Adapun dalam laporan ini, Ipsos Indonesia menggunakan beberapa indikator untuk menentukan e-commerce pilihan konsumen di Indonesia. Berikut di antaranya.
Keamanan dan Kenyamanan
Faktor kemananan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online. Ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen disebut bisa jadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman.
Untuk indikator ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee unggul dengan persentase 66 persen.
E-Commerce ini dianggap memiliki pilihan layanan pengiriman paling lengkap dibandingkan Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan TikTok Shop (7 persen).
Sementara untuk ragam metode pembayaran, ada 64 persen responden yang menilai Shopee unggul. Di bawahnya, ada Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (8 persen).
Ipsos juga mengamati metode pembayaran Cash on Delivery makin marak digunakan dan paling menarik perhatian responden.
Temuan Ipsos menyebut kalau Shopee (66 persen) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan. Kemudian, diikuti Tokopedia dan Lazada (12 persen), serta TikTok Shop 10 persen.