Unai Emery Diminati Newcastle United, Begini Reaksi Presiden Villarreal

3 November 2021, 15:38

Pelatih Villarreal Unai Emery. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta – Unai Emery disebut-sebut sebagai salah satu kandidat pelatih baru Newcastle United setelah klub Liga Inggris itu memberhentikan Steve Bruce bulan lalu.

Mantan bos Arsenal yang kini menangani klub Spanyol, Villarreal, itu menjadi calon kuat untuk menduduki kursi panas yang ditinggalkan Bruce.

Pelatih berusia 49 tahun itu mengakui bahwa Newcastle telah menghubunginya. Hal itu dia sampaikan setelah memimpin Villarreal mengalahkan Young Boys 2-0 di laga keempat Liga Champions di kandang pada Selasa malam waktu setempat.

“Ada minat dari Newcastle. Sebelum menjawab ya atau tidak, saya akan berbicara dengan klub,” kata pelatih asal Spanyol itu.

“Saya belum mengatakan ‘tidak’ kepada Newcastle. Jika ini dikonfirmasi, saya akan berbicara dengan direktur Villarreal.”

“Saya telah berbicara dengan ketua dan mengatakan kepadanya bahwa ada minat, tetapi belum ada tawaran, itu harus saya dan klub.”

Jika Newcastle benar-benar ingin membawa Emery kembali ke Liga Inggris menggantikan Bruce, mereka harus siap membayar kompensasi kepada Villarreal sebesar 5,1 juta pound sterling atau sekitar Rp 99,5 miliar.

Presiden Villarreal Fernando Roig masih berharap Emery menyelesaikan kontraknya di klub La Liga itu sampai 2023.

“Saya tahu Unai mempunyai kontrak dengan kami dan ada kontrak yang harus dipenuhi,” kata Roig sebelum pertandingan melawan Young Boys.

“Kami berharap kontrak itu jalani sampai akhir.”

Sebelum menangani Villarreal, Emery melatih Arsenal. Namun, ia hanya bertahan 18 bulan di Emirates setelah tiba pada Mei 2018.

Di bawah Emery, Arsenal hanya bisa finis di urutan kelima dalam satu-satunya musim penuhnya dan kalah di final Liga Europa 4-1 dari Chelsea pada 2019.

Namun, mantan pelatih Sevilla dan Paris Saint-Germain (PSG) itu berhasil membangun kembali reputasinya di Villarreal. Ia mempersembahkan trofi Liga Europa setelah mengalahkan Manchester United di final lewat adu penalti, menyusul hasil imbang 1-1.

Newcastle United saat ini sedang membangun setelah klub diambil alih konsorsium asal Arab Saudi, Public Investment Fun (PIF) dengan 305 miliar pound sterling atau sekitar Rp 6 triliun.

Kekayaan yang mungkin dibawa oleh pemilik baru diyakini akan membawa perubahan di Newcastle United termasuk target yang tinggi, salah satunya mendatangkan pelatih baru. Unai Emery dilaporkan masuk dalam daftar kandidat pengganti Bruce, di depan mantan bos Bournemounth Eddie Howe dan mantan pelatih AS Roma, Paulo Fonseca.

FILZA RAHMA | THE SUN

Baca Juga: Dikaitkan dengan Bursa Pelatih Newcastle United, Begini Reaksi Steven Gerrard


https://bola.tempo.co/read/1524402/unai-emery-diminati-newcastle-united-begini-reaksi-presiden-villarreal

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi