Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Selama Masa Pilkada 2024, Daop 5 Purwokerto Telah Memberangkatkan 26.228 Pelanggan Kereta Api

Selama Masa Pilkada 2024, Daop 5 Purwokerto Telah Memberangkatkan 26.228 Pelanggan Kereta Api

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – Selama periode Pilkada yakni 26-27 September 2024, Daop 5 Purwokerto memberangkatkan sebanyak 23.894 pelanggan dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto. 

Apabila dibandingkan dengan periode yang sama Minggu sebelumnya yakni 19-21 November 2014 total sebanyak 22.318 pelanggan berangkat dari wilayah Daop 5 Purwokerto.

Maka ada kenaikan sebesar 17,5 persen atau naik sebanyak 3.910 pelanggan.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Kamis (28/11/2024), menyatakan puncak keberangkatan tertinggi di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode momen Pilkada terjadi Rabu, (27/11/2024) sebanyak 9.502 pelanggan diberangkatkan dari wilayah Daop 5 Purwokerto.

Sedangkan puncak kedatangan atau penumpang tiba di Daop 5 Purwokerto terjadi Rabu, (27/11/2024) sebanyak 10.600 pelanggan tiba di stasiun-stasiun Daop 5.

“Secara total ada sebanyak 26.886 pelanggan KA yang tiba di stasiun-stasiun Daop 5 Purwokerto pada momen Pilkada kemarin,” katanya kepada Tribunbanyumas.com, Jumat (29/11/2024). 

Apabila dibandingkan dengan jumlah penumpang yang tiba di Daop 5 Purwokerto dengan periode yang sama pada minggu sebelumnya yakni 19-21 November 2024 dimana sebanyak 22.670 penumpang tiba di Daop 5, maka ada kenaikan sebanyak 4.216 pelanggan.

Trend positif ini tentu menunjukkan moda transportasi KA semakin diminati oleh masyarakat dalam bepergian. 

Khususnya pada momen Pilkada yang dijadikan masyarakat sebagai momen pulang ke kampung halaman dan menggunakan hak pilihnya. 

KAI Daop 5 Purwokerto tentu menyambut hal tersebut dengan terus melakukan peningkatan.

Menambah pelayanan fasilitas berbasis digital seperti fasilitas boarding menggunakan Face Recognition yang kini sudah ada di Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kutoarjo.

Fasilitas water station atau air minum gratis bagi penumpang memudahkan pelanggan apabila membutuhkan air minum sekaligus mendukung gerakan sustainability, juga fasilitas informasi digital yang sudah ada di berbagai stasiun. 

Terbaru, di Pintu Barat Stasiun Purwokerto yang menjadi akses masuk-keluar moda transportasi online terdapat fasilitas baru berupa mural dan rumput sintetis untuk menambah nuansa estetis dan nyaman. 

Selain itu, Daop 5 Purwokerto juga telah memberikan program potongan harga tiket 10 persen spesial di momen Pilkada yang telah berlangsung pada 15-25 November 2024 lalu untuk keberangkatan KA pada periode 26-28 November 2024. 

Berbagai fasilitas dan program Daop 5 Purwokerto ini dihadirkan untuk kian memanjakan pelanggan KA di baik yang berangkat maupun tiba di Daop 5 Purwokerto.

Untuk informasi lebih lanjut terkait perjalanan dan pelayanan KA, masyarakat juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121. (jti)