agama: Islam

  • Palmeera Lounge Dukung Ekosistem Umrah-Haji Lewat Fasilitas Premium

    Palmeera Lounge Dukung Ekosistem Umrah-Haji Lewat Fasilitas Premium

    Jakarta: Berawal dari niat mulia untuk memanjakan jamaah ibadah Umrah dan Haji, Palmeera Lounge kini resmi beroperasi di Terminal 2F Gate 6 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

    Terminal 2 Soetta sendiri saat ini menjadi pintu keberangkatan jamaah Umrah dan Haji, hal ini menjadikan Palmeera Lounge sebagai fasilitas ideal yang dapat dinikmati para jamaah.

    Secara umum, Palmeera menawarkan sejumlah fasilitas premium layaknya hotel bintang lima. Tidak sebatas ruang tunggu yang cozy, namun fasilitas penunjang yang ada di area ini juga dibuat dengan mengedepankan unsur kenyamanan. 

    Kehadiran Palmeera Lounge sebagai sarana tempat beristirahat ini tidak lepas dari keinginan Pemerintah Republik Indonesia yang membutuhkan sentralisasi untuk jamaah Haji dan Umrah agar lebih nyaman dan rapi di satu lokasi. 

    Hal ini disampaikan oleh Bapak Erick Tohir yang saat itu menjabat sebagai Menteri BUMN, pada bulan Januari 2025 silam, sebelum peresmian yang dilakukan oleh Presiden Prabowo Subianto.

    Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa perlu membangun ekosistem yang baik dalam tata kelola keberangkatan jamaah Umrah dan Haji yang melalui Bandara Soekarno-Hatta.

    Ia mendorong untuk dilakukan perpindahan penerbangan keberangkatan ke Mekkah dan Madinah dari Terminal 3 ke Terminal 2 seperti Garuda Indonesia dan Lion Air. Ke depannya, penerbangan Umrah-Haji yang masih dari Terminal 3 seperti Saudi Airlines juga diharapkan pindah ke Terminal 2 sehingga keberangkatan jamaah Umrah-Haji benar-benar terfokus di satu lokasi (Terminal 2). 
     

    Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto menekankan, dengan formula sentralisasi ini, maka proses persiapan dan keberangkatan jamaah lebih mudah diatur dan para jamaah dapat beribadah dengan aman dan nyaman sejak awal keberangkatan. 

    Managing Director Palmeera Lounge, Tomi Isnawan juga menyambut baik arahan presiden. Menurutnya, dengan kepindahan maskapai Saudi Airlines di Terminal 2, maka lebih banyak lagi jamaah Indonesia yang bisa merasakan manfaat fasilitas Palmeera Lounge. 

    “Kita tahu bahwa saat ini sebagian penerbangan untuk Umrah dan Haji dialokasikan melalui Terminal 2F gate 6 ini. Dengan adanya regulasi baru tersebut, kami Palmeera Lounge hadir sebagai gerbang kelas dunia yang memberikan pelayanan yang terbaik dan inklusif bagi seluruh jamaaah di Indonesia,” kata Tomi Isnawan. 

    Kemudahan lain yang ditawarkan Palmeera adalah jamaah ataupun calon penumpang lebih mudah menuju akses ke pesawat karena langsung terhubung dengan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). 

    “Kami satu-satunya Lounge di Terminal 2F yang memiliki area SCP (Security Check Point) dan langsung terhubung dengan TPI, sehingga jamaah tidak harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh,” sambung Tomi. 
     
    Lounge halal pertama dan terbesar

    Menyasar konsumen yang merupakan jamaah Umrah dan Haji, Palmeera Lounge sendiri berkomitmen untuk menjadi Lounge Halal pertama di dunia. Hal ini juga dikarenakan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar. 

    Tak cukup itu saja, fasilitas lounge ini juga menjadi yang terbesar karena mampu menampung hingga lebih dari 1.000 orang. Area lounge dibagi dalam tiga kategori antara lain reguler, VIP, serta VVIP. Hospitality yang ditawarkan juga premium seperti area tempat duduk sofa dengan konsep grouping, fasilitas masjid di lantai atas, serta pilihan menu buffet yang tentunya telah tersertifikasi halal.

    Keunikan lainnya adalah lounge ini menawarkan view langsung ke parkiran pesawat sehingga jamaah bisa menikmati aktivitas para kru di area apron atau pelataran pesawat.

    Hidangan yang disuguhkan kepada pengunjung senantiasa berganti dan bervariasi, terdapat lebih dari 40 varian makanan dan minuman yang terdiri dari tiga jenis masakan, mulai dari Nusantara, Asian, hingga Western. Adapun tambahan lain seperti air mineral, soft drink, pastry, hingga berbagai kudapan lezat juga tersedia di area buffet, yang dapat dinikmati sepuasnya.

    “Di Palmeera Lounge ini kita telah memiliki standar yang menyamai Bintang Lima dalam hal fasilitas, services, food and beverages, hingga beberapa hal lainnya. Kami tentunya menyambut baik apabila Saudi Airlines segera bergabung dengan dua maskapai lainnya di Terminal 2F Gate 6. Hal tersebut tentu sejalan dengan keinginan dari pemerintah yang ingin melakukan sentralisasi urusan Umroh dan Haji melalui Terminal 2F Gate 6,” terang Tomi Isnawan.

    Sejak diperkenalkan pada Juli 2024 lalu, Palmeera Lounge saat ini telah melakukan kolaborasi dengan berbagai Travel Agent yang biasa menangani jamaah Umrah dan Haji.

    “Jadi saat ini model bisnis kami lebih didominasi B to B. Karena memang tujuan kami agar para jamaah yang akan berangkat Umrah-Haji bisa mendapatkan layanan terbaik dan fasilitas premium namun dengan harga yang terjangkau,” pungkas Tomi. 

    Beroperasinya Palmeera Lounge tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya melalui kerja sama dengan seluruh Stake holder dan jajaran Angkasa Pura Indonesia yang pada saat ini dipimpin oleh Bapak Muhammad Rizal Pahlevi selaku Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia.

    Selain Jamaah Umrah, Palmeera Lounge juga melayani konsumen regular untuk bisa menikmati Lounge dengan standar Bintang 5 dengan sertifikasi halal. Palmeera Lounge sendiri memberikan harga promo spesial pada Desember 2025 dan Januari 2026 bagi para penumpang pesawat yang ingin merasakan kenyamanan serta fasilitas lounge setara bintang lima.

    Jakarta: Berawal dari niat mulia untuk memanjakan jamaah ibadah Umrah dan Haji, Palmeera Lounge kini resmi beroperasi di Terminal 2F Gate 6 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
     
    Terminal 2 Soetta sendiri saat ini menjadi pintu keberangkatan jamaah Umrah dan Haji, hal ini menjadikan Palmeera Lounge sebagai fasilitas ideal yang dapat dinikmati para jamaah.
     
    Secara umum, Palmeera menawarkan sejumlah fasilitas premium layaknya hotel bintang lima. Tidak sebatas ruang tunggu yang cozy, namun fasilitas penunjang yang ada di area ini juga dibuat dengan mengedepankan unsur kenyamanan. 

     
    Kehadiran Palmeera Lounge sebagai sarana tempat beristirahat ini tidak lepas dari keinginan Pemerintah Republik Indonesia yang membutuhkan sentralisasi untuk jamaah Haji dan Umrah agar lebih nyaman dan rapi di satu lokasi. 
     
    Hal ini disampaikan oleh Bapak Erick Tohir yang saat itu menjabat sebagai Menteri BUMN, pada bulan Januari 2025 silam, sebelum peresmian yang dilakukan oleh Presiden Prabowo Subianto.
     
    Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa perlu membangun ekosistem yang baik dalam tata kelola keberangkatan jamaah Umrah dan Haji yang melalui Bandara Soekarno-Hatta.
     
    Ia mendorong untuk dilakukan perpindahan penerbangan keberangkatan ke Mekkah dan Madinah dari Terminal 3 ke Terminal 2 seperti Garuda Indonesia dan Lion Air. Ke depannya, penerbangan Umrah-Haji yang masih dari Terminal 3 seperti Saudi Airlines juga diharapkan pindah ke Terminal 2 sehingga keberangkatan jamaah Umrah-Haji benar-benar terfokus di satu lokasi (Terminal 2). 
     

     
    Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto menekankan, dengan formula sentralisasi ini, maka proses persiapan dan keberangkatan jamaah lebih mudah diatur dan para jamaah dapat beribadah dengan aman dan nyaman sejak awal keberangkatan. 
     
    Managing Director Palmeera Lounge, Tomi Isnawan juga menyambut baik arahan presiden. Menurutnya, dengan kepindahan maskapai Saudi Airlines di Terminal 2, maka lebih banyak lagi jamaah Indonesia yang bisa merasakan manfaat fasilitas Palmeera Lounge. 
     

     
    “Kita tahu bahwa saat ini sebagian penerbangan untuk Umrah dan Haji dialokasikan melalui Terminal 2F gate 6 ini. Dengan adanya regulasi baru tersebut, kami Palmeera Lounge hadir sebagai gerbang kelas dunia yang memberikan pelayanan yang terbaik dan inklusif bagi seluruh jamaaah di Indonesia,” kata Tomi Isnawan. 
     
    Kemudahan lain yang ditawarkan Palmeera adalah jamaah ataupun calon penumpang lebih mudah menuju akses ke pesawat karena langsung terhubung dengan Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). 
     
    “Kami satu-satunya Lounge di Terminal 2F yang memiliki area SCP (Security Check Point) dan langsung terhubung dengan TPI, sehingga jamaah tidak harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh,” sambung Tomi. 
     

    Lounge halal pertama dan terbesar

    Menyasar konsumen yang merupakan jamaah Umrah dan Haji, Palmeera Lounge sendiri berkomitmen untuk menjadi Lounge Halal pertama di dunia. Hal ini juga dikarenakan Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar. 
     
    Tak cukup itu saja, fasilitas lounge ini juga menjadi yang terbesar karena mampu menampung hingga lebih dari 1.000 orang. Area lounge dibagi dalam tiga kategori antara lain reguler, VIP, serta VVIP. Hospitality yang ditawarkan juga premium seperti area tempat duduk sofa dengan konsep grouping, fasilitas masjid di lantai atas, serta pilihan menu buffet yang tentunya telah tersertifikasi halal.
     
    Keunikan lainnya adalah lounge ini menawarkan view langsung ke parkiran pesawat sehingga jamaah bisa menikmati aktivitas para kru di area apron atau pelataran pesawat.
     

     
    Hidangan yang disuguhkan kepada pengunjung senantiasa berganti dan bervariasi, terdapat lebih dari 40 varian makanan dan minuman yang terdiri dari tiga jenis masakan, mulai dari Nusantara, Asian, hingga Western. Adapun tambahan lain seperti air mineral, soft drink, pastry, hingga berbagai kudapan lezat juga tersedia di area buffet, yang dapat dinikmati sepuasnya.
     
    “Di Palmeera Lounge ini kita telah memiliki standar yang menyamai Bintang Lima dalam hal fasilitas, services, food and beverages, hingga beberapa hal lainnya. Kami tentunya menyambut baik apabila Saudi Airlines segera bergabung dengan dua maskapai lainnya di Terminal 2F Gate 6. Hal tersebut tentu sejalan dengan keinginan dari pemerintah yang ingin melakukan sentralisasi urusan Umroh dan Haji melalui Terminal 2F Gate 6,” terang Tomi Isnawan.
     
    Sejak diperkenalkan pada Juli 2024 lalu, Palmeera Lounge saat ini telah melakukan kolaborasi dengan berbagai Travel Agent yang biasa menangani jamaah Umrah dan Haji.
     
    “Jadi saat ini model bisnis kami lebih didominasi B to B. Karena memang tujuan kami agar para jamaah yang akan berangkat Umrah-Haji bisa mendapatkan layanan terbaik dan fasilitas premium namun dengan harga yang terjangkau,” pungkas Tomi. 
     

     
    Beroperasinya Palmeera Lounge tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya melalui kerja sama dengan seluruh Stake holder dan jajaran Angkasa Pura Indonesia yang pada saat ini dipimpin oleh Bapak Muhammad Rizal Pahlevi selaku Direktur Utama PT Angkasa Pura Indonesia.
     
    Selain Jamaah Umrah, Palmeera Lounge juga melayani konsumen regular untuk bisa menikmati Lounge dengan standar Bintang 5 dengan sertifikasi halal. Palmeera Lounge sendiri memberikan harga promo spesial pada Desember 2025 dan Januari 2026 bagi para penumpang pesawat yang ingin merasakan kenyamanan serta fasilitas lounge setara bintang lima.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Mendag Ungkap Siasat Atasi Gempuran Baju Impor White Label

    Mendag Ungkap Siasat Atasi Gempuran Baju Impor White Label

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menyampaikan bahwa peningkatan promosi produk fesyen UMKM menjadi salah satu cara dalam mengatasi gempuran produk pakaian impor tanpa label alias white label.

    Budi memandang bahwa produk fesyen lokal cenderung kalah promosi dari produk impor. Padahal, secara kualitas dan harga, produk dalam negeri dinilai memiliki daya saing.

    “Kadang-kadang kita lebih bagus dari asing, tetapi karena promosi asing itu lebih besar, seolah-olah kita menjadi tidak ada,” kata Budi dalam sambutan Jakarta Modest Summit 2026 di Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2025).

    Menurutnya, promosi produk fesyen lokal dapat ditingkatkan melalui penyelenggaraan event berskala nasional. Kemendag pun berencana memperluas penyelenggaraan acara seperti Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) dengan rangkaian pengantar di daerah-daerah.

    Apabila promosi UMKM lokal dapat meningkat, Budi mengatakan bahwa produk tersebut akan lebih menjangkau konsumen. Hal ini yang diyakini dapat mengurangi penetrasi produk impor.

    “Jadi kalau konsumen itu memakai produk kita, gempuran-gempuran impor itu juga akan hilang. Itu salah satu cara,” ujar Budi.

    Pada kesempatan yang sama, Founder Modestalk Hanna Faridl mengungkapkan bahwa produk white label juga tengah marak diproduksi oleh perusahaan konveksi dalam negeri.

    Menurutnya, hal ini menjadi opsi yang dipertimbangkan oleh jenama lokal dalam memperoleh bahan baku berupa pakaian jadi.

    “Jadi memang itu salah satu solusi juga untuk brand beli produk jadi dan langsung dilabelkan, tetapi dijahitnya oleh konveksi dalam negeri,” ujar Hanna.

    Sebelumnya, Menteri UMKM Maman Abudurrahman mengungkapkan bahwa perusahaan ekspedisi dan barang kargo menjadi celah masuknya barang ilegal ke pasar Indonesia, termasuk pakaian white label.

    Dia menyebut maraknya barang itu bisa terlihat dari platform TikTok, yang dibanjiri penjualan barang-barang white label. Oleh karena itu, pemerintah disebutnya akan mengecek gudang-gudang perusahaan yang menampung pakaian white label tanpa batasan.

    “Itu semuanya mereka stok di gudang, luar biasa, barang-barang white label masuk enggak dibatasi,” kata Maman dalam acara BIG Conference 2025 bertajuk Arah Bisnis 2026: Menuju Kedaulatan Ekonomi di Raffles Hotel, Jakarta, Senin (8/12/2025).

  • Puluhan Tukang Tambal Ban Jadi Penyebab Terhambatnya Revitalisasi Trotoar di Cilincing
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        10 Desember 2025

    Puluhan Tukang Tambal Ban Jadi Penyebab Terhambatnya Revitalisasi Trotoar di Cilincing Megapolitan 10 Desember 2025

    Puluhan Tukang Tambal Ban Jadi Penyebab Terhambatnya Revitalisasi Trotoar di Cilincing
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Puluhan tukang tambal ban menghiasi pemandangan trotoar di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Cilincing, Jakarta Utara, setiap harinya.
    Trotoar yang seharusnya ramai dilintasi pejalan kaki, kini wajahnya sudah tak lagi terlihat jelas.
    Fasilitas pejalan kaki itu justru dipenuhi lapak-lapak
    tukang tambal ban
    kontainer yang masing-masing hanya berjarak 200 – 500 meter.
    Peralatan tukang tambal ban seperti mesin kompresor, pelek kontainer, dan ban bekas truk, nangkring di atas trotoar seolah merenggut hak para pejalan kaki selama bertahun-tahun.
    Tak hanya tukang tambal ban, warung-warung milik warga juga tak segan mengambil area trotoar untuk melebarkan lapaknya.
    Bangku dan meja warung kopi itu berada persis di atas trotoar sehingga fasilitas publik itu tak lagi bisa dilintasi pejalan kaki.
    Paving-paving blok di atas trotoar juga sudah mulai rusak, bahkan sebagian hilang dan hanya menyisakan tanah serta pasir di atasnya.
    Mirisnya, kontur trotoar di lokasi ini banyak yang tak rata dan berlubang sehingga tidak aman untuk dilintasi para pejalan kaki.
    Padahal, Jalan Syech Nawawi Al-Bantani merupakan lokasi yang aktivitas lalu lintasnya tinggi dan didominasi kendaraan berat yang berlalu lalang dari Pelabuhan Tanjung Priok.
    Jadi, seharusnya fasilitas trotoar di lokasi ini tersedia secara maksimal sebagai pemenuhan hak para pejalan kaki.
    Rusaknya trotoar dan dipenuhi oleh puluhan tukang tambal ban kontainer, membuat fasilitas publik ini sulit dilalui para pejalan kaki.
    Salah satunya pejalan kaki bernama Nurul (34) yang terpaksa harus jalan di bawah trotoar ketika melintas di lokasi tersebut.
    “Sebenarnya sangat disayangkan ya trotoar di sini diduduki tempat tambal ban, kita kadang jalan kaki susah, alhasil kita jalan di pinggir jalan mana sampingnya itu kendaraan-kendaraan berat,” tutur Nurul.
    Nurul takut jika berjalan di atas trotoar dirinya justru jatuh karena kontur tanah yang tak rata dan paving bloknya banyak yang rusak.
    Oleh sebab itu, ia berharap agar trotoar di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani bisa segera direvitalisasi dalam waktu cepat supaya para pejalan kaki kembali merasa aman ketika melintas di jalan yang penuh kendaraan berat itu.
    Pejalan kaki lain bernama Rafa (27) juga memiliki harapan yang sama agar trotoar itu bisa direvitalisasi.
    “Harapannya pengin diperbaiki aja lah, mungkin si tukang tambal ban bisa dipindah ke belakang trotoar supaya enggak menutupi atau bagaimana caranya, apa disediakan tempat khusus terserah deh yang penting trotoarnya bisa lebih mulus,” jelas Rafa.
    Pasalnya, Rafa menyadari keberadaan tukang tambal ban di lokasi ini sangat dibutuhkan para sopir truk.
    Oleh sebab itu, meski merasa terganggu, ia berusaha memahami kondisi itu selama ini.
    Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Darwin Ali, menyebut ada beberapa kendala yang membuat
    revitalisasi trotoar
    di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani terhambat selama ini.
    Salah satunya adalah karena trotoar masih diduduki oleh puluhan tukang tambal ban kontainer selama bertahun-tahun.
    “Kendala utama dari penataan trotoar di wilayah tersebut adalah adanya okupansi trotoar oleh oknum-oknum yang mengganggu fungsi trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki,” jelas Darwin.
    Darwin bilang, penataan trotoar bisa dilakukan apabila pelanggaran yang terjadi di atasnya sudah ditertibkan terlebih dahulu.
    Jika tak dilakukan penertiban maka proses penataan trotoar yang dilakukan akan sulit berjalan efektif.
    Oleh karena itu, Darwin meminta agar dinas berwenang segera melakukan penertiban.
    “Terkait hal tersebut, dirasa perlunya dilakukan penertiban oleh aparat yang berwenang seperti Satpol PP, Dishub, pihak kecamatan, dan kelurahan setempat,” jelas dia.
    Kegiatan penertiban penting dilakukan setidaknya untuk mengembalikan fungsi trotoar agar bisa dimanfaatkan para pejalan kaki dalam waktu cepat.
    Selain keberadaan tukang tambal ban, anggaran juga menjadi kendala penataan atau revitalisasi trotoar di kawasan ini.
    “Kemudian, untuk hal lain yang menjadi perhatian adalah penyaluran anggaran pembangunan revitalisasi trotoar,” kata Darwin.
    Darwin bilang, kebanyakan anggaran diprioritaskan untuk merevitalisasi trotoar-trotoar di lokasi vital seperti dekat fasilitas pendidikan, bisnis atau perkantoran, stasiun, terminal, dan halte angkutan umum.
    Meski begitu, Darwin berjanji ke depannya akan merevitalisasi trotoar itu menjadi lebih layak untuk dilalui para pejalan kaki.
    Kasatpol PP Kecamatan Cilincing, Roslely Tambunan, berjanji penertiban trotoar di lokasi itu akan segera dilakukan dan menjadi prioritas.
    “Ini menjadi prioritas saya untuk melakukan penindakan di lokasi,” jelas Lely.
    Tapi, sebelum melakukan penertiban, ia akan berkoordinasi dulu dengan pihak kelurahan.
    Sebab, ia harus mencari tahu apakah sebelum dirinya dipindah tugaskan ke kawasan Cilincing, trotoar itu sudah pernah ditertibkan atau belum.
    Jika memang belum pernah ditertibkan maka Lely akan segera menindaklanjuti segala bentuk pelanggaran di atas trotoar itu.
    “Akan kami tindaklanjuti pelanggaran-pelanggaran di lokasi,” jelas dia.
    Salah satu tukang tambal ban kontainer bernama Napitupulu (28) mengaku, menolak untuk ditertibkan karena ia menilai usahanya itu dibutuhkan para sopir truk.
    “Enggak pernah ditertibin selama ini aman, soalnya kalau kita ditertibin yang susah juga orang Dishubnya, kalau truk bannya bocor berhenti di tengah jalan enggak ada tukang tambal ban ya kan repot bikin macet,” jelas dia.
    Napitulu juga mengaku, kiosnya berada di belakang trotoar, hanya saja perlengkapan usahanya seperti pelek dan ban bekas memang ditaruh di atas sebagian trotoar karena kiosnya yang kecil.
    Ia juga membantah, bahwa beroperasinya tukang tambal ban di atas trotoar membuat Jalan Syech Nawawi Al-Bantani sering mengalami kemacetan.
    “Enggak setuju lah, tergantung kan kita membantu juga, kalau enggak kita tambal dan mobil itu enggak bisa jalan malah bikin tambah macet juga,” sambung dia.
    Pengamat Tata Kota M Azis Muslim menilai, penertiban trotoar di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani tetap harus dilakukan.
    Azis menegaskan, sudah seharusnya trotoar di jalan ini bisa kembali dimanfaatkan oleh para pejalan kaki.
    “Ini kan tentu menjadi suatu keprihatinan karena trotoar itu kan diperuntukkan untuk pejalan kaki sehingga kalau pun ada trotoar dimanfaatkan untuk tukang tambal ban dan lain sebagainya, maka hak-
    hak pejalan kaki
    sudah dirampas,” tutur dia.
    Dengan begitu, penegakan hukum bagi para pelanggar yang mengubah fungsi trotoar penting untuk dilakukan pemerintah.
    Jika tak dilakukan penegakan hukum yang ketat maka keberadaan tukang tambal ban di trotoar menjadi bukti bahwa terjadi kurangnya penataan ruang publik yang efektif.
    Padahal persoalan trotoar ini menjadi hal vital untuk diperhatikan jika Jakarta ingin menjadi kota global di masa mendatang nantinya.
    Tak hanya melakukan penertiban, pemerintah setempat juga diminta menyediakan tempat khusus untuk para tukang tambal ban kontainer.
    “Saya rasa inisiatif untuk menyediakan tempat khusus bagi aktivitas tukang ban tadi sangat bagus dalam upaya melakukan penataan ruang publik di situ dan ini juga akan mengembalikan trotoar sebagai hak-hak pejalan kaki,” jelas Azis.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Gusur Pejalan Kaki, Tambal Ban Truk Kontainer di Trotoar Cilincing Jadi Penyelamat Sopir
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        10 Desember 2025

    Gusur Pejalan Kaki, Tambal Ban Truk Kontainer di Trotoar Cilincing Jadi Penyelamat Sopir Megapolitan 10 Desember 2025

    Gusur Pejalan Kaki, Tambal Ban Truk Kontainer di Trotoar Cilincing Jadi Penyelamat Sopir
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
     Trotoar di sepanjang Jalan Syech Nawawi Al-Bantani, Cilincing, Jakarta Utara, telah bertahun-tahun beralih fungsi menjadi lapak para tukang tambal ban kontainer.
    Bukan hanya satu, ada puluhan
    tukang tambal ban
    yang setiap hari menggelar lapak di atas
    trotoar
    tersebut.
    Keberadaan mereka membuat wajah trotoar di jalan ini seperti tidak terlihat lagi. Area trotoar dipenuhi berbagai peralatan, yakni mesin kompresor, velg, serta tumpukan ban bekas kontainer berukuran besar.
    Bukan hanya tukang tambal ban, trotoar ini juga banyak diduduki oleh warung-warung tendaan atau perkakas besi milik warga sekitar.
    Sejumlah tukang tambal ban mengaku sudah bertahun-tahun menggelar lapak di atas trotoar tanpa adanya penertiban.
    Mereka menilai, keberadaannya di lokasi ini sangat dibutuhkan para sopir truk yang melintas.
    “Soalnya, kalau kita ditertibin yang susah juga orang Dishubnya, kalau mobil bannya bocor berhenti di tengah jalan enggak ada tukang tambal ban ya kan repot bikin macet,” ucap salah satu tukang tambal ban bernama Napitupulu (28) saat diwawancarai
    Kompas.com
    di lokasi, Selasa (8/12/2025).
    Jalan Syech Nawawi Al-Bantani merupakan jalur utama yang setiap detiknya dilalui kendaraan berat, yakni kontainer dan truk trailer.
    Hampir setiap hari, puluhan truk yang melintas mengalami ban bocor, kurang angin, atau masalah lain yang membutuhkan layanan tukang tambal ban.
    Napitupulu mengaku bisa menambal sedikitnya lima truk per hari. Sementara itu, tukang tambal ban lainnya, Manurung (45), mengatakan dapat menangani hingga belasan ban truk per hari.
    “Enggak menentu tapi bisa 10-15 mobil dalam sehari,” kata Manurung, Selasa.
    Ia juga mengaku membuka lapak di atas trotoar atas inisiatif sendiri dan tidak membayar sewa kepada pihak mana pun, alias gratis.
    Salah satu sopir truk, Sinaga (36), mengaku bahwa keberadaan tukang tambal ban di lokasi ini sangat dibutuhkan para sopir.
    “Saya lumayan sering tambal ban di sini, keberadaannya sangat membantu sopir truk,” kata Sinaga kepada
    Kompas.com
    , Selasa.
    Jika tidak ada tukang tambal ban di sepanjang jalan ini, sopir truk akan kesulitan dan mengalami kerugian.
    Pertama, ban pecah membuat truk berhenti sembarangan sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan panjang.
    Kedua, jika ban bocor tidak segera ditangani, kerusakan yang ditanggung sopir truk bisa membengkak hingga jutaan rupiah.
    “Kalau sampai ganti ban luar itu misalnya bocor, kita enggak segera ganti bisa rusak bannya dan biaya mencapai jutaan rupiah,” ucap Sinaga.
    Jika harus mengganti ban, Sinaga membutuhkan biaya sekitar Rp 2.000.000 untuk satu ban. Sementara jika sekedar menambal, biayanya hanya Rp 50.000 per ban.
    Oleh sebab itu, ia berharap agar keberadaan tukang tambal ban kontainer di Jalan Syech Nawawi Al-Bantani tetap dipertahankan karena memang benar-benar dibutuhkan.
    Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Darwin Ali mengatakan, trotoar di lokasi ini belum ramah bagi pejalan kaki karena belum direvitalisasi.
    Salah satu hambatan revitalisasi adalah banyaknya tukang tambal ban yang menempati trotoar.
    “Kendala utama dari penataan trotoar di wilayah tersebut adalah adanya okupansi trotoar oleh oknum-oknum yang mengganggu fungsi trotoar yang diperuntukan bagi pejalan kaki,” ujar Darwin.
    Darwin berharap, ke depannya bisa dilakukan penertiban trotoar di lokasi itu agar bisa kembali dimanfaatkan oleh para pejalan kaki dan bisa dilakukan revitalisasi.
    Sebab, tanpa adanya penertiban, proses revitalisasi trotoar akan sulit untuk dilaksanakan.
    Selain itu, penyebab terhambatnya revitalisasi trotoar di jalan ini adalah karena masalah anggaran.
    Penyaluran anggaran revitalisasi trotoar kebanyakan diprioritaskan untuk lokasi-lokasi yang mendukung koneksi kawasan sekolah, pendidikan, bisnis, perkantoran, stasiun, terminal, dan halte angkutan umum.
    Pengamat Tata Kota M Azis Muslim menjelaskan, fasilitas umum berupa trotoar di lokasi ini harus diperbaiki dan ramah disabilitas apabila Jakarta ingin menjadi kota global.
    Ia mengatakan, jika keberadaan tukang tambal ban memang dibutuhkan, pemerintah perlu menyiapkan tempat khusus bagi mereka.
    “Ya, memang harus ada tempat khusus (untuk tukang tambal ban). Bahwa aktivitas apa pun yang menggunakan trotoar harus dilarang,” ucap Azis kepada
    Kompas.com
    , Selasa.
    Azis menegaskan, trotoar merupakan hak untuk para pejalan kaki sehingga tidak boleh diganggu gugat untuk keperluan lainnya.
    Oleh karena itu, penyediaan tempat khusus untuk tukang tambal ban yang memang mudah dijangkau sopir truk bisa dilakukan sebagai bentuk penataan ruang publik yang lebih efisien.
    Jika tidak segera dilakukan penataan, ini membuat aktivitas lain, yakni parkir di atas trotoar atau di bahu jalan juga berpotensi terjadi di lokasi ini.
    Apabila hal itu terjadi, lalu lintas di lokasi tersebut berpotensi mengalami kemacetan panjang.
    Fungsi trotoar dikhususkan untuk para pejalan kaki sudah diatur dalam berbagai regulasi yang jelas.
    “Kalau kita tinjau lebih jauh terkait dengan keberadaan trotoar diatur dalam beberapa regulasi yang pertama Undang-undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” tutur Azis.
    Dalam Undang-undang itu, salah satu pasalnya menyatakan bahwa trotoar adalah bagian jalan yang diperuntukkan untuk pejalan kaki.
    Lalu, dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 34 tahun 2006, salah satu pasalnya menyatakan bahwa trotoar harus disediakan di sepanjang jalan yang memiliki intensitas lalu lintas tinggi dan kecepatan tinggi.
    Peraturan terkait desain dan teknis trotoar juga tercantum dalam peraturan Menteri Pekerjaan Umum, serta diatur secara tegas dalam Peraturan Daerah tentang Ketertiban Umum.
    Karena itu, pemerintah memiliki rujukan yang jelas untuk menertibkan pelanggaran di atas trotoar.
    Azis mengingatkan agar keberadaan tukang tambal ban di atas trotoar tidak boleh didiamkan begitu saja.
    Pemerintah diminta untuk menindak tegas segala bentuk pelanggaran di atas trotoar.
    “Sekarang kan bisa menggunakan jasa tertentu yang tanpa melanggar ketertiban umum. Prinsipnya, ketika ada pelanggaran regulasi, ya, harus ada tindakan tidak bisa ada pembiaran di situ,” jelas Azis.
    Sekali pun jarang dilintasi pejalan kaki, fasilitas trotoar yang layak di lokasi ini tetap harus disediakan oleh pemerintah setempat.
    “Tetap perlu diberikan fasilitas adanya trotoar, karena regulasinya menegaskan terkait dengan hal itu, bahwa ada wilayah bahu jalan, ada wilayah badan jalan, dan ada wilayah pedesterian, nah ini lah diatur di situ dan ini yang juga harus dikembalikan posisinya,” tutur Azis.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Prabowo Terima Bintang Kehormatan Tertinggi dari Presiden Pakistan

    Prabowo Terima Bintang Kehormatan Tertinggi dari Presiden Pakistan

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto menerima anugerah penghargaan Nishan-e-Pakistan dari Presiden Pakistan Asif Ali Zardari. Penghargaan ini diberikan kepada Prabowo yang dinilai berjasa besar dan memiliki kontribusi luar biasa dalam memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

    Dikutip Biro Sekretariat Presiden, penganugerahan itu diberikan dalam prosesi upacara di Ruang Iqbal, Aiwan-e-Sadr, Selasa (9/12).

    Dalam prosesi upacara tersebut, Presiden Asif Ali Zardari didampingi Perdana Menteri Pakistan Shehbaz menyematkan langsung bintang kehormatan tertinggi Nishan-e-Pakistan kepada Prabowo.

    Nishan-e-Pakistan merupakan penghargaan tertinggi dalam Order of Pakistan yang didirikan pada 19 Maret 1957. Penghargaan ini diberikan kepada warga Pakistan maupun tokoh asing yang telah memberikan jasa istimewa (services of highest distinction) dan kontribusi penting di tingkat nasional maupun internasional.

    Penganugerahan kepada Prabowo mencerminkan pengakuan Pemerintah Pakistan terhadap peran strategis Indonesia di kawasan Indo-Pasifik serta komitmen Prabowo dalam memperkuat hubungan kerja sama pertahanan, ekonomi, dan solidaritas dunia Islam.

    Upacara penganugerahan ini turut dihadiri oleh para menteri dan anggota parlemen Pakistan, serta para duta besar negara-negara sahabat.

    Beberapa pemimpin negara penerima penghargaan ini antara lain Raja Jordan, Abdullah II bin Hussein, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

    (eva/dek)

  • Respons idEA soal Biaya Administrasi Naik di Shopee hingga Tokopedia Cs

    Respons idEA soal Biaya Administrasi Naik di Shopee hingga Tokopedia Cs

    Bisnis.com, JAKARTA— Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menanggapi tren kenaikan biaya administrasi oleh sejumlah platform e-commerce. 

    Ketua Umum idEA, Hilmi Adrianto, mengatakan setiap marketplace memiliki dasar perhitungan tersendiri sebelum menetapkan penyesuaian biaya.

    “Kami pikir masing-masing market place sudah mencoba untuk meng-exercise berbagai macam kemungkinan dan tujuan sebenarnya adalah untuk mencapai bagaimana mereka bisa mendapatkan bisnis yang berkelanjutan,” kata Hilmi usai Konferensi Pers Rapat Koordinasi Harbonas 2025 di kantor Komdigi, Selasa (9/12/2025).

    Hilmi menambahkan, asosiasi bersama kementerian terkait yakni Kementerian Perdagangan dan Kementerian UMKM tengah membahas lebih jauh mekanisme kenaikan biaya tersebut, terutama agar tidak menekan pelaku usaha kecil.

    “Itu sih yang sedang kami diskusikan saat ini,” tuturnya.

    Sebelumnya, Tokopedia menaikkan biaya admin atau biaya layanan bagi seller secara bertahap mulai 1 Oktober 2025. 

    Kenaikan tarif tersebut berlaku terutama untuk toko Mall serta produk pre-order, dengan persentase berbeda-beda sesuai kategori seperti elektronik, fesyen, FMCG, dan gaya hidup. Tokopedia juga memberikan diskon 20% untuk seller dengan tarif 10%, sehingga biaya efektif yang dibayar menjadi sekitar 8%.

    Terbaru, Shopee mengumumkan penyesuaian biaya administrasi bagi seller yang akan berlaku pada Januari 2026. Informasi tersebut disampaikan melalui laman resmi Seller Shopee.

    “Mulai Januari 2026, struktur biaya untuk setiap kategori produk akan mengalami penyesuaian,” tulis Shopee, Selasa (9/12/2025).

    Shopee merinci biaya administrasi baru berdasarkan kategori. Produk FMCG, kebutuhan sehari-hari, serta sejumlah barang fesyen seperti pakaian muslim, tas duffel, kaus kaki, hingga bahan makanan kering akan dikenakan tarif tertinggi, yakni 10%.

    Kategori perlengkapan bayi seperti susu formula, makanan bayi non-vitamin, produk anak, serta vitamin atau suplemen bayi dikenakan biaya administrasi yang lebih rendah, yakni 6,5%–6,75%.

    Adapun kategori menengah seperti aksesori fesyen, jam tangan, tas pria/wanita, produk perawatan diri, popok, hingga fesyen anak akan dikenakan tarif 9%–9,5%. Untuk produk dengan nilai tinggi seperti logam mulia dan perhiasan, Shopee menetapkan biaya administrasi terendah, yaitu 4,25%.

    Selain itu, Shopee juga menyesuaikan aturan untuk produk pre-order mulai 1 Januari 2026. Tidak ada lagi batas jumlah produk pre-order yang dapat diaktifkan di toko, serta diberlakukan biaya layanan sebesar 3% per kuantitas produk tertentu.

    Sebelumnya, Shopee juga telah menerapkan biaya tambahan berupa Biaya Proses Pesanan sebesar Rp1.250 untuk setiap transaksi terselesaikan sejak 20 Juli 2025. TikTok Tokopedia kemudian menyusul dengan menetapkan biaya tambahan yang sama, yaitu Rp1.250 per transaksi, mulai 11 Agustus 2025 bagi mitra UMKM di platformnya.

  • Kata Menag Nasaruddin Umar Usai Zulfa Mustofa Jadi Pj Ketum PBNU

    Kata Menag Nasaruddin Umar Usai Zulfa Mustofa Jadi Pj Ketum PBNU

    Jakarta

    Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar buka suara terkait hasil pleno PBNU yang menetapkan Wakil Ketua Umum (Waketum) Tanfidziyah, Zulfa Mustofa, menjadi Penjabat (Pj) Ketum PBNU. Menag Nasaruddin yang hadir dalam acara tersebut mengatakan NU selalu punya cara untuk menyelesaikan persoalannya sendiri.

    “Iya jadi gini, NU itu selalu punya cara untuk menyelesaikan persoalannya sendiri. Saya ulangi ya, NU selalu punya cara untuk menyelesaikan persoalannya sendiri. Makanya itu, selaku pemerintah kami tidak terlibat untuk mengurus urusan internal NU, apalagi PBNU,” kata Nasaruddin di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (9/12/2025).

    Nasaruddin menyebut hadir di Rapat Pleno PBNU sebagai Rais Syuriyah NU. Ia berharap hasil pleno yang menetapkan Zulfa Mustofa sebagai Pj Ketum PBNU bisa mengurangi beban kebangsaan dan keumatan.

    “Saya datang ke sini sebagian Rais, Wakil Rais Syuriyah NU. Karena itu Insyallah ke depan beban-beban kebangsaan dan keumatan kita ini bisa lebih ringan dengan kebutuhan ormas-ormas Islam termasuk keutuhan NU ini,” ungkapnya.

    Sebelumnya, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi menetapkan Wakil Ketua Umum Tanfidziyah Zulfa Mustofa menjadi Penjabat (Pj) Ketum PBNU. Keputusan ini diambil dari hasil rapat pleno PBNU di Jakarta Pusat.

    “Yang kedua, yaitu penetapan Pejabat Ketua Umum PBNU sisa sekarang ini, yaitu Yang Mulia Beliau Bapak Zulfa Mustofa,” ungkapnya.

    Pantauan detikcom di Grand Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Selasa (9/12/2025) acara dimulai dengan pembacaan doa sekitar pukul 20.00 WIB. Menteri Sosial yang juga Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) terlihat hadir di acara tersebut.

    Selain Gus Ipul, hadir Ketua PBNU Khofifah Indar Parawansa. Tampak pula di lokasi Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur), Mohammad Nuh hingga Muhammad Cholil Nafis.

    Hadir pula Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Wakil Rais Aam Afifuddin Muhadjir hingga Wakil Rais Aam Anwar Iskandar. Acara ini juga dihadiri oleh Waketum PBNU KH Zulfa Mustofa hingga Manteri Agama Nasaruddin Umar.

    (dwr/yld)

  • Profil Zulfa Mustofa, Pj Ketua Umum PBNU yang Gantikan Gus Yahya

    Profil Zulfa Mustofa, Pj Ketua Umum PBNU yang Gantikan Gus Yahya

    Lalu siapa sebenarnya Zulfa Mustofa? Dikutip dari berbagai sumber, Zulfa Mustofa merupakan ulama yang juga keponakan wakil presiden ke-13 KH Ma’ruf Amin. Kedekatannya dengan para ulama dan pejabat pemerintahan makin memperkuat pengaruhnya dalam organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

    Besar dalam akar budaya Jawa dan Banten, membuat Zulfa Mustofa kental akan nilai-nilai Islam modern. Sang ayah bernama KH Muqarrabin, dikenal sebagai ulama dari Pekalongan, Jawa Tengah. Sedangkan sang ibu bernama Nyai Hajjah Marhumah Latifah, berasal dari Kresek, Banten.

    Nyai Hajjah Marhumah sendiri dikenal sebagai anak dari Nyai Hajjah Maimunah, yang juga merupakan ibunda dari KH Ma’ruf Amin, sehingga KH Zulfa Mustofa adalah keponakan dari KH Ma’ruf Amin. Dari garis keturunan ibundanya itu, Zulfa Mustofa masih punya darah dari ulama besar Syekh Nawawi al-Bantani.

    Zulfa Mustofa memulai pendidikan formal di SD Al-Jihad, Jakarta, sebelum melanjutkan ke Pekalongan. Dia kemudian menempuh pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Simbangkulon dan Pesantren Mathali’ul Falah di Kajen, Pati, Jawa Tengah.

    Dirinya dianugerahi gelar Doktor Honoris Causa (H.C.) dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Zulfa Mustofa kemudian menikah dengan Hulwatin Syafi’ah dan dikaruniai beberapa orang anak.

    Usai menempuh pendidikan, pada tahun 2000, Zulfa Mustofa mendirikan majelis sendiri yang diberi nama Darul Musthofa. Sepak terjangnya di organisasi NU tidak bisa dipandang sebelah mata. Dirinya pernah mengampu berbagai posisi strategis dalam organisasi, seperti pengurus Gerakan Pemuda Anshor, Katib Syuriah PBNU, Ketua Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU, dan yang terakhir Wakil Ketua Umum PBNU periode 2022-2027. Dia juga menjabat sebagai Sekjen MUI DKI Jakarta dan Ketua Komite Fatwa BPJPH Kementerian Agama.

     

     

     

  • Tes DNA Negatif, Gugatan Lisa Mariana ke Ridwan Kamil Kandas di PN Bandung

    Tes DNA Negatif, Gugatan Lisa Mariana ke Ridwan Kamil Kandas di PN Bandung

    JAKARTA – Pengadilan Negeri (PN) Bandung menolak gugatan perbuatan melawan hukum yang diajukan Lisa Mariana Presley terhadap mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Putusan tersebut dibacakan majelis hakim pada 8 Desember 2025 dalam perkara bernomor 184/Pdt.G/2025/PN Bandung.

    Kuasa hukum Ridwan Kamil, Muslim Jaya Butar Butar, menyampaikan bahwa majelis hakim menolak seluruh gugatan penggugat.

    “Gugatan Lisa Mariana tentang perbuatan melawan hukum terhadap Ridwan Kamil di Pengadilan Negeri Bandung telah diputus oleh majelis hakim,” katanya kepada media, Selasa 9 Desember 2025.

    Ia menjelaskan bahwa putusan itu diambil setelah PN Bandung mempertimbangkan hasil tes DNA yang menunjukkan tidak adanya hubungan biologis antara Ridwan Kamil dan anak Lisa Mariana.

    “Dengan pertimbangan hukum, hasil test DNA negatif antara Ridwan Kamil dan Lisa Mariana,” ujarnya

    Menurutnya, majelis hakim menilai unsur perbuatan melawan hukum yang dituduhkan tidak terbukti, sehingga seluruh permohonan penggugat dinyatakan tidak beralasan untuk dikabulkan.

    “Sehingga, gugatan Lisa tentang perbuatan melawan hukum tidak terbukti,” ucapnya.

    Sebelumnya, Lisa Mariana mendaftarkan gugatan tersebut pada 5 Mei 2025, dan sidang perdana digelar pada 19 Mei 2025. Dalam gugatannya, Lisa meminta pengadilan menetapkan hak identitas anak sekaligus menilai adanya dugaan perbuatan melawan hukum oleh Ridwan Kamil.

  • Bikin Merinding, Richa Novisha Akui Masih Sering Didatangi Gary Iskak

    Bikin Merinding, Richa Novisha Akui Masih Sering Didatangi Gary Iskak

    Jakarta, Beritasatu.com – Istri mendiang Gary Iskak, Richa Novisha menyebut, meski sudah tiada tetapi baginya suaminya masih berada di sekitarnya.

    “Aku sampai saat ini masih merasa beliau (mendiang Gary Iskak) masih ada, karena memang kalau dalam agama Islam itu sampai 40 hari masih ada. Setelah melewati masa 40 hari, beliau akan balik lagi ke sana (surga),” ujar Richa Novisha dikutip dari podcast Curhat Bang Denny Sumargo, Selasa (9/12/2025).

    Richa Novisha mengatakan, meski telah tiada mendiang Gary Iskak sering menengok ke kediamannya untuk melihat keluarganya.

    “Almarhum sudah sering nengok ke rumah. Dia sudah sering kasih tanda-tandanya,” ucapnya lagi.

    Ia menceritakan, tanda-tanda kehadiran mendiang Gary Iskak dalam kehidupan keluarganya.

    “Jadi, waktu Kamis kemarin di rumah itu masih ada ibu, dia lagi jagain aku dan di situ aku cuma bertiga sama anak-anak. Saat itu, kita lagi baca surat Yasin dan kebetulan malam Jumat,” ungkapnya.

    Richa Novisha mengaku, bahwa dari keluarga almarhum memiliki keturunan mempunyai kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh orang lain.

    “Aku sama Adila yang pertama baca Yasin dan itu sudah selesai. Lalu, anak aku yang paling kecil sedang mandi. Di situ, anak aku bilang ‘Bunda, kayaknya tadi aku lihat ayah deh, dia pakai baju putih’. Namanya anak kecil, dia enggak ada takutnya dan bicaranya lempeng saja. Setelah itu ya sudah selesai,” tuturnya.

    Selain putrinya yang diperlihatkan keberadaan mendiang Gary Iskak,  Richa Novisha mengalami hal yang serupa saat sedang membereskan baju mendiang Gary Iskak

    “Aku memang sebatas merasakan saja. Nah, saat itu aku lagi beres-beres baju-bajunya almarhum di kamar. Tiba-tiba aku mencium aroma yang wangi banget. Aroma itu berasal dari parfum yang biasa dipakai almarhum,” ungkapnya.

    “Seriusan kamu mencium wanginya parfum suamimu?” tanya Denny Sumargo merinding.

    “Iya, karena enggak ada yang pakai cuma almarhum yang pakai parfum itu,” balas Richa Novisha.

    Richa Novisa mengatakan, karena penasaran dengan aroma parfum tersebut membuatnya terus mencarinya. Namun, tidak ditemukan olehnya.

    “Aku sampai cari bau parfumnya, mungkin parfum almarhum tumpah apa bagaimana? Aku cari enggak ada di lemari, aku cari di kamar itu ke semua tempat enggak ada. Aku langsung bilang ‘assalammualaikum ayah’,” ungkapnya.

    Rasa penasaran terhadap aroma parfum mendiang Gary Iskak, membuat Richa Novisha memanggil anaknya yang paling kecil untuk membantu mencari bau wangi tersebut.

    “Akhirnya aku panggil yang paling kecil ‘adik, coba deh kamu ke sini. Kamu cium bau apa’. Anak aku bilang ‘wangi parfumnya ayah’. Namanya kan anak kecil masih polos dan dia itu sampai bilang ‘mungkin enggak bunda, kalau ayah masih ada?” tuturnya.

    “Anak aku sampai manggil ayahnya ‘ayah ada di mana? Kok aku enggak bisa melihat ayah’. Akhirnya, kita duduk di tempat yang biasa almarhum duduk di ujung tempat tidur yang menghadap ke meja lampu. Ya sudah, saya sama anak aku paling kecil berpelukan ‘yuk, kita peluk saja ayah’. Aroma wanginya itu masih ada sampai subuh, aku salat dan ngaji, aromanya baru hilang,” tutupnya.