Walau Masih Siswa SMP, Jangan Takut Bercita-cita Tinggi

3 November 2021, 1:22

Walau Masih Siswa SMP, Jangan Takut Bercita-cita Tinggi

Jakarta: Masih berstatus sebagai siswa sekolah menengah pertama (SMP) bukan berarti terbatas untuk bermimpi. Bercita-cita tinggi sejak masih usia belia justru sebagai penyemangat untuk menggapainya kelak.

Demikian benang merah dari acara bertajuk Career Day and Achievment Motivation Training yang diselenggarakan SMP Labschool Rawamangun Jakarta, secara virtual, Selasa, 2 November2021. Acara ini manghadirkan alumni SMP Labschool yang sudah melanjutkan sekolah, kuliah, dan berkarier di berbagai bidang.

Alumni SMP Labschool yang kini berprofesi sebagai dokter psikiatri, Monica Andalusia, misalnya. Ia menekankan kepada para siswa untuk sejak dini membuat tujuan. Ke mana akan melanjutkan studi dan nanti berkeinginan menjadi apa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

“Letakkan passion . Jika ada masalah di tengah jalan, kita harus bangkit segera. Jangan terlena dengan berbagai kendala yang dihadapi,” ujar dia.

Pembicara lain, M Hanif, yang kini sekolah di SMA MH Thamrin Jakarta, sejak SD sudah bercita-cita menjadi dokter sebagaimana sejumlah anggota keluarganya. Ada anjuran dari orang tua agar nantinya Hanif juga menjadi dokter.

“Jadi, situasi dan kehidupan keluarga mendorong saya untuk bercita-cita menjadi dokter. Bahkan, keinginan saya lebih menjadi dokter ketimbang saran dan harapan orang tua. Saya yakin saya mampu nanti menjadi dokter,” ujar Hanif.

Baca: CEO Media Group: Pemuda Masa Kini Perlu Mengadopsi Endurance Sumpah Pemuda

Lain lagi cerita Muhammad Rizky. Alumnus SMP Labschool ini langsung melanjutkan studinya ke luar negeri. Rizky termasuk sedikit dari alumni yang berani mengambil tantangan dengan mencari beasiswa SMA ke luar negeri.

Rizky lolos seleksi dan melanjutkan pendidikan SMA–nya ke sekolah internasional bernama Knightsbridge Schools International (KSI) di KotaTivat, Montenegro, Eropa Selatan.

“Sejak kecil saya ingin belajar di luar negeri. Kenapa? Dua kakak saya sudah kuliah di luar negeri dengan beasiswa saat masih SMP,” kata dia.

Rizky yang kini kuliah di KU Leuven, Brussel, Belgia, mengatakan banyak pengalaman dan ilmu yang diperoleh saat belajar di luar negeri. “Semua itu bisa menjadi modal kita untuk meraih karirr dan cita-cita masa depan. Jadi, jangan takut dengan beragam tantangan belajar di luar negeri,” kata dia.


Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi