Jakarta, CNN Indonesia —
Menutup tahun 2024, ShopeeFood kembali mencuri perhatian dengan kampanye inovatifnya, Checkout Murah. Kampanye ini tidak hanya menawarkan pengalaman pesan makanan online yang hemat, tetapi juga sukses menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia.
Selama 2024, ShopeeFood secara konsisten menghadirkan inovasi dan program dengan dampak positif bagi pertumbuhan mitra yang berada di dalam ekosistem secara jangka panjang. Melalui kampanye Checkout Murah, ShopeeFood memberikan pengalaman belanja pesan makanan online yang mudah dan hemat sekaligus meningkatkan penjualan serta eksposur merchant, terutama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
Dengan menu variatif mulai Rp20.000, lengkap dengan ongkos kirim, program ini membuktikan komitmen ShopeeFood dalam menghadirkan layanan berkualitas sekaligus mendorong pertumbuhan pelaku UMKM.
Kampanye ini tak lepas dari tren perkembangan dunia digital, dimana dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar masyarakat telah beralih ke ranah online, termasuk industri pesanan makanan online.
Hal ini sejalan dengan riset Statista dalam laporannya ‘Online Food Delivery: Market Data & Analysis’, hasilnya bahwa layanan pesan antar makanan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Riset ini juga memproyeksikan pesanan makanan secara online akan terus bertumbuh 14,48% per tahun hingga 2029.
Head of Business Development ShopeeFood Indonesia, Rizkyandi Ramadhan menyampaikan, kampanye Checkout Murah ini merupakan respons atas kebutuhan masyarakat yang semakin beragam dalam memenuhi berbagai kebutuhan kulinernya.
“Karenanya kami menghadirkan kurasi menu kuliner yang variatif dengan harga terjangkau, mulai dari Rp20 ribu sudah termasuk ongkir. Kami juga berkolaborasi dengan Mursid untuk semakin memeriahkan kampanye ini,” ujarnya.
Rizkyandi berharap, kolaborasi ShopeeFood dengan Mursid dapat memperkenalkan ShopeeFood Checkout Murah dengan cara yang lebih menarik bagi masyarakat yang bisa memanfaatkan segala promosi dari kampanye ini.
Pilihan Favorit Pengguna
Diluncurkan pada September 2024, kampanye ShopeeFood Checkout Mura langsung mencatat pencapaian mengesankan dan telah menjadi pilihan favorit pengguna hingga penghujung 2024. Jumlah pembelian ShopeeFood Checkout Murah juga meningkat 2 kali lipat pada Desember dibandingkan saat pertama kali diluncurkan.
Inisiatif ini juga memberikan keuntungan maksimal bagi para pengguna. Dengan menggunakan ShopeeFood Checkout Murah, pengguna telah menghemat pengeluaran dengan total miliaran rupiah.
Rizkyandi menjelaskan, sejak hadir pada September, ShopeeFood Checkout Murah mencatat hasil positif, mulai dari peningkatan penjualan, pengguna, hingga partisipasi merchant.
“Tentunya hal tersebut semakin memotivasi ShopeeFood untuk terus berinovasi dalam upaya memberikan yang terbaik bagi seluruh pengguna yang berada dalam ekosistem kami, yaitu para pengguna, merchant, dan mitra pengemudi,” ucapnya.
Selain itu, terdapat fakta menarik lainnya dalam inisiatif ShopeeFood Checkout Murah ini, yakni 4 juta menu dapat dipesan pada program ShopeeFood Checkout Murah.
Kemudian menu favorit pengguna yang paling banyak dipesan, di antaranya Nasi Ayam, Mie, Nasi Goreng, Bubur Ayam, Nasi Padang, dan Kebab.
Terakhir, waktu makan siang (11.00-12.00) dan makan malam (18.00-19.00) menjadi waktu favorit untuk memesan di ShopeeFood Checkout Murah.
Dampak Positif Bagi Merchant
Selain menjadi andalan pengguna, ShopeeFood juga konsisten menjadi wadah bagi merchant untuk terus mengembangkan usahanya dengan menghadirkan berbagai inovasi dan variasi program. Kampanye ShopeeFood Checkout Murah menjadi buktinya, dimana dapat memberikan dampak signifikan pada penjualan merchant dengan peningkatan transaksi selama periode berlangsung.
Dampak ini dirasakan oleh pemilik Unique Chicken, Boby Ardiansyah. Dia mengaku senang bisa menjadi bagian dari kampanye ShopeeFood Checkout Murah dan program ShopeeFood lain. Melalui kampanye ini, menurutnya, penjualan Unique Chicken meningkat hingga 6 kali lipat dibanding sebelum kampanye ini berlangsung.
“Bersama ShopeeFood, mengelola bisnis juga lebih praktis dan mudah dengan inovasi yang ditawarkan di aplikasi Shopee Partner,” katanya.
Apresiasi terhadap ShopeeFood Checkout Murah juga datang dari CEO of Ngedagging, Robert Peter Rajimin. Pihaknya selalu menyambut antusias kampanye dan program yang ditawarkan oleh ShopeeFood. Termasuk kampanye ShopeeFood Checkout Murah yang membuat penjualan Ngedagging mengalami peningkatan signifikan.
“Kenaikan penjualan kami sangat di luar ekspektasi, dan menjadi pencapaian yang sangat baik bagi usaha kami. Kami senantiasa menantikan inovasi dari ShopeeFood ke depannya untuk terus dapat mengembangkan usaha merchant,” ungkap Robert.
(ory/ory)