Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.
Bandara KNIA proyeksikan penumpang angkutan Lebaran 2025 naik 5 persen
Dalam Negeri
Editor: Sigit Kurniawan
Jumat, 21 Maret 2025 – 21:32 WIB
Elshinta.com – PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara International Kualanamu melaksanakan apel kesiapan posko angkutan lebaran tahun 2025 yang ini menandakan kesiapan Bandar Udara Internasional Kualanamu dalam melayani para calon penumpang pada masa liburan Idul Fitri tahun ini di mana pelaksanaan posko angkutan lebaran berlangsung selama 22 hari dimulai pada tanggal 21 maret 2025 (H-10) sampai dengan 11 april 2025 (H+10).
President Director Of PT Angkasa Pura Aviasi, Yosrizal Syamsur menyampaikan, dibentuknya posko terpadu untuk integrasi seluruh stakeholder tersebut selalu menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan di area bandara agar pelaksanaan kegiatan selama posko berjalan dengan baik juga dibentuk posko monitoring untuk penginputan data, zoom meeting terkait kegiatan posko.
Selain itu Yosrizal juga menyebut bahwa untuk Traffic dan Prognosa Angkutan Lebaran 2025 diproyeksikan jumlah penumpang angkutan mudik lebaran tahun ini menignkat 5% dibandingkan 2024
“PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara International Kualanamu proyeksikan akan layani 507.605 ribu orang penumpang atau meningkat 5% dibandingkan dengan realisasi pada masa angkutan lebaran 2024 sebanyak 499.755 ribu orang penumpang,” sebut Yosrizal seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Jumat(21/03)
Selain itu Yosrizal juga menyampaikan bahwa untuk puncak arus mudik lebaran 2025 diperkirakanakan terjadi pada H-3 (28 Maret 2025) dengan jumlah penumpang 28.416 orang, sedangkan puncak arus balik lebaran 2024 akan terjadi pada H+7 (8 April 2025) dengan jumlah penumpang 25.789 orang.
Selama masa angkutan lebaran, terdata saat ini adanya extra flight dari maskapai Singapore Airlines (KNO-SIN-KNO) dan Pelita Air (KNO-CGK-KNO) dimana saat ini Airlines yang beroperasi di bandar udara internasional kualanamu berjumlah 14 maskapai.
Disimpulkan OTP (OnTime Performance) tertinggi didapatkan pada tahun 2019 dengan 94,03% dan terendah adalah tahun 2023 dengan 86,84%. Sementara terjadi peningkatan persentasi OTP jika di bandingkan antara tahun 2023 Vs 2024 sebesar 3,83%.
Sementara itu untuk Kesiapan Fasilitas Operasional, PT Angkasa Pura Aviasi Bandar Udara Internasional Kualanamu telah menyiapkan sejumlah 774 personil bandara yang terdiri dari AVSEC, ARRF, AMC, Teknik dan Service. Selain personil bandara telah disiagakan juga 29 personil external diantaranya personil TNI/POLRI, DISHUB, DINKES dan KKP.
Bukan hanya dalam kesiapan personil, moda transportasi darat juga disiapkan yang terdiri dari 60 unit bus, 20 unit taxi, 175 unit taxi online serta kereta api bandara yang melakukan perjalanan 24 trip perharinya.
Dan selama masa angkutan lebaran 2025, pemerintah resmi menurunkan harga tiket pesawat dalam negeri dengan kelas ekonomi sebessar 13 hingga 14 persen dalam periode pembelian tiket 1 maret 2025 sampai dengan 7 april 2025. Penurunan harga tiket berlaku selama 15 hari dengan jadwal penerbangan dari 24 maret 2025 hingga 7 april 2025.
PT Angkasa Pura Aviasi juga akan memberikan hampers kecil kepada penumpang, petugas airlines, ground handling, cleaning service pada saat idul fitri 1 syawal 1446H.
Sumber : Radio Elshinta