brand merek: Apple

  • Kartu As China Lawan Perang Dagang AS

    Kartu As China Lawan Perang Dagang AS

    Jakarta

    Perang dagang antara China dengan Amerika Serikat (AS) sudah dimulai. China pun telah menyiapkan kartu as untuk melawan AS.

    Seperti dilansir BBC, perang dagang sudah berlangsung saat Ekspor China ke AS dikenakan tarif sampai 245%, dan Beijing sudah membalas dengan tarif masuk 125% untuk produk impor dari Amerika.

    Konsumen, bisnis, dan pasar bersiap-siap menghadapi ketidakpastian lebih panjang di tengah ancaman resesi global yang semakin nyata.

    Presiden China Xi Jinping berkali-kali bilang bahwa pemerintahannya terbuka buat berdialog. Tapi dia juga memberi peringatan bahwa, jika diperlukan, mereka bakal “berjuang sampai titik darah penghabisan.”

    Ibarat permainan kartu, berikut lima ‘kartu sakti’ atau ‘kartu as’ yang dimiliki Beijing untuk melawan tarif yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump.

    Apa saja kartu yang disiapkan China? Baca berita selengkapnya di sini.

    China Siap Hadapi Resiko

    Lima kartu sakti China hadapi perang dagang dengan AS. (BBC World)

    China adalah ekonomi terbesar kedua di dunia. Artinya, China lebih mampu menahan ‘rasa sakit’ yang ditimbulkan tarif ketimbang negara-negara kecil.

    Dengan jumlah penduduk lebih dari satu miliar jiwa, China memiliki pasar domestik yang besar sehingga sebagian barang-barang ekspor yang terdampak tarif bisa dijual ke pasar domestik.

    Kenyataannya memang tidak semudah itu karena China mengalami penurunan konsumsi. Namun dengan berbagai insentif, mulai dari subsidi untuk peralatan rumah tangga hingga subsidi tiket kereta untuk kaum pensiunan, pemerintah China berharap dapat mendorong tingkat konsumsi.

    Tarif Trump telah memberi Partai Komunis China dorongan yang lebih kuat untuk membuka potensi konsumen negara tersebut.

    Elite partai mungkin “lebih dari siap untuk menanggung rasa sakit daripada menyerah pada yang mereka yakini sebagai agresi AS,” menurut Mary Lovely, pakar perdagangan AS-China di Peterson Institute di Washington D.C., kepada BBC Newshour awal bulan ini.

    Sebagai negara otoriter, China juga memiliki toleransi sakit yang lebih tinggi. Negara juga tidak terlalu pusing dengan opini publik yang cuma sesaat.

    Lagi pula, dalam waktu dekat tidak ada juga pemilu untuk menentukan para pemimpinnya. Tapi tetap saja, keresahan massal bisa jadi kekhawatiran, karena di China merebak ketidakpuasan atas krisis perumahan yang masih berlangsung dan pekerjaan yang semakin sulit.

    Ketidakpastian ekonomi yang disebabkan tarif merupakan pukulan bagi kaum muda yang hanya pernah mengalami kemajuan Tiongkok.

    Partai Komunis China berupaya memainkan kartu nasionalisme untuk membenarkan sikap Beijing yang tidak mau tunduk pada AS dan menerapkan tarif balasan terhadap Washington DC. Media pemerintah menyerukan kepada rakyat agar “menghadapi badai ini bersama-sama”.

    Presiden Xi Jinping mungkin khawatir tetapi, sejauh ini, Beijing telah menyampaikan nada menantang dan percaya diri. Seorang pejabat menegaskan bahwa: “Langit tidak akan runtuh.”

    China Sudah Investasi Buat Masa Depan

    Perang dagang AS-China meningkat, pertumbuhan ekonomi global memburuk. (ABC Australia)

    Di bawah pemerintahan Xi Jinping, China telah berlomba dengan AS untuk mendominasi teknologi.

    Karena itu, China berinvestasi besar pada teknologi dalam negeri, mulai dari energi terbarukan hingga chip dan kecerdasan buatan (AI).

    Contohnya termasuk chatbot DeepSeek, yang dipuji sebagai pesaing tangguh ChatGPT.

    Kemudian BYD, yang mengalahkan Tesla tahun lalu sebagai pembuat kendaraan listrik (EV) terbesar di dunia. Apple juga telah kehilangan pangsa pasarnya di China lantaran pesaing lokal seperti Huawei dan Vivo terus berinovasi.

    Baru-baru ini Beijing mengumumkan rencana untuk menghabiskan lebih dari US$1 triliun selama dekade berikutnya untuk mendukung inovasi di bidang AI.

    Perusahaan-perusahaan AS telah mencoba untuk memindahkan rantai pasokan mereka dari China, tetapi mereka kesulitan menemukan infrastruktur dan tenaga kerja terampil yang sama di tempat lain.

    Produsen China di setiap tahap rantai pasokan telah memberi China kemajuan signifikan yang akan membutuhkan waktu berpuluh tahun untuk ditiru negara lain.

    Keahlian rantai pasokan yang tak tertandingi dan dukungan pemerintah telah menjadikan China sebagai pemain tangguh dalam perang dagang ini. Dalam beberapa hal, Beijing telah mempersiapkan hal ini sejak Trump pertama kali menjabat presiden.

    Pelajaran dari Masa Lalu

    Donald Trump (BBC World)

    Sejak panel surya buatan China dikenai tarif Trump pada 2018 lalu, Beijing mempercepat rencananya untuk masa depan.

    China menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program perdagangan dan infrastruktur yang kontroversial, yang lebih dikenal sebagai inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) untuk menopang hubungan dengan negara-negara berkembang di belahan selatan.

    Perluasan perdagangan dengan Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Afrika terjadi ketika China mencoba untuk melepaskan diri dari kendali AS.

    Sebelumnya, petani Amerika memasok 40% dari impor kedelai Chinaangka itu sekarang berkisar di 20%.

    Setelah mengalami perang dagang saat Trump pertama kali menjabat sebagai presiden, Beijing meningkatkan budidaya kedelai di dalam negeri dan membeli panen dalam jumlah besar dari Brasilyang sekarang menjadi pemasok kedelai terbesar ke China.

    “Taktiknya sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.”

    “Langkah ini tidak cuma menghilangkan pasar tetap para petani Amerika, tapi juga memperkuat ketahanan pangan China,” kata Marina Yue Zhang, profesor di Australia-China Relations Institute, University of Technology Sydney.

    AS Bukan Lagi Pasar Ekspor Terbesar China

    China siap lawan AS. (BBC World)

    Faktanya, China adalah mitra dagang terbesar untuk 60 negara pada tahun 2023hampir dua kali lebih banyak daripada AS.

    China menjadi eksportir terbesar di dunia dan mencatat rekor surplus perdagangan sebesar US$1 triliun pada akhir 2024.

    Itu tidak berarti AS bukan mitra dagang penting bagi China. Namun, kondisi saat ini membuat AS tidak mudah untuk memojokkan China.

    Setelah muncul laporan bahwa Gedung Putih akan menggunakan negosiasi perdagangan bilateral untuk mengisolasi China, Beijing telah memperingatkan negara-negara lain agar tidak “mencapai kesepakatan dengan mengorbankan kepentingan China”.

    Itu akan menjadi pilihan yang mustahil bagi banyak negara.

    “Kita tidak dapat memilih, dan kita tidak akan pernah memilih [antara China dan AS],” kata Menteri Perdagangan Malaysia, Tengku Zafrul Aziz, kepada BBC pekan lalu.

    China Tahu Kelemahan Trump

    Trump kukuh bertahan dengan keputusannya saat harga-harga saham rontok menyusul pengumuman tarifnya pada awal April dan mengibaratkan kenaikan tarif gila-gilaan ini sebagai “pil pahit.”

    Tetapi dia segera banting stir, memberi jeda kenaikan tarif selama 90 hari setelah aksi jual besar-besaran obligasi pemerintah AS.

    Dikenal juga dengan istilah “treasuries”, obligasi ini sejak lama dianggap sebagai investasi yang aman. Tetapi perang dagang telah mengguncang kepercayaan pada aset tersebut.

    Sejak itu, Trump memberi isyarat untuk menurunkan tensi ketegangan perdagangan dengan China, dengan mengatakan bahwa tarif barang-barang China akan “turun secara signifikan, tetapi tidak akan menjadi nol.”

    Dengan begitu, para pengamat menyebut Beijing sekarang tahu bahwa pasar obligasi dapat menggoyahkan Trump.

    China juga memegang obligasi pemerintah AS sebesar US$ 700 miliar.

    Jepang, sekutu setia Amerika, adalah satu-satunya pemegang non-AS yang memiliki jumlah lebih dari itu.

    Beberapa pengamat berpendapat bahwa ini memberi Beijing keuntungan: media China secara teratur mewacanakan gagasan untuk menjual atau menahan pembelian obligasi AS sebagai “senjata”.

    Tetapi para ahli memperingatkan bahwa China bukannya tidak menghadapi konsekuensi dari situasi ini.

    Langkah itu, sebaliknya, akan menyebabkan kerugian besar bagi investasi Beijing di pasar obligasi dan mengacaukan mata uang Yuan China.

    China hanya akan dapat memberikan tekanan dengan obligasi pemerintah AS “hanya sampai titik tertentu”, kata Dr Zhang.

    “China memegang alat tawar-menawar, bukan senjata keuangan.”

    Kendali Atas Unsur Tanah Jarang

    Yang dapat dijadikan senjata oleh China adalah monopoli dalam mengekstraksi dan memurnikan unsur tanah jarang (rare earth elements), yaitu serangkaian elemen yang penting untuk manufaktur teknologi canggih.

    China memiliki cadangan unsur tanah jarang yang besar, seperti disprosium, yang digunakan dalam magnet kendaraan listrik dan turbin angin. Kemudian Yttrium, yang menyediakan lapisan tahan panas untuk mesin jet.

    Beijing telah menanggapi tarif terbaru Trump dengan membatasi ekspor tujuh unsur tanah jarang, termasuk beberapa unsur penting untuk membuat chip AI.

    China menyumbang sekitar 61% produksi unsur tanah jarang dan 92% pemurniannya, menurut perkiraan Badan Energi Internasional (IEA).

    Australia, Jepang, dan Vietnam memang sudah mulai menambang unsur tanah jarang, tapi perlu waktu bertahun-tahun sebelum Tiongkok dapat diputus dari rantai pasokan.

    Pada 2024, Tiongkok melarang ekspor mineral penting lainnya, antimon, yang penting untuk berbagai proses manufaktur. Harganya naik lebih dari dua kali lipat di tengah gelombang kepanikan sejumlah negara dalam mencari pemasok alternatif.

    Kekhawatirannya adalah hal yang sama dapat terjadi pada pasar unsur tanah jarang, yang akan sangat mengganggu berbagai industri mulai dari kendaraan listrik hingga pertahanan.

    “Segala sesuatu yang dapat Anda nyalakan atau matikan kemungkinan besar menggunakan logam tanah jarang,” kata Thomas Kruemmer, direktur Ginger International Trade and Investment, kepada BBC.

    “Dampaknya pada industri pertahanan AS akan sangat besar.”

    Halaman 2 dari 5

    (rdp/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Apple-Instagram Ngaku Diperas Minta Tolong Trump, Begini Kronologinya

    Apple-Instagram Ngaku Diperas Minta Tolong Trump, Begini Kronologinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Apple dan Meta (induk usaha Facebook, Instagram, dan WhatsApp) baru saja dikenai dengan dari Uni Eropa dengan nilai total US$ 800 juta (Rp 13,5 triliun. Denda jumbo tersebut membuat petinggi Apple dan Meta gerah hingga meminta tolong Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Denda dan hukuman lain yang dijatuhkan Uni Eropa ke Apple dan Meta adalah bagian dari rangkaian langkah tegas Komisi Uni Eropa untuk mengadang dominasi perusahaan teknologi di ruang digital. Uni Eropa melakukan penertiban lewat aturan Digital Markets Act (DMA), sebuah regulasi baru yang dirancang untuk menciptakan persaingan sehat di pasar digital.

    Tujuan utamanya untuk mengatur perusahaan-perusahaan teknologi besar yang disebut “gatekeepers” agar tidak menyalahgunakan posisi dominannya di pasar digital.

    Digital Markets Act adalah regulasi Uni Eropa yang mulai diimplementasikan secara penuh pada Maret 2024.

    Sebuah perusahaan dikategorikan sebagai gatekeeper jika memenuhi beberapa kriteria. Pertama, omzet tahunan mereka di Eropa minimal 7,5 miliar euro selama tiga tahun terakhir, atau kapitalisasi pasar lebih dari 75 miliar euro.

    Kedua, memiliki platform inti, seperti mesin pencari, jejaring sosial, layanan perpesanan, atau toko aplikasi dengan lebih dari 45 juta pengguna bulanan aktif dan 10.000 pengguna bisnis tahunan di Uni Eropa.

    Selain itu, perusahaan menempati posisi dominan dan stabil di pasar selama tiga tahun berturut-turut.

    DMA menetapkan sejumlah larangan dan kewajiban bagi gatekeeper, di antaranya, tidak boleh memprioritaskan produk mereka sendiri di platform (self-preferencing). Perusahaan juga wajib mengizinkan interoperabilitas dengan layanan pesaing.

    Selain itu, tidak boleh memaksa pengguna untuk menggunakan layanan tertentu, seperti sistem pembayaran milik sendiri. Dan Harus memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan.

    Gatekeeper yang melanggar DMA dapat dikenakan denda hingga 10% dari omzet global tahunan, dan hingga 20% untuk pelanggaran berulang. Dalam kasus yang berat, Uni Eropa bahkan dapat memaksa perusahaan untuk membubarkan bagian bisnis tertentu.

    Pada September 2023, Komisi Eropa untuk pertama kalinya menetapkan enam gatekeeper, termasuk di antaranya Alphabet, Amazon, Apple, ByteDance, Meta, Microsoft, di bawah DMA.

    Beda DMA dan DSA

    Selain DMA, Uni Eropa memberlakukan juga Digital Services Act (DSA). Kedua aturan ini dirancang untuk menciptakan ruang digital yang lebih aman dan adil bagi seluruh pengguna dan pelaku usaha di Eropa.

    Kedua aturan ini saling melengkapi, tetapi memiliki fokus dan tujuan yang berbeda.

    DSA fokus pada keselamatan pengguna dan perlindungan hak-hak digital. Undang-undang ini menetapkan aturan bagi layanan digital, khususnya platform online seperti ecommerce, jejaring sosial, platform berbagi konten, toko aplikasi, dan layanan akomodasi online.

    Foto: REUTERS/Dado Ruvic
    REFILE – CLARIFYING CAPTION Silhouettes of mobile users are seen next to a screen projection of Instagram logo in this picture illustration taken March 28, 2018. REUTERS/Dado Ruvic

    Platform yang sangat besar, dengan lebih dari 45 juta pengguna bulanan di UE, wajib memenuhi standar tertinggi dalam regulasi ini.

    Mengutip laman resminya, aturan DSA ingin memastikan bahwa dunia digital aman, transparan, dan bertanggung jawab, melindungi pengguna dari konten ilegal dan penyalahgunaan algoritma.

    Pada September 2024 lalu, Apple mendapat peringatan keras dari regulator antimonopoli Uni Eropa. Peringatan tersebut meminta agar Apple untuk membuka akses perangkat lunak miliknya ke para pesaing, atau ancaman denda menanti.

    Regulator yang berbasis di Brussels itu akan menentukan bagaimana Apple menyediakan interoperabilitas yang efektif dengan fungsionalitas seperti notifikasi, pemasangan perangkat, dan konektivitas.

    Proses kedua menyangkut bagaimana Apple menangani permintaan interoperabilitas yang diajukan oleh pengembang dan pihak ketiga untuk iOS dan iPadOS. Perusahaan diminta untuk memastikan proses yang transparan, tepat waktu, dan adil.

    Namun, enam bulan kemudian Apple gagal mematuhi permintaan Komisi tersebut.

    Minta tolong Trump

    Apple didenda oleh Komisi Eropa sebesar 500 juta euro (Rp 9,6 triliun). Para pejabat mengatakan bahwa Apple gagal mematuhi kewajiban “anti-pengaturan” di bawah DMA.

    Apple diharuskan untuk mengizinkan pengembang secara bebas menginformasikan kepada pelanggan tentang penawaran alternatif di luar App Store.

    Apple mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding atas denda Uni Eropa sambil melanjutkan diskusi dengan Komisi.

    CEO Meta Mark Zuckerberg memperkenalkan Orion AR Glasses saat ia menyampaikan pidato utama selama acara tahunan Meta Connect di kantor pusat perusahaan di Menlo Park, California, AS, 25 September 2024. (REUTERS/Manuel Orbegozo)

    “Pengumuman hari ini adalah contoh lain dari Komisi Eropa yang secara tidak adil menargetkan Apple dalam serangkaian keputusan yang buruk bagi privasi dan keamanan pengguna kami, buruk bagi produk, dan memaksa kami untuk memberikan teknologi kami secara gratis,” kata Apple dikutip dari CNBC Internasional.

    Sementara itu, Meta didenda 200 juta euro (Rp 3,8 triliun). Komisi Uni Eropa menemukan bahwa Meta secara ilegal mengharuskan pengguna untuk menyetujui pembagian data mereka dengan perusahaan atau membayar layanan bebas iklan.

    Hal ini sebagai tanggapan atas pengenalan Meta atas tingkat langganan berbayar untuk Facebook dan Instagram pada November 2023.

    Joel Kaplan, kepala urusan global Meta, mengatakan bahwa Komisi tersebut berusaha untuk melumpuhkan bisnis asal Amerika. Sementara mengizinkan perusahaan-perusahaan China dan Eropa lain untuk beroperasi dengan standar yang berbeda.

    “Ini bukan hanya tentang denda. Komisi yang memaksa kami untuk mengubah model bisnis kami secara efektif membebankan tarif miliaran dolar kepada Meta sambil mengharuskan kami untuk menawarkan layanan yang lebih rendah,” kata Kaplan.

    “Dan dengan membatasi iklan yang dipersonalisasi secara tidak adil, Komisi Eropa juga merugikan bisnis dan ekonomi Eropa,” imbuhnya.

    Di satu sisi, ByteDance, pemilik TikTok, kalah dalam gugatan di pengadilan Uni Eropa pada Juli 2024. Gugatan itu terkait digolongkannya TikTok sebagai gatekeeper dalam aturan terkait pasar digital di wilayah tersebut.

    Dari UU Pasar Digital Uni Eropa, gatekeeper adalah platform yang punya posisi sangat dominan. Menurut para hakim, Bytedance telah memenuhi ambang batas terkait aturan tersebut. Mulai dari nilai pasar global, jumlah pengguna TikTok di Eropa, dan ambang batas periode penguasaan pasar.

    Bytedance menyatakan kecewa dengan keputusan tersebut. Namun tetap berjanji akan mengambil langkah mematuhi kewajiban relevan dari aturan tersebut.

    “Sekarang kami akan melakukan evaluasi langkah selanjutnya, kami mengambil langkah mematuhi kewajiban relevan aturan sebelum tenggat Maret,” jelas perusahaan.

    Bytedance mengatakan hasil pengadilan bisa melemahkan tujuan UU Pasar Digital. Yakni akan melindungi lebih dulu perusahaan dominan dari pesaing baru seperti TikTok yang tidak punya posisi kuat, dikutip dari Reuters.

    Raksasa teknologi itu masih memiliki kesempatan untuk mengajukan banding ke pengadilan tertinggi di Eropa.

     

    (dem/dem)

  • Taktik China Gagalkan Apple Pindah Pabrik iPhone

    Taktik China Gagalkan Apple Pindah Pabrik iPhone

    Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa tahun terakhir Apple tengah berupaya untuk memindahkan produksi mereka dari China ke negara lain seperti India.

    Namun, upaya untuk mengalihkan sebagian besar lini produksi iPhone tersebut tampaknya menghadapi tantangan baru.

    Pemerintah China diduga menerapkan strategi non formal untuk menghambat pergeseran ini dengan menunda, bahkan menolak, ekspor peralatan penting yang dibutuhkan untuk mendukung proses manufaktur di India.

    Mengutip laporan The Information, sejumlah otoritas China dilaporkan mulai mempersulit proses persetujuan ekspor bagi peralatan yang dibutuhkan Apple dan mitra-mitra produksinya.

    Salah satu kasus yang diungkap adalah penolakan izin pengiriman peralatan penting dari salah satu pemasok China yang terlibat dalam uji coba produksi iPhone 17.

    Untuk mengatasi hambatan tersebut, perusahaan terkait dilaporkan harus memutar jalur pengiriman melalui perusahaan perantara di Asia Tenggara sebelum akhirnya sampai di fasilitas Foxconn India, mitra utama produksi Apple.

    Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa proses persetujuan ekspor yang sebelumnya hanya memakan waktu beberapa minggu kini dapat memakan waktu hingga empat bulan. Dalam beberapa kasus, permohonan ekspor bahkan ditolak tanpa penjelasan.

    Langkah ini dinilai sebagai bagian dari strategi terselubung pemerintah China untuk mempertahankan dominasi dalam rantai pasok global, khususnya pada sektor teknologi tinggi.

    Apple saat ini tengah mempercepat diversifikasi produksi dengan memperluas operasi manufakturnya di India, sebagai respons terhadap risiko geopolitik serta perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

    Saat ini, sekitar 20% dari total produksi iPhone telah dilakukan di India, dan Apple menargetkan peningkatan hingga 50% dalam beberapa tahun ke depan.

    Strategi tersebut didorong oleh berbagai masalah geopolitik, mitigasi risiko rantai pasokan, dan insentif dari negara-negara seperti India yang ingin meningkatkan produksi dalam negeri.

    Namun, taktik yang dilakukan otoritas China ini berpotensi menghambat pencapaian target tersebut.

    (wia)

  • Prince of Persia: The Lost Crown Hadir di App Store, Ini Pengalaman Main di iPhone 16 Pro Max! – Page 3

    Prince of Persia: The Lost Crown Hadir di App Store, Ini Pengalaman Main di iPhone 16 Pro Max! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Setelah meluncur di konsol dan PC pada Januari 2024, Prince of Persia: The Lost Crown kini tersedia di App Store untuk perangkat iOS dan iPadOS sejak 14 April 2025.

    Game genre aksi-petualangan bergaya Metroidviania ini membawa kembali nuansa klasik seri Prince of Persia, dengan sentuhan lebih modern dan dioptimalkan untuk perangkat mobile.

    Menariknya, seri pertama Prince of Persia memiliki sejarah panjang dengan Apple. Versi pertama game ini hadir di Apple II pada 1989. Setelah hampir 36 tahun, game ini kembali hadir di rumah lamanya–tetapi dalam format lebih modern dan cerita baru.

    Prince of Persia: The Lost Crown kini tersedia di iPhone dan iPad. Bagaimana performanya di iPhone 16 Pro Max? Simak ulasan lengkap tim Liputan6.com.

    Prince of Persia: The Lost Crown di iPhone 16 Pro Max

    Dengan dukungan chipset A18 Pro dan layar ProMotion 120Hz, game besutan Ubisoft ini tampil luar biasa di iPhone 16 Pro Max. Grafik game terlihat tajam, warna lebih hidup, dan animasi cutscene pun berjalan mulus tanpa hambatan.

    Selama sesi bermain lebih dari dua jam, iPhone 16 Pro Max tetap adem dan tidak menunjukkan penuruan performa. Ini menjadi bukti Ubisoft dan Apple serius mengoptimalkan game kelas konsol ini untuk mobile.

  • Warga AS Ramai-ramai Serbu Produk China, Tarif Trump Sia-sia

    Warga AS Ramai-ramai Serbu Produk China, Tarif Trump Sia-sia

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Muncul fenomena baru yang menunjukkan solidaritas warga Amerika Serikat (AS) ke pedagang ritel China, menyusul perang dagang yang sengit antara AS dan China.

    Para pedagang China beramai-ramai mempromosikan produk-produk mewah dengan harga miring. Mereka membanjiri TikTok dan media sosial lainnya untuk menyasar pembeli dari AS.

    Para pedagang China mengklaim warga AS bisa membeli legging dan tas mewah yang mirip produk bermerek Lululemon, Hermes, dan Birkenstock, tetapi dengan harga lebih murah.

    Mereka mengklaim merek-merek mewah tersebut diproduksi di pabrik-pabrik China yang sama dengan barang yang mereka jajakan di media sosial.

    Influencer AS turut mempromosikan video-video dari pedagang China. Hal ini mendorong jumlah download aplikasi e-commerce China seperti DHGate dan Taobao di AS.

    Warga AS mewaspadai harga-harga barang yang melonjak tinggi akibat tarif Trump ke barang impor China dengan duluan membeli barang-barang tersebut via e-commerce China.

    Alhasil, DHGate langsung masuk jejeran ‘Top 10’ aplikasi paling banyak di-download di toko aplikasi Apple dan Google sepanjang pekan lalu.

    Video-video dari para pedagang China mendulang popularitas di TikTok dan Instagram. Mereka menghimpun jutaan view dan ribuan like. Unggahan-unggahan itu berhasil mendorong simpati warga AS terhadap China di tengah perang dagang yang dilancarkan Presiden AS Donald Trump.

    Trump memberlakukan tarif resiprokal sebesar 145% untuk barang-barang impor dari China yang masuk ke AS. China balas dendam dengan menetapkan tarif 125% untuk barang-barang impor AS yang dijual ke negaranya.

    “Trump menginjak-injak negara yang salah. China menang dalam perang ini,” kata salah satu netizen AS, dikutip dari The Economic Times, Jumat (25/4/2025).

    Media sosial menjadi jalur komunikasi langsung antara pemilik pabrik dan pedagang China dengan konsumen AS. Warga AS ramai menunjukkan protes terhadap keputusan pemerintahan Trump, sama seperti aksi penolakan saat TikTok hendak diblokir di AS.

    “Fenomena ini mengaktivasi pandangan politik warga AS, sama seperti yang terjadi saat TikTok hendak diblokir. Saat ini konteksnya adalah tarif dan hubungan kedua negara secara umum,” kata Matt Pearl, direktur yang fokus pada isu teknologi di Center for Strategic and International Studies.

    “Hal ini menunjukkan kemampuan komunikasi antara pedagang China dan konsumen AS, sekaligus memperlihatkan ketergantungan AS dengan barang-barang asal China,” kata dia.

    Jumlah video yang mendorong warga AS membeli langsung produk dari pabrik China meningkat 250% sepanjang pekan hingga 13 April 2025, menurut analis Graphika, Margot Hardy.

    Di TikTok, tagar #ChineseFactory (pabrik China) menghimpun 29.500 unggahan per 23 April 2025. Di Instagram, jumlahnya mencapai 27.300.

    Pakar ritel dan vendor di China mengatakan tidak mungkin video viral yang mengklaim sebagai produsen merek seperti Lululemon dan Hermes, menjual produk asli dari merek tersebut.

    Pasalnya, pabrik-pabrik merek mewah tersebut biasanya telah menandatangani perjanjian kerahasiaan yang ketat dan tidak mungkin menghancurkan hubungan jangka panjang mereka dengan merek-merek besar sebagai imbalan atas penjualan langsung beberapa barang, kata Sucharita Kodali, analis ritel di Forrester.

    Kodali berasumsi viralnya video-video dari produsen China di media sosial sepertinya diizinkan oleh pemerintah China.

    “Kepentingan Lululemon atau Chanel saat ini di China mungkin berada di urutan ke-100 dalam daftar hal-hal yang menjadi perhatian menteri perdagangan dan pejabat China di sana,” kata Kodali.

    Para produsen mungkin juga sedang terburu-buru untuk menutup penjualan sebelum tarif baru pada tanggal 2 Mei 2025 mendatang.

    Warga AS Jadi Mitra Afiliasi Ecommerce China

    Elizabeth Henzie, 23, dari Mooresville, North Carolina, mengatakan bahwa ia merasa biaya produksi dan harga eceran yang dijelaskan dalam video tersebut sangat mengejutkan.

    Ia membuat sheet khusus berisi pabrik-pabrik yang mengklaim menjual tiruan sneaker, tas mewah, dan lainnya, dan menautkannya di profil TikTok miliknya. Postingan tersebut telah menarik lebih dari 1 juta penayangan.

    Henzie kini bekerja sebagai mitra afiliasi untuk DHGate. Ia akan menerima produk gratis dari perusahaan tersebut untuk video ulasan dan komisi jika orang melakukan pembelian melalui tautannya. Ia yakin orang-orang di China pada dasarnya berusaha membantu warga AS.

    “Melihat banyak negara yang bersatu untuk mencoba membantu konsumen AS telah menggenjot moral saya,” kata Henzie.

    “Meski kondisi di AS saat ini buruk, menurut saya hal ini mendorong warga untuk lebih solid,” ia menjelaskan.

    TikTok yang dimiliki ByteDance asal China mengatakan telah menghapus beberapa video viral yang mempromosikan barang-barang mewah asal China. Menurut platform, beberapa video tersebut menyalahi kebijakan perusahaan dengan mempromosikan produk palsu.

    Namun, banyak yang mengunggah ulang video-video tersebut. Bahkan banyak video lawas tentang manufaktur China yang tersebar di linimasa media sosial di tengah isu tarif yang kontroversial.

    TikTok menolak berkomentar lebih lanjut. Instagram yang dimiliki Meta juga menolak berkomentar terkait video viral dari China.

    Pedagang China Berdarah-darah

    Para pedagang China mengatakan mereka mengunggah video-video tersebut saat penjualan anjlok. Yu Qiule, 36, pemilik pabrik di Shandong yang memproduksi peralatan fitness, mengatakan ia mulai mengunggah video di TikTok sejak pertengahan Maret 2025.

    Tujuannya adalah mencari konsumen lebih banyak setelah isu tarif menyebabkan gelombang pembatalan pesanan ke pabriknya.

    Louis Lv, general manager untuk ekspor di Hongye Jewelry Factory di Yiwu, Zhejiang, mengatakan perusahaannya mulai mengunggah di TikTok sejak akhir 2024. Kala itu, penjualan domestik mulai menunjukkan penurunan.

    Namun, video-videonya mulai banyak ditonton sejak pemerintahan Trump mengumumkan kebijakan tarif ke produk-produk impor China.

    “Filosofi pebisnis China adalah kami akan pergi ke manapun bisnis berada,” kata dia.

    Hermes Buka Suara

    Salah satu video viral di TikTok menunjukkan seorang pria yang memegang tas mirip Hermes Birkin. Ia mengklaim harga produksi tas mewah tersebut kurang dari US$1.400. Namun, Hermes menjualnya seharga US$38.000.

    Video itu sudah dihapus dari TikTok, tetapi banyak yang mengunggahnya kembali. Pria tersebut mengklaim pabrik di China menggunakan kulit dan hardware serupa Hermes Birkin. Bedanya, tak ada logo Hermes yang terpasang. Tas itu ditawarkan seharga US$1.000.

    Juru bicara Hermes mengatakan tas-tas mereka diproduksi 100% di Prancis dan menolak berkomentar lebih lanjut.

    Juru bicara Birkenstock juga menanggapi video-video yang menunjukkan produk tiruan perusahaannya. Birkenstock mengatakan produknya dirancang dan diproduksi di Uni Eropa. Perusahaan telah menghubungi TikTok dan video tersebut dihapus pada 15 April 2025.

    Lululemon yang juga menjadi target video viral TikTok dari manufaktur China turut angkat bicara. Manufaktur China mengklaim menjual legging serupa Lululemon dengan harga US$5.

    Lululemon telah menghubungi TikTok untuk menghapus konten tersebut. Lululemon juga menegaskan pihaknya tidak bekerja dengan pabrik-pabrik yang mengunggah video viral di TikTok. Perusahaan mewanti-wanti agar konsumen tak terkecoh dengan produk dan informasi palsu.

    (fab/fab)

  • Harga Paket Bundling iPhone 16 Telkomsel Diskon Jutaan Rupiah

    Harga Paket Bundling iPhone 16 Telkomsel Diskon Jutaan Rupiah

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel menghadirkan paket bundling eksklusif iPhone 6 bagi pengguna pascabayar Telkomsel Halo.

    Mulai 11 April 2025, pelanggan dapat membeli bundling ini secara offline di GraPARI, maupun di mitra perangkat Telkomsel, seperti Digimap, Digiplus, Hello Store, Blibli Store, Tukar Tambah Store, iBox, hingga Erafone.

    Paket bundling ini berlaku untuk seluruh lini iPhone 16, yakni iPhone 16 Pro Max, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Plus, iPhone 16, dan iPhone 16e.

    Terdapat dua opsi utama yang ditawarkan:

    1. Halo+ iPhone Bold 100K 24 Bulan

    Harga: Rp 1.332.000
    Skema: Bayar paket 12 bulan mendapatkan langganan paket selama 24 bulan
    Total kuota data: Total kuota 1392 GB, bonus data eSIM 240 GB untuk 24 bulan. Atau paket data 58 GB dan data eSIM 10 GB tiap bulan.
    Kuota telepon & SMS: 1.920 menit + 1.920 SMS ke semua operator selama 24 bulan
    Cashback: Hingga Rp 2 juta dalam bentuk Telkomsel Poin untuk pembelian offline

    2. Halo+ iPhone Bold 100K 12 Bulan via TShop

    Harga: Rp 999.000 (bayar 9 bulan)
    Kuota data: Paket data 66 GB per bulan dan bonus kuota eSIM hingga 8 GB per bulan
    Potongan harga: Hingga Rp 1 juta via Telkomsel Poin untuk pelanggan eksisting

    Semua varian iPhone 16 telah mendukung teknologi eSIM Telkomsel, yang memungkinkan pelanggan untuk tetap terkoneksi tanpa menggunakan kartu SIM fisik. Untuk aktivasi eSIM bisa diakses melalui laman resmi telkomsel.com/esim.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, mengatakan bahwa penawaran ini memberikan akses ke perangkat iPhone terbaru dari Apple.

    “Lebih dari sekadar perangkat yang kuat, kami berharap paket ini dapat membuka pintu menuju pengalaman gaya hidup digital yang lebih kaya-mulai dari streaming video berkualitas tinggi di MAXstream, menikmati jutaan lagu di Langit Musik, bermain mobile game yang imersif, hingga tetap terhubung dengan orang-orang terdekat tanpa hambatan,” kata Heng.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai bundling ini, pelanggan bisa mengunjungi laman resmi telkomsel.com/iPhone16 atau tsel.id/shop-iphone16.

    (dem/dem)

  • Intip Spesifikasi dan Harga Honda Civic RS per April 2025

    Intip Spesifikasi dan Harga Honda Civic RS per April 2025

    Jakarta

    Honda Prospect Motor (HPM) telah menghadirkan All New Honda Civic RS di Tanah Air pada 2021 silam. Sedan sporty ini mengusung mesin mumpuni dan segudang fitur canggih. Berapa harganya per April 2025?

    Meski dikenal sebagai salah satu model legendaris Honda, tetapi HPM hanya memasukkan satu jenis All New Civic ke Indonesia, yakni trim RS. Sebagai sebuah ‘RS’, All New Honda Civic hadir dengan aura yang serba sporty dan gagah.

    Ingin tahu berapa harga Honda Civic RS terbaru? Lalu seperti apa spesifikasi sedan sporty tersebut? Simak ulasan singkatnya dalam artikel ini.

    Harga Honda Civic RS April 2025

    Mengutip laman resmi Honda Indonesia, harga Honda Civic RS per April 2025 dipatok sebesar Rp 626.300.000. Harga tersebut merupakan On The Road (OTR) Jakarta dan kepemilikan mobil pertama.

    Honda Civic RS hadir dalam empat pilihan warna di Tanah Air, yakni Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, dan Platinum White Pearl.

    Tampilan Luar Honda Civic RS

    Secara umum, All New Honda Civic RS punya tampilan sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Bagian grille-nya tidak terlalu besar dan diapit oleh dua buah lampu LED yang desainnya menyempit.

    Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Dari sisi samping, Honda Civic RS terlihat lebih dinamis dan sporty. Adanya tarikan garis tegas di bagian samping, side skirt, dan penggunaan velg alloy berukuran 17 inci menjadi nilai tambah yang membuat sedan ini nampak keren.

    Dimensi panjang dari All New Civic RS ini adalah 4.676 mm, lebarnya 1.802 mm, dan tingginya masih sama dengan model yang lama, yaitu di 1.415 mm.

    Melihat sisi belakangnya, Honda menyematkan spoiler berwarna hitam yang ukurannya tergolong sedang. Honda Civic RS mengusung model knalpot dua buah yang menguatkan kesan sporty.

    Interior Honda Civic RS

    Masuk ke dalam kabinnya, All New Honda Civic RS mengusung aura canggih dan modern. Terdapat layar 10,2″ Interactive TFT Meter Cluster yang menampilkan animasi menarik.

    Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Honda menyematkan layar entertainment sentuh yang terintegrasi dengan mobil. Fitur-fitur kekinian tentu sudah ada di layar entertainment ini, seperti Android Auto hingga Apple CarPlay.

    Punya wheelbase yang lebih panjang dari model sebelumnya memberi nilai plus bagi Honda Civic RS. Ruang kabin belakang terasa lebih luas, meski punya ruang kepala yang tidak terlalu lega.

    Di belakang, Honda menyematkan kisi AC tambahan agar penumpang belakang tidak khawatir kegerahan. Selain itu, ada juga port pengecasan berjumlah dua buah yang diletakkan persis di bawah kisi AC-nya.

    Spesifikasi Mesin Honda Civic RS

    Membahas soal mesinnya, All New Honda Civic RS mengusung mesin 1.5 liter DOHC VTEC Turbo dengan sentuhan baru. Tenaga maksimalnya mencapai 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada 4.500 rpm.

    Honda menghadirkan fitur mode berkendara pada Civic RS ini. Tersedia fitur SPORT Mode untuk pengaturan performa yang lebih agresif dan didukung fitur Paddle Shift untuk kendali perpindahan transmisi yang lebih sporty. Selain itu, ada juga ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara yang lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

    Fitur Canggih di Honda Civic RS

    Dari segi fiturnya, Honda menyematkan teknologi Walk-Away Auto Lock pada All New Honda Civic RS. Teknologi ini dapat membantu pengendara lebih mudah mengontrol dan terkoneksi dengan mobil. Fitur itu akan mengunci pintu secara otomatis ketika pengendara berjalan sejauh minimal 1,5 meter dari kendaraan.

    Terdapat juga fitur Rear Seat Reminder yang memberikan informasi pada panel instrumen bahwa terdapat objek yang tertinggal di bagian belakang kabin apabila sebelumnya pengendara telah membuka pintu belakang.

    Kemudian, Honda Civic RS juga mengusung fitur Smart Key Card sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas. Kunci yang berbentuk seperti kartu ini akan memungkinkan pengendara untuk dapat mengakses fitur-fitur unggulan seperti One Push Ignition System, Smart Entry System serta Walk-Away Auto Lock.

    Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

    Tak lupa, pabrikan Jepang tersebut menyematkan fitur Honda SENSING pada All New Civic RS. Teknologi Honda SENSING pada All New Honda Civic RS meliputi: Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow, Auto-High Beam, serta Lead Car Departure Notification System (LCDN).

    Honda Civic RS juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti Honda LaneWatchTM yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot, 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACE with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor dan Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

    Demikian spesifikasi dan harga Honda Civic RS per April 2025. Tertarik untuk membelinya?

    (ilf/fds)

  • iPhone 17 Air Segera Meluncur, Jadwalnya Sudah Ada

    iPhone 17 Air Segera Meluncur, Jadwalnya Sudah Ada

    Jakarta, CNBC Indonesia – Seri iPhone 17 dilaporkan akan meluncur pada September 2025 mendatang. Salah satu varian baru yang digadang-gadang akan hadir adalah ‘iPhone 17 Air’.

    Bocoran soal iPhone 17 Air dengan desain super tipis sudah ramai beredar di jagat maya. Bahkan, tipster kawakan Majin Bu membagikan foto yang menunjukkan ponsel tersebut sudah mulai dijual di toko-toko HP di China.

    iPhone 17 Air yang mulai beredar di pasar China adalah perangkat CAD (Computer-Aided Design) alias unit tiruan yang dirancang dengan software komputer.

    Produk iPhone 17 Air versi CAD memperlihatkan desain kamera yang benar-benar berbeda dari seri iPhone sebelumnya. Kamera ditempatkan pada panel memanjang ke samping.

    Berkat desainnya yang super tipis, ada beberapa spesifikasi yang ‘dikorbankan’. Salah satunya, iPhone 17 Air dikabarkan hanya memiliki satu kamera (single-camera) di sisi belakang.

    Selain itu juga ponsel ini hanya memiliki satu sisi speaker (single speaker). Chip-nya juga mentok di A19, bukan A19 Pro seperti model iPhone 17 Pro.

    Beberapa pihak khawatir desain tipis iPhone 17 Air akan turut mengorbankan ketahanan baterai yang lebih kecil. Namun, rumor lainnya menyebut ketahanan baterai iPhone 17 Air akan lebih awet dari yang diprediksi. Hal ini berkat modem C1 yang dikembangkan secara internal dan mulai disematkan pada iPhone 16e keluaran awal tahun ini.

    Berikut beberapa kumpulan rumor iPhone 17 Air yang sudah beredar, dikutip dari MacRumors, Jumat (25/4/2025):

    Ketebalan perangkat ‘hanya’ 5,5mm, tetapi kemungkinan pada bagian kamera akan menonjol hingga 9,5mm.
    Layar OLED 6,6-inci dengan FaceID dan Dynamic Island
    Dukungan ProMotion dengan refresh rate 120Hz
    Single-camera di bagian belakang beresolusi 48MP
    Kamera depan beresolusi 24MP
    Single speaker di bagian earpiece, tak ada bottom speaker
    Chip Wi-Fi 7
    Modem C1 untuk konektivitas seluler
    eSIM, tak ada slot kartu SIM fisik
    port USB-C
    Baterai dengan ketahanan mumpuni
    Tombol Camera Control
    Tombol Action
    MagSafe
    RAM 12GB untuk mengakomodir kinerja Apple Intelligence

    Itu dia beberapa daftar bocoran iPhone 17 Air yang segera tiba pada tahun ini. Namun, informasi ini belum bisa dipercaya 100% karena belum dikonfirmasi oleh Apple. Kita tunggu saja!

    (fab/fab)

  • Gandeng Apple, IM3 Luncurkan Bundling iPhone 16 untuk Gaya Hidup Digital Next Level – Halaman all

    Gandeng Apple, IM3 Luncurkan Bundling iPhone 16 untuk Gaya Hidup Digital Next Level – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Setelah sukses memperkenalkan wajah baru layanan pascabayarnya tahun lalu, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan layanan telekomunikasi “Next Level”  yang simpel, premium, dan eksklusif. 

    Terbaru, IM3 menjalin kolaborasi strategis bersama Apple untuk menghadirkan bundling eksklusif IM3 Platinum dengan iPhone 16. Peluncuran ini menandai komitmen IM3 dalam menghadirkan teknologi terbaik berkelas dunia lebih dekat dengan para pelanggannya.

    “Kolaborasi ini merupakan awal dari komitmen jangka panjang IM3 Platinum bersama Apple untuk terus menghadirkan inovasi dan solusi relevan bagi pelanggan Indonesia,” tutur Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

    “Melalui bundling iPhone 16, kami menghadirkan layanan pascabayar premium yang sepadan dengan kecanggihan teknologi Apple, menjadikan IM3 Platinum sebagai pilihan utama bagi pelanggan yang mencari nilai lebih dalam satu paket eksklusif,” lanjut Ritesh.

    Sementara itu, Joy Wahjudi selaku CEO Erajaya Digital juga menilai bahwa kolaborasi ini tak hanya menjawab tingginya antusiasme masyarakat akan produk Apple, tetapi juga membawa nilai tambah bagi pelanggan.

    ”Kami optimis bundling IM3 Platinum akan mempercepat penetrasi iPhone 16 di pasar serta memberikan pengalaman eksklusif yang belum pernah ada sebelumnya,” ungkap Joy.

    Bundling eksklusif untuk pengalaman digital yang “Next Level”

    Bundling IM3 Platinum dengan iPhone 16 ini menawarkan kuota besar hingga 200GB, cicilan ringan mulai dari Rp1,5 juta per bulan melalui Home Credit, dan sudah mendukung layanan eSIM. 

    Dengan eSim, pengguna bisa langsung terhubung ke jaringan tanpa perlu kartu fisik. Tak hanya itu, pelanggan juga akan merasakan Platinum Network Experience, layanan berbasis AI yang memberikan akses jaringan prioritas. 

    Didukung Platinum Assistance, pelanggan bisa langsung terhubung ke call center tanpa harus melalui mesin penjawab, hanya dalam waktu maksimal 30 detik. Semua dirancang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang cepat, mudah, dan nyaman.

    Menandai peluncuran bundling eksklusif ini, IM3 Platinum dan iBox menggelar “Platinum Day with iPhone 16: Next Level, Unlocked!” pada 26–27 April 2025 di Main Atrium Senayan City, Jakarta. 

    Acara ini akan dimeriahkan oleh Sal Priadi yang hadir secara langsung untuk menyapa pelanggan IM3 Platinum di Platinum Lounge. 

    Dalam event peluncuran ini, pengunjung berkesempatan meraih beragam promo menarik seperti Cashback Trade-in hingga Rp 1.5juta, spin wheel berhadiah senilai hingga Rp 2juta, dan Gratis Apple Power Adapter untuk 1.000 pembeli pertama, dan bebas hingga 2x cicilan dengan bunga 0 persen s.d. 24 bulan khusus nasabah BCA, BNI, BRI, BSI, CIMB, DBS, HSBC, Permata, dan Mandiri.

    Semua varian iPhone 16, mulai dari iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, iPhone 16, iPhone 16 Plus, hingga iPhone 16e, tersedia dalam bundling ini. Didukung Apple Silicon generasi terbaru, daya tahan baterai luar biasa, kamera canggih, dan sistem operasi iOS 18, iPhone 16 menjadi produk tercanggih dari Apple hingga saat ini.

    Bundling eksklusif IM3 Platinum dan iPhone 16 tersedia di jaringan mitra resmi seperti Digimap, iBox, dan Hello. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan di im3.id/platinum.

  • Lampaui Google, Bitcoin jadi salah satu aset paling berharga

    Lampaui Google, Bitcoin jadi salah satu aset paling berharga

    Arsip – Pelaku bisnis kripto memantau grafik perkembangan nilai aset kripto Bitcoin di Malang, Jawa Timur, Sabtu (12/3/2022). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/rwa)

    Indodax: Lampaui Google, Bitcoin jadi salah satu aset paling berharga
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 25 April 2025 – 15:53 WIB

    Elshinta.com – CEO Indodax Oscar Darmawan mengungkapkan Bitcoin kembali menunjukkan kekuatan dengan menembus peringkat lima besar aset paling bernilai di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. Berdasarkan data dari CompaniesMarketCap pada 23 April 2025, tambahnya, Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar sebesar 1,870 triliun dolar AS, melampaui dua raksasa teknologi global yakni Alphabet (Google) dan Amazon, serta logam mulia Silver.

    “Pencapaian ini sebagai sinyal kuat bahwa Bitcoin bukan lagi dianggap sebagai aset eksperimental. Ini adalah validasi global bahwa Bitcoin telah menjadi salah satu aset paling berharga di dunia,” ujar Oscar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

    Posisi Bitcoin saat ini berada di bawah NVIDIA yang mencatat kapitalisasi pasar sebesar 2,412 triliun dolar AS, sementara itu Alphabet (Google) tepat di bawah Bitcoin dengan nilai kapitalisasi 1,859 triliun dolar AS, disusul Silver sebesar 1,849 triliun dolar AS dan Amazon sebesar 1,837 triliun dolar AS.

    Kenaikan peringkat tersebut, lanjutnya, menempatkan Bitcoin sebagai satu-satunya aset digital dalam daftar 10 besar aset global, mempertegas posisi strategisnya dalam lanskap keuangan dunia.

    Ia menjelaskan peningkatan kapitalisasi ini tidak datang secara instan, namun kenaikan nilai Bitcoin, yang saat ini diperdagangkan di kisaran 94.000 dolar AS atau naik lebih dari 16,5 persen dalam 30 hari terakhir, merupakan hasil dari kepercayaan investor global yang terus meningkat.

    Di atas Bitcoin, empat aset dengan kapitalisasi pasar terbesar adalah emas dengan nilai mencapai 22,344 triliun dolar AS, Apple dengan 3,000 triliun dolar AS, Microsoft sebesar 2,726 triliun dolar AS, serta NVIDIA di posisi keempat dengan 2,412 triliun dolar AS.

    Bitcoin, tambahnya, kini menjadi satu-satunya aset digital yang berhasil memasuki dominasi aset konvensional seperti logam mulia dan saham teknologi raksasa.

    Selisih Bitcoin dengan Alphabet hanya sekitar 11 miliar dolar AS, dengan Silver sekitar 21 miliar dolar As, dan dengan Amazon sekitar 33 miliar dolar AS, menurut Oscar bukan hanya menunjukkan dominasi Bitcoin, tetapi juga memperlihatkan daya tariknya yang terus tumbuh dari waktu ke waktu.

    “Kami melihat tren positif di pasar Indonesia. Pengguna aktif (Bitcoin) terus bertambah, dan volume transaksi semakin bertambah. Bitcoin kini bukan sekadar alat lindung nilai, tapi juga bagian dari strategi diversifikasi aset yang rasional dan modern,” katanya.

    Menurut dia pergeseran ini sebagai momentum penting untuk memperkuat edukasi dan infrastruktur layanan kripto di Indonesia.

     

    Sumber : Antara