Uu Ruzhanul Ambil Alih Tugas Ridwan Kamil

30 May 2022, 12:09

Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pengajuan cuti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang kini tengah berada di Swiss. Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, ditunjuk menjadi pelaksana harian (Plh) Gubernur sejak 29 Mei hingga 4 Juni 2022.
 
Sekretaris Daerah Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, mengungkapkan Ridwan Kamil tak bisa melakukan tugas pemerintahan lantaran masih berada di Swiss untuk memantau proses pencairan anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), yang hilang terbawa arus di Sungai Aare, Swiss, sejak Kamis, 26 Mei 2022.
 
“Pada 28 Mei Menteri Dalam Negeri memberikan surat izin. Izin keluar negeri dengan alasan penting,” ujar Setiawan, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 30 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Ia menuturkan, dalam surat yang dikeluarkan Kemendari tersebut, Wagub Uu Ruzhanul Ulum ditunjuk sebagai Plh Gubernur Jabar selama Ridwan Kamil izin. Hal itu,  guna memastikan pemerintahan di Jabar tetap berjalan termasuk layanan terhadap masyarakat.
 
Baca juga: Nasib Emmeril Kahn Diterawang Paranormal, MUI: Haram Dipercayai
 
“Di dalam surat Menteri Dalam Negeri disebutkan, pemerintahan di Jawa Barat harus terus berjalan. Pimpinan selama bapak gubernur melakukan izin dari 29 Mei sampai 4 Juni adalah wakil gubernur,” bebernya.
 
Namun ditegaskannya, Uu wajib berkoodinasi dengan Ridwan Kamil saat akan mengambil suatu kebijakan. Pasalnya, Ridwan Kamil masih memiliki tanggung jawab untuk keberlangsungan Pemprov Jabar. 
 
“Jadi kalau kita melihat di sini otomatis jalannya pemerintahan dalam kurun waktu sampai 4 juni dipimpin sementara oleh bapak wakil gubernur, tapi tetap harus berkoordinasi dan bertanggung jawab terhadap bapak gubernur,” ungkapnya.
 
Sebelumnya, Ridwan Kamil melakukan perjalanan dinas keluar negeri pada 21-28 Mei 2022 ke beberapa negara di Eropa. Perjalanan dinas luar negeri Ridwan Kamil dimulai ke Itali pada 21-23 Mei, dilanjutkan ke Inggris 24-26 Mei, dan terakhir ke Swiss pada tanggal 27-28 Mei 2022.
 
“Kurun waktu 21-28 Mei posisinya adalah perjalanan dinas luar negeri,” tegasnya.
 

(MEL)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/GNGAgaLk-uu-ruzhanul-ambil-alih-tugas-ridwan-kamil

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi