Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

BSI Catat Beragam Pertumbuhan Positif Lewat Channel Digital

BSI Catat Beragam Pertumbuhan Positif Lewat Channel Digital

Jakarta, CNN Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) melanjutkan upaya memberi kemudahan dan kenyamanan bertransaksi bagi nasabah melalui penguatan layanan digital channel sebagai perwujudan langkah menuju beyond syariah banking.

“BSI terus meningkatkan accessibility layanan melalui digital channel. Beberapa digital channel yang dimiliki BSI antara lain QRIS, ATM, EDC, dan BSI Smart Agent,” kata SEVP Digital Banking BSI, Saut Parulian Saragih.

Saut menjelaskan, berbagai fitur layanan digital banking BSI memperlihatkan pertumbuhan positif di sepanjang tahun 2023. Misalnya, merchant QRIS BSI yang bertumbuh 79,6 persen year-on-year (yoy) mencapai 273,9 ribu, dengan total transaksi 12,3 juta transaksi.

BSI Smart Agent juga mengalami pertumbuhan 48,7 persen (yoy) sebanyak 28.227 agen menjadi 86.200 agen. Pada 2023, transaksi melalui BSI Smart Agent tercatat mencapai 19,6 juta transaksi.

“Saat ini, BSI Smart Agent dapat melayani nasabah untuk melakukan pelunasan haji,” kata Saut.

Pada tahun yang sama, kinerja tarik dan setor tunai tanpa antri serta transaksi EDC pun mengalami pertumbuhan. Total transaksi tarik dan setor tunai di 2.571 unit ATM BSI bertumbuh 12,1 persen yoy, mencapai 133,7 juta transaksi, dengan transaksi via EDC mencapai 284 ribu transaksi.

Sementara, fitur pada layanan digital unggulan BSI Mobile, juga semakin lengkap, di mana nasabah dapat menyelesaikan berbagai pembiayaan secara cepat, mulai gadai emas, cicil emas, mitraguna, hingga oto.

Saut menambahkan, BSI Mobile dapat digunakan untuk pembukaan rekening secara Online on Boarding. Pada 2023, tercatat pembukaan rekening secara online meningkat 86 persen.

Adapun shifting transaksi ke digital semakin meningkat dengan porsi 97 persen via digital dan 3 persen masih melalui teller. Kondisi itu turut mendorong peningkatan pengguna BSI Mobile, dengan jumlah user register sebanyak 6,3 juta hingga Desember 2023, dan volume transaksi mencapai Rp467 triliun.

Melanjutkan komitmen mendukung nasabah yang ingin berinvestasi di pasar modal secara syariah, BSI membuka layanan pembukaan rekening dana nasabah (RDN) yang bisa dilakukan secara online.

Menurut Saut, BSI menjadi bank syariah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pembukaan RDN secara online.

“Alhamdulillah BSI telah meluncurkan RDN Online sebagai bentuk komitmen memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berinvestasi secara syariah,” kata Saut.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]