Wapres: Kita Akan Bangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di Seluruh Provinsi

30 May 2022, 15:06

Wapres: Kita Akan Bangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di Seluruh Provinsi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden RI KH Maruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mengatakan KNEKS akan membangun kelembagaan hingga di tingkat daerah di Indonesia.

Maruf Amin mengatakan hal tersebut akan dilakukan dengan cara membangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh provinsi.

“Kita akan membangun kelembagaannya sampai ke daerah dengan membangun yaitu Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di Seluruh Provinsi,” kata Maruf usai memimpin Rapat Pleno kedua KNEKS di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan pada Senin (30/11/2022).

Baca juga: Survei: Pandemi Covid-19 Berdampak pada Ekonomi dan Kesehatan Lansia

Saat ini, kata dia, komite di tingkat daerah telah terbentuk di beberapa daerah.

Ke depannya, kata dia, komite-komite di daerah tersebut akan terus dikembangkan.

“Yang sudah ada sekarang, itu adalah di Sumatera Barat dan akan tadi juga Riau, kemudian Jawa Barat, kemudian Jawa Timur dan akan terus dikembangkan,” kata dia.

Agenda utama rapat tersebut, kata Maruf, adalah melangkah lebih cepat untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia.

Cita-cita tersebut, kata dia, di antaranya dicapai dengan membangun berbagai ekosistem,  penguatan master plan, serta penyusunan data ekonomi syariah yang lebih lengkap.

“Kemudian koordinasi dengan semua kementerian dan lembaga yang hadir, hampir lengkap semuanya dan menyampaikan program-programnya yang sekarang sedang disiapkan untuk disatukan untuk dijahit oleh Komite (Nasional) Eksekutif Ekonomi Syariah,” kata Maruf.

Baca juga: Sandiaga Uno: Event POI Menebarkan Semangat Membangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/05/30/wapres-kita-akan-bangun-komite-daerah-ekonomi-dan-keuangan-syariah-di-seluruh-provinsi

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi