Ukraina Pukul Musuh di Donetsk, Rusia Bantah Kalah di Davydov Brod

30 May 2022, 15:04

Prajurit Ukraina dari Satuan Tugas Pasukan Gabungan   di wilayah Donetsk, 29 Mei 2022. (Ukrinform.net)

TEMPO.CO, Jakarta – Prajurit Ukraina dari Satuan Tugas Pasukan Gabungan telah memukul mundur 14 serangan musuh di wilayah Donetsk dan Luhansk, dengan pertempuran terjadi di tiga wilayah. Layanan pers Satuan Tugas Pasukan Gabungan mengatakan ini di Facebook, Senin, 20 Mei 2022.

Menurut laporan itu, seperti dikutip Ukrinform,  di sepanjang garis pertahanan musuh menggunakan pesawat tempur, peluncur roket ganda, artileri kaliber besar, tank, mortir dari berbagai sistem, meluncurkan serangan rudal dan bom pada infrastruktur sipil dan daerah pemukiman.

Pasukan Rusia menembaki 46 pemukiman di wilayah Donetsk dan Luhansk, menghancurkan dan merusak 62 fasilitas sipil: 59 bangunan tempat tinggal, gardu listrik, dan pusat komunitas.

Akibat serangan penembakan ini, setidaknya tiga warga sipil tewas dan dua lainnya terluka di distrik Pokrovsk dan Bakhmut di wilayah Donetsk.

“Pasukan Ukraina dari Satuan Tugas Pasukan Gabungan memukul mundur 14 serangan musuh hari ini. Pertempuran dengan penjajah berlanjut di tiga lokasi lagi. Prajurit pemberani kami menimbulkan kerugian pada penjajah Rusia dalam tenaga dan peralatan,” bunyi pernyataan itu.

Dalam 24 jam terakhir, pasukan Ukraina menghancurkan dua sistem artileri, 11 kendaraan lapis baja dan sepuluh kendaraan musuh.

Selain itu, unit pertahanan Ukraina menembak jatuh dua rudal jelajah X-59MK dan tiga pesawat tak berawak presisi tinggi Kub.

Secara keseluruhan, prajurit dari Gugus Tugas Gabungan memukul mundur 76 serangan musuh dalam seminggu terakhir, menghancurkan 22 tank, peralatan khusus, 17 sistem artileri, 67 kendaraan tempur lapis baja, kendaraan lapis baja khusus dan 28 kendaraan bermotor (salah satunya dengan amunisi). Unit pertahanan udara Ukraina menembak jatuh sebuah helikopter K-52 musuh, tiga rudal jelajah dan 25 kendaraan udara tak berawak presisi tinggi Kub.

Secara keseluruhan, prajurit dari Gugus Tugas Gabungan memukul mundur 76 serangan musuh dalam seminggu terakhir, menghancurkan 22 tank, 17 sistem artileri, 67 kendaraan tempur lapis baja, kendaraan lapis baja khusus dan 28 kendaraan bermotor (salah satunya dengan amunisi). Unit pertahanan udara Ukraina menembak jatuh sebuah helikopter K-52 musuh, tiga rudal jelajah dan 25 kendaraan udara tak berawak.

Sementara itu, Rusia membantah laporan keberhasilan operasi kontra Ukraina di dekat Davydov Brod.

“Hampir semua halaman publik Ukraina menulis tentang operasi kontra yang sukses pada ‘pembebasan’ wilayah Kherson. Ini tentang Davydov Brod, di mana sekitar 20 kendaraan tempur Ukraina mencoba menyeberang tetapi hancur menjadi debu dengan 210 orang. Menurut data kami, tujuh puluh orang masih berada di medan perang. Keberhasilan operasi ini adalah bahwa Tuan [Vladimir] Zelensky dan pejabat lainnya terus menyatakan: “Kami baik-baik saja, kami menang.”

“Tapi ini bohong. Terobosan hari ini yang melibatkan sekitar enam jenis kendaraan dihentikan. Wilayah Kherson didenazifikasi selamanya. Ini adalah tanah Rusia,” kata  Kirill Stremousov, wakil kepala administrasi sipil-militer wilayah Kherson, menulis di saluran Telegram-nya.

Dilaporkan sebelumnya pada hari Minggu bahwa rudal Ukraina, mungkin dari sistem rudal Uragan, jatuh di wilayah Pabrik Mekanik di Kherson. Pada 28 Mei, satu orang tewas dan dua lainnya terluka akibat serangan Ukraina di desa Chernobayevka di wilayah Kherson. Sebelumnya, pada 16 Mei, seorang pria berusia 84 tahun tewas dan satu lagi warga sipil terluka di desa ini akibat penembakan oleh pasukan Ukraina.

UKRINFORM | TASS


https://dunia.tempo.co/read/1596492/ukraina-pukul-musuh-di-donetsk-rusia-bantah-kalah-di-davydov-brod

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi