Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Hari ke-3 Angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto Sambut 15.000 Pemudik

Hari ke-3 Angkutan Nataru, Daop 5 Purwokerto Sambut 15.000 Pemudik

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – Hari ketiga pelaksanaan Angkutan Nataru 2024/2025, KAI Daop 5 Purwokerto memprediksi menerima kedatangan sebanyak 15.000 pelanggan di 17 stasiun penumpang Daop 5 Purwokerto, Sabtu (21/12/2024). 

Sedangkan penumpang yang berangkat dari stasiun-stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto ada sebanyak 11.000 pelanggan. 

Ini meninggat dibanding Sabtu biasa yang memberangkatkan sebanyak 8.000 pelanggan. 

Tentu jumlah ini masih terus bergerak karena pembelian tiket masih berjalan hingga jelang keberangkatan KA terakhir pada tengah malam nanti.

Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih menyampaikan, selama tiga hari pelaksanaan Angkutan Nataru telah memberangkatkan total sebanyak 33.619 pelanggan dan menyambut sebanyak 40.848 pelanggan yang tiba di 17 stasiun penumpang Daop 5 Purwokerto.

Feni menambahkan, pada hari ketiga Angkutan Nataru kali ini, stasiun dengan pemberangkatan pelanggan dan kedatangan terbanyak masih dipegang oleh Stasiun Purwokerto yang memberangkatkan sebanyak 5.001 pelanggan dan menerima kedatangan 5.300 pelanggan. 

Disusul dengan Stasiun Kutoarjo yang memberangkatkan sebanyak 1.322 pelanggan dan menyambut kedatangan 2.724 pelanggan. 

Sementara di posisi ketiga, Stasiun Kroya memberangkatkan sebanyak 1.157 pelanggan dan menerima kedatangan sebanyak 1.613 pelanggan. 

Sementara Stasiun Kebumen memberangkatkan sebanyak 967 pelanggan dan menerima kedatangan sebanyak 1.266 pelanggan. 

Sisanya dari stasiun lainnya di wilayah Daop 5 Purwokerto.

Feni menambahkan, adapun TOP 3 stasiun tujuan favorit para penumpang dari wilayah Daop 5 Purwokerto masih dipegang Stasiun Pasarsenen, Jakarta, Stasiun Yogyakarta, dan Stasiun Kiaracondong, Bandung. 

Sementara TOP 3 KA dengan okupansi tertinggi juga masih dipegang oleh KA Logawa relasi Purwokerto-Jember, KA Wijayakusuma Cilacap-Ketapang, dan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto-Malang.

“Untuk sisa tempat duduk pada Angkutan Nataru dari wilayah Daop 5 Purwokerto masih tersedia sebanyak 75.000, jadi masyarakat terus kami imbau segera merencanakan perjalanan baik mudik maupun balik dengan memesan tiket KA melalui Access by KAI, web kai.id ataupun channel eksternal lainnya yang telah bekerja sama dengan KAI,” kata Feni kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk membawa bagasi sesuai ketentuan agar jangan overbagasi. 

Aturan bagasi yang dapat dibawa ke kabin yakni berat maksimal 20kg dengan dimensi 70cm x 48cm x 30cm maksimal sebanyak 4 koli/item bagasi. 

Pelanggan dapat membawa maksimal bagasi dengan berat 40kg dengan dimensi 70cm x 48cm x 60 cm dengan dikenakan biaya bagasi tambahan yakni Rp10.000/kg untuk kelas eksekutif, Rp6.000/kg untuk kelas bisnis, dan Rp2.000/kg untuk kelas ekonomi. 

Masyarakat juga diimbau untuk mengatur jam keberangkatan menuju stasiun agar dapat berangkat tepat waktu dan tidak ketinggalan KA. 

Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121 (*)