Usut Dugaan Kekerasan di Lapas Narkotika Yogyakarta, Kemenkumham: Kita Copot Kalapas Kalau Terbukti Benar

3 November 2021, 12:26

Sleman, DIY – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DIY menerjunkan tim investigasi untuk mengusut dugaan kekerasan yang dilakukan sipir kepada narapidana di Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta. Kakanwil Kemenkumham DIY Budi Argap Situngkir berjanji akan mencopot kepala lapas dan jajarannya jika ditemukan bukti adanya kekerasan tersebut.

“Kalau benar memang perlakuan sampai dipukul pakai selang, dipukul pakai penis sapi, kita akan copot KPLP, Kalapasnya kalau benar perlakuan itu,” kata Budi kepada wartawan di Lapas Narkotika Yogyakarta, Selasa (2/11/2021).

Budi menyebut, pihaknya tidak akan menolerir petugas yang melakukan pelanggaran. Budi juga akan terbuka terkait hasil investigasi yang dilakukan timnya.

“Kita akan tetap terbuka investigasi, kita akan cek kalau benar (ada kekerasan) kita akan sampaikan yang sebenarnya. Tapi kalau tidak bener perlakuan itu, alangkah sayangnya kita menzalimi mereka (petugas) saya gak mau tangan saya mengotori keringat orang yang sudah berjerih payah menjadikan manusia-manusia di dalam lapas ini jadi baik,” bebernya.

Budi menjelaskan bahwa seorang warga binaan yang melaporkan dugaan tindakan tak manusiawi yang dilakukan petugas lapas kepada Ombudsman RI Perwakilan DIY, Vincentius, saat ini tengah menjalani program Cuti Bersyarat (CB) dan masih dalam pembimbingan dari Balai Pemasyarakatan. Budi menegaskan apa yang disampaikan warga binaan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.


https://www.tvonenews.com/berita/12607-usut-dugaan-kekerasan-di-lapas-narkotika-yogyakarta-kemenkumham-kita-copot-kalapas-kalau-terbukti-benar

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi