Wagub DKI soal Cuaca Ekstrem Jakarta: Kita Kerahkan Semua SDM Cegah Banjir

16 September 2021, 22:04

Wagub DKI soal Cuaca Ekstrem Jakarta: Kita Kerahkan Semua SDM Cegah Banjir

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan prediksi bahwa untuk wilayah Jakarta sampai dengan 20 September diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas cuaca yang ekstrem. Selain itu, BMKG juga memprediksi Jakarta berpotensi terdampak bencana hidrometereologi dengan level siaga.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria mengatakan saat ini Pemprov DKI sudah mengerahkan seluruh jajarannya untuk siaga dalam memastikan pencegahan terjadinya banjir di wilayahnya.

Warga berjalan melintasi banjir yang merendam kawasan RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

“Kami jajaran sudah dipimpin Pak Gubernur semuanya untuk memastikan kesiapsiagaan seluruh jajaran untuk mengantisipasi pencegahan genangan maupun banjir di DKI,” ujar Riza kepada wartawan, Kamis (16/9).

“Semua yang kami milik, SDM dengan semua instansi terkait jajaran Forkopimda bersinergi kemudian juga seluruh alat yang kami miliki sarana prasarana semua kita kerahkan,” tambahnya.

Menurutnya, sudah sejak lama Pemprov DKI mempersiapkan upaya pencegahan banjir. Salah satunya dengan dilakukannya pengerukan sungai di setiap titik yang berpotensi terjadinya banjir.

Wagub DKI Ahmad Riza Patria meninjau kesiapan fungsi pompa dalam pengendalian banjir
Foto: Pemprov DKI

“Sebetulnya tidak hanya sekarang, sepanjang tahun tiap hari bagian sumber daya air jajaran terkait terus bekerja meningkatkan pengendalian banjir agar lebih baik lagi kita dapat optimal seperti upaya pengerukan sungai kali, waduk situ embung itu terus dilakukan tiap hari,” ungkapnya.

Untuk itu, Riza berharap semua jajarannya dapat terus mengupayakan yang terbaik dalam mencegah terjadinya banjir di Jakarta.

“Alat yang kami miliki tidak pernah berhenti bekerja dan SDM yang kami miliki terus mengupayakan yang terbaik,” pungkasnya.

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi