Umar Patek Si Teroris Paling Diburu AS Segera Bebas jika Dapat Remisi

16 August 2022, 19:52

Selasa, 16 Agustus 2022 – 19:47 WIB

VIVA Nasional – Terpidana terorisme dalam peristiwa Bom Bali I dan Bom Natal 2000, Umar Patek alias Hisyam bin Alizein, berpeluang mendapatkan pembebasan bersyarat dan keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya di Porong (Lapas Porong), Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Agustus 2022, bila dia mendapatkan remisi kemerdekaan 5-6 bulan.

Umar Patek divonis oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat dengan hukuman penjara selama 20 tahun pada 2011. Dia menerima vonis tersebut dan kemudian menjalani hukuman di Lapas Porong. Sejak tahun 2015, Umar Patek memperoleh remisi sebanyak 10 kali dengan total masa hukuman terpotong yakni satu tahun 11 bulan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur Zaeroji mengatakan, salah satu syarat seorang napi memperoleh pembebasan bersyarat ialah ketika napi sudah menjalani minimal dua pertiga masa hukumannya. “Hingga hari ini (16 Agustus 2022), dua pertiga masa pidana Umar Patek akan jatuh pada 14 Januari 2023,” katanya kepada wartawan, Selasa, 16 Agustus 2022.

Seruan Menggetarkan Umar Patek kepada Militan Abu Sayyaf

Seruan Menggetarkan Umar Patek kepada Militan Abu Sayyaf

Namun, kata dia, dua pertiga masa hukuman Umar Patek akan terpotong lagi bila pada momentum Hari Kemerdekaan RI tahun 2022 mendapatkan remisi kemerdekaan selama 5-6 bulan. “Sehingga, apabila Umar Patek mendapatkan remisi umum antara 5-6 bulan, maka ekspirasi tahanannya akan jatuh pada Agustus 2022,” ujar Zaeroji.

Masalahnya, dia menuturkan, hingga sekarang Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur belum menerima SK Remisi dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham. Karena itu pula, Lapas I Surabaya belum bisa mengusulkan perbaikan SK Pembebasan Bersyarat yang jatuh pada 14 Januari 2023.

“Kesimpulannya, untuk bisa bebas bersyarat, Umar Patek masih harus memperoleh SK Remisi Umum terlebih dahulu. Selanjutnya, pihak Lapas I Surabaya baru akan mengusulkan perbaikan SK Pembebasan Bersyarat,” imbuh Zaeroji.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1510294-umar-patek-si-teroris-paling-diburu-as-segera-bebas-jika-dapat-remisi

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi