Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Jelang Momen Natal dan Tahun Baru 2025, PT KAI Daop 7 Madiun Siapkan 10 Lokomotif dan 76 Kereta

Jelang Momen Natal dan Tahun Baru 2025, PT KAI Daop 7 Madiun Siapkan 10 Lokomotif dan 76 Kereta

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 7 Madiun memastikan kesiapan sarana dan prasarana untuk menghadapi masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Tak kurang dari 10 lokomotif dan 76 armada kereta telah disiapkan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang selama periode liburan.  

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Kuswardojo, menjelaskan bahwa armada kereta yang disiapkan terdiri dari berbagai kelas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami telah menyiapkan 26 kereta eksekutif, 41 kereta ekonomi, 3 kereta makan dengan pembangkit kelas 1, 1 kereta makan dengan pembangkit kelas bisnis, dan 5 kereta makan dengan pembangkit kelas ekonomi,” katanya, Jumat (29/11/2024). 

Kuswardojo mengatakan, seluruh sarana telah melalui serangkaian pemeriksaan rutin dan pemeliharaan menyeluruh untuk memastikan operasional berjalan lancar.

“Langkah ini bertujuan untuk menjaga kelancaran selama masa angkutan Nataru, yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang,” tambahnya.  

Sebagai antisipasi tambahan, PT KAI Daop 7 juga telah mempersiapkan cadangan kereta dan lokomotif. Selain itu, pihak KAI juga menyiapkan rencana operasional untuk menghadapi kemungkinan kendala teknis. Mobilisasi kereta cadangan juga sudah dipersiapkan jika sewaktu-waktu diperlukan.  

Tidak hanya soal kesiapan armada, fasilitas di dalam kereta juga ditingkatkan demi kenyamanan pelanggan.

“Kereta dilengkapi dengan AC, toilet bersih, musala, power charging, restorasi, entertainment TV, dan layanan kebersihan selama perjalanan. Peningkatan sistem keamanan dengan pemasangan CCTV juga menjadi prioritas,” jelasnya.

Menurut Kuswardojo, PT KAI Daop 7 optimis langkah-langkah ini dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi liburan.

Selain itu, PT KAI Daop 7 juga membuka akses layanan informasi bagi masyarakat melalui aplikasi KAI Access dan layanan pelanggan resmi. Dengan ini, masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi terkait jadwal, tarif, dan ketersediaan tiket.  

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan kereta api ini untuk mendukung kelancaran mobilitas mereka selama liburan,” tutup Kuswardojo.