Ungkap Celah Korupsi Pemilu 2024 Terbuka Lebar, Eks Jubir Sebut KPK Hanya Jadi Alat Menghajar Lawan Politik

8 June 2021, 4:53

Juru bicara KPK Febri Diansyah.

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menilai celah korupsi dalam penyelenggaran Pemilu 2024 akan terbuka lebar. Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari dibabat habisnya independensi KPK.

“Dihubungkan dengan teori, konsep dan juga kasus-kasus yang terjadi tentang kebutuhan dana politik yang besar, dari mana politikus ini bisa mendapatkan dana,” ujar Febri sebagaimana dikutip dari akun instagram @febridiansyah.id, Minggu (6/6/2021).

“Apakah dari uang saku mereka, kekayaan mereka, hampir tidak mungkin. Di sinilah kalau pemberantasan korupsi tidak kuat, maka ruang mereka untuk mengumpulkan dana politik dari korupsi bisa jadi akan lebih besar,” sambungnya.

Cerita Soal Novel Baswedan, Mahfud Md: Kalau Saya Jadi Presiden, Anda Jaksa Agung

Febri menilai bahwa kontestasi politik 2024 menjadi tidak sehat dengan adanya upaya pelemahan KPK. Ia menyebut KPK hanya menjadi alat untuk memerangi lawan politik.

“Maka yang terjadi adalah oligarki akan semakin kuat karena tidak ada kontestasi politik yang fair, tidak ada keseimbangan misal oposisi yang kuat dan tidak ada pihak-pihak yang berbeda dengan kekuasaan karena mereka bisa dihajar salah satunya dengan tools lembaga antikorupsi yang tidak independen,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia meminta agar independensi KPK segera diselamatkan. Ia menyebut 75 pegawai KPK yang tidak lolos TWK adalah bukti bahwa KPK memiliki independensi yang kuat.

“Sehingga kita sering bilang ini bukan soal 75 saja. 75 itu adalah poin penting yang kita perjuangkan, tetapi ada yang lebih besar yaitu independensi KPK karena ini bisa ke mana-mana risikonya,” pungkasnya.

Desak Pimpinan KPK Penuhi Pemeriksaan soal TWK, Komnas HAM: untuk Menjernihkan Peristiwa


https://www.jitunews.com/read/135000/ungkap-celah-korupsi-pemilu-2024-terbuka-lebar-eks-jubir-sebut-kpk-hanya-jadi-alat-menghajar-lawan-politik

Partai

Institusi

K / L

BUMN

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi