Volodymyr Zelenskiy Prihatin Kondisi Ukraina Makin Sulit

1 April 2022, 11:14

Presiden Volodymyr Zelensky.[Kyiv Post]

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Kamis, 31 Maret 2022, menceritakan situasi di wilayah Selatan dan kawasan Donbas, semakin sulit. Rusia bahkan sedang membangun pasukan di dekat Kota Mariupol yang terkepung.

Dalam pesan videonya, Zelenskiy juga mengaku telah memecat dua pejabat senior di badan keamanan nasional Ukraina atas tuduhan mereka telah berkhianat. Dalam kesempatan itu, Zelenskiy juga menyebut Rusia sangat jahat dan ingin menghancurkan.

“Mereka (Rusia) seperti berasal dari alam lain. Monster yang membakar dan menjarah, yang menyerang serta bertekad untuk membunuh,” kata Zelenskiy.

Mobil dan rumah-rumah yang rusak akibat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, di kota Irpin, di wilayah Kyiv Ukraina 29 Maret 2022. REUTERS/Serhii Mykhalchuk

Rusia sebelumnya telah menekankan bahwa yang mereka lakukan adalah sebuah operasi khusus untuk melucuti senjata dan denazify negara tetangganya itu. Moskow pun menyangkal tuduhan Kyiv bahwa militer Rusia mengincar warga sipil.

“Masih akan ada pertempuran. Kami masih melewati jalan yang sulit untuk mendapatkan apa yang kami mau. Situasi di selatan dan di Donbas masih sangat sulit,” kata Zelenskiy.

Dia menambahkan tentara Ukraina sudah memukul mundur militer Rusia dari Ibu Kota Kyiv dan Chernihiv. Dua kota tersebut, dikatakan Moskow tidak akan lagi menjadi fokus penyerangan mereka karena Rusia ingin mengupayakan mengamankan wilayah Donbas dan Luhansk yang ada di selatan dan timur Ukraina.

    

      

Sumber: Reuters

Baca juga: 5 Fakta Pengungsi Ukraina Sejak Invasi Rusia, Nomor 3 Peran Dosen Unesa Surabaya  

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.  


https://dunia.tempo.co/read/1577252/volodymyr-zelenskiy-prihatin-kondisi-ukraina-makin-sulit

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi