Zat Pelapis ‘Cacing Nano’ Ini Membunuh COVID-19

16 September 2021, 14:45

KBRN, Queensland: Satu teknologi baru pelapis permukaan antivirus yang dapat disemprotkan pada masker wajah mampu memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap COVID-19 dan flu.

Pelapis yang dikembangkan University of Queensland (UQ) terbukti efektif membunuh virus penyebab COVID-19, dan menjanjikan sebagai penghalang penularan pada permukaan dan masker wajah.

Peneliti Institut Bioteknologi dan Nanoteknologi UQ Australia Profesor Michael Monteiro mengatakan lapisan berbahan air itu menyebarkan struktur seperti cacing yang menyerang virus.

“Ketika masker bedah disemprotkan dengan ‘cacing nano’ ini, itu mengakibatkan inaktivasi varian Alpha dari SARS-CoV-2 dan influenza A,” kata Profesor Monteiro, seperti dikutip dari Phys.org, Kamis (16/9/2021).

Pelapis ini dikembangkan dengan Boeing sebagai proyek penelitian bersama, dan telah diuji di Peter Doherty Institute for Infection and Immunity di University of Melbourne.

“Cacing nano polimer ini memecahkan membran tetesan virus yang ditularkan melalui batuk, bersin atau air liur dan merusak RNA mereka,” kata Profesor Monteiro.

“Kimia yang terlibat serbaguna, sehingga lapisan dapat dengan mudah dirancang ulang untuk menargetkan virus yang muncul dan membantu mengendalikan pandemi di masa depan.”

Profesor Monteiro mengatakan masker wajah akan terus menjadi bagian penting dalam membantu mencegah atau mengurangi penularan COVID-19.

“Lapisan antivirus yang diterapkan pada permukaan masker dapat mengurangi infeksi dan memberikan tindakan pengendalian jangka panjang untuk menghilangkan transmisi permukaan dan aerosol,” katanya.

“Kami tahu bahwa COVID-19 tetap menular selama berjam-jam atau berhari-hari di beberapa permukaan, dan memberikan rute langsung ke infeksi.

“Oleh karena itu, ada penekanan yang lebih besar untuk menghilangkan penularan melalui permukaan dan udara untuk melengkapi vaksinasi populasi untuk menghentikan pandemi saat ini.”

Zat pelapis ini ramah lingkungan, berbahan dasar air dan sintesisnya selaras dengan teknik manufaktur yang digunakan dalam industri cat dan pelapis.

Penelitian ini dipublikasikan di ACS Nano.


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1190228/zat-pelapis-cacing-nano-ini-membunuh-covid-19?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi