Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Riset: Orang Indonesia Habiskan Rp 256 Triliun untuk Kebutuhan Harian dan Gadget pada Q3 2024 – Page 3

Riset: Orang Indonesia Habiskan Rp 256 Triliun untuk Kebutuhan Harian dan Gadget pada Q3 2024 – Page 3

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia semakin gemar berbelanja. Hal ini terlihat dari data terbaru NielsenIQ (NIQ) yang menunjukkan bahwa total pengeluaran untuk barang konsumsi sehari-hari (FMCG) dan produk teknologi alias gadget mencapai Rp 256 triliun pada kuartal ketiga (Q3) 2024.

Dalam laporan Retail Spend Barometer Indonesia, NielsenIQ mengungkap 81% dari total pengeluaran tersebut digunakan orang Indonesia untuk membeli produk-produk FMCG seperti makanan, minuman, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Sementara itu, sisanya sebesar 19% dialokasikan untuk produk teknologi seperti komputer, tablet, dan ponsel pintar.

“Konsumen menunjukkan selera belanja yang lebih baik pada Q3 2024, meskipun masih lambat, baik untuk FMCG maupun consumer tech,” kata Executive Director for Retail Vertical at NIQ in Indonesia, Wiwy Sasongko, melalui keterangannya, Senin (2/12/2024).

Ia menilai sektor Beverages dan Ambient Food adalah pendorong pertumbuhan FMCG, sementara produk IT dan Telekomunikasi mendorong pertumbuhan Consumer Tech.

“Menjelang musim liburan akhir tahun, konsumen diperkirakan akan terus meningkatkan pengeluaran mereka sehingga menghasilkan pertumbuhan pasar yang lebih tinggi,” ucap Wiwy menambahkan.

Khusus untuk FMCG, konsumen Indonesia menghabiskan Rp 208 triliun pada Q3 2024, naik 1,1% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Begitu juga value pertumbuhannya, naik dari +0,2% pada Q2 2024 ke angka +1,1% pada Q3 2024. Pertumbuhan ini sejalan dengan stabilitas perekonomian Indonesia, ditandai dengan inflasi yang terkendali di angka 1,8% dan pertumbuhan ekonomi 4,9%, dengan kenaikan 1,5% quarter-on-quarter dibandingkan Q2 2024.