BCA Mobile Error Senin Pagi, Pengguna: Mau Cek Saldo Aja Enggak Bisa
Penulis
JAKARTA, KOMPAS.com –
Senin pagi (29/9/2025) yang biasanya jadi waktu sibuk mempersiapkan aktivitas pekan, berubah penuh keluhan bagi sejumlah pengguna aplikasi BCA.
Bukan karena masalah koneksi internet, melainkan aplikasi BCA Mobile dan MyBCA yang tiba-tiba tak bisa digunakan.
Salah satu pengguna, Nadia (24), turut merasakan dampak aplikasi BCA yang
error
ini.
Awal Nadia hanya ingin melakukan
top up
dan cek saldo dompet digital BCA miliknya.Namun, alih-alih sukses, layar ponselnya justru berhenti pada tulisan “
sending
”.
“Awalnya aku mau isi saldo dompet digital lewat
virtual account
. Tapi loading terus, tulisannya ‘
sending
’. Padahal lampu indikator di kanan atas itu ijo. Aku kira koneksi internetku yang lemot. Tapi pas buka aplikasi lain bisa-bisa aja. Lalu aku keluar aplikasi, terus masuk lagi. Aku coba cek saldo, tulisannya masih sama,” tutur Nadia kepada
Kompas.com
, Senin.
Nadia lantas melakukan cek di media sosial untuk memastikan apakah kendala ini turut dikeluhkan pengguna lain.
“Pas cek di X, ternyata banyak yang ngeluhin M-Banking
error
juga,” tutur Nadia.
Kisah serupa dialami Abdul (40), yang merasa repot karena transaksi awal pekannya terhambat akibat BCA Mobile
error
Senin pagi ini.
“Bikin repot Senin pagi malah
error
, padahal mau transfer dan bayar ini itu buat pekan ini. Saya kira M-Banking saya ada masalah soalnya tandanya masih warna hijau, eh enggak tahunya BCA emang lagi
error
,” keluhnya.
Keluhan Nadia dan Abdul rupanya bukan kasus tunggal. Sejak sekitar pukul 06.00 WIB, linimasa media sosial X dipenuhi aduan serupa.
Seorang pengguna dengan nama akun @
detejktif
menulis, “
BCA error? Gua abis transfer uang ke BCA, uangnya dah kepotong tapi dari BCA nya malah begini
.”
Pengguna lain, @
taofikmuhammad
, mengomentari lamanya gangguan kali ini.
“
MyBCA dan BCA Mobile, sama-sama tidak bisa diakses. Mari kita lihat, seberapa lama BCA bisa handle error ini. Dulu sih, hitungan menit, gak tahu sekarang
.”
Menanggapi keluhan yang membanjiri media sosial, pihak BCA akhirnya buka suara.
EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah.
“Sehubungan dengan kendala yang dialami nasabah saat bertransaksi dengan produk layanan BCA, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” jelas Hera dalam keterangan resmi.
Hera memastikan tim teknis tengah melakukan pemulihan sistem. Ia juga mengingatkan nasabah agar berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan BCA.
“Jaga selalu kerahasiaan data perbankan Anda!” tegasnya.
Sambil menunggu perbaikan, BCA menyarankan beberapa langkah awal seperti memeriksa koneksi internet, me-
restart
aplikasi maupun ponsel, serta memperbarui aplikasi ke versi terbaru.
Jika kendala tetap berlanjut, nasabah dapat menghubungi Halo BCA melalui:
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
BCA Mobile Error Senin Pagi, Pengguna: Mau Cek Saldo Aja Enggak Bisa Megapolitan 29 September 2025
/data/photo/2025/09/29/68d9d6964f620.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)