Laporan Wartawan TribunSolo.com, Andreas Chris Febrianto
TRIBUNNEWS. COM, SOLO – Dalam rangka ikut mendongkrak perekonomian nasional, Tribun Network telah meluncurkan platform jual beli yang mewadahi para pelaku UMKM melalui Cenderaloka.
Tak hanya berhenti dalam peluncuran platform digital untuk para pelaku UMKM. Cenderaloka Tribun Network pun juga menggelar pelatihan bagi para pengrajin.
Salah satunya pelatihan yang diikuti oleh 100 pelaku UMKM di wilayah Solo Raya di Hotel Adiwangsa Solo, Kamis (16/1/2025) pagi.
General Manager (GM) Tribunnews Solo Vovo Susatio dalam sambutannya menerangkan bahwa kegiatan bertajuk ‘Level Up Bisnis UMKM, Cara Branding di Media Digital’ merupakan langkah nyata Tribun Network dan Cenderaloka untuk ikut andil bagian dalam upaya meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia.
“Kami perlu menyampaikan bahwa Tribun Network adalah jaringan media yang tergabung dalam Kompas Gramedia. Dan kami hadir di seluruh provinsi di Indonesia. Selain menyajikan berbagai informasi melalui platform situs berita, media cetak dan video. Tribun Network juga mengembangkan layanan pemberdayaan masyarakat. Salah satunya dengan program Cenderaloka,” terang Vovo dalam sambutannya.
“Program ini merupakan bentuk kepedulian Tribun Network terhadap UMKM di Indonesia. Kami berharap Cenderaloka ini dapat menjadi wadah bagi para pengusaha UMKM khususnya di bidang kerajinan, oleh-oleh dan cinderamata dari berbagai daerah di Indonesia dalam menyebarkan informasi karyanya,” tambah dia.
Langkah nyata untuk ikut mendorong UMKM naik kelas tersebut diakui Vovo karena Tribun Network melihat masih banyak potensi dari para pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia yang masih belum terfasilitasi terutama untuk memperkenalkan produk-produk buatannya.
“Dengan Cenderaloka ini, kami berharap produk-produk lokal berkualitas dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” kata dia.
Selain meluncurkan platform Cenderaloka untuk mempertemukan pelaku UMKM dengan calon pelanggan. Tribun Network juga menggelar pelatihan dalam berbagai jenis tema termasuk terkait pemasaran digital.
“Workshop yang kita selenggarakan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta insight kepada para pengrajin dan pelaku UMKM tentang bagaimana memasarkan produk secara digital dan strategi dalam menggunakan konten-konten,” urai Vovo.
Bukan tanpa alasan, menurut Vovo perkembangan digital mengharuskan para pelaku UMKM dan pengrajin untuk siap menyambut bahkan menggunakan perkembangan teknologi meningkatkan pendapatan.
“Kami berharap dengan ini pelaku UMKM semakin siap dengan tantangan pemasaran dan meraih kesuksesan lebih besar di era digital,” sebutnya.
Vovo juga berharap dengan pelatihan yang digelar kali ini membuat para pelaku UMKM semakin yakin mampu bersaing bahkan berdaya di negara sendiri.
“Kami juga berharap workshop ini dapat menciptakan peluang kerja sama jangka panjang antara para pengrajin, pelaku UMKM di Solo Raya dengan Tribun Network melalui platform Cenderaloka. Kolaborasi ini kami harapkan dapat membawa dampak positif dalam pengembangan usaha UMKM. Baik dalam pemasaran maupun distribusi produk,” pungkasnya.
Sebagai informasi, dalam kegiatan kali ini. Selain workshop untuk para pelaku UMKM. Di akhir acara juga akan digelar penandatanganan kontrak perjanjian (MoU) sebagai bukti kerja sama pengembangan UMKM dengan platform Cenderaloka.
(*)