Driver Ojol Disebut Tolak Antar Pesanan sampai Depan Rumah, Ini Respons Gojek
Tim Redaksi
J
AKARTA, KOMPAS.com –
Sebuah unggahan di media sosial yang menampilkan cerita seorang pengemudi ojek
online
(ojol) disebut menolak mengantar pesanan hingga ke depan rumah pelanggan menjadi viral dan menuai respons warganet.
Unggahan itu dibagikan akun Instagram @kriminal.jakarta dengan narasi bahwa sang
driver
bersikeras tidak mengikuti arahan pelanggan saat hendak mengantarkan pesanan makanan.
”
Driver
ojol ini tak mau mengantar pesanan ke rumah
customer
hanya karena kelewatan. Tapi
driver
bersikeras tak mau menuruti arahan
customer
,” tulis akun tersebut dikutip
Kompas.com.
Dalam unggahan itu dijelaskan, pelanggan telah memberikan penjelasan mengenai lokasi rumahnya dan meminta
driver
untuk menunggu hingga ia keluar. Namun, sang pengemudi disebut tetap menaruh pesanan secara sembarangan di rumah warga lain.
Akun tersebut juga menyebutkan pelanggan sempat mengancam akan memberi rating satu serta melaporkan sang
driver
melalui aplikasi. Namun,
driver
diklaim tidak gentar dan bahkan mengaku terbiasa menerima rating rendah tanpa terkena sanksi serius.
“Saat diancam di-
report
dan rating 1 oleh
customer
,
driver
ojol ini juga tidak takut. Katanya dia kesayangan orang kantor aplikator,” tambah akun tersebut.
Menanggapi viralnya unggahan itu, manajemen
Gojek
Indonesia memastikan pengemudi bernama Faturrahman yang disebut dalam unggahan tersebut sudah tidak lagi menjadi mitra aktif Gojek sejak Februari 2025.
”
Driver
-nya suda di putus Mitra sejak Februari (2025), sembilan bulan lalu,” ucap manajemen Gojek saat dikonfirmasi
Kompas.com,
Sabtu (29/11/2025).
Gojek Indonesia, melalui kolom komentar, juga menegaskan perusahaan selalu menindaklanjuti laporan terkait layanan maupun perilaku mitra. Perusahaan juga menegaskan bahwa mereka tidak menolerir pelanggaran apa pun.
Gojek Indonesia menyampaikan, perusahaan tidak menoleransi bentuk pelanggaran apa pun, termasuk yang bersifat pidana, dan selalu mengambil langkah tegas terhadap mitra yang terbukti bersalah sesuai ketentuan yang berlaku.
“Langkah tersebut penting untuk melindungi para konsumen dan nama baik Jutaan mitra Gojek yang telah bekerja secara jujur,” tulis Gojek Indonesia.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
8 Driver Ojol Disebut Tolak Antar Pesanan sampai Depan Rumah, Ini Respons Gojek Megapolitan
/data/photo/2025/11/29/692ab5015e5dc.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)