Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

1 Juta Agen BRILink Siap Layani Pemudik Idulfitri 1446 H

1 Juta Agen BRILink Siap Layani Pemudik Idulfitri 1446 H

Jakarta, Beritasatu.com – Seorang pria bernama Abdul Wahid (52) tengah melakukan perjalanan mudik Idulfitri 1446 H dari Cikande, Banten, menuju Lampung Tengah, Sabtu (29/3/2025). Perjalanan jauh ini dilakukan untuk bertemu dengan orang tua di kampung halaman. Dia telah mempersiapkan segalanya untuk mudik tahun ini. Tubuh yang bugar dan mobil yang membawa keluarga sudah dipastikan aman. Sebelum melakukan perjalanan jauh, dia terlebih dahulu mengisi bahan bakar di SPBU yang tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Setelah semuanya siap, dia memulai perjalanan bersama keluarga tercinta. Dia memasuki Tol Jakarta arah Merak dengan situasi yang cukup ramai. Namun, dia terkejut ketika keluar tol karena saldo dalam kartu elektronik untuk membayar tarif tol tidak cukup untuk menempuh perjalanan dari Tol Bakauheni hingga exit Tol Gunung Suggih.

“Saldo saya sekitar Rp 130.000. Wah, kurang itu kalau lewat jTol Lampung. Enggak mau ambil risiko, saya memilih mengisi e-toll di pinggir jalan di kawasan Cilegon,” kata Wahid kepada Beritasatu.com, Minggu (30/3/2025).

Wahid menambah saldo e-toll Brizzi di gerai BRILink sebesar Rp 150.000. Dia mengaku beruntung terdapat gerai BRILink, sehingga dapat melanjutkan perjalanan mudik Idulfitri 1446 H dengan tenang tanpa kekurangan apa pun.

“Kalau enggak ada (gerai BRILink), saya pasti was-was dan harus tetap cari sampai dapat,” jelasnya.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengatakan, sebagai upaya untuk mendukung kelancaran mudik lebaran, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen menyediakan layanan keuangan yang mudah diakses oleh masyarakat. Agen BRILink juga melayani top-up saldo Brizzi yang memudahkan masyarakat melakukan pembayaran non-tunai di tol, parkir, dan transportasi umum.

“BRI memahami bahwa perjalanan mudik bukan hanya soal pulang ke kampung halaman, juga soal memastikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Melalui agen BRILink, masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dari desa sekalipun, tanpa harus menempuh perjalanan ke unit kerja BRI,” kata Hendy.

Tidak hanya itu, agen BRILink juga memberikan akses terhadap berbagai layanan keuangan lain, seperti referral untuk pembukaan rekening tabungan dan pinjaman, pembayaran asuransi mikro, penarikan uang kiriman dari luar negeri, hingga pembelian tiket perjalanan, seperti bus, shuttle, dan feri.

Hendy mengeklaim, dengan ragam layanan yang lengkap, agen BRILink mempertegas peran bank pelat merah ini dalam mempermudah masyarakat bertransaksi di mana saja, sekaligus memperluas inklusi keuangan di seluruh penjuru negeri.

Dia menegaskan agen BRILink merupakan bagian dari komitmen BRI dalam memberikan akses layanan keuangan yang lebih dekat kepada masyarakat. Melalui strategi ini, pihaknya memperluas jangkauan layanan, sekaligus mendorong inklusi keuangan dengan menghadirkan akses yang lebih mudah dan merata bagi masyarakat di berbagai wilayah.

Hingga akhir Desember 2024, jumlah agen BRILink di seluruh Indonesia mencapai 1,06 juta agen dengan volume transaksi Rp 1.589 triliun. Jaringan ini menjangkau lebih dari 67.000 desa atau lebih dari 80% jumlah desa di Indonesia, serta siap melayani pemudik yang merayakan Idulfitri 1446 H.  

Merangkum Semua Peristiwa