KAI Commuter Bakal Tutup Loket di Semua Stasiun, Pelanggan Bakal Dilayani Secara Digital Megapolitan 30 Januari 2025

KAI Commuter Bakal Tutup Loket di Semua Stasiun, Pelanggan Bakal Dilayani Secara Digital
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        30 Januari 2025

KAI Commuter Bakal Tutup Loket di Semua Stasiun, Pelanggan Bakal Dilayani Secara Digital
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com –
PT Kereta Api Indonesia (
KAI
) Commuter berencana menutup semua loket tiket di stasiun dan beralih sepenuhnya ke layanan digital.
Hal ini disampaikan Direktur Utama
KAI Commuter
, Asdo Artriviyanto, dalam jumpa pers di Kantor PT Kereta Commuter Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2025).
“Kemudian digital transformasi, kami terus lakukan, termasuk sistem pembayaran. Ya mudah-mudahan tahun ini segera kami
launching
dengan beberapa bank,” ujar Asdo.

Top-up
dengan menggunakan QRIS, yang nanti lama-lama akan menghilangkan loket-loket, semuanya dengan digital,” ucap dia menambahkan.
Wacana ini muncul setelah KAI Commuter melihat bahwa mayoritas pelanggan telah terbiasa menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai metode pembayaran.
Meski demikian, KAI Commuter tetap mempertimbangkan pelanggan yang belum familiar dengan metode pembayaran digital.
“Jadi nanti untuk awalnya, akan kami coba di stasiun-stasiun besar yang mayoritas masyarakatnya sudah familiar dengan QRIS,” kata Asdo.
Salah satu proyek percontohan dari konsep
Smart Station
ini adalah Stasiun BNI City.
“Jadi semuanya nanti akan dilayani secara digital. Dari mulai informasi, pelayanan
in-out
, kemudian pelayanan seperti toilet, musala, dan sebagainya, nanti dengan teknologi digitaliasi,” pungkas Asdo.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.