brand merek: Apple

  • Miliarder John Malone Ramal Big Tech Rebut Masa Depan TV – Page 3

    Miliarder John Malone Ramal Big Tech Rebut Masa Depan TV – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Persaingan di dunia layanan streaming semakin sengit. Tak semua pemain diyakini mampu bertahan di tengah gempuran kompetisi dan dominasi raksasa teknologi.

    Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (2/9/2025), Chairman Liberty Media, John Malone, dalam podcast Opening Bid, mengatakan bahwa konsolidasi besar-besaran di industri ini tidak bisa dihindari.

    “Saya rasa akan ada banyak konsolidasi. Kalau menurut tebakan saya, kita bahkan belum melihat gelombang besar terakhir, karena saya pikir media sosial pada akhirnya juga akan menjadi hiburan streaming,” ujar Malone yang merupakan veteran industri media yang dikenal gemar mengakuisisi bisnis hiburan besar.

    Menurut miliarder ini, jumlah pemain streaming saat ini sudah terlalu banyak dan menimbulkan inefisiensi ekonomi. Peralihan ke streaming muncul dari kebutuhan perusahaan media besar untuk mengendalikan hubungan dengan pelanggan.

    “Masalahnya, secara realistis, tidak ada ruang bagi enam, lima, bahkan mungkin empat perusahaan sekaligus untuk memiliki hubungan langsung dengan pelanggan,” tambahnya.

    Senada dengan itu, analis media dan telekomunikasi Craig Moffett menilai langkah menuju streaming memang didorong oleh kebutuhan perusahaan media besar untuk menguasai hubungan dengan konsumen. Namun, dominasi raksasa teknologi kian sulit terbendung.

    Amazon, misalnya, sudah mengamankan kontrak kerja sama jangka panjang dengan NFL. Apple juga gencar mendorong produksi program orisinal. TKO Group Holdings (TKO) baru saja meneken kesepakatan hak siar senilai USD 7,7 miliar dengan Paramount untuk menayangkan UFC.

    Sebelumnya, Disney lewat ESPN juga berhasil mengikat kontrak dengan WWE.

  • iPhone Jadi Studio Mini Petra Sihombing, dari Musik hingga Video Lirik

    iPhone Jadi Studio Mini Petra Sihombing, dari Musik hingga Video Lirik

    Jakarta

    Siapa bilang bikin musik dan video butuh studio mahal? Petra Sihombing membuktikan bahwa iPhone bisa jadi studio mini untuk menghasilkan karya kreatif. Dari merekam ide lagu, mengolah musik, hingga membuat video lirik, semuanya dilakukan dengan perangkat Apple yang sudah ia miliki.

    Petra mengandalkan Voice Notes di iPhone untuk menangkap ide yang datang tiba-tiba. “Kalau ada ide, langsung rekam. Bisa gitar dulu, terus vokal di atasnya,” katanya.

    Alur kerja makin cepat berkat Airdrop. “Dari iPhone ke MacBook, tinggal Airdrop, cepet banget,” ujarnya. Selain itu, aplikasi Notes juga jadi favoritnya untuk menulis lirik yang langsung tersinkron ke MacBook.

    Produksi Video Lirik Pakai iPhone

    Tak hanya musik, Petra juga membuat video lirik albumnya hanya dengan iPhone. Setiap lagu punya simbol visual sederhana, seperti balon merah untuk lagu Masih Banyak Cinta di Dunia.

    “Cukup telepon abang balon, besok syuting, edit di iPhone, selesai!” ceritanya.

    Dengan aplikasi bawaan seperti iMovie, ia bisa langsung mengedit video tanpa butuh tim produksi besar.

    Petra Sihombing Foto: dok Pribadi

    Selain iPhone, Petra juga mengandalkan MacBook Pro dengan chip M4 untuk rekaman panjang, serta HomePod mini untuk mendengarkan hasil musik secara stereo di rumah.

    “Suara kanan-kirinya jelas banget. Enak buat preview lagu sambil santai,” ujarnya.

    Semua perangkat ini terhubung mulus, membuat Petra bisa berkarya di mana saja tanpa hambatan.

    Tips Petra untuk Kreator Pemula

    Petra menyarankan kreator pemula untuk memaksimalkan alat yang sudah ada.

    Gunakan Voice Notes atau iMovie untuk realisasi ide cepat.Jangan overthinking, rekam dulu baru dipoles.Fokus pada alat yang sudah dikuasai.

    “Kalau udah paham iPhone, maksimalin aja. Nggak perlu alat mahal buat mulai,” pungkasnya.

    (afr/afr)

  • Apple-Samsung Minggir, Merek China Raja Baru di Dunia

    Apple-Samsung Minggir, Merek China Raja Baru di Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Huawei menempati posisi puncak pasar jam tangan pintar global pada kuartal II 2025, melampaui Apple untuk pertama kalinya. Berdasarkan laporan Counterpoint Research, pengiriman smartwatch Huawei melonjak 52% secara tahunan, menjadi pertumbuhan tertinggi di antara merek teratas dunia.

    Kinerja Huawei ikut mendorong pasar smartwatch global tumbuh 8% year-on-year (YoY) setelah sebelumnya turun selama lima kuartal berturut-turut sejak awal 2024. Huawei kini menguasai 21% pangsa pasar global pada Q2 2025, naik signifikan dari 15% pada periode yang sama tahun lalu.

    Sebaliknya, Apple yang semula memimpin dengan 19% pangsa pasar di Q2 2024, turun menjadi 17% di Q2 2025, setelah pengiriman globalnya terkoreksi 3% YoY. Samsung juga mengalami penurunan 3% dari tahun-ke-tahun dengan pangsa pasar turun dari 7% menjadi 6%.

    Sementara itu, dua pemain asal China lainnya turut mencatat pertumbuhan signifikan. Xiaomi naik 38% YoY dengan pangsa pasar tumbuh dari 7% menjadi 9%, sedangkan Imoo mencatatkan kenaikan 21% YoY dan mempertahankan pangsa pasar 7%.

    Counterpoint menyebut, lonjakan Huawei ditopang portofolio produk yang beragam, harga kompetitif di segmen menengah hingga premium, serta basis pengguna yang kuat di Tiongkok. Lebih dari tiga perempat pengiriman Huawei terkonsentrasi di pasar domestik, dengan kisaran harga produk antara US$100-400. Selain itu, Huawei secara perlahan memperluas pasar ke Eropa, Timur Tengah & Afrika, serta Asia Pasifik.

    “Basis pengguna smartphone Huawei yang terus berkembang di China, ditambah strategi ekosistem terintegrasi, berperan besar dalam mendorong pertumbuhan ini,” ujar Anshika Jain, Senior Research Analyst di Counterpoint.

    Paruh kedua 2025 akan menjadi penentu, jika generasi terbaru Apple Watch dan Samsung Galaxy Watch menghadirkan lompatan fitur yang jelas, keduanya bisa kembali menguat. Namun untuk saat ini, merek-merek asa;l China bergerak lebih cepat dalam skala, keterjangkauan, dan integrasi, sehingga memposisikan diri sebagai penantang global.

    “Pasar kini memasuki siklus inovasi baru, di mana kesehatan dan AI akan menjadi pembeda utama dalam jangka panjang,” jelas David Naranjo, Associate Director di Counterpoint.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • iPhone 17 Dirumorkan Tanpa Slot SIM Fisik, Apple Bakal Transisi eSIM Total?

    iPhone 17 Dirumorkan Tanpa Slot SIM Fisik, Apple Bakal Transisi eSIM Total?

    Bisnis.com, JAKARTA — Menjelang peluncuran iPhone 17 pada 9 September 2025, sejumlah rumor kencang berhembus. Salah satunya Apple diduga akan menghilangkan slot kartu SIM fisik pada seluruh lini iPhone 17 khusus pasar Uni Eropa, membuat eSIM menjadi satu-satunya opsi konektivitas seluler.

    Dilansir dari GSMArena, Selasa (2/9/2025) sumber anonim yang familiar dengan persoalan ini menyebut Apple telah meminta seluruh karyawan reseller resmi di Eropa mengikuti pelatihan aktivasi eSIM yang wajib rampung sebelum 5 September, atau hanya empat hari sebelum event peluncuran global digelar.

    Materi pelatihan tersebut bahkan tercantum di aplikasi resmi internal Apple yakni SEED, yang selama ini digunakan sebagai standar pelatihan di Apple Store maupun reseller resmi di berbagai negara.

    Langkah ini menandai perluasan strategi yang sebelumnya sudah diterapkan Apple di Amerika Serikat sejak era iPhone 14, di mana semua model sudah tidak lagi memiliki slot SIM fisik dan sepenuhnya mengandalkan eSIM.

    Jika rumor ini benar, Eropa bakal menjadi kawasan kedua yang turut menerima perubahan signifikan pada perangkat iPhone setelah Amerika Serikat, dan dimungkinkan akan disusul oleh pasar global lain, meski beberapa pasar besar seperti China—yang masih menuntut dukungan dual SIM fisik—kemungkinan tetap mendapat pengecualian.

    Khusus varian iPhone 17 Air yang digadang-gadang tampil super tipis, rumor hilangnya slot SIM fisik memang makin kuat muncul, mengingat keterbatasan ruang desain pada bodinya yang sangat ramping. Namun kini, potensi absennya slot SIM diprediksi bakal berlaku untuk seluruh lini iPhone 17.

    Langkah ini membuat konsumen wajib memastikan operator seluler mereka sudah mendukung layanan eSIM demi kemudahan aktivasi dan migrasi ke perangkat baru. Sementara itu, Apple dan reseller siap memberikan panduan penuh terkait proses aktivasi eSIM sebagai pengganti kartu SIM konvensional.

    Taktik berani Apple ini diprediksi mempercepat revolusi layanan seluler digital di era smartphone modern, sekaligus menandai berakhirnya era kartu SIM fisik yang selama puluhan tahun menjadi standar industri ponsel.

  • Daftar Harga iPhone September 2025, Lengkap iPhone 12, 13, 14, 15, dan 16

    Daftar Harga iPhone September 2025, Lengkap iPhone 12, 13, 14, 15, dan 16

    Bisnis.com, JAKARTA – Berikut adalah daftar harga iPhone terbaru bulan September 2025 untuk seri iPhone 12, 13, 14, 15, dan 16.

    Bulan September tampaknya menjadi bulan yang tepat buat Anda yang ingin membeli produk terbaru Apple.

    Sebab bulan ini, iBox memberikan berbagai promo menarik yang bisa dimanfaatkan. Dengan promo ini, maka Anda bisa mendapatkan HP iPhone impian dengan harga murah.

    Misalnya saja, iPhone 16 Pro dan Pro Max untuk penyimpanan 128 GB, 256 GB, hingga 1 TB. iPhone 16 Pro 256 GB yang pada peluncuran dibanderol seharga Rp24,5 juta kini turun menjadi Rp20,1 juta. 

    Selain iPhone 16, penurunan harga signifikan secara bulanan juga terjadi untuk iPhone 15 Plus untuk seluruh model penyimpanan. Harganya turun hingga Rp4 jutaan.

    Daftar Harga iPhone September 2025, Lengkap iPhone 11, 12, 13, 14, 15, dan 16

    Harga iPhone 16 

    128 GB dari Rp16.999.000 jadi Rp13.999.000

    256 GB dari Rp19.499.000 jadi Rp16.499.000 

    512 GB dari Rp23.499.000 jadi Rp20.999.000 

    Harga iPhone 16 Plus

    128 GB dari Rp18.999.000 jadi Rp15.999.000

    256 GB dari Rp21.499.000 jadi Rp18.499.000 

    512 GB dari Rp25.499.000 jadi Rp22.999.000 

    Harga iPhone 16 Pro

    128 GB dari Rp21.999.000 jadi Rp17.499.000 

    256 GB dari Rp20.499.000 (Agustus 2025) jadi Rp20.999.000 

    512 GB dari Rp28.499.000 jadi Rp 25.499.000 

    1 TB dari Rp32.499.000 jadi Rp 29.999.000  

    Harga iPhone 16 Pro Max

    256 GB dari Rp25.999.000 jadi Rp21.999.000 

    512 GB dari Rp 30.999.000 jadi Rp27.499.000 

    1 TB dari Rp34.999.000 jadi Rp32.499.000 

    Harga iPhone 15

    128 GB dari Rp14.499.000 jadi Rp10.999.000 

    256 GB dari Rp17.499.000 jadi Rp13.499.000 

    512 GB dari Rp21.499.000 jadi Rp13.499.000 

    Harga iPhone 15 Plus 

    128 GB dari Rp12.999.000 (Agustus 2025) jadi Rp12.499.000 

    256 GB dari Rp15.499.000 (Agustus 2025) jadi Rp14.899.000 

    512 GB Rp19.499.000 (Agustus 2025) jadi Rp14.899.000 

    Harga iPhone 14 

    128 GB dari Rp 12.499.000 jadi Rp 9.699.000 

    256 GB dari Rp 15.299.000 jadi Rp 11.949.000 

    Harga iPhone 13

    128 GB dari Rp 10.299.000 jadi Rp 8.249.000 

    Harga iPhone 12 

    64GB Rp 11.499.000 

    Itulah daftar harga iPhone terbaru bulan September 2025 yang bisa Anda jadikan pedoman sebelum membeli. 

  • Supercar Buatan Malaysia Resmi Dijual, Harganya Rp 8,5 Miliar!

    Supercar Buatan Malaysia Resmi Dijual, Harganya Rp 8,5 Miliar!

    Jakarta

    Setelah dinanti-nantikan sejak lama, supercar Malaysia bernama Bufori CS8 akhirnya meluncur. Kendaraan tersebut, seperti yang telah dibahas sebelumnya, akan menantang nama-nama besar asal Eropa. Lantas, apa saja kelebihan yang ditawarkan?

    Disitat dari Paultan dan Autoevolution, Bufori CS8 diklaim sebagai supercar yang dikembangkan secara mandiri, bukan rebadge dari produk lain yang sudah ada. Kendaraan tersebut merupakan produk massal dari prototipe yang muncul enam tahun lalu.

    Berbeda dengan prototipe, Bufori CS8 versi produksi punya dimensi yang lebih panjang. Kendaraan tersebut menggunakan bodi yang terbuat dari komposit hibrida karbon-kevlar khas Bufori yang pertama digunakan pada 1989.

    “Tidak ada mobil di dunia ini yang lebih buatan tangan dibandingkan Bufori CS8,” kata Gerry Khouri selaku Co-Founder dan Managing Director Bufori Motor Car Company, dikutip Selasa (2/9).

    Mobil Malaysia Bufori CS8. Foto: Doc. Paultan

    Kendaraan tersebut hadir dengan konsep ‘Ultra High Performance GT’ alias UHP GT yang terinspirasi dari Aston Martin Vanquish dan Bentley Continental GT Speed. Selayaknya coupe mewah asal Inggris, Bufori CS8 memiliki mesin besar yang terletak di bawah kap panjangnya.

    Pabrikan membekalinya dengan mesin 6.4 liter V8 supercharged berbasis Hemi yang sudah di-blueprint dan pakai forged internals. Tenaganya tembus 810 hp dan torsi 973 Nm. Angka segila itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8-percepatan dengan LSD.

    Meski performanya monster, Bufori tetap memperhatikan sisi keselamatan. Remnya pakai Brembo dengan rotor floating 380 mm di depan dan 350 mm di belakang, lengkap dengan kaliper 6 piston di depan dan 4 piston di belakang. Sementara bannya menggunakan Michelin Pilot Sport Cup 2 R.

    Mobil Malaysia Bufori CS8. Foto: Doc. Paultan

    Selain itu, produsen sudah menyematkan sejumlah fitur standar, seperti pencahayaan full LED, wipers otomatis, sistem nirkunci pintar dengan remot, electrochromic rear view mirror, power steering yang bisa disesuaikan, dual-zone AC/heating, electronic parking brake, mood lighting, layar sentuh hiburan 13.6-inch dengan Apple CarPlay dan Android Auto, 6.1 sound system, wireless phone charger dan masih banyak lagi.

    Bufori CS8 sudah mulai dipasarkan di Malaysia. Konsumen setempat yang berminat beli harus menyiapkan mahar 2,18 juta ringgit atau sekira Rp 8,5 miliar!

    (sfn/sfn)

  • iPhone Leather Sleeve hingga MagSafe Case Diskon Besar

    iPhone Leather Sleeve hingga MagSafe Case Diskon Besar

    Bisnis.com, Jakarta – iBox kembali menghadirkan Promo Spectacular Deal yang menawarkan potongan harga menarik untuk berbagai aksesoris Apple, termasuk iPhone 12 Mini Leather Sleeve dan produk lainnya. Promo ini memungkinkan pengguna Apple berburu barang premium dengan harga lebih hemat di gerai dan katalog online iBox.

    Dilansir dari laman resmi iBox, beberapa produk yang masuk dalam promo antara lain iPhone 12 Mini Leather Sleeve, iPhone 14 Pro Max Clear Case with MagSafe, iPhone 12 | 12 Pro Clear Case with MagSafe, hingga iPhone 11 Silicone Case.

    Produk tersebut biasanya digemari karena desain elegan dan perlindungan maksimal untuk perangkat. Harga promo bisa berbeda-beda, biasanya didiskon hingga puluhan persen dari harga normal untuk produk-produk terpilih.

    Berikut sejumlah promo tersebut:

    -iPhone 12 Mini Leather Sleeve: dari Rp2.399.000 menjadi Rp299.000 

    -iPhone 14 Pro Max Clear Case with MagSafe: dari Rp1.019.000 menjadi Rp499.000.

    -iPhone 12 | 12 Pro Clear Case with MagSafe: dari Rp1.179.000 menjadi Rp299.000

    -iPhone 11 Silicone Case: dari Rp749.000 menjadi Rp299.000 

    -iPhone 13 Pro Max Silicone Case with MagSafe: dari Rp1.099.000 menjadi Rp299.000

    Adapun syarat dan Ketentuan Promo sebagai berikut:

    -Gratis pengiriman ke seluruh Indonesia dengan ekspedisi JNE dan ID Express hanya berlaku untuk member yang terdaftar di iBox.co.id. 

    -Harga di katalog sudah termasuk diskon produk.

    -Khusus promo di bawah ini produk yang diterima dengan kondisi dus penyok, kotor dan/ atau wrapping rusak, namun produk baru, lengkap, -bergaransi resmi, dan masih tersegel.

    -Konsumen dianggap mengerti kondisi fisik produk dan menyetujui bahwa pihak iBox.co.id tidak menerima komplain mengenai kondisi fisik dus produk dan/atau permintaan retur maupun penggantian produk yang telah dibeli.

    -Pembayaran dengan metode Virtual Account (VA) harus dilakukan maksimal 2 jam setelah nomor VA muncul. Lebih dari itu, maka order akan otomatis terbatalkan.

    -Jika Konsumen sudah melakukan pembayaran melalui VA atau kartu kredit, namun status transaksi di iBox.co.id pending atau cancel, maka Konsumen diharapkan menghubungi Customer Care iBox.co.id dengan melampirkan bukti transfer atau bukti pembayaran dan iBox.co.id akan melakukan pengecekan ke Bank dalam waktu 1 x 24 jam hari kerja.

    -Apabila ada transaksi yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan, maka iBox.co.id berhak membatalkan transaksi tersebut tanpa persetujuan dari Konsumen. iBox.co.id akan membatalkan transaksi kedua dan proses pengembalian dana membutuhkan waktu selama 14 hari kerja dan dikenakan penalti sebesar Rp 50.000 serta potongan biaya administrasi Bank untuk setiap transaksi.

    -Transaksi pembayaran yang sudah berhasil tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun.

    -Dengan melakukan transaksi pada promo ini, maka Konsumen dianggap mengerti dan menyetujui semua Syarat dan Ketentuan yang berlaku.

    Bagi pelanggan yang berminat, disarankan segera mengecek katalog online iBox dan membaca detail setiap syarat promo sebelum melakukan transaksi, mengingat stok produk promo bisa cepat habis terutama untuk aksesoris Apple favorit.

    Untuk informasi harga dan ketersediaan detail, pelanggan dapat langsung membuka situs iBox atau mengunjungi gerai terdekat agar tidak ketinggalan penawaran terbatas tersebut.

  • Ramai-Ramai Ganti HP Lipat, Ternyata Ini Alasan Laku Keras

    Ramai-Ramai Ganti HP Lipat, Ternyata Ini Alasan Laku Keras

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sekarang, banyak perusahaan yang memiliki lini ponsel lipatnya sendiri. Di sisi lain, banyak pengguna yang akhirnya memilih menggunakan HP lipat dibandingkan versi biasa.

    Laporan Canalys pada kuartal kedua menunjukkan fenomena kenaikan penggunaan hp lipat. Pengiriman Samsung di Amerika Serikat (AS) mengalami kenaikan dari 23% menjadi 31%, dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (2/9/2025).

    Pada bulan Juli, Samsung diketahui memperkenalkan produk ponsel lipat terbaru yakni Z Fold 7 dan Z Flip 7. Keduanya mencuri banyak perhatian, khususnya terkait uji ketahanan.

    Salah satu pengguna mengunggah live streaming yang menguji ketahanan Z Fold 7 dengan melipatnya sebanyak lebih dari 200 ribu kali berturut-turut. Video itu diunggah dan dibagikan lagi secara luas di media sosial, bahkan salah satu videonya di Youtube ditonton 15 juta kali di Youtube.

    Sementara itu, data dari Sprout Social menyebutkan perangkat premium Samsung termasuk Z Fold 7 disebutkan lebih dari 50 ribu kali di media sosial. Menurut data tersebut 83% penyebutan bersifat positif dan netral.

    CNBC Internasional juga mengungkapkan alasan adanya pergeseran angka pengiriman pada kuartal tersebut. Salah satunya tarif yang diterapkan presiden Donald Trumo, membuat produsen smartphone menggunakan berbagai strategi menimalkan dampak pada bisnis masing-masing.

    Pertumbuhan penjualan Samsung, disebutkan dalam artikel CNBC Internasional, karena kemampuan perusahaan menawarkan lebih banyak pilihan produk dengan harga berbeda. Ini tak dijalankan oleh raksasa lain, Apple yang tercatat mengalami penurunan pangsa pasar pada laporan Canalys dari 56% menjadi 49% dalam periode yang sama.

    Termasuk ponsel kelas bawah yang menyumbang sebagian besar peningkatan penjualan Samsung di AS pada kuartal kedua. Selain itu juga berasal dari perangkat kelas atas yang harga jualnya lebih mahal dari iPhone.

    “Jajaran ponsel Samsung Galaxy dan Z berkisar US$650 hingga US$2.400. Rentang perangkatnya luas. Ada gagasan bisa menargetkan orang pada tiap titik harga dan bisa bertemu di setiap titik,” kata analis dari Canalys, Runar Bjorhovde.

    Samsung sendiri mulai menghadirkan lini ponsel pada 2019. Meski mengawali awal yang kurang mulus dengan desain awal yang masih kurang baik, kini perangkatnya mulai berkembang.

    Samsung mengatakan ponsel lipatnya kali ini berbeda. Pada akhirnya siap untuk menjadi tren utama, khususnya pada daya tahan perangkat.

    Hingga kini, Samsung tidak memberikan angka penjual yang pasti. Wakil presiden manajemen produk seluler Samsung Electronics America, Drew Blackard mengatakan versi baru Z Fold 7 dipesan 25% lebih banyak dari generasi sebelumnya.

    Bahkan penjualannya juga melampaui pendahulunya, disebutkan tercatat hampir 50%.

    Counterpoint Research sebelumnya juga mencatat peningkatan penjualan Samsung pada kuartal Juni sebanyak 16%. Peningkatan ini karena permintaan perangkat kelas atas, termasuk sedikit dari S25 Edge.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dihantam Bea Masuk 50%, Trump Klaim India Tawarkan Pangkas Tarif ke Nol

    Dihantam Bea Masuk 50%, Trump Klaim India Tawarkan Pangkas Tarif ke Nol

    Bisnis.com, JAKARTA – Presiden AS Donald Trump mengklaim India menawarkan memangkas tarif ke nol setelah Washington memberlakukan bea masuk 50% sebagai sanksi atas pembelian minyak Rusia.

    “Mereka kini menawarkan untuk memangkas tarif ke nol, tetapi sudah terlambat. Seharusnya itu dilakukan bertahun-tahun lalu,” tulis Trump dalam unggahan di platform Truth Social dikutip dari Bloomberg pada Selasa (2/9/2025). 

    Adapun, tidak jelas kapan tawaran itu disampaikan maupun apakah Gedung Putih berencana membuka kembali perundingan dagang dengan India.

    Tarif baru AS menggandakan bea masuk sebelumnya yang sebesar 25% terhadap ekspor India. Kebijakan ini memengaruhi lebih dari 55% barang yang dikirim ke AS — pasar terbesar India — dan paling menghantam sektor padat karya seperti tekstil dan perhiasan. 

    Sementara itu, produk utama seperti elektronik dan farmasi dibebaskan dari tarif, sehingga untuk sementara menyelamatkan investasi besar Apple Inc. di India.

    Kebijakan tarif mendadak tersebut mengejutkan pejabat India, setelah berbulan-bulan pembicaraan dagang antara New Delhi dan Washington. 

    India termasuk negara pertama yang membuka perundingan dagang dengan pemerintahan Trump, namun tarif tinggi serta kebijakan proteksionis di sektor seperti pertanian dan susu kerap membuat frustrasi negosiator AS.

    Kementerian Luar Negeri India tidak memberikan komentar di luar jam kerja reguler, sementara Gedung Putih maupun Kantor Perwakilan Dagang AS juga belum menanggapi permintaan komentar.

    Trump belakangan semakin geram terhadap India karena terus membeli minyak Rusia, yang menurutnya membantu membiayai perang Presiden Vladimir Putin di Ukraina.

    Di sisi lain, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Putin tengah bertemu di China, menegaskan bahwa hubungan erat New Delhi-Moskow tetap terjaga meski ada tekanan berulang dari pemerintahan Trump. Modi pada Senin menegaskan India dan Rusia memiliki hubungan yang spesial.

  • Huru-hara di Meta Gegara Para Genius AI Rekrutan Zuckerberg

    Huru-hara di Meta Gegara Para Genius AI Rekrutan Zuckerberg

    Jakarta

    Beberapa hari setelah bergabung Meta, Shengjia Zhao, salah satu pencipta ChatGPT, mengancam mengundurkan diri dan kembali ke perusahaan lamanya. Ini jadi pukulan bagi upaya Mark Zuckerberg yang bernilai miliaran dolar untuk membangun kecerdasan super dan merekrut para pakar AI top.

    Zhao bahkan sampai membuat lamaran kerja untuk kembali ke OpenAI. Tak lama kemudian, menurut sumber, ia diangkat menjadi kepala ilmuwan AI baru di Meta sehingga tak jadi resign.

    Insiden ini menggarisbawahi sulitnya upaya Zuck memimpin reorganisasi kepemimpinan senior Meta. Selain Zhao, nama besar yang gabung adalah mantan CEO Scale AI Alexandr Wang, dan mantan bos GitHub. Nat Friedman.

    Para pendatang baru tersebut berusaha menunjukkan kekuatan dan kepintarannya. “Ada banyak orang penting di sana,” kata investor yang dekat dengan beberapa bos AI baru Meta.

    Beberapa staf AI baru memutuskan resign tak lama setelah direkrut, termasuk Ethan Knight, ilmuwan machine learning yang baru bergabung beberapa minggu lalu. Avi Verma, mantan peneliti OpenAI, tak pernah muncul di hari pertamanya.

    Rishabh Agarwal, peneliti AI yang mulai bekerja di Meta bulan April, juga resign. Menurutnya meski presentasi Zuckerberg dan Wang sangat meyakinkan, ia terdorong mengambil risiko yang berbeda.

    Sementara itu, Chaya Nayak dan Loredana Crisan, staf AI yang masing-masing telah bekerja di Meta 9 dan 10 tahun, termasuk di antara lebih dari setengah lusin karyawan lama yang mundur. Mungkin mereka tidak sreg dengan kepemimpinan baru.

    “Pergantian karyawan adalah wajar bagi organisasi sebesar ini. Sebagian besar karyawan ini telah bekerja di perusahaan selama bertahun-tahun, dan kami mendoakan yang terbaik bagi mereka,” kata Meta.

    Zuckerberg turun tangan melakukan perekrutan besar-besaran. Dia membujuk peneliti AI dari perusahaan pesaing seperti OpenAI dan Apple dengan gaji luar biasa tinggi dalam upaya mengejar ketinggalan.

    Wang sendiri ditunjuk bertanggung jawab atas semua upaya AI Meta. Pria berusia 28 tahun ini memimpin departemen baru Zuckerberg paling rahasia, dikenal sebagai TBD, yang dipenuhi pakar AI terbaik. Beberapa sumber menyebut Zuckerberg sangat terlibat dalam tim TBD.

    Wang dan Zuckerberg berambisi mencapai kecerdasan super, atau AI yang melampaui manusia.Dikutip detikINET dari Ars Technica, Zuckerberg mendesak tim bergerak lebih cepat.

    Meta mengatakan tuduhan ada friksi adalah rekayasa tanpa dasar fakta. Namun menurut sumber, gaya kepemimpinan Wang membuat beberapa orang kesal. Wang tidak memiliki pengalaman mengelola tim di perusahaan Big Tech.

    Seorang mantan orang dalam mengatakan beberapa rekrutan AI baru merasa frustrasi dengan birokrasi perusahaan dan persaingan internal untuk mendapatkan sumber daya yang dijanjikan. Namun ada pula yang menilai upaya Zuckerberg sudah baik.

    Perekrutan Zhao misalnya, dianggap sebagai sebuah pencapaian besar oleh beberapa orang di Meta dan industri, yang merasa ia memiliki ketegasan untuk mendorong pengembangan AI perusahaan.

    (fyk/fay)