Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Spesifikasi Neta V Dapat Nilai 0 Saat Uji Tabrak ASEAN NCAP

Spesifikasi Neta V Dapat Nilai 0 Saat Uji Tabrak ASEAN NCAP

Jakarta, CNN Indonesia

Mobil listrik Neta V diganjar nilai 0 untuk dalam oleh program pemeringkatan keselamatan mobil yang berlaku di kawasan Asia Tenggara (ASEAN NCAP).

NETA V yang diuji ini merupakan model yang dijual di Malaysia. Mobil yang diimpor utuh dari China ini juga dijual di beberapa negara seperti Brunei, Thailand, dan sempat dijual di Indonesia.

NETA V ini berdimensi 4.070 x 1.690 x 1.540 mm dengan kapasitas baterai 40,7 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak 401 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Mobil dengan kapasitas lima kursi penumpang ini memiliki dibekali fitur DC Fast Charge, yang dapat mengisi daya dari 30 persen ke 80 persen hanya dalam waktu 30 menit.

Motor elektrik di roda depan dapat menghasilkan tenaga 70 kW atau setara 93 hp dan torsi maksimum 150 Nm.

Pada bagian suspensi, mobil ini mengandalkan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan Trailing Arm di bagian belakang.

Soal keselamatan, sebetulnya Neta sudah membekali V dengan sejumlah fitur. Namun hasil pengujian ASEAN NCAP masih jauh di bawah rata-rata.

Fitur-fitur ini antara lain Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Hill Descent Control System (HDC), Speed Sensing Auto Door Lock, dan dual front Airbags.

Ada pula juga Electronic Parking Brake (EPB), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), hingga Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Kemudian terdapat fitur keselamatan standar Seatbelt Reminder, 3-Point Rear Seatbelt, serta Front Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter.

Versi Neta V II di Indonesia

Neta saat ini sudah merakit V secara lokal di PT Handal Indonesia Motor di Bekasi, Jawa Barat. Nama V berubah menjadi V-II dengan harga yang lebih murah Rp80 juta dibanding impor utuh dari China.

V-II yang kini dijual di Indonesia dibekali fitur-fitur penunjang keselamatan seperti dibekali Advanced Driver Assistance System alias ADAS.

Terdapat sembilan fungsi ADAS yang dibekali di V-II seperti Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Front Vehicle Start Alert (FSA), Full- speed Adaptive Cruise Control (ACC), Traffic Jam Assist (TJA), Integrated Cruise Assist (CA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), hingga High Beam Assist (HBA).

Untuk diketahui, Neta dilabeli nilai 0 pada pengujian ASEAN NCAP yakni varian V. Hasilnya hanya mencapai skor keseluruhan 28,55 poin dalam penilaian dengan 7,89 poin untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), 13,51 poin untuk Child Occupant Protection (COP), 7,14 poin untuk Safety Assist (SA) dan 0,00 poin untuk kategori Motorcyclist Safety (MS).

Torehan nilai itu mencerminkan kalau Neta V yang seharusnya aman di pakai di jalan raya, ternyata masih jauh dari harapan.

Saat uji coba tabrak depan menggunakan boneka pengemudi, boneka menerima perlindungan yang buruk di kepala, leher, dada, dan tungkai bawah kanan. Hasilnya Neta V diberi nilai 0,00 untuk uji tabrak depan.

Kemudian uji tabrak samping, boneka pengujian menerima perlindungan buruk di bagian dada saat tes tabrak samping. Dalam uji benturan samping, model ini hanya memperoleh 6,31 poin dari 8,00 poin.

Neta V hanya mendapat skor 7,89 poin dari nilai maksimal 40,00 poin untuk kategori perlindungan penumpang dewasa (AOP). Untuk perlindungan penumpang anak (COP), Neta V hanya meraih skor 13,51 poin dari nilai maksimal 20,00 poin.

(can/mik)

[Gambas:Video CNN]