Moxa Salurkan Rp 1,5 Triliun untuk UMKM, Dukung Akses Permodalan Usaha Mikro

Moxa Salurkan Rp 1,5 Triliun untuk UMKM, Dukung Akses Permodalan Usaha Mikro

Jakarta, Beritasatu.com – PT Astra Kreasi Digital melalui platform keuangan digital Moxa terus memperkuat komitmennya dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Sepanjang tahun 2024, Moxa telah menyalurkan dana pembiayaan kredit usaha mikro hingga Rp 1,5 triliun. Jumlah ini mencakup 43% dari total gross merchandise value (GMV) Moxa yang mencapai Rp 3,5 triliun, meningkat 46% dibandingkan tahun sebelumnya.

CEO Moxa, Lim Lizal Santoso, menyatakan bahwa pencapaian ini sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi platform keuangan terintegrasi yang memberikan solusi finansial bagi masyarakat di berbagai fase kehidupan.

“Kami terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang mempermudah akses permodalan bagi pelaku usaha mikro. Dengan dukungan dari mitra jasa keuangan terpercaya, Moxa berupaya memberikan solusi yang cepat, mudah, dan terjangkau bagi UMKM di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (31/1/2025).

Melalui kolaborasi dengan FIFGROUP, Moxa menawarkan berbagai produk pembiayaan yang dapat diakses oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Kemudahan dalam proses pengajuan dan fleksibilitas dalam pembayaran menjadi faktor utama yang menarik minat para pelaku usaha kecil untuk memanfaatkan layanan ini.

Selain pembiayaan usaha mikro, Moxa juga mencatat pertumbuhan positif pada layanan lain, seperti pembiayaan kendaraan, pinjaman multiguna, serta layanan pembayaran tagihan dan top-up. Dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan keuangan digital, Moxa optimistis dapat terus berkontribusi dalam memperluas akses finansial bagi masyarakat luas.

Hingga tahun 2024, Moxa telah diunduh lebih dari 21 juta kali dengan rata-rata pengguna bulanan mencapai 300.000 orang, mayoritas berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, dan Sumatera Utara.

Diketahui sepanjang 2024, Moxa  mencatatkan capaian transaksi gross merchandise value (GMV) senilai Rp 3,5 triliun, meningkat 46% dari tahun 2023 sebesar Rp 2,4 triliun. Hal ini tidak lepas dari meningkatnya transaksi pada layanan pembiayaan modal usaha, pembiayaan multiguna yang berkolaborasi dengan FIFGROUP, serta pembayaran tagihan & top-up.

“Sejalan dengan visi Moxa untuk menjadi platform terintegrasi terkemuka yang menyediakan solusi keuangan terbaik dan terlengkap di Indonesia, kami terus berinovasi menghadirkan layanan yang membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhan keuangan di berbagai fase kehidupan,” tutup Lim Lizal Santoso.