Usul Pemilu Februari 2024, KPU butuh anggaran Rp 13 triliun pada tahun 2022

16 September 2021, 16:45

Usul Pemilu Februari 2024, KPU butuh anggaran Rp 13 triliun pada tahun 2022

ILUSTRASI. Petugas merapikan kotak suara. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Pemerintah bersama Komisi II DPR belum menentukan tanggal pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan anggota legislatif tahun 2024 mendatang.

Komisi Pemilihan Umun (KPU) mengusulkan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 dilakuka pada bulan Februari. Hal itu mengingat akan dilakukan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan November 2024.

“Dengan pertimbangan memberikan waktu yang memadai antara penyelesaian sengketa hasil pemilu dan penetapan hasil Pemilu dengan jadwal pencalonan pemilihan (kepala daerah),” ujar Plt Ketua KPU Ilham Saputra saat rapat dengan Komisi II DPR RI, Kamis (16/9).

Ilham bilang pendaftaran calon kepala daerah menggunakan jumlah kursi pada DPRD setempat. Oleh karena itu, penting untuk penyelesaian sengketa dan penetapan hasil Pemilu terlebih dahulu.

Baca Juga: Komisi II DPR prediksi Pemilu 2024 telan anggaran hingga Rp 150 triliun

Pada rapat tersebut, KPU juga meminta dukungan dana yang dibutuhkan. Hal itu mengingat pada tahun 2022 mendatang telah masuk tahapan Pemilu sehingga membutuhkan dana Rp 13,29 triliun.

“Sekarang sudah ada bersama Menkeu ini baru Rp 2 triliun, jadi usulan kekurangannya adalah Rp 10 triliun sekian,” ungkap Ilham.

Berdasarkan anggaran tersebut tercatat kebutuhan untuk program penyelenggaraan Pemilu dalam Proses Konsolidasi Demokrasi sebesar Rp 4,25 triliun. Sementara untuk program dukungan manajemen KPU Rp 9,04 triliun.

Meski begitu, Ilham bilang tak menutup kemungkinan untuk dilakukan penghematan terkait anggaran Pemilu tersebut. Hal itu mengingat pelaksanaan Pemilu masih dilakukan lada mas Pandemi virus corona (Covid-19) dan pemilihan ekonomi nasional.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Reporter: Abdul Basith Bardan
Editor: Handoyo .


https://nasional.kontan.co.id/news/usul-pemilu-februari-2024-kpu-butuh-anggaran-rp-13-triliun-pada-tahun-2022

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi