Libur Panjang, Okupansi KA Daop 6 Yogyakarta Tembus 96 Persen

Libur Panjang, Okupansi KA Daop 6 Yogyakarta Tembus 96 Persen

Yogyakarta, Beritasatu.com – Lonjakan penumpang terjadi di wilayah operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta selama libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus, yang berlangsung dari 28 Mei hingga 1 Juni 2025. 

Data terbaru mencatat tingkat okupansi mencapai 96% dengan volume penumpang yang terus meningkat sejak Rabu (28/5/2025). Per Sabtu (31/5/2025) pukul 09.00 WIB, sebanyak 22.694 penumpang KA jarak jauh tercatat berangkat dari berbagai stasiun Daop 6, naik signifikan dibandingkan Jumat (30/5) yang hanya 16.011 penumpang. 

Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/6) dengan estimasi 25.560 penumpang. “Tiket masih bisa dipesan, tapi pemesanan sangat tinggi dua hari terakhir ini. Silakan gunakan fitur Connecting Train,” ujar Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih kepada Beritasatu.com, Sabtu (31/5/2025).

Tiga stasiun dengan volume penumpang tertinggi pada Sabtu (31/5/2025), yaitu Stasiun Yogyakarta dengan 12.622 penumpang, Stasiun Lempuyangan 7.697 penumpang, dan Stasiun Solo Balapan 4.283 penumpang.

Sementara itu, kedatangan penumpang mulai menurun sejak puncak arus masuk Kamis (29/5/2025), dengan volume kedatangan Sabtu ini tercatat 12.335 penumpang. Total penjualan tiket hingga Jumat (30/5) telah mencapai 79.952 kursi dari 83.108 tempat duduk tersedia, atau setara dengan okupansi 96%.

10 KA Daop 6 dengan okupansi tertinggi:
1. Joglosemarkerto (187) – 216%
2. Joglosemarkerto (193) – 214%
3. Sri Tanjung (278) – 198%
4. Bengawan (281) – 119%
5. Progo (257) – 110%
6. Senja Utama YK (107) – 107%
7. Sancaka (86) – 86%
8. Lodaya (77) – 97%
9. Argo Lawu (13) – 96%
10. Taksaka (47) – 91%

Untuk mengakomodasi lonjakan permintaan, KAI Daop 6 mengoperasikan 31 perjalanan KA jarak jauh per hari, terdiri dari 25 KA reguler, dua KA fakultatif, dan empat KA tambahan.

KAI Daop 6 mengimbau masyarakat agar melakukan pemesanan tiket melalui channel resmi seperti Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi lainnya guna menghindari penipuan dan memastikan kelancaran perjalanan. “Kami berkomitmen memberi layanan terbaik agar penumpang bisa berlibur dengan selamat, aman, dan nyaman,” tegas Feni.