Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.
1 juta penumpang kereta api naik turun di KAI Daop 6 pada November 2024
Dalam Negeri
Editor: Sigit Kurniawan
Jumat, 06 Desember 2024 – 16:27 WIB
Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta mencatat pelayanan penumpang selama bulan November 2024. Sebanyak 1.068.413 penumpang terlayani di berbagai stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta, meningkat 1,3% dibandingkan dengan bulan Oktober 2024 yang mencatat 1.054.111 penumpang. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023, terjadi kenaikan 3% dari 1.042.329 penumpang.
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro menjelaskan, dari total bulan November 2024 tersebut, penumpang yang berangkat sebanyak 530.916 penumpang, sementara penumpang yang tiba mencapai 537.497 penumpang. Puncak keberangkatan terjadi pada Minggu, 3 November 2024, dengan jumlah 27.833 penumpang, diikuti Minggu, 17 November dengan 26.729 penumpang, dan Minggu, 24 November dengan 25.863 penumpang.
Sementara itu, jumlah kedatangan tertinggi terjadi pada Jumat, 29 November 2024, dengan 24.992 penumpang, disusul Jumat, 15 November 2024 dengan 24.108 penumpang, dan Jumat, 1 November dengan 24.077 penumpang.
“Stasiun Yogyakarta menjadi stasiun dengan jumlah penumpang naik tertinggi, mencapai 229.849 penumpang. Stasiun Lempuyangan menyusul dengan 121.977 penumpang, diikuti Stasiun Solobalapan 95.207 penumpang, Stasiun Purwosari 24.967 penumpang, dan Stasiun Klaten 24.426 penumpang,” ujar Krisbiyantoro, Kamis (05/12/2024)
Untuk kedatangan, Stasiun Yogyakarta yang tertinggi dengan 231.488 penumpang, diikuti Stasiun Lempuyangan 122.401 penumpang, Stasiun Solobalapan 102.946 penumpang, Stasiun Klaten 23.753 penumpang, dan Stasiun Purwosari 23.482 penumpang.
KAI Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan mereka kepada kereta api.
“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan pelanggan dalam menggunakan layanan kereta api. Peningkatan jumlah penumpang ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan, baik dari sisi sarana kereta, fasilitas di stasiun, maupun pelayanan secara keseluruhan,” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Jumat (6/12).
KAI berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi dan peningkatan layanan guna memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi para pelanggan. “Kami akan terus meningkatkan pelayanan kereta api jarak jauh dan kereta lokal agar tetap menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Dukungan dan kepercayaan pelanggan adalah semangat kami untuk terus berbenah dan memberikan yang terbaik,” tambah Krisbiyantoro.
Dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang terus menunjukkan tren positif, KAI berkomitmen dapat memberikan kontribusi lebih dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pembangunan daerah melalui layanan transportasi yang andal dan berkelanjutan.
Sumber : Radio Elshinta