Wapres Maruf Amin: Dana Abadi Pesantren Komitmen Pemerintah Bantu Pendidikan Pesantren

16 September 2021, 21:18

Wapres Maruf Amin: Dana Abadi Pesantren Komitmen Pemerintah Bantu Pendidikan Pesantren

RADARBANGSA.COM – Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan bahwa Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2021 tentang Dana Abadi Pesantren merupakan komitmen pemerintah untuk membantu pendidikan di seluruh tingkatan, termasuk pondok pesantren.

“Ini merupakan komitmen kuat dari Pemerintah untuk membantu pendidikan dalam segala tatarannya, untuk membantu semua kegiatan-kegiatan pendidikan, riset dan juga inovasi di pesantren,” kata Kiai Maruf di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara Serang, Banten, Kamis, 16 September 2021.

Diungkapkannya, Perpres tersebut juga untuk membantu pondok pesantren di berbagai daerah, khususnya yang kondisinya membutuhkan bantuan untuk pengembangan kegiatan pendidikannya. 

“Ini juga untuk membantu pesantren yang memang banyak yang, maaf, keadaannya perlu memperoleh bantuan dari Pemerintah,” tuturnya. 

Wapres mengatakan, kebijakan tersebut mendapat tanggapan sangat baik dari para pengurus pesantren, karena memang sudah lama ditunggu untuk segera mendapatkan payung hukum. 

Sementara itu, dilansir dari antaranews.com, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Perpres Dana Abadi Pesantren tersebut merupakan momentum besar bagi dunia pesantren. Yaqut juga mengimbau seluruh pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran bagi pesantren-pesantren di daerah.

“Dengan terbitnya perpres ini, pemda tidak perlu ragu lagi mengalokasikan anggaran untuk membantu pesantren,” kata Yaqut.


https://www.radarbangsa.com/news/34239/wapres-maruf-amin-dana-abadi-pesantren-komitmen-pemerintah-bantu-pendidikan-pesantren

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi