Semarang, Beritasatu.com – Sebagai anak perusahaan dari Astra International, AstraPay terus menunjukkan perkembangan pesat di industri pembayaran digital Indonesia. Berkat fitur-fitur canggih dan berbagai promo menarik seperti cashback dan diskon, AstraPay kini menjadi pilihan utama masyarakat untuk transaksi nontunai.
Salah satu pengguna setia AstraPay adalah Ellya Amalia, warga Kota Semarang. Ia mulai menggunakan AstraPay sejak 2022 dan kini mengandalkannya untuk berbagai kebutuhan harian, mulai dari membayar listrik, tagihan air, pulsa, hingga cicilan kredit.
“Dari tahun 2022 sudah mulai pakai. Awalnya tahu kalau Astra launching transaksi digital. Seringnya buat bayar listrik, token, bayar air, bayar pulsa, sampai cicilan kredit,” kata Ellya, Sabtu (31/5/2025).
Ellya, yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, mengaku aplikasi AstraPay sangat membantunya dalam kehidupan sehari-hari yang serbacepat. AstraPay juga ia manfaatkan untuk membayar transportasi umum, seperti Bus BRT Trans Semarang.
“Top up AstraPay cukup mudah. Bisa bayar apa saja lewat satu aplikasi, itu jadi memudahkan. Kemarin naik BRT juga pakai AstraPay,” lanjutnya.
Tak hanya praktis, Ellya juga sering mendapatkan cashback saat bertransaksi menggunakan AstraPay. Ia bahkan mengaku bisa memperoleh cashback hingga 80% saat membeli kopi favoritnya.
“Ini lumayan cashback-nya, tadi beli Kopi Kenangan juga dapat cashback, ini kesukaan ibu-ibu kalau masalah diskon-diskon gini,” ujarnya sambil tertawa.
Pertumbuhan Transaksi AstraPay Meningkat
CEO AstraPay, Reny Futsy Yama menyampaikan transaksi melalui AstraPay terus meningkat setiap tahunnya. Pada kuartal I 2025, terjadi kenaikan transaksi sebesar 19% di sektor transportasi publik.
“Tren ini dipengaruhi oleh integrasi dengan berbagai layanan transportasi, seperti Transjakarta, MRT Jakarta, serta ekosistem transportasi lainnya. Bahkan saat ini penggunanya sampai 15,8 juta,” jelas Reny.
Menurut Reny, meningkatnya adopsi pembayaran digital mencerminkan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin mengutamakan kecepatan, keamanan, dan kenyamanan dalam bertransaksi.
“AstraPay hadir sebagai solusi mengintegrasikan teknologi dengan kebutuhan mobilitas urban, memastikan pengalaman perjalanan yang seamless dan terjangkau bagi seluruh pengguna,” tambahnya.
Laporan Bank Indonesia mencatat, nilai transaksi uang elektronik sepanjang 2024 mencapai lebih dari Rp 700 triliun, meningkat sekitar 20% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menjadi dorongan bagi AstraPay untuk terus mendorong peningkatan literasi keuangan digital masyarakat Indonesia.
