brand merek: Apple

  • Mobil Listrik Murah Toyota bZ3X Kini Tersedia Versi Setir Kanan

    Mobil Listrik Murah Toyota bZ3X Kini Tersedia Versi Setir Kanan

    Jakarta

    Toyota resmi menghadirkan bZ3X dalam versi setir kanan. Model mobil listrik baterai (BEV) ini meluncur di Hong Kong dan Makau, menandai langkah penting Toyota dalam memperluas pasar EV ke negara-negara pengguna setir kanan.

    Di Makau, Toyota bZ3X dijual HKD 259.000 atau setara Rp 552,8 juta. Harga tersebut ternyata lebih tinggi dibanding pasar China, di mana model ini dijual dengan banderol 139.800 yuan atau sekitar Rp 326 juta. Sementara untuk Hong Kong, harga resminya masih menunggu konfirmasi.

    Di pasar Hong Kong dan Makau, bZ3X mengusung motor listrik bertenaga 204 PS dan torsi 210 Nm. Tenaga ini bersumber dari baterai lithium iron phosphate (LFP) 70 kWh. Dalam siklus uji NEDC, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 565 km sekali pengisian. Baterai mendukung pengisian cepat DC hingga 90 kW dan pengisian AC hingga 6,6 kW.

    Toyota bZ3X kali pertama meluncur di China Foto: Carnewschina

    Dari sisi dimensi, bZ3X memiliki panjang 4.600 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.645 mm, dan jarak sumbu roda 2.765 mm. Bobotnya 1.835 kg, sementara bagasi menampung hingga 1.000 liter. Mobil ini dilengkapi velg alloy 19 inci dengan ban 225/45R19, serta suspensi depan MacPherson strut dan torsion beam di belakang.

    Masuk ke interior, bZ3X menawarkan kabin modern dengan panel instrumen digital 9 inci dan layar sentral 14,6 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay nirkabel. Sistem audionya menggunakan 11 speaker Yamaha, sementara kursi depan memiliki fitur ventilasi, pemanas, pendingin, serta pengatur suhu zona ganda dengan filter PM2.5. Kursi belakang bisa direbahkan hingga 137 derajat, dilengkapi atap panoramik untuk menambah kenyamanan.

    Meski demikian, versi Makau tidak mendapatkan motor lebih bertenaga 224 PS atau perangkat kemudi berbasis lidar seperti model di China. Toyota bZ3X sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Toyota, Guangzhou Automobile Group, GAC Toyota Motor, dan IEM by Toyota. Model ini sebelumnya tampil perdana di Auto China Beijing 2024 bersama bZ3C dan bZ3.

    Selain Hong Kong dan Makau, bZ3X versi setir kanan diperkirakan akan merambah pasar Jepang, Inggris, Australia, Selandia Baru, hingga Singapura. Indonesia kebagian nggak ya?

    (lua/dry)

  • iPhone Lipat Pertama Segera Tiba, Samsung Bocorkan Jadwalnya

    iPhone Lipat Pertama Segera Tiba, Samsung Bocorkan Jadwalnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penantian panjang penggemar Apple terhadap iPhone lipat tampaknya segera terjawab. Bocoran terbaru mengungkapkan bahwa Apple tengah mempersiapkan peluncuran iPhone lipat pertama pada 2026, berbarengan dengan seri iPhone 18.

    Menariknya, informasi ini justru datang dari pesaing utama Apple, yakni Samsung.

    Menurut laporan media Korea Selatan Chosun Biz, Presiden Samsung Display Lee Cheong mengonfirmasi bahwa perusahaannya sedang menyiapkan produksi massal layar OLED 8,6 inci serta komponen OLED tambahan untuk ponsel lipat yang akan dipasok ke klien asal Amerika Utara.

    Meski tidak menyebut nama Apple secara eksplisit, detail dan waktunya menguatkan spekulasi bahwa yang dimaksud adalah iPhone lipat.

    Rumor menyebutkan, iPhone lipat akan hadir dengan layar utama berukuran 7,8 inci dan layar luar 5,5 inci. Apple juga disebut mengembangkan mekanisme engsel baru yang dapat menghilangkan bekas lipatan, masalah yang selama ini menjadi tantangan di perangkat lipat.

    Desainnya terinspirasi dari iPhone Air, dengan ketebalan hanya 9mm saat dilipat dan 4,5mm ketika dibuka.

    Dari sisi spesifikasi, perangkat lipat ini dikabarkan akan menggunakan rangka titanium, chip terbaru A20, serta teknologi Touch ID menggantikan Face ID. Dengan kombinasi daya tahan, desain tipis, dan performa tinggi, iPhone lipat diproyeksikan menjadi produk premium di pasar smartphone lipat.

    Apple dilaporkan sudah memulai pembicaraan dengan pemasok untuk menyiapkan lini produksi uji coba di Taiwan, dengan rencana produksi massal di India, menurut Nikkei Asia.

    Harga perangkat lipat Apple diperkirakan berada di kisaran US$2.000-US$2.500 atau sekitar Rp33-40 juta. Meski mahal, analis memperkirakan permintaan tetap tinggi dari para loyalis Apple, demikian dikutip dari Mashable, Kamis (2/10/2025).

    Analis Ming-Chi Kuo bahkan memproyeksikan generasi kedua iPhone lipat akan hadir pada 2027, dengan target pengiriman hingga 20 juta unit.

    Namun, berbagai bocoran ini belum bisa diyakini 100% hingga Apple benar-benar merilis iPhone lipat pertamanya. Kita tunggu saja!

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Spesifikasi dan Harga Xiaomi 17 Pro dan 17 Pro Max, Ada Layar Belakang Lebih Canggih dari iPhone

    Spesifikasi dan Harga Xiaomi 17 Pro dan 17 Pro Max, Ada Layar Belakang Lebih Canggih dari iPhone

    Bisnis.com, JAKARTA – Xiaomi 17 series mengguncang dunia dengan memberikan inovasi layar belakang yang lebih canggih dari iPhone 17.

    Layar belakang pada Xiaomi 17 Pro dan Pro Max mampu mengalahkan desain terbaru yang diusung oleh Apple untuk gadget baru mereka.

    Pada iPhone 17, desain panjang pada bodi belakang hanya digunakan sebagai wadah kamera. Sedangkan pada Xiaomi 17 sudah disematkan layar kecil yang memiliki fungsi seperti pada Samsung seri Fold dan Flip.

    Layar sekunder yang ada di belakang ponsel tersebut dapat digunakan untuk membuka layar foto, mengambil selfie, memutar musik, menampilkan pesan dan waktu.

    Menariknya, Xiaomi juga memperkenalkan casing retro yang dikustomisasi seperti konsol game mini. Casing tersebut dapat berfungsi untuk mengontrol layar belakang saat digunakan.

    Spesifikasi Xiaomi 17 Pro dan Pro Max

    Xiaomi 17 Pro

    Xiaomi 17 Pro memiliki layar sekunder yang mendukung refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan puncak hingga 3.500 nits, dan sudah dilengkapi teknologi DC Dimming.

    Khusus untuk Xiaomi 17 Pro Max, layar sekunder didesain dengan ukuran lebih besar yakni 2,9 inci.

    Kemudian Xiaomi 17 Pro memiliki chipset Snapdragon 8 Elite Gen 5 terbaru yang dipasangkan dengan RAM berjenis LPDDR5X 12 GB dan 16 GB. Disematkan pula penyimpanan internal (storage) UFS 4.1 berkapasitas 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

    Ponsel ini juga diberikan sistem pendingin vapor chamber berukuran 4.637 mm persegi, yang membuat ponsel lebih dingin saat digunakan untuk performa maksimal.

    Untuk baterainya, Xiaomi 17 Pro memiliki kapasitas 6.300 mAh yang mendukung fitur pengisian daya cepat HyperCharge via kabel (wired) 100 watt, nirkabel (wireless) 50 watt, serta reverse charging 22,5 watt.

    Kamera Xiaomi 17 Pro memiliki kamera utama bersensor OmniVision Light Fusion 950L 50 MP (1/1,28 inci) dengan rentang dinamis 16,5 stop. Lensa Leica Summilux f/1,67-nya lengkap dengan fitur penstabil gambar (OIS).

    Fitur lainnya yakni adanya kamera periskop telefoto 50 MP (5x zoom, OIS, f/3.0), kamera ultrawide 50 MP yang memiliki bidang pandang 102 derajat, dan kamera depan resolusi 50 MP serta sensor 3D Time-of-Flight (ToF) baru.

    Xiaomi 17 Pro Max

  • Apple Music Hadirkan AutoMix di iOS 26, Fitur ‘DJ di Saku’ untuk Pecinta Musik – Page 3

    Apple Music Hadirkan AutoMix di iOS 26, Fitur ‘DJ di Saku’ untuk Pecinta Musik – Page 3

    Selain AutoMix, fitur Lyrics Translation & Pronunciation juga salah satu fitur andalan di Apple Music, khususnya bagi pengguna yang ingin memahami lirik lagu berbahasa asing atau ber-karaoke.

    Ya, dengan fitur baru Apple Music ini, pengguna bisa ikut bernyanyi lagu-lagu favorit berbahasa asing meski tidak mengenal atau tahu aksara aslinya.

    Raksasa teknologi berbasis di Cupertino ini juga menambahkan fitur baru di Apple Music lewat update iOS 26, seperti Library Pins. Dengan ini, pengguna bisa menyematkan hingga enam lagu, album, artis, atau playlist favorit di bagian atas Library agar mudah diakses.

    Apple turut memperkenalkan Replay in App, tempat pengguna melacak artis, lagu, dan playlist yang paling sering diputar, lengkap dengan dashboard bulanan.

    Motion on Lock Screen

    Tak hanya fitur, perusahaan juga ‘memoles’ visual aplikasi musik ini dengan memperkenalkan Motion on Lock Screen, di mana album art musik favorit tampil bergerak atau ada animasinya saat layar perangkat terkunci.

  • Harga di Bawah 200 Juta, BYD Atto 1 Bisa Jadi Pilihan Pemilik Mobil Pertama?

    Harga di Bawah 200 Juta, BYD Atto 1 Bisa Jadi Pilihan Pemilik Mobil Pertama?

    Jakarta

    BYD Atto 1 punya harga jual yang sangat kompetitif. Cocok nggak nih buat pembeli mobil pertama?

    BYD bikin kejutan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 yang digelar belum lama ini. Di pameran otomotif tahunan itu, BYD meluncurkan lini produk terbaru berupa Atto 1. Atto 1 adalah mobil listrik bergaya hatchback sekaligus menambah lengkap portofolio produk pabrikan asal Shenzhen itu di Indonesia.

    Lebih menariknya lagi saat BYD mengumumkan harga resmi Atto 1. Harganya bikin banyak pihak terkejut, soalnya BYD Atto 1 dibanderol mulai Rp 195 juta hingga yang paling mahal Rp 235 juta. Harganya cukup kompetitif di segmen city car. Dengan banderol tak sampai Rp 250 juta itu, BYD membekali Atto 1 dengan ragam fitur unggulan.

    BYD Atto 1 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Misalnya saat masuk ke dalam kabin, kamu bakal disuguhkan jok dengan material kulit dan bentuknya mengikuti kontur body. Di area dasbor dilengkapi layar sentuh 10 inci 1080p yang mendukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto dengan wired dan wireless. Ada juga cruise control yang aktif di kecepatan 40 km/jam, ada soft opening box, hingga electric auto up down power window di kursi pengemudi.

    Konsol tengahnya ada power outlet 12V, USB type C dan A, wireless charging, electric parking brake with auto hold, hingga driving mode (eco, normal, sport). Tak hanya itu, Atto 1 juga sudah memiliki fitur perintah suara alias voice command dalam bahasa Inggris, Indonesia, hingga bahasa Mandarin. Fitur ini bisa untuk menyalakan musik, pengaturan AC, suara, hingga kontrol semburan angin AC.

    Interior BYD Atto 1. Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Fitur keamanan dan keselamatannya juga lengkap. Ada enam airbag, tyre pressure monitoring system, isofix, kamera belakang, tiga radar di belakang, traction control, hill-start assist control, cruise control system, hingga comfort braking function.

    BYD Atto 1 Cocok untuk Pembeli Mobil Pertama?

    Dengan harga kompetitif dan fitur yang berlimpah, BYD Atto 1 pas buat generasi Z dan milenial yang kini menjadi pembeli mobil pertama. Sebab, pembeli mobil pertama sangat memperhatikan value for money sekaligus menginginkan produk ‘future ready’. Itu semua bisa didapat pada BYD Atto 1 yang menghadirkan kombinasi fitur premium serta biaya operasional rendah, sehingga cocok jadi “mobil pertama yang modern & ramah lingkungan.”

    BYD Atto 1. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

    Pertama, kalau urusan value for money, BYD membekali Atto 1 dengan baterai berkapasitas 30,08 kWh dan 38,88 kWh. Baterai tersebut menjanjikan jarak tempuh masing-masing 300 km dan 380 km. Bila baterai penuhi, buat digunakan sehari-hari dengan jarak tempuh sekitar 40 km, maka dalam sembilan hari tak perlu keluar biaya operasional di luar tol. Pun kalau ngecas di SPKLU dengan tarif Rp 2.630 per kWH, dengan konsumsi rata-rata 8,5 km/kWH, dan asumsi jarak tempuh harian 40 km, maka biaya per hari hanya Rp 12.376. Dikalikan sebulan, biaya yang kamu keluarkan hanya Rp 371.280. Per tahun, duit buat ngecas hanya sebesar Rp 4.455.529.
    Jika mau biayanya lebih murah, kamu bisa ngecas di rumah dengan tarif Rp 1.447 per kWH. Dengan asumsi jarak harian 40 km, maka biaya yang akan dikeluarkan per hari sebesar Rp 6.809, per bulan Rp 204.282, dan per tahun Rp 2.451.388.

    Sebagai perbandingan, untuk mobil bermesin konvensional yang menggunakan BBM jenis Pertalite, biaya operasional BYD Atto 1 jauh lebih murah. Katakanlah mobil tersebut punya konsumsi BBM rata-rata 20 km/liter dan jarak tempuh hariannya 40 km, maka keluar duit untuk BBM harian sebesar Rp 20.000. Dalam sebulan, biaya untuk isi BBM sebesar Rp 600.000. Kalau biaya bulanan itu dikalikan 12 untuk menghitung pengeluaran setahun, maka biayanya Rp 7,2 juta.

    Belum lagi pajak tahunannya juga rendah. Seperti diketahui bersama, mobil listrik mendapat insentif sehingga hanya perlu membayar SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), sedangkan PKB-nya nol persen. Dengan demikian, pemilik Atto 1 tiap tahun hanya membayar Rp 143 ribu. Sedangkan pemilik mobil bermesin konvensional umumnya pajak tahunannya Rp 3 juta per tahun.

    Bagaimana dengan biaya perawatan? Pembeli mobil pertama biasanya nggak mau ribet urusan perawatan berkala. Biaya perawatan juga jadi pertimbangan tersendiri. Adapun biaya servis berkala BYD Atto 1 itu sekitar Rp 1 juta per tahun atau 20.000 km. Setidaknya, kamu bisa menyisihkan Rp 100 ribu per bulan untuk biaya perawatan berkala BYD Atto 1. Sementara untuk mobil konvensional, biaya perawatannya sekitar Rp 2 juta per tahun.

    Jika ditotal keseluruhan, pemilik mobil konvensional setiap tahun bakal keluar duit sebesar Rp 12,2 juta untuk biaya operasional, pajak, dan biaya perawatan berkala. BYD Atto 1 biaya kepemilikannya jauh lebih hemat. Kalau ditotal dengan asumsi ngecas di SPKLU, pajak tahunan, dan biaya perawatan per tahun, estimasi biayanya sebesar Rp 5,6 jutaan. Kalau kamu ngecasnya di rumah, biaya bahkan lebih hemat lagi yakni Rp 3,6 jutaan, 70 persen lebih murah dari mobil bermesin konvensional.
    Deretan fitur dan kemudahan yang ditawarkan itu membuat BYD Atto 1 patut dilirik bagi para pembeli mobil pertama.

    Pengamat otomotif sekaligus akademisi dari Institut Teknologi Bandung Yannes Pasaribu juga mengungkap bahwa BYD Atto sangat potensial memikat para pembeli mobil pertama. Terlebih kini para pembeli mobil pertama itu kebanyakan berasal dari kalangan generasi Z.

    “Atto 1 menawarkan desain yang lebih futuristik, teknologi EV (Blade Battery, jarak tempuh 300-380 km, fast charging 30 menit) dengan fitur premium seperti layar putar 10,1 inci, 6 airbag, dan Apple CarPlay, sementara LCGC seperti Honda Brio (Rp 182-198 juta) masih mengandalkan fitur dasar dan mesin konvensional dengan efisiensi terbatas. Keunggulan fitur ini bisa menarik konsumen muda yang awalnya ingin membeli LCGC karena dana terbatas khusunya bagi mereka yang mencari value for money,” ujar Yannes belum lama ini.

    (dry/din)

  • Apple Setop Garap Vision Pro Murah, Ini Alasannya

    Apple Setop Garap Vision Pro Murah, Ini Alasannya

    Jakarta

    Apple disebut menghentikan pengembangan versi murah dari headset Vision Pro demi mempercepat produksi kacamata pintar yang akan bersaing langsung dengan perangkat milik Meta. Keputusan ini pertama kali diungkap Bloomberg, mengutip sumber internal yang mengetahui perubahan strategi tersebut.

    Sebelumnya, Apple berencana merilis varian Vision Pro yang lebih ringan dan terjangkau dengan kode nama N100 pada tahun 2027. Namun, pekan lalu perusahaan memberi tahu karyawannya bahwa proyek itu dihentikan dan sebagian besar tim dialihkan ke pengembangan kacamata pintar.

    Langkah ini muncul setelah Vision Pro –yang dijual seharga USD 3.499 dan diluncurkan Februari 2024– gagal mempertahankan momentum. Minimnya konten arus utama dan persaingan dari headset mixed-reality yang jauh lebih murah seperti Meta Quest menjadi faktor utama.

    Apple kini mengerjakan dua tipe kacamata pintar:

    Model pertama (kode N50) tidak memiliki layar dan bergantung pada iPhone. Perangkat ini ditargetkan diumumkan paling cepat tahun depan dan dirilis pada 2027.Model kedua akan dilengkapi layar internal dan diproyeksikan meluncur pada 2028. Namun Apple disebut berupaya mempercepat pengembangannya agar bisa menandingi Meta Ray-Ban Display.

    Kedua kacamata pintar Apple akan mengandalkan interaksi suara dan teknologi kecerdasan buatan sebagai antarmuka utama.

    Persaingan di sektor ini makin sengit setelah Meta pada September lalu memperkenalkan kacamata pintar konsumen seharga USD 800 yang sudah memiliki layar built-in serta pengendali berbasis gelang. Meta juga bekerja sama dengan Oakley lewat lini Vanguard yang ditujukan untuk atlet.

    Di luar perangkat XR, Apple juga tengah berada dalam sorotan karena dinilai lambat dalam adopsi AI. Pada acara peluncuran produk bulan lalu, perusahaan merilis lini iPhone terbaru dan iPhone Air yang lebih tipis, namun tidak banyak menunjukkan strategi AI untuk menyaingi Google dan model Gemini di ponsel Pixel.

    Apple menolak memberi komentar ketika dimintai tanggapan oleh Reuters terkait laporan perubahan arah strateginya ini.

    (asj/asj)

  • Duit dari Spotify Buat Bikin Drone, Dituduh Dipakai Israel di Gaza

    Duit dari Spotify Buat Bikin Drone, Dituduh Dipakai Israel di Gaza

    Jakarta, CNBC Indonesia – Daniel Ek, pendiri Spotify resmi mundur dari kursi pemimpin perusahaan streaming musik dan podcast tersebut. Fokus baru Ek adalah dua perusahaan yang sedang ia rintis, bergerak di bidang kesehatan dan persenjataan.

    Spotify didirikan Ek pada 2006 di tengah kemunduran industri musik global yang terhimpit oleh penurunan penjualan rekaman, pembajakan konten, dan sistem distribusi baru yang ditawarkan oleh Apple. Ia kemudian mendirikan Spotify sebagai startup yang menawarkan solusi streaming legal hingga kini bertransformasi menjadi raksasa musik bervaluasi US$ 140 miliar.

    “Saya ingin fokus bekerja membuat perbedaan menggunakan teknologi untuk beberapa tantangan terbesar,” kata Ek kepada Reuters. “Tantangan besar biasanya tak terlihat sampai ada yang berusaha menghadapinya.”

    Ek berkomitmen untuk mengucurkan US$ 1,18 miliar lewat perusahaan modal ventura miliknya, Prima Materia, ke proyek ambisius startup Eropa yang bergerak di bidang teknologi tinggi, kecerdasan buatan (AI), iklim, dan teknologi kesehatan. 

    Terkenal sebagai “serial entrepreneur “, Ek adalah pendiri Neko Health yang menawarkan teknologi kesehatan preventif dan deteksi dini. Sejak berdiri pada 2018, perusahaan tersebut berhasil menggalang modal senilai US$ 325 juta.

    Namun, perusahaan paling kontroversial milik Ek adalah Helsing. Perusahaan Jerman tersebut memproduksi drone tempur yang dikendalikan oleh AI dan mengantongi kontrak miliaran dolar dari beberapa negara di Eropa.

    Kelompok musik ramai-ramai menarik lagu mereka dari Spotify setelah tahu soal keterlibatan Ek di Helsing, termasuk Massive Attack dan Hotline TNT.

    Gerakan boikot ini disebut sebagai dukungan terhadap No Music for Genocide yang memprotes aksi Israel terhadap penduduk Palestina di Gaza.

    Juru bicara Spotify menolak berkomentar soal investasi Ek di Helsing. Namun, Helsing pernah memberikan pernyataan bahwa teknologi Helsing tidak digunakan di zona perang selain di Ukraina. “Ini tidka benar. Teknologi kami hanya digunakan di negara-negara Eropa untuk pertahanan melawan agresi Rusia di Ukraina.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Darurat Judol Meluas ke Luar Negeri, Kondisinya Memprihatinkan

    Darurat Judol Meluas ke Luar Negeri, Kondisinya Memprihatinkan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Fenomena maraknya judi online (judol) ternyata bukan cuma terjadi di Indonesia dan beberapa negara tetangga. Amerika Serikat (AS) juga merasakan dampak negatif dari peredaran judi online yang ‘memeras’ masyarakat.

    Raksasa teknologi seperti Google, Apple, dan Facebook, dinilai berperan dalam mengakomodir aktivitas judi online melalui platform mereka. Hal ini memicu Gugatan Perwakilan Kelompok (GPK) yang merasa dirugikan.

    Puluhan penggugat meyakini toko aplikasi Apple App Store, Google Play Store, dan media sosial seperti Facebook mempromosikan ‘mesin judi’ bergaya ‘Vegas’ dengan skema konspirasi pemerasan ilegal.

    Dengan mengeksploitasi pengguna, raksasa teknologi diduga memicu depresi, pikiran untuk bunuh diri, dan konsekuensi lainnya, sambil menjadi perantara dan mengumpulkan komisi 30% atau diperkirakan lebih dari US$2 miliar (Rp33 triliun, atas transaksi judol yang mereka proses.

    Gugatan hukum tersebut meminta ganti rugi yang tidak ditentukan dengan tiga kali melipatgandakan kerugian yang ditimbulkan, di antara permintaan ganti rugi lainnya.

    Apple, Google, dan Meta, telah meminta pembatalan gugatan tersebut. Namun, permintaan itu ditolak hakim federal pada Selasa (30/9).

    Hakim distrik AS di San Jose, Edward Davila, menolak argumen utama para raksasa teknologi bahwa Pasal 230 dari Undang-Undang Kepatutan Komunikasi federal, melindungi platform online dari tanggung jawab atas konten pihak ketiga. Perusahaan menilai pasal tersebut melindungi mereka dari GPK yang diajukan.

    Dalam putusan setebal 37 halaman, Davila menemukan bahwa Apple, Google, dan Meta tidak bertindak sebagai “penerbit” saat memroses pembayaran, sehingga melemahkan klaim kekebalan mereka berdasarkan Pasal 230.

    Ia menyebut tidak relevan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut menyediakan “alat netral” untuk mendukung aplikasi tersebut, dan menolak anggapan bahwa kegagalan penggugat untuk melabeli mereka sebagai “bandar judi” membebaskan mereka dari tanggung jawab hukum.

    “Inti dari teori penggugat adalah bahwa tergugat memproses pembayaran secara tidak benar untuk aplikasi judol,” tulis Davila.

    “Tidak penting apakah aktivitas tersebut mengubah tergugat menjadi bandar judi atau broker,” ia menambahkan..

    Davila mengatakan Apple, Google, dan Meta dapat segera mengajukan banding atas keputusannya ke Pengadilan Banding Sirkuit ke-9 AS, sebagian karena pentingnya isu-isu Pasal 230.

    Google belum memberikan komentar. Apple dan Meta tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pengacara penggugat juga tidak segera menanggapi permintaan serupa dari Reuters.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Spotify Ditinggal, Pendirinya Tiba-tiba Mundur Lepas Jabatan CEO

    Spotify Ditinggal, Pendirinya Tiba-tiba Mundur Lepas Jabatan CEO

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri sekaligus CEO Spotify, Daniel Ek, akan mundur dari jabatannya pada Januari tahun depan. Perusahaan streaming asal Swedia itu menyatakan Ek tidak akan lagi mengurusi operasional Spotify secara harian.

    Posisinya beralih menjadi executive chairman, kurang lebih sebagai pengawas strategis perusahaan. Sementara itu, kepemimpinan operasional akan dijalankan oleh dua co-CEO.

    Spotify mengatakan langkah ini merupakan bagian dari strategi untuk menghadapi persaingan ketat dengan YouTube, Apple, dan Amazon sekaligus memperkuat margin keuntungan.

    Ek, miliarder yang mendirikan Spotify pada 2006 dan menjadikannya raksasa musik global dengan hampir 700 juta pengguna bulanan, akan fokus pada alokasi modal dan strategi jangka panjang.

    “Saya akan lebih terlibat daripada chairman di AS pada umumnya. Anggap saja seperti beralih dari pemain menjadi pelatih,” kata Ek, dikutip dari Reuters, Rabu (1/10/2025).

    Dalam struktur baru, Gustav Soderstrom yang kini menjabat Chief Product and Technology Officer akan menangani strategi teknologi dan pengembangan produk.

    Sementara Alex Norstrom, Chief Business Officer, bertanggung jawab atas bisnis pelanggan, iklan, musik, podcast, dan audiobook. Keduanya akan melapor kepada Ek.

    Saat ini Spotify masih menjadi pemimpin pasar streaming dengan lebih dari 100 juta katalog lagu, jauh di depan Apple Music dengan 90 juta pelanggan. Namun tekanan margin keuntungan masih berlanjut karena tuntutan bayaran lebih tinggi dari artis dan pertumbuhan layanan gratis berbasis iklan.

    Spotify baru mencatatkan laba tahunan pertamanya pada 2024 setelah melakukan serangkaian efisiensi dan kenaikan harga berlangganan.

    Meski model co-CEO sudah diterapkan perusahaan besar seperti Oracle dan Netflix, analis menilai langkah ini bisa menimbulkan tumpang tindih kewenangan.

    “Pertanyaan besarnya adalah mengapa Spotify perlu executive chairman sekaligus dua CEO. Itu menimbulkan kesan terlalu banyak koki di dapur,” kata Dan Coatsworth, analis AJ Bell.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Top 3 Tekno: Tanggal Rilis iPhone 17 di Indonesia Bikin Penasaran – Page 3

    Top 3 Tekno: Tanggal Rilis iPhone 17 di Indonesia Bikin Penasaran – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Setelah lolos TKDN dan mengantongi sertifikasi postel, iPhone 17 series dan iPhone Air siap dijual di Tanah Air lebih cepat dari perkiraan.

    Bocoran mengenai tanggal rilis kedua lini iPhone itu menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (30/9/2025) kemarin.

    Berita lain yang juga populer datang dari Meta Indonesia yang meluncurkan fitur Teen Accounts untuk melindungi anak dari predator hingga pelaku bullying.

    Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

    1. Bocoran Rilis iPhone 17 Series dan iPhone Air di Indonesia, Catat Tanggalnya 

    Kabar gembira bagi fans Apple di Indonesia. Setelah lolos TKDN dan kantongi sertifikasi postel, iPhone 17 series dan iPhone Air siap dijual di Tanah Air lebih cepat dari perkiraan.

    Walau hingga kini distributor resmi Apple di Indonesia (iBox/Digimap) belum buka suara, bocoran tanggal iPhone 17 series dan iPhone Air sudah terungkap.

     Lewat unggahan di media sosial (medsos) X, Bagus Hernawan, ex-MakeMac dan founder Appleisme membocorkan jadwal resmi kehadiran lini terbaru iPhone 17, iPhone 17 Pro, iPhone 17 Pro Max, dan iPhone Air.

    “Sepertinya tahun ini jadi rekor iPhone masuk paling cepat!!!,” cuit Bagus di akun medsosnya.

    Menurutnya, pre-order iPhone 17 dan iPhone Air akan dimulai pada 10 Oktober. Sementara penjualan resmi di Indonesia bakal digelar pada 17 Oktober 2025.

    Sebelumnya, Bagus memprediksi ponsel baru Apple ini akan hadir di Indonesia pada 24 Oktober. Namun, bocoran terkini justru menunjukkan peluncuran lebih awal seminggu dari prediksi awal.

    Baca selengkapnya di sini