Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Momen Pilkada 2024, Jumlah Penumpang Kereta dari PT KAI Daop 5 Purwokerto Naik 17,5%

Momen Pilkada 2024, Jumlah Penumpang Kereta dari PT KAI Daop 5 Purwokerto Naik 17,5%

Banyumas, Beritasatu.com – PT KAI Daop 5 Purwokerto mencatat peningkatan jumlah penumpang sebesar 17,5%  selama momen Pilkada 2024.

Hal ini lantaran Daop 5 Purwokerto memberikan program potongan harga tiket 10%  dalam momen Pilkada 2024 yang jatuh pada Rabu (27/11/2024). Promo ini untuk keberangkatan KA pada periode 26-28 November 2024.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih mengatakan, jumlah volume penumpang keberangkatan di seluruh stasiun Daop 5 pada periode 25-26 November 2024 mencapai 23.894 penumpang.

“Jumlah tersebut naik 17,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada minggu sebelumnya, yakni pada 19-21 November 2014 dengan total 22.318 penumpang,” kata Feni melalui keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

Feni menyebut puncak keberangkatan dan kedatangan tertinggi di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto pada periode momen Pilkada 2024 terjadi pada saat hari pemungutan suara.

“Puncak keberangkatan dan kedatangan penumpang pada hari Rabu (27/11/2024), dengan total 9.502 pelanggan diberangkatkan dari wilayah Daop 5 Purwokerto, dan sebanyak 10.600 pelanggan penumpang di stasiun-stasiun Daop 5,” tambah Feni.

“Jika dibandingkan dengan jumlah penumpang yang tiba di Daop 5 Purwokerto dengan periode yang sama pada minggu sebelumnya yakni 19-21 November 2014 ketika sebanyak 22.670 penumpang tiba di Daop 5, maka ada kenaikan sebesar % atau sebanyak 4.216 pelanggan,” lanjut Feni.

Menurut Feni, trend positif ini menunjukkan bahwa moda transportasi KA semakin diminati oleh masyarakat dalam bepergian. Khususnya pada momen Pilkada 2024 yang dijadikan masyarakat sebagai momen untuk pulang ke kampung halaman dan menggunakan hak pilihnya.

“PT KAI Daop 5 Purwokerto tentu menyambut hal tersebut dengan terus melakukan peningkatan dengan menambah pelayanan dan fasilitas bagi penumpang,” tambahnya.  

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain fasilitas berbasis digital seperti fasilitas boarding menggunakan face recognition yang kini sudah ada di Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kutoarjo, fasilitas water station atau air minum gratis bagi penumpang juga fasilitas informasi digital yang sudah ada di berbagai stasiun.

“Berbagai fasilitas dan program ini dihadirkan untuk kian memanjakan pelanggan KA baik yang berangkat maupun tiba di PT KAI Daop 5 Purwokerto,” pungkas Feni.