Ziarah Kubur Jelang Bulan Suci Ramadhan, Ini Doa dan Tata Cara Pelaksanaannya

2 April 2022, 9:46

Doa ziarah kubur jelang Ramadhan 2022 (Dok.foto: freepik)

POROS.ID –¬†Menjelang bulan suci Ramadhan 2022 (1443 H), menjadi momen kalangan umat muslim untuk ber-ziarah kubur¬†

Di beberapa daerah, ziarah kubur jelang bulan suci Ramadhan ini biasanya dilakukan dari mulai 3 hari jelang tanggal 1 Ramadhan. Dan puncaknya di H-1 Ramadhan

Lalu, bagaimana doa ziarah kubur dan tata cara pelaksanaan untuk mendoakan orang tua atau keluarga dalam saat ber-ziarah kubur?

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Kemenag RI Penetapan 1 Ramadhan 2022

Sebagaimana diketahui, ziarah kubur ini pun dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, mengingat adanya banyak hikmah dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Melansir dari laman Nu.or.id, hikmah ziarah kubur adalah mengingatkan manusia akan kehidupan akhirat, yaitu masa depan yang penuh dengan keabadian atau kekal.

Selain itu berziarah kubur juga dapat meningkatkan kezuhudan seseorang terhadap kehidupan duniawi dan mengingat jika semua makhluk akan meninggal.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan Huruf Latin dan Waktu Bacanya – Ramadhan 2022

Hukum ziarah kubur jelang bulan suci Ramadhan adalah sunnah, sebagaimana dijelaskan Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitabnya Fatawa Fiqhiyah al-Kubra hal 2 no 24.


https://www.poros.id/berita-utama/pr-1673109655/ziarah-kubur-jelang-bulan-suci-ramadhan-ini-doa-dan-tata-cara-pelaksanaannya

Media

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi