Visa Umrah Berlaku 90 Hari dan Bisa Kunjungi Seluruh Wilayah Arab Saudi

24 October 2022, 18:22

MerahPutih.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerima kunjungan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah. Pertemuan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, Senin (24/10).
Keduanya membahas terkait peningkatan kualitas layanan dan kemudahan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah bagi jemaah Indonesia.

Baca Juga
Arab Saudi Hapus Vaksin Meningitis dari Syarat Umrah

Dalam kesempatan itu, Menag Yaqut menuturkan, visa umrah berlaku hingga 90 hari dan jemaah bisa berkunjung ke seluruh wilayah Saudi.
“Ini informasi yang sangat menggembirakan, khususnya buat umat Islam yang ingin datang ke Tanah Suci,” sambung Yaqut.
Terkait haji, Menag Yaqut berharap Pemerintah Arab Saudi dapat menambah kuota haji Indonesia. Kemudian, Yaqut meminta syarat pembatasan usia 65 tahun dihapus karena jumlah jemaah haji lansia sangat banyak.
Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah menjelaskan, ada sejumlah kemudahan yang akan diberikan kepada jemaah umrah Indonesia.

Baca Juga
Langkanya Vaksin Meningitis Sudah Ganggu Keberangkatan Jemaah Umrah

Pertama, pihaknya telah menghapus syarat mahram bagi jemaah perempuan. Kedua, masa berlaku visa umrah diperpanjang hingga 90 hari. Ketiga, visa umrah bisa digunakan untuk mengunjungi seluruh wilayah Saudi, tidak hanya untuk ke Mekkah dan Madinah saja.
Disinggung soal syarat vaksin meningitis, Menteri Haji Tawfiq menegaskan bahwa tidak ada persyaratan kesehatan apa pun bagi jemaah umrah.
“Tidak ada syarat kesehatan dan tidak ada syarat umur,” tegas Tawfiq.
Pemerintah Saudi, lanjut Tawfiq, juga telah menyiapkan platform ‘Nusk’. Dengan aplikasi ini, setiap orang bisa memilih paket yang ada serta menjamin penerbitan visa tak lebih dari 24 jam
“Kami telah melaunching platform namanya Nusk Platform dari situ setiap orang bisa melihat dan memilih paket-paket umrah yang akan diambil. Visa akan keluar tidak lebih dari 24 jam dan kami terus berusaha untuk memberikan kemudahan-kemudahan,”ujar Tawfiq. (Knu)

Baca Juga
Agen Travel Umrah Ramah Lansia dan Disabilitas

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi