Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Aplikasi Digital Anak Perusahaan BNI Bisa Jadi Solusi bagi UMKM

Aplikasi Digital Anak Perusahaan BNI Bisa Jadi Solusi bagi UMKM

Jakarta, Beritasatu.com – Anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Hibank Indonesia (hibank) resmi memperkenalkan aplikasi perbankan digital bernama hi by hibank. Aplikasi ini dirancang sebagai solusi digital terpadu bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kami berharap kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ujar Direktur Utama Hibank Jenny Wiriyanto dikutip dari Antara, Minggu (23/2/2025).

Aplikasi hi by hibank hadir dengan berbagai fitur digital utama yang mendukung UMKM dalam perencanaan, pencatatan, pengelolaan, pembiayaan, serta pengembangan bisnis mereka.

Salah satu fitur unggulannya adalah hi-literasi, sebuah program edukasi digital yang membahas topik keuangan, investasi, dan manajemen usaha, dengan tujuan meningkatkan literasi finansial para pelaku UMKM.

Selain itu, ada fitur hi-chat yang memungkinkan pengguna berkonsultasi secara langsung dengan relationship manager digital guna merancang strategi keuangan bisnis mereka.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur hi-tung yang berfungsi sebagai alat perencanaan keuangan melalui kantong digital, hi-goal, dan hi-deposito.

Untuk membantu pencatatan transaksi harian, tersedia fitur hi-pos, yang memungkinkan analisis data guna mendukung pengambilan keputusan bisnis serta akses ke pembiayaan digital.

Dalam aspek pendanaan, hi by hibank menawarkan layanan hi-bijak dan hi-talang, yang merupakan fasilitas pinjaman berbasis ekosistem digital dengan pendekatan rantai pasok.

Pelaku usaha juga dapat mengoptimalkan operasional dan pemasaran bisnis mereka melalui fitur hi-UMKM, yang terintegrasi dengan berbagai platform media sosial.

“Dengan hadirnya aplikasi digital ini, kami tidak hanya menawarkan layanan perbankan digital, tetapi juga membuka peluang besar bagi UMKM untuk berkembang lebih jauh dan memperkuat perekonomian Indonesia,” kata Jenny.

Sementara itu, Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menuturkan, peluncuran hi by hibank melengkapi proses transformasi digital yang dilakukan oleh BNI Group.

BNI, yang menguasai 63,9% saham hibank, menargetkan anak perusahaannya ini sebagai sumber pertumbuhan jangka panjang.

Sebagai informasi, hibank mencatat total aset sebesar Rp 17,8 triliun pada 2024, mengalami pertumbuhan sebesar 22% dibanding tahun sebelumnya atau secara year on year (yoy).

Sementara itu, total pinjaman meningkat sebesar 75% yoy menjadi Rp 10,5 triliun, dengan rasio kredit bermasalah (NPL) tetap terjaga di angka 0,8%. Dana Pihak Ketiga (DPK) juga mengalami kenaikan 33% yoy, mencapai Rp 12,6 triliun yang melengkapi kehadiran aplikasi digital untuk UMKM ini.

Merangkum Semua Peristiwa