Warung di Pamekasan Dilarang Melayani Makan di Tempat Siang Hari

3 April 2022, 12:09

Pamekasan: Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, melarang para pemilik warung makan untuk buka dan melayani pembeli makan di tempat pada siang hari selama Ramadan untuk menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa.
 
Menurut Kasi Penyidikan pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemkab Pamekasan, Rahman Ainur mengatakan ketentuan larangan itu sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditetapkan Pemkab Pamekasan saat Ramadhan.
 
“Pagi hingga siang hari tidak boleh buka. Boleh buka mulai sore hingga malam,” kata Rahman, di Pamekasan, Minggu, 3 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Ia menjelaskan, ketentuan mengenai larangan berjualan makanan dan minuman pada siang hari itu berlaku bagi semua pemilik warung. Menurut dia, Satpol-PP Pemkab Pamekasan telah menyampaikan ketentuan mengenai larangan buka warung pada pagi hingga siang hari itu kepada semua pemilik warung di Pamekasan.
 
Baca: Jemaah Tarikat Syattariah di Aceh Memasuki Hari ke 4 Berpuasa
 
“Kami sudah mengirim surat, dan menyampaikan sosialisasi secara langsung, dengan harapan para pemilik warung bisa mentaati ketentuan ini,” katanya.
 
Selain pemilik warung, ketentuan yang sama juga berlaku bagi pengusaha restoran, depot dan rumah makan. Bagi yang melanggar ketentuan, akan dikenai sanksi, berupa teguran lisan, tertulis, penutupan paksa, hingga pencabutan izin usaha.
 
“Tapi khusus warung, depot atau restoran di terminal diperbolehkan, karena yang berjualan di sana khusus untuk orang dalam perjalanan,” katanya.
 
Umat Islam di Pamekasan memulai puasa Ramadan 1443 Hijriah pada 3 April 2022 sesuai dengan ketetapan Kementerian Agama Republik Indonesia. Sebagian  ada yang telah melaksanakan ibadah puasa pada 2 April 2022 berdasarkan edaran Pengurus Pusat Muhammadiyah.
 

(WHS)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/Dkq45anb-warung-di-pamekasan-dilarang-melayani-makan-di-tempat-siang-hari

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi