Waspada, Covid-19 Varian XBB Masuk Indonesia! Ini 5 Fakta Terkait Termasuk Gejalanya

24 October 2022, 12:31

Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan masyarakat tetap waspada terhadap penularan covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan. Ini lantaran terdeteksinya subvarian Omicron XBB di Indonesia.
 
Varian XBB menyebabkan lonjakan kasus covid-19 yang tajam di Singapura, diiringi dengan peningkatan tren perawatan di rumah sakit.
 
“Peningkatan kasus gelombang XBB di singapura berlangsung cepat dan sudah mencapai 0,79 kali gelombang BA.5 dan 0,46 kali gelombang BA.2” ujar juru bicara covid-19 Kementerian Kesehatan dr M Syahril dalam keterangan resmi, Sabtu, 22 Oktober 2022.
 
Berikut lima hal yang perlu diketahui dari subvarian XBB:
1. Apa itu covid-19 XBB?

XBB atau BA.2.10 adalah evolusi dari strain sub-varian BA.2 omicron. Varian ini pertama kali terdeteksi pada Agustus 2022 di India.

-?

Dikutip dari laman Klikdokter, XBB sendiri bukanlah nama resmi yang ditetapkan oleh WHO. XBB adalah nama yang disematkan oleh para peneliti, sebelum virus ini menyebar ke seluruh dunia.
2. Ditemukan di 24 negara, termasuk Indonesia
Sejak pertama kali ditemukan, sebanyak 24 negara melaporkan temuan Omicron varian XBB termasuk Indonesia. Selain Indonesia dan Singapura, negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina melaporkan temuan varian XBB.

3. Kasus pertama di Indonesia
Kasus pertama XBB di Indonesia merupakan transmisi lokal, terdeteksi pada seorang perempuan, berusia 29 tahun yang baru saja kembali dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.
 
 

 

4. Menyebar dengan cepat
Varian XBB menular lebih cepat. Tetapi, untuk fatalitasnya tidak lebih parah dari varian Omicron.

5. Gejala varian XBB
Gejala varian XBB ini serupa dengan varian serupa, antara lain, batuk, pilek, dan demam.
 
“Ada gejala seperti batuk, pilek dan demam. Ia kemudian melakukan pemeriksaan dan dinyatakan positif pada 26 September. Setelah menjalani isolasi, pasien telah dinyatakan sembuh pada 3 Oktober” jelas dr. Syahril.
 (RUL)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi