brand merek: Apple

  • Apple Diminta Tambah Investasi Lebih dari Rp 1,58 Triliun agar iPhone 16 Bisa Dijual Resmi – Page 3

    Apple Diminta Tambah Investasi Lebih dari Rp 1,58 Triliun agar iPhone 16 Bisa Dijual Resmi – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – iPhone 16 series belum juga dijual resmi di Tanah Air hingga sekarang. Salah satu penyebabnya adalah proposal investasi Apple sebesar USD 100 juta (sekitar Rp 1,58 triliun) dianggap belum memenuhi harapan pemerintah.

    Pemerintah, lewat Kementerian Perindustrian (Kemenperin), menginginkan investasi lebih besar dari raksasa teknologi tersebut.

    Harapannya, Apple tidak hanya memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tetapi juga memberikan dampak ekonomi signifikan bagi Indonesia,” ujar Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif, seperti dikutip dari Bisnis Liputan6.com, Senin (25/11/2024).

    R&D dan Kolaborasi dengan Industri Lokal

    Selain mendirikan pabrik, pemerintah Indonesia juga menawarkan opsi kepada Apple untuk membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) di sektor kecerdasan buatan (AI).

    Menurut Febri, hal ini selaras dengan kekuatan Apple yang dikenal luas dalam teknologi berbasis AI.

    “Jika belum memungkinkan untuk membangun pabrik semikonduktor, Apple bisa fokus pada pengembangan R&D AI di Indonesia,” tambahnya.

    Tidak hanya itu, pemerintah juga mendorong perusahaan berbasis di Cupertino tersebut untuk bekerja sama dengan produsen lokal.

    Komponen seperti kabel, charger, dan aksesori lainnya bisa disuplai dari industri dalam negeri. Langkah ini diyakini mampu memberikan efek berganda, terutama dalam menciptakan lapangan kerja.

    Dampak Besar untuk Ekonomi Indonesia

    Lewat kolaborasi ini, pemerintah juga berharap mampu mendorong industri Tanah Air masuk ke rantai pasok global.

    Dengan begitu, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh sektor teknologi tetapi juga industri pendukung lainnya.

    “Jika Apple membeli produk dari industri dalam negeri sebagai bagian dari komponen iPhone dll mereka, dampaknya akan signifikan, terutama dari sisi tenaga kerja,” pungkas Febri.

    Dengan desakan pemerintah ini, akankah Apple meningkatkan investasinya di Indonesia? Ataukah iPhone 16 akan tetap sulit dijual secara resmi? Kita nantikan langkah strategis yang akan diambil perusahaan teknologi asal Cupertino tersebut.

  • Media Asing Sorot Taktik Apple di RI Buat Jualan iPhone 16, Bilang Ini

    Media Asing Sorot Taktik Apple di RI Buat Jualan iPhone 16, Bilang Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Investasi Apple di Indonesia jadi sorotan media asing. CNBC Internasional merilis artikel berjudul “Indonesia wants Apple to sweeten its $100 million proposal as tech giant lobbies for iPhone 16 sales” pada 22 November 2024.

    Dalam artikel itu, CNBC Internasional menuliskan komitmen investasi Apple senilai US$100 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun. Investasi itu disebut digunakan dalam dua tahun ke depan.

    Dana rencananya akan digunakan untuk program pusat peneltiian dan pengembangan serta akademi pengembangan profesional.

    Selain itu, Apple berencana memproduksi komponen produk aksesori khususnya mesh untuk Airpods Max Apple. Produksi diperkirakan akan mulai pada Juli 2025 mendatang.

    Tawaran Apple itu, menurut artikel CNBC Internasional, 10 kali lebih besar dari yang ditawarkan sebelumnya. Di sisi lain pemerintah berusaha untuk Apple bisa meningkatkan kesepakatan dalam rangka komitmen yang adil.

    “Dari sudut pandang pemerintah, kami ingin investasi ini lebih besar,” jelas juru bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif, dikutip CNBC Internasional, Senin (25/11/2024).

    Dengan investasi yang lebih besar, dia menyebutkan bakal membantu pengembangan sektor manufaktur dalam negeri. Febri juga meyakini industri Indonesia bisa mendukung produksi seperti pengisi daya dan juga aksesoris.

    Rencana komitmen Apple terbaru ini terkait belum bisa masuknya seri terbaru iPhone 16 di Indonesia. HP tersebut belum memenuhi persyaratan TKDN sebesar 40% agar bisa dijual di dalam negeri.

    CNBC Internasional menuliskan larangan penjualan itu bertujuan melindungi industri dan pekerja lokal.

    Dalam artikel yang sama, mengutip analis Canalys Xuan Chiew disebutkan Indonesia memiliki peluang pertumbuhan yang besar meski menjadi pasar kecil untuk Apple. Sebab negara ini merupakan populasi terbesar keempat di dunia.

    Selain itu, Indonesia juga menawarkan potensi manufaktur dan perakitan. Jadi bisa mendukung Apple dalam usahanya melakukan diversifikasi rantai pasok perusahaan.

    (fab/fab)

  • Mudahnya Pasang Charging Mobil Listrik di Rumah, Bisa Lewat Aplikasi

    Mudahnya Pasang Charging Mobil Listrik di Rumah, Bisa Lewat Aplikasi

    Jakarta

    Dalam upaya mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PLN memperkenalkan konsep baru fitur Home Charging Services yang lebih inovatif dan efisien lewat aplikasi PLN Mobile. Bersama PT BYD Motor Indonesia, salah satu pemain utama dalam industri kendaraan listrik di Indonesia, secara eksklusif sosialisasi ini diluncurkan di booth BYD di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, di Hall 6, ICE-BSD.

    Peluncuran fitur baru ini menjadi bagian upaya strategis PLN untuk mendorong literasi masyarakat terkait infrastruktur kendaraan listrik dan mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Dengan pembaruan ini, PLN tidak hanya memberikan solusi praktis bagi pelanggan, tetapi juga memperkenalkan transformasi digital yang mendukung kemajuan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

    Seluruh proses layanan Home Charging, mulai dari pengajuan hingga pemasangan, kini dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. PLN memperkenalkan empat keunggulan utama melalui fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile yang dirancang mempermudah layanan Home Charging bagi pelanggan.

    Pertama, proses pengajuan layanan kini dapat dilakukan langsung dari aplikasi tanpa perlu datang ke kantor PLN. Kedua, pelanggan diberikan fleksibilitas buat memilih jadwal pemasangan yang sesuai kebutuhan mereka. Ketiga, pembayaran digital yang terintegrasi memungkinkan transaksi cepat, aman, dan transparan. Keempat, fitur tracking progress memungkinkan pelanggan memantau status layanan secara real-time, mulai pengajuan hingga instalasi selesai.

    “Konsep baru ini dirancang untuk memberikan kenyamanan yang lebih maksimal, sekaligus mendukung adopsi kendaraan listrik secara lebih luas di Indonesia. Melalui inovasi ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat dapat mengakses layanan Home Charging dengan mudah, cepat, dan transparan. Kolaborasi dengan BYD juga memperkuat komitmen kami membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih kokoh di Indonesia, di mana tidak hanya kendaraan listrik yang semakin mudah diakses, tetapi juga infrastruktur pengisian daya yang mendukungnya” ujar Fikri Praditya selaku Manager Pelayanan Pelanggan BUMN PT PLN (Persero).

    Kolaborasi PLN dan BYD di GJAW 2024 Foto: Dok. BYD Indonesia

    Kolaborasi BYD dan PLN

    Sebagai salah satu pemain kendaraan listrik di Tanah Air, BYD memiliki peran krusial dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Dengan lebih dari 31 jaringan yang tersebar di 18 kota di seluruh Indonesia, BYD telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung perkembangan infrastruktur kendaraan listrik di tanah air. Kolaborasi antara PLN dan BYD menghadirkan sinergi yang kuat, menggabungkan keahlian BYD dalam kehadiran inovasi teknologi kendaraan listrik dengan jaringan dan infrastruktur PLN yang luas di seluruh Indonesia.

    Kolaborasi ini diperkuat dengan kehadiran peluncuran fitur baru secara eksklusif di booth BYD yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk langsung mengeksplorasi fitur-fitur baru dalam aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Di booth ini, pengunjung dapat bertanya langsung kepada perwakilan PLN mengenai layanan Home Charging, mendapatkan informasi lebih lanjut, dan merasakan kemudahan yang ditawarkan dalam mempercepat transisi menuju kendaraan listrik.

    “Keberadaan fitur baru ini semakin memperkuat upaya kami dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia. BYD berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan listrik inovatif yang dapat merangsang pertumbuhan pasar dan menginspirasi masyarakat untuk beralih ke mobilitas ramah lingkungan. Sementara itu, PLN, dengan jaringan infrastruktur yang luas dan fitur Home Charging terbaru, memastikan proses pengisian daya semakin mudah, cepat, dan efisien. Kolaborasi antara BYD dan PLN ini menciptakan sinergi yang saling mendukung, membangun ekosistem kendaraan listrik yang lebih kuat dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk bertransisi menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujar Luther T. Panjaitan selaku Head of Public & Government Relations, PT BYD Motor Indonesia.

    Dalam pengembangan aplikasi Home Charging yang inovatif ini, BYD tidak hanya berperan sebagai pendukung, tetapi juga aktif terlibat dalam proses pembuatan fitur-fitur aplikasi yang relevan dengan kebutuhan pengisian daya kendaraan listrik. Berdasarkan pengalaman di pasar global, BYD memberikan wawasan yang cukup penting untuk memastikan aplikasi ini benar-benar memenuhi harapan konsumen kendaraan listrik di Indonesia. Keterlibatan BYD dalam pengujian dan optimasi aplikasi juga bertujuan agar aplikasi tersebut berjalan dengan baik, memudahkan konsumen dalam mengakses layanan pengisian daya, dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat.

    Ke depannya, BYD berencana untuk terus memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai mitra lokal lainnya, untuk mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik yang lebih luas di Indonesia. Melalui kolaborasi yang semakin solid dengan berbagai pihak, BYD berkomitmen untuk terus berperan aktif, bersama-sama mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik dan mewujudkan masa depan transportasi berkelanjutan di Indonesia.

    (lua/rgr)

  • Harga iPhone 13 dan 15 di RI Turun Drastis, Jadi Segini Sekarang

    Harga iPhone 13 dan 15 di RI Turun Drastis, Jadi Segini Sekarang

    Jakarta

    Kabar baik untuk Apple Fanboy di Indonesia yang mengidamkan iPhone 13 atau iPhone 15. Harga kedua HP ini turun drastis.

    iPhone 13 dirilis September 2021. Kendati sudah tiga tahun, HP ini tetap mumpuni digunakan saat ini.

    Apa lagi dengan harga baru membuat iPhone 13 makin menarik untuk dimiliki. Atau jika ingin lebih mumpuni bisa melirik iPhone 15.

    Harga Terbaru iPhone 13 per November 2024

    Berikut harga terbaru iPhone 13 per November 2024:

    iPhone 13 128 GB dari Rp 14.999.000 saat dirilis menjadi Rp 8.999.000iPhone 13 256 GB dari Rp 17.499.000 saat dirilis menjadi Rp 11.499.000Harga Terbaru iPhone 15 per November 2024

    Berikut harga terbaru iPhone 15 per November 2024:

    iPhone 15 128 GB dari Rp 13.999.000 saat dirilis menjadi Rp 12.999.000iPhone 15 256 GB dari Rp 16.999.000 saat dirilis menjadi Rp 15.999.000iPhone 15 512 GB dari Rp 20.999.000 saat dirilis menjadi Rp 19.999.000Spesifikasi iPhone 13Layar: 6.1-inch (2532×1170 pixels) OLED 460ppi Super Retina XDR display, 800 nits brightness, up to 1200 nits brightness, HDR, True Tone, Ceramic Shield protectionChipset: Apple A15 Bionic dengan fabrikasi 5nm, CPU 6-core (2 kinerja dan 4 core efisiensi), GPU 5‑core, Neural Engine 16‑coreMemori internal: 128GB, 256GBFitur: Tahan air dan debu (IP68), Dual SIM (nano + eSIM), Kamera TrueDepth untuk pengenalan wajah FaceID, speaker StereoKamera belakang: 12MP wide-angle (f/1.6) camera, 7P lens, Sensor-shift optical image stabilisation for video, True Tone flash, HDR video recording with Dolby Vision at 4K 60 fps, Slo‑mo 1080p at 240fps, 12MP 120° Ultra Wide (f/2.4) secondary camera, 5P lensKamera depan: 12MP TrueDepth front camera with f/2.2 aperture, Retina Flash, HDR video recording with Dolby Vision up to 4K at 60 fps, Slo‑mo 1080p at 120fpsKoneksi: 5G (sub‑6 GHz), LTE kelas Gigabit, WiFi 6 802.11ax dengan 2×2 MIMO, Bluetooth 5.0, chip Ultra Wideband untuk kesadaran spasial, NFC dengan mode pembaca, GPS dengan GLONASSBaterai: lithium-ion built-in yang dapat diisi ulang dengan pengisian nirkabel MagSafe, pengisian cepat, up to 17jam (iPhone 13 mini) / 19jam (iPhone 13) untuk video playbackDimensi iPhone 13 : 146.7×71.5×7.65mm; Berat: 173 gramSpesifikasi iPhone 15Layar: 6,1 inch (2.556×1.179 pixels) OLED Super Retina XDR display, 460 ppi, 1.000 nits max brightness, 1.600 nits peak brightness, up to 2.000 nits peak outdoor brightness, HDR, True Tone, Ceramic Shield protectionChipset: A16 Bionic dengan fabrikasi 4 nmMemori: 128, 256 dan 512 GBKamera belakang: kamera utama 48MP wide-angle (f/1.78), second-generation sensor-shift OIS, 2x Telephoto, 100% Focus Pixels, Photonic Engine, True Tone flash, HDR video recording with Dolby Vision at 4K 60 fps, Slo‑mo 1080p at 240fps, Cinematic mode up to 4K HDR at 30 fps, kamera kedua 12MP Ultra Wide (f/2.4) 120°Kamera depan: 12MP TrueDepth (ƒ/1.9) front camera, Autofocus with Focus Pixels, Retina Flash, HDR video recording with Dolby Vision up to 4K at 60 fps, Slo‑mo 1.080p at 120fpsFitur: TrueDepth camera for FaceID facial recognition, Stereo speakers, Water and dust resistant (IP68), Dual SIM (nano + eSIM), USB Type CKoneksi: 5G (sub‑6 GHz) with 4×4 MIMO, Gigabit-class LTE, 802.11ax Wi-Fi 6 with 2×2 MIMO, Bluetooth 5.3, Second-generation Ultra Wideband chip for spatial awareness, NFC with reader mode, GPS with GLONASSBaterai litium-ion internal yang dapat diisi ulang dengan pengisian daya nirkabel MagSafe 15W, pengisian daya cepat USB-C, pemutaran video hingga 20 jamDimensi: 147,6×71,6×7,80mm; Berat: 171 gram

    (afr/afr)

  • Kedaulatan digital Indonesia di balik tawaran investasi Apple

    Kedaulatan digital Indonesia di balik tawaran investasi Apple

    Jakarta (ANTARA) – Respons ketegasan Indonesia atas tawaran investasi yang disampaikan Apple, raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), layak untuk dicatat dalam sejarah perdagangan global.

    Sebuah ketegasan yang mencerminkan penguatan posisi tawar, nasionalisme, dan kedaulatan digital yang patut menjadi acuan kebijakan ke depan.

    Perusahaan yang berpusat di Silicon Valley, AS, itu telah menyampaikan niat besar mereka untuk memperluas pasar di Indonesia melalui investasi senilai Rp1,59 triliun.

    Langkah ini disebut-sebut sebagai bagian dari strategi mereka untuk memperkuat penetrasi produk unggulan seperti iPhone 16 ke pasar Indonesia yang dikenal sangat dinamis.

    Namun, respons pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkesan hati-hati bahkan cenderung tegas.

    Meski tawaran ini menarik secara nominal, Menperin Agus Gumiwang tampaknya memiliki pertimbangan strategis yang lebih dalam sebelum memberikan lampu hijau.

    Mengapa Kemenperin bergeming, dan bagaimana pemerintah melihat masa depan hubungan dengan Apple?

    Pertama-tama, semua perlu memahami konteks regulasi yang berlaku di Indonesia terkait perdagangan elektronik dan teknologi.

    Pemerintah telah memberlakukan aturan yang mewajibkan perusahaan asing untuk memenuhi ketentuan konten lokal atau Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebelum memasarkan produk teknologi tertentu, termasuk ponsel pintar.

    Aturan ini bertujuan untuk mendorong industrialisasi lokal dan menciptakan nilai tambah di dalam negeri.

    Dengan kata lain, Indonesia tidak hanya ingin menjadi pasar konsumsi, tetapi juga pusat produksi dan inovasi.

    Peneliti ekonomi perdagangan, Davin Giovannus, dalam risetnya yang dimuat di Jurnal Paradigma Hukum Pembangunan pada 2020 tentang TKDN di Indonesia menyebutkan bahwa TKDN adalah gagasan Pemerintah Indonesia supaya pemilik brand atau vendor tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai konsumen atau pasar saja, tetapi mau turut berinvestasi di Indonesia.

    Apalagi Indonesia saat ini adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat dunia setelah China, India, dan AS.

    Hal ini sejalan dengan publikasi yang disampaikan Center for Strategic and International Studies (CSIS) yang menyebutkan bahwa TKDN bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengeluaran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi, memperkuat ekonomi dari tantangan eksternal, dan mencapai tujuan jangka panjang untuk membangun industri dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

    Misalnya, Brasil berhasil menarik investasi besar dari perusahaan teknologi seperti Samsung dengan menerapkan kebijakan serupa.

    Dengan demikian, pemerintah Indonesia memandang bahwa investasi senilai Rp1,59 triliun dari Apple harus lebih dari sekadar upaya memasarkan produk; investasi ini juga harus membawa manfaat strategis bagi industri nasional.

    Kontribusi Positif

    Kajian dari Journal of Technology Policy & Innovation menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan TKDN di berbagai negara sering kali menemui tantangan.

    Salah satu tantangan utama adalah ketidakseimbangan antara harapan pemerintah dan kesiapan industri lokal untuk memenuhi kebutuhan perusahaan multinasional.

    Dalam konteks Indonesia, pemerintah kemungkinan mempertimbangkan apakah nilai investasi Apple dapat sejalan dengan kebutuhan strategis ini.

    Apakah Rp1,59 triliun cukup untuk menciptakan dampak berkelanjutan bagi ekosistem teknologi lokal?

    Kasus Apple di India dapat menjadi pelajaran penting. Ketika Apple memutuskan untuk membangun fasilitas produksi di India, mereka tidak hanya mematuhi regulasi lokal tetapi juga mengembangkan rantai pasok yang melibatkan ribuan pekerja lokal.

    Upaya ini tidak hanya memungkinkan Apple untuk memenuhi permintaan pasar India tetapi juga menurunkan biaya produksi mereka.

    Pertanyaannya, apakah investasi Rp1,59 triliun yang ditawarkan Apple di Indonesia juga mencakup inisiatif serupa?

    Jika investasi tersebut hanya mencakup pendirian kantor distribusi atau layanan purnajual, maka manfaat jangka panjang bagi industri teknologi Indonesia menjadi dipertanyakan.

    Di sisi lain, pemerintah Indonesia juga memiliki agenda besar untuk mengembangkan ekosistem digital dan mendorong inovasi teknologi.

    Berdasarkan laporan Bank Dunia, pasar teknologi di Indonesia diperkirakan tumbuh lebih dari 20 persen per tahun hingga 2030.

    Potensi ini menjadikan Indonesia pasar yang sangat menarik bagi perusahaan teknologi global seperti Apple.

    Namun, potensi ini juga menuntut pemerintah untuk memastikan bahwa kehadiran perusahaan asing dapat memberikan kontribusi positif terhadap tujuan jangka panjang.

    Analisis Mendalam

    Respons hati-hati Kemenperin menunjukkan bahwa pemerintah tidak ingin terburu-buru memberikan persetujuan tanpa analisis mendalam.

    Salah satu alasan yang mungkin mendasari sikap ini adalah kebutuhan untuk memastikan bahwa investasi Apple tidak hanya berorientasi pada pemasaran tetapi juga pada transfer teknologi dan penguatan ekosistem lokal.

    Jika Apple bersedia membangun fasilitas produksi atau pusat penelitian di Indonesia, maka manfaatnya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan sekadar penjualan produk.

    Selain itu, pemerintah juga perlu mempertimbangkan dinamika geopolitik.

    Ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China telah mendorong banyak perusahaan teknologi global untuk mendiversifikasi lokasi produksi mereka.

    Indonesia dapat mengambil keuntungan dari situasi ini dengan menawarkan diri sebagai mitra strategis.

    Namun, untuk mencapai itu, pemerintah perlu menciptakan kerangka kerja yang adil dan menarik, baik bagi perusahaan asing maupun industri lokal.

    Terlepas dari tantangan yang ada, potensi kerja sama antara Apple dan Indonesia tetap besar.

    Apple dikenal sebagai perusahaan dengan standar tinggi dalam hal keberlanjutan dan inovasi.

    Jika investasi mereka diarahkan untuk mendukung visi Indonesia sebagai hub teknologi di Asia Tenggara, maka kolaborasi ini dapat menciptakan win-win solution bagi kedua belah pihak.

    Dalam kerangka ini kemudian, dapat dikatakan bahwa respons Kemenperin terhadap proposal investasi Apple mencerminkan strategi kebijakan yang matang.

    Pemerintah tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek tetapi juga dampak jangka panjang terhadap kedaulatan industri teknologi Indonesia.

    Langkah selanjutnya adalah membangun dialog konstruktif dengan Apple untuk mengeksplorasi peluang kerja sama yang lebih luas.

    Dengan pendekatan yang tepat, Indonesia dapat memanfaatkan momentum ini untuk memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam ekonomi digital global.

    Apple, pada gilirannya, juga memiliki peluang untuk memperkuat kehadirannya di pasar yang menjanjikan ini.

    Copyright © ANTARA 2024

  • 3 Cara Mudah Mirroring Iphone ke Layar TV

    3 Cara Mudah Mirroring Iphone ke Layar TV

    Bisnis.com, JAKARTA – Seiring berkembangnya teknologi, kini Anda bisa melakukan mirroring Iphone ke layar televisi.

    Setidaknya ada tiga cara untuk melakukannya, berdasarkan info Slashgear yakni:

    Gunakan AirPlay

    Jika Anda memiliki TV yang mendukung AirPlay atau perangkat streaming seperti Apple TV, Anda dapat dengan mudah mencerminkan layar iPhone ke TV tanpa kabel. Pastikan iPhone dan TV Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Berikut langkah-langkahnya:

    Buka Pusat Kontrol di iPhone Anda. Geser ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk model iPhone terbaru, atau geser ke atas dari bagian bawah layar untuk model iPhone 8 atau lebih lama.
    Temukan dan ketuk ikon Pencerminan Layar (dua persegi panjang tumpang tindih).
    Pilih TV Anda setelah muncul dalam daftar perangkat.
    Jika muncul kode sandi AirPlay di TV, masukkan kode tersebut pada iPhone Anda.
    Setelah koneksi selesai, layar iPhone Anda akan langsung dicerminkan ke TV.

    Tanpa AirPlay

    Jika TV Anda tidak mendukung AirPlay, Anda tetap bisa mencerminkan layar iPhone menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti AirScreen. Aplikasi gratis ini memungkinkan perangkat non-Apple, seperti Android TV, Fire TV, atau TV pintar lainnya, untuk menerima sinyal AirPlay. Berikut caranya:

    Pastikan iPhone dan TV Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.
    Unduh dan pasang aplikasi AirScreen di TV Anda.
    Buka aplikasi AirScreen dan ikuti petunjuk untuk memberikan izin yang diperlukan.
    Setelah aplikasi siap, nama TV Anda akan muncul di beranda aplikasi.
    Di iPhone Anda, buka Pusat Kontrol, ketuk ikon Pencerminan Layar, tunggu TV Anda muncul, dan pilih untuk mulai mencerminkan layar.

    Gunakan Adaptor HDMI

    Jika Anda ingin menggunakan koneksi kabel, adaptor HDMI adalah pilihan yang solid. Anda hanya memerlukan adaptor Lightning ke HDMI dan kabel HDMI untuk menghubungkan iPhone ke TV. 

    Setelah itu, Anda cukup menyambungkan adaptor ke port Lightning iPhone dan kabel HDMI ke port HDMI di TV. Layar iPhone Anda akan muncul di TV secara langsung.

  • Update Kode Redeem FF Hari Ini Minggu 24 November 2024

    Update Kode Redeem FF Hari Ini Minggu 24 November 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – Berikut adalah update kode redeem FF hari ini, Minggu 24 November 2024 yang bisa Anda tukar dengan berbagai hadiah spesial.

    Free Fire memiliki kode redeem yang bisa digunakan oleh pemain untuk mendapatkan hadiah gratis.

    Kode redeem sendiri merupakan susunan huruf dan angka yang berisi hadiah. Anda hanya perlu menukarkannya ke situs Free Fire untuk mendapatkan hadiah tersebut.

    Meski demikian, Anda harus bergegas unuk menukarkannya, sebab satu kode redeem hanya berlaku satu kali saja.

    Kode redeem FF hari ini, Minggu 24 November 2024

    EMASOLIM2024

    4AZYG8SZ1FJ6

    FFRT56YHNBGV

    FFIC33NTEUKA

    TKNSG2WINDAH

    FFCMCPSEN5MX

    FF3G-4HJU-87TG

    FFAB23RTGHJ7

    FFRT56YHNBGV

    J6V4NGGHSYKB

    TIMNASETB5J1

    KIOSGAMERFF1

    J6V4NGGHSYKB

    GYXKT8U9WF8J

    TKNBUNDLEGYC

    4PAS6TQ87CXMLNV

    NRD8L6Y7M4E29U1

    Cara klaim kode redeem

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox Anda.

  • Segini Harga iPhone Setelah Pemerintah Larang Penjualan iPhone 16

    Segini Harga iPhone Setelah Pemerintah Larang Penjualan iPhone 16

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Produk ponsel pintar seri terbaru buatan Apple, iPhone 16, masih tak bisa beredar di Indonesia, karena pemerintah melarang penjualannya. Meski begitu, seri iPhone lainnya masih bisa dibeli di tanah air.

    Pemerintah melarang penjualan iPhone 16 di Indonesia, karena belum mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 35% dari Kementerian Perindustrian.

    “Seri iPhone 16 yang dibawa penumpang masuk secara legal, namun menjadi ilegal jika diperjualbelikan di dalam negeri. Hal ini karena sudah tidak sesuai dengan tujuan peruntukkan ketika memproses perizinan masuknya ponsel tersebut ke Indonesia, yakni untuk pemakaian sendiri,” kata jelas Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif dikutip dari siaran pers Sabtu (23/11/2024).

    Seiring dengan permasalahan tersebut, sebetulnya harga jual seri iPhone lain sudah merosot di Indonesia, tepatnya sejak Agustus lalu. 

    Di situs iBox misalnya, untuk beberapa seri turun harga sejak saat itu, meski kini untuk seri iPhone 13 ada kenaikan sedikit sedangkan seri sisanya tak berubah.

    Berikut ini rincian harga iPhone seri lainnya sebagaimana dilihat dari situs iBox, Sabtu (23/11/2024):

    Harga seri iPhone 13

    iPhone 13 (128GB) = Rp 10.249.000 dari harga per Agustus 2024 Rp 9.999.000 (sebelumnya Rp 15.499.000)

    iPhone 13 (256GB) = Rp 12.749.000 dari harga per Agustus 2024 Rp 12.499.000 (sebelumnya Rp 17.949.000)

    Adapun untuk seri yang harganya masih sama dengan harga yang dibandrol pada Agust 2024 di antaranya untuk seri iPhone 14 dan iPhone 15.

    Harga iPhone 14

    iPhone 14 (128GB) = Rp 12.249.000 (sebelumnya Rp 16.249.000)

    iPhone 14 (256GB) = Rp 15.049.000 (sebelumnya Rp 19.249.000)

    iPhone 14 (512GB) = Rp 23.249.000

    iPhone 15

    128GB – Rp 13.999.000 (sebelumnya Rp 16.499.000)

    256GB – Rp 16.999.000 (sebelumnya Rp 19.499.000)

    512GB – Rp 20.999.000 (sebelumnya Rp 23.499.000)

    iPhone 15 Plus

    128GB – Rp 15.999.000 (sebelumnya Rp 18.499.000)

    256GB – Rp 18.999.000 (sebelumnya Rp 21.499.000)

    512GB – ada kenaikan sedikit menjadi Rp 23.249.000 dari per Agustus 2024 Rp 22.999.000 (sebelumnya Rp 25.499.000)

    iPhone 15 Pro

    128GB – Rp 18.249.000 (sebelumnya Rp 20.999.000)

    256GB – Rp 21.249.000 (sebelumnya Rp 23.999.000)

    512GB – Rp 25.249.000 (sebelumnya Rp 27.999.000)

    1TB – Rp 29.249.000 (sebelumnya Rp 31.999.000)

    iPhone 15 Pro Max

    256GB – Rp 22.249.000 (sebelumnya Rp 24.999.000)

    512GB – Rp 27.249.000 (sebelumnya Rp 29.999.000)

    1TB – Rp 31.249.000 (sebelumnya Rp 33.999.000)

    Foto: Tangkapan layar pada 23/11, penjualan Iphone 14 yang dijual di iBox.iBox
    Tangkapan layar pada 23/11, penjualan Iphone 14 yang dijual di iBox.iBox

    (dce)

  • Dibanderol Rp 400 Jutaan, Ini Aletra L8 EV yang Jadi Penantang BYD M6

    Dibanderol Rp 400 Jutaan, Ini Aletra L8 EV yang Jadi Penantang BYD M6

    Penumpang dan pengendara Aletra L8 EV pun dimanjakan dengan fitur-fitur yang mempermudah gaya hidup sehari-hari, seperti pengisian daya nirkabel 50 W yang dilengkapi dengan ventilasi untuk mengurangi panas saat proses charging, ambient light 72 warna, AC double blower dengan 2 kompresor, jendela otomatis depan belakang, wiper depan dan belakang otomatis, sistem pengelolaan kualitas udara, penyaring udara ion negatif dengan filter 2,5 PM, sistem monitoring tekanan ban, kamera 360-derajat, cruise control, sensor parkir belakang, layar sentuh 12,4 inci, 7 pengeras suara, WiFi, Bluetooth, Apple Carplay, dan Android Auto nirkabel.

  • LK21-IndoXXI Ilegal & Berbahaya, Ini 21 Tempat Nonton Film Resmi-Aman

    LK21-IndoXXI Ilegal & Berbahaya, Ini 21 Tempat Nonton Film Resmi-Aman

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menonton film saat ini sudah menjadi kebutuhan hiburan yang sulit untuk diabaikan. Munculnya berbagai platform streaming telah memudahkan kita untuk menikmati berbagai konten yang tersedia.

    Namun, masih banyak juga yang tidak resmi alias ilegal seperti IndoXXI dan LK21.

    Perlu dicatat kalau situs ilegal semacam IndoXXI dan LK21 memiliki banyak risiko ketika diakses. Termasuk bisa menginfeksi perangkat dengan malware dan risiko menjadi korban penipuan siber.

    Jadi menggunakan aplikasi legal jauh lebih aman dibandingkan platform ilegal. Anda hanya perlu berlangganan dan bisa mendapatkan konten berkualitas tanpa rasa khawatir.

    Setiap aplikasi streaming sudah tersedia di semua toko aplikasi resmi, Play Store maupun App Store, serta bisa ditonton dari HP hingga televisi. Platform tersebut menawarkan beragam konten film hingga serial di seluruh dunia.

    Berikut 21 platform streaming film resmi yang bisa Anda gunakan:

    1. Netflix

    Saat ini, Netflix jadi salah satu platform paling mendominasi di dunia. Pengguna dapat menikmati banyak konten dari film Hollywood, Indonesia, Korea dan sejumlah negara lain.

    Netflix juga menawarkan konten asli yang diproduksi dan hanya ada di platform tersebut. Untuk berlangganan, Netflix menawarkan beberapa paket mulai dari Rp 50 ribu.

    2. Disney+ Hotstar

    Disney+ Hotstar menyediakan konten Marvel dan film terkini, juga sejumlah film mancanegara dan serial original lokal.

    Bahkan gelaran Oscar 2023 bisa disaksikan di Disney+ Hotstar. Penyelenggaraan ke-95 itu tersedia dari red carpet hingga acara penghargaan untuk industri film.

    3. HBO Go

    Bagi pecinta konten dari HBO, platform ini bisa jadi pilihan. Platform akan menyediakan tayangan dari HBO Original, HBO Asia Original, dan Hollywood.

    Selain itu juga ada film populer lain. Pengguna baru bisa menikmati akses gratis selama 7 hari pertama.

    4. Vidio

    Vidio menawarkan tayangan film hingga olahraga. Adapula film dan serial Indonesia, Hollywood hingga drama Asia.

    Sejumlah konten dapat diakses gratis. Namun ada pula yang harus berlangganan dulu agar bisa diakses.

    5. iQiyi

    Jika kamu menyukai film, drama hingga anime dari Asia, kamu bisa mengakses iQiyi. Untuk menggunakan dan mengakses seluruh konten, aktifkan dulu akun VIP.

    6. Klik Film

    Klik Film menawarkan banyak rekomendasi film Indonesia, Korea, Thailand, Hong Kong dan negara lain. Platform ini bisa diakses melalui aplikasi dan juga situs.

    7. Bioskop Online

    Platform ini menawarkan layanan menonton film Indonesia tanpa harus pergi ke bioskop. Konsepnya pun sama, yakni hanya membayar film yang ditonton saja.

    8. Cinema Box

    Streaming film ini juga tersedia untuk Play Store dan App Store. Pengguna dapat menonton konten dan juga mengunduhnya agar bisa menontonnya secara offline atau tidak tersambung internet.

    9. Viu

    Untuk penggemar konten film, drama, variety show asal Korea Selatan mungkin tak asing dengan nama Viu. Selain itu Viu juga menyediakan konten dari negara lain termasuk Indonesia.

    Kamu perlu berlangganan akun VIP atau Premium untuk bisa mengakses seluruh konten dalam platform. Viu menyediakan harga berlangganan mulai dari Rp 33 ribu per bulan.

    10. CatchPlay+

    Catchplay+ menyediakan sejumlah film kartun, Indonesia dan Asia. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis namun untuk menikmati seluruh konten dapat berlangganan lebih dulu. Harganya mulai dari Rp 45 ribu untuk satu bulan penggunaan.

    11. We TV

    WeTV menampilkan beragam film, series, anime hingga tayangan variety show. Selain itu juga terdapat drama dari Korea, Thailand, China, Jepang dan negara Asia lain. Sejumlah konten bisa ditonton gratis namun adapula yang harus menggunakan akun VIP.

    12. Genflix

    Genflix bisa jadi salah satu pilihan untuk menonton film Indonesia, Hollywood, hingga tayangan live show dan drama Korea. Kamu bisa berlangganan dengan paket yang tersedia harian hingga bulanan.

    13. iFlix

    iFlix banyak menyediakan film box office, serial TV, drama Korea, film Indonesia hingga tontonan untuk anak-anak. Seperti kebanyakan platform lain, platform ini bisa diakses gratis namun ada juga yang harus berlangganan.

    14. Viki

    Pencinta drama Korea juga bisa menggunakan Viki untuk menikmati konten tersebut. Selain juga ada banyak serial dan film dari negara lain termasuk Indonesia. Konten di dalamnya bisa dinikmati secara gratis maupun berlangganan.

    15. Prime Video

    Layanan dari Amazon ini menyediakan banyak film dan serial dari berbagai negara termasuk hollywood. Prime Video juga menghadirkan tayangan variety show. Untuk mengaksesnya, kamu perlu berlangganan seharga Rp 59 ribu/bulan.

    16. Apple TV+

    Platform streaming ini berasal dari Apple, menyediakan sejumlah film dan serial, serta produksi asli dari Apple TV+. Termasuk film Coda yang mendapatkan piala Oscar tahun lalu dan beberapa konten terkenal lainnya.

    Kamu bisa menikmatinya dengan cara berlangganan. Salah satunya senilai Rp 99 ribu/bulan dengan gratis 7 hari ataupun berlangganan melalui layanan Apple One.

    17. Lions Gate Play

    Masyarakat Indonesia bisa pula mencoba mengakses Lions Gate Play. Layanan ini menawarkan beragam konten dari Hollywood, Bollywood, dan konten original. Pengguna dapat berlangganan platform senilai Rp 35 ribu per bulan.

    18. CubMU

    Transvison pada April tahun lalu meluncurkan platform baru bernama CubMu yang menawarkan ratusan channel Live TV, ribuan Video on Demand (VOD) berkualitas HD langsung dari penyedia konten ke pelanggan.

    Aplikasi CubMU ini disebut sebagai teknologi baru di dunia media layaknya marketplace. Anda dapat membeli paket basic mulai dari Rp9.900 saja.

    19. Mola

    Mola menawarkan konten yang cukup lengkap. Bahkan tak hanya entertainment tapi juga streaming pertandingan olahraga. Harga langganannya mulai dari Rp 60 ribu-Rp160 ribu.

    20. MAXstream

    Sejak diluncurkan pada 2018, MAXstream telah menghadirkan variasi konten lokal dan internasional berupa MAXstream original maupun kolaborasi dari streaming platform kelas dunia.

    21. Vision+

    Vision+ terdiri dari berbagai macam pilihan berlangganan. Mulai dari Rp 35 ribu per bulan untuk Premium Sport hingga Rp 100 ribu untuk satu tahun.

    (luc/luc)