI di forum tahunan Year of Infrastructure 2025 di Amsterdam, Belanda pada Kamis (16/10/2025). (ANTARA/Ida Nurcahyani)

    Menurut Arie, keberhasilan itu juga ditopang oleh transformasi budaya kerja di internal perusahaan. “KAI fokus pada peningkatan kemampuan SDM melalui pelatihan reguler agar karyawan dapat memanfaatkan teknologi baru secara optimal. Perubahan budaya kerja menjadi faktor penting dalam transformasi digital ini,” ujarnya.

    Sementara itu, Mohamad Arifudin, VP Infrastructure Asset PT KAI, menjelaskan bahwa seluruh data infrastruktur kini dianalisis secara digital melalui platform WLA.

    “Kami memiliki big data geometri, real profile, hingga jaringan listrik aliran atas. Semuanya dianalisis untuk memperkirakan kebutuhan perawatan secara presisi,” katanya.

    Dari hasil implementasi selama hampir satu tahun, sistem WLA memberikan efisiensi signifikan di lapangan. “Untuk pekerjaan tamping mesin misalnya, volume pekerjaannya berkurang sekitar 30 persen,” ujar Arifudin.

    Selain efisiensi teknis, PT KAI juga memperkuat tata kelola data melalui proses data cleansing untuk memastikan seluruh pengambilan keputusan berbasis data yang valid dan terintegrasi. “Dengan data yang bersih, keputusan perusahaan menjadi data-driven dan jauh lebih objektif,” tambahnya.

    Ke depan, PT KAI berencana memperluas penggunaan sensor Internet of Things (IoT) dan analitik AI untuk memperkuat sistem perawatan aset di lebih dari 7.000 kilometer jalur kereta yang dikelola. Langkah ini diharapkan mampu mendukung pelayanan transportasi publik yang lebih aman, efisien, dan berkelanjutan.

    Sementara terkait keamanan data, Arifudin memastikan pengelolaan sepenuhnya dilakukan oleh divisi teknologi informasi internal PT KAI. “Platform-nya dari Bentley, tapi seluruh keamanan data berada di bawah pengawasan internal KAI,” ujarnya.

    Dalam ajang Going Digital Awards 2025, KAI masuk dalam kategori Rail and Transit berkat inovasi digital berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung pemeliharaan infrastruktur perkeretaapian. Pada kategori ini, PT KAI bersaing dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui proyek LRT Jakarta Fase 1B Velodrome–Manggarai, serta Network Rail dari Inggris dengan proyek Severn Tunnel Digital Twin.

    “Padahal dulu kami berguru dan benchmarking dengan Network Rail. Sekarang malah jadi saingan di Going Digital Awards,” ujar Arie.

    Ajang tahunan ini diikuti hampir 250 nominasi dari 47 negara dalam 12 kategori berbeda yang menampilkan transformasi digital di berbagai sektor infrastruktur global.

    Keberhasilan PT KAI menegaskan komitmen perusahaan dalam menciptakan sistem transportasi modern, efisien, dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung mobilitas nasional yang berkelanjutan.

    Pewarta: Ida Nurcahyani
    Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • WIKA ubah sampah jadi energi lewat inovasi digital

    WIKA ubah sampah jadi energi lewat inovasi digital

    Kami mengubah sampah hari ini menjadi energi esok lebih cepat, lebih aman, dan lebih berkelanjutan

    Amsterdam, Belanda (ANTARA) – Di tengah meningkatnya krisis sampah perkotaan dan terbatasnya lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA menghadirkan solusi konkret melalui proyek Refuse Derived Fuel (RDF) Jakarta di Rorotan, Jakarta Utara.

    Proyek ini bukan hanya menjawab tantangan pengelolaan sampah, tetapi juga menandai langkah besar Indonesia menuju ekonomi sirkular berbasis energi terbarukan.

    Selama ini, kebijakan pengelolaan sampah di Indonesia dihadapkan pada dilema klasik: volume sampah terus meningkat, sementara kapasitas TPA kian terbatas. Di Jakarta saja, lebih dari 7.000 ton sampah dihasilkan setiap hari, dan sebagian besar masih berakhir di TPA Bantargebang.

    Melalui RDF Rorotan, WIKA membuktikan bahwa sampah bukanlah beban, melainkan sumber energi alternatif yang bernilai tinggi.

    Refuse Derived Fuel (RDF) adalah bahan bakar padat hasil pengolahan sampah rumah tangga dan perkotaan melalui proses pemilahan, pencacahan, pengeringan, hingga pengolahan lanjutan. Fasilitas RDF Rorotan mampu mengolah sekitar 2.500 ton sampah per hari menjadi bahan bakar pengganti batu bara yang digunakan oleh industri semen, seperti Indocement.

    Penggunaan RDF mampu menekan ketergantungan pada batu bara hingga 30 persen, serta menurunkan emisi karbon sebanyak 100.000 ton karbon dioksida per tahun yang setara dengan mengurangi 28.000 mobil dari jalan raya.

    “Proyek ini merupakan langkah nyata dalam mendukung target pengurangan emisi dan transisi energi nasional,” ujar Sagara Senjakartika Putra, Engineering Manager RDF Plant Jakarta, usai mempresentasikan proyek tersebut dalam ajang Going Digital Awards 2025, bagian dari acara tahunan Bentley Systems Year in Infrastructure yang digelar di Amsterdam, Belanda pada Kamis (16/10).

    “Setiap ton sampah yang masuk ke RDF berarti satu langkah lebih dekat menuju masa depan energi yang lebih hijau,” tambahnya.

    Editor: Dadan Ramdani
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Sektor Properti Pulih, LippoLand dan REI Ungkap Optimisme Investasi di 2025 – Page 3

    Sektor Properti Pulih, LippoLand dan REI Ungkap Optimisme Investasi di 2025 – Page 3

    Menyambut optimisme pasar, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)—platform real estate dan layanan kesehatan terkemuka—menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan hunian yang relevan dengan berbagai segmen masyarakat melalui LippoLand.

    Proyek-proyek andalan seperti Cendana Suites, The Hive Series, Q Livin, Blackslate Homes, Belmont Homes, Bentley Homes, dan The Allegra tersebar di kawasan unggulan seperti Park Serpong, Lippo Karawaci, Lippo Cikarang Cosmopolis, hingga Tanjung Bunga Makassar.

    CEO Grup Lippo Indonesia, John Riady, mengatakan, “Meski ekonomi global penuh tantangan, kinerja perusahaan tetap solid. Hingga paruh pertama 2025, LPKR telah mencapai 40% dari target pra-penjualan Rp6,25 triliun.”

    Menurutnya, capaian ini menunjukkan minat masyarakat terhadap properti tetap tinggi dan kepercayaan konsumen terhadap kualitas serta ketepatan waktu serah terima unit masih sangat kuat.

     

  • Mobil yang Antar Presiden Prabowo di China

    Mobil yang Antar Presiden Prabowo di China

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menghadiri acara parade militer sekaligus peringatan 80 tahun pemerintahan China. Terpantau Prabowo menumpangi mobil mewah di Tianananmen Square, Beijing, China.

    Dalam siaran langsung yang dimuat Viory, setibanya di karpet merah, Prabowo juga diantar dengan mobil mewah buatan China Hongqi L5.

    Ini bukan kali pertama Prabowo menggunakan Hongqi L5 di China. Sebelumnya, saat berkunjung ke Beijing April 2024, mantan menteri pertahanan itu juga menumpangi mobil serupa.

    Hongqi L5 disebut-sebut sejajar dengan merek mobil premium buatan Eropa sekelas Mercedes-Benz, Bentley, hingga Rolls-Royce.

    Hongqi merupakan salah satu merek mobil mewah yang bermarkas di Changchum, China. Pabrikan itu perdana memproduksi mobil tahun 1958. Pada tahun itu pula Hongqi menjadi pabrikan perdana yang memproduksi mobil atas merek sendiri di China. Saat ini, Hongqi merupakan pabrikan tertua di China.

    Hongqi saat ini berada di bawah naungan First Auto Work (FAW Group). Merek Hongqi memiliki arti ‘bendera merah’ yang menjadi simbol Partai Komunis di Negeri Tirai Bambu. Model mobil ini juga sempat menjadi mobil kepresidenan Xi Jinping.

    Dari sisi spesifikasi, Hongqi L5 dibekali mesin V12 berkapasitas 6.000 cc. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga hingga 402 daya kuda pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 550 Nm pada 4.000 rpm.

    Tenaga disalurkan melalui transmisi manual-auto 6 percepatan. Kecepatan tertingginya mencapai 210 km/jam. Sebagai limosin mewah, mobil ini menawarkan kenyamanan untuk penumpangnya. Jok kelas atas memiliki sandaran kepala yang bentuknya terinspirasi dari topi resmi di Dinasti Tang. Jok mobil ini memiliki fungsi pijat. Hongqi mengklaim kenyamanan kursi mobil ini dibuat setara dengan kabin pesawat pribadi.

    Sementara itu, sandaran kursi yang dapat disetel dilengkapi dengan pemanas 5 tingkat yang dapat disesuaikan. Layar LCD 6,5 inch dengan resolusi 640×480 tertanam di setiap sandaran kepala jok depan.

    (riar/rgr)

  • Supercar Buatan Malaysia Resmi Dijual, Harganya Rp 8,5 Miliar!

    Supercar Buatan Malaysia Resmi Dijual, Harganya Rp 8,5 Miliar!

    Jakarta

    Setelah dinanti-nantikan sejak lama, supercar Malaysia bernama Bufori CS8 akhirnya meluncur. Kendaraan tersebut, seperti yang telah dibahas sebelumnya, akan menantang nama-nama besar asal Eropa. Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan?

    Disitat dari Paultan dan Autoevolution, Bufori CS8 diklaim sebagai supercar yang dikembangkan secara mandiri, bukan rebadge dari produk lain yang sudah ada. Kendaraan tersebut merupakan produk massal dari prototipe yang muncul enam tahun lalu.

    Berbeda dengan prototipe, Bufori CS8 versi produksi punya dimensi yang lebih panjang. Kendaraan tersebut menggunakan bodi yang terbuat dari komposit hibrida karbon-kevlar khas Bufori yang pertama digunakan pada 1989.

    “Tidak ada mobil di dunia ini yang lebih buatan tangan dibandingkan Bufori CS8,” kata Gerry Khouri selaku Co-Founder dan Managing Director Bufori Motor Car Company, dikutip Selasa (2/9).

    Mobil Malaysia Bufori CS8. Foto: Doc. Paultan

    Kendaraan tersebut hadir dengan konsep ‘Ultra High Performance GT’ alias UHP GT yang terinspirasi dari Aston Martin Vanquish dan Bentley Continental GT Speed. Selayaknya coupe mewah asal Inggris, Bufori CS8 memiliki mesin besar yang terletak di bawah kap panjangnya.

    Pabrikan membekalinya dengan mesin 6.4 liter V8 supercharged berbasis Hemi yang sudah di-blueprint dan pakai forged internals. Tenaganya tembus 810 hp dan torsi 973 Nm. Angka segila itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8-percepatan dengan LSD.

    Meski performanya monster, Bufori tetap memperhatikan sisi keselamatan. Remnya pakai Brembo dengan rotor floating 380 mm di depan dan 350 mm di belakang, lengkap dengan kaliper 6 piston di depan dan 4 piston di belakang. Sementara bannya menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 R.

    Mobil Malaysia Bufori CS8. Foto: Doc. Paultan

    Selain itu, produsen sudah menyematkan sejumlah fitur standar, seperti pencahayaan full LED, wipers otomatis, sistem nirkunci pintar dengan remot, electrochromic rear view mirror, power steering yang bisa disesuaikan, dual-zone AC/heating, electronic parking brake, mood lighting, layar sentuh hiburan 13.6-inch dengan Apple CarPlay dan Android Auto, 6.1 sound system, wireless phone charger dan masih banyak lagi.

    Bufori CS8 sudah mulai dipasarkan di Malaysia. Konsumen setempat yang berminat beli harus menyiapkan mahar 2,18 juta ringgit atau sekira Rp 8,5 miliar!

    (sfn/sfn)

  • Deretan Mobil Mewah di Garasi Ahmad Sahroni yang Dirusak Massa

    Deretan Mobil Mewah di Garasi Ahmad Sahroni yang Dirusak Massa

    Jakarta

    Sekumpulan massa mengepung rumah Ahmad Sahroni di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (30/8) kemarin. Mobil mewah di garasi Ahmad Sahroni turut menjadi sasaran amukan massa.

    Berdasarkan video yang beredar di media sosial, selain merusak mobil, massa juga mengacak-acak rumah Sahroni dan menjarah barang-barang di dalamnya. Kejadian perusakan kendaraan itu sudah dikonfirmasi Lurah Kebon Bawang Suratno Widodo. “Saya di lokasi, benar (warga geruduk rumah Sahroni). Ini saya lagi crowded,” kata dia dikutip detikNews.

    Lexus RZ

    Massa merusak mobil mewah di garasi rumah Ahmad Sahroni. Mobil Lexus berkelir hitam yang terparkir di garasi depan menjadi korban amukan massa. Kendaraan mewah tersebut rusak parah usai dipukul, diinjak, ditendang dan dihantam dengan benda-benda keras.

    Mobil Lexus itu diduga Lexus RZ, sebuah mobil listrik mewah keluaran pabrikan Jepang. Lexus RZ bukan mobil listrik biasa. Kendaraan tersebut, saat peluncuran, dibanderol Rp 2,2 miliaran dengan status on the road Jakarta. Nominal itu sudah termasuk AC Wall Charger dan Portable Charger.

    Di Indonesia, Lexus RZ hanya tersedia dalam satu varian saja, yakni 450e Luxury. Dengan harganya yang sedemikian mahal, tentu hanya orang tertentu saja yang mampu membelinya.

    Tesla-Ford Mustang

    Malam harinya, massa juga menggeruduk garasi lain Ahmad Sahroni. Mobil-mobil mewah di garasi itu turut menjadi sasaran amukan massa. Mereka merusak mobil mewah, termasuk mobil klasik yang ada di garasi Ahmad Sahroni.

    Mobil klasik Mustang Fastback warna kuning dirusak massa. Tampak Ford Mustang itu hancur.

    Begitu juga mobil listrik Tesla Model X yang ada di garasi tersebut. Mobil listrik Rp 4 miliaran itu hancur diamuk massa.

    Mobil klasik Porsche 356 berkelir merah tak luput dari amukan massa. Mobil itu diseret keluar sampai diterbalikkan massa.

    Isi Garasi Ahmad Sahroni

    Ahmad Sahroni diketahui memiliki hobi otomotif. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan ke KPK, Sahroni memiliki total 28 unit kendaraan bermotor. Secara keseluruhan, mobil dan motor yang masuk alat transportasi dan mesin itu nilainya mencapai Rp 38,132 miliar.

    Berikut daftar kendaraan Ahmad Sahroni sesuai LHKPN:

    1. Mobil Toyota Fortuner 2.7 SRZ tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 485 juta
    2. Mobil Ferrari 366 tahun 2012, hasil sendiri senilai Rp 2,5 miliar
    3. Mobil BMW 1,8 tahun 2017, hasil sendiri senilai Rp 2,65 miliar
    4. Mobil Porsche 9E3 RS tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 6,6 miliar
    5. Motor Yamaha Sport tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 840 juta
    6. Mobil Honda Civic tahun 1989, hasil sendiri senilai Rp 45 juta
    7. Mobil Mercedes-Benz E320 tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 70 juta
    8. Mobil Tesla X75D tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 2,8 miliar
    9. Mobil Mercedes-Benz 280E tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 35 juta
    10. Mobil Honda Odyssey tahun 2007, hasil sendiri senilai Rp 120 juta
    11. Mobil Honda Civic LX tahun 1990, hasil sendiri senilai Rp 30 juta
    12. Mobil Mercedes-Benz 420 Eagle SEL tahun 1986, hasil sendiri senilai Rp 150 juta
    13. Mobil Toyota Crown Royal 3.0 AT tahun 2005, hasil sendiri senilai Rp 160 juta
    14. Mobil Mustang Sedan tahun 1967, hasil sendiri senilai Rp 150 juta
    15. Mobil Volkswagen Beetle tahun 1963 hasil sendiri senilai Rp 100 juta
    16. Mobil Mercedes-Benz SL 190B tahun 1957 hasil sendiri senilai Rp 250 juta
    17. Mobil Mercedes-Benz 560 SEL tahun 1990, hasil sendiri senilai Rp 250 juta
    18. Mobil Suzuki Jimny tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 325 juta
    19. Mobil Mustang Fastbach tahun 1967, hasil sendiri senilai Rp 190 juta
    20. Mobil Daewoo Cielo tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 125 juta
    21. Mobil Bentley tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 255 juta
    22. Motor Vespa Primavera tahun 2020, hasil sendiri senilai Rp 57 juta
    23. Motor Vespa Primavera tahun 2018, hasil sendiri senilai Rp 55 juta
    24. Motor Vespa Kongo 1963 hasil sendiri senilai Rp 30 juta
    25. Motor Harley Davidson Road Glide tahun 2022, hasil sendiri senilai Rp 1,66 miliar
    26. Mobil Honda Estilo tahun 1997, hasil sendiri senilai Rp 200 juta
    27. Mobil Porsce 911 Sport Classic tahun 2016, hasil sendiri senilai Rp 14 miliar
    28. Mobil Tesla Cyber Truck tahun 2024, hasil sendiri senilai Rp 4 miliar.

    =====

    Catatan redaksi: Demonstrasi adalah hak konstitusional. Namun, tindakan anarkis tidak dibenarkan. Lakukan demonstrasi dengan damai, tidak melakukan penjarahan dan merusak fasilitas umum. Jangan mudah terprovokasi.

    (rgr/mhg)